Cara Budidaya Nanas Di Rumah Agar Berbuah Besar

| |

Cara Budidaya Nanas Di Rumah Agar Berbuah Besar – Nanas adalah jenis tumbuhan tropis yang berasal dari brazil, Bolivia serta Paraguay. Di dalam bahasa Inggris nanas disebut dengan pineapple sebab bentuknya mirip dengan pohon pinus.

Di Negara Indonesia Lampung merupakan Provinsi penghasil nanas terbesar, serta terdapat beberapa pabrik pengolahan nanas.

Selain kreasi olahan berbahan dasar nanas kian beragam, buah nanas ini juga mempunyai beragam khasiat. Buah nanas mempunyai kandungan vitamin C tinggi.

Cara Budidaya Nanas di Rumah

Cara Budidaya Nanas di Rumah

Selain hal tersebut juga terdapat kandungan enzim bromelain yang berguna untuk melunakkan daging, memudahkan proses pencernaan serta penyerapan makanan dalam tubuh.

Buah nanas juga terbukti ampuh dalam mengatasi beragam macam penyakit seperti flu, wasir, mual, gangguan saluran kencing, penyakit kulit hingga anemia.

Beragam manfaat dan nilai ekonomis yang cukup menarik inilah membuat budidaya buah nanas sangat menjanjikan. Berikut adalah cara budidaya buah nanas :

Syarat tumbuh nanas

  • Tanaman nanas dapat tumbuh subur jika ditanam pada daerah beriklim tropis.
  • Tumbuhan ini bisa hidup di dataran rendah ataupun tinggi.
  • Mempunyai tanah gembur dan subur atau tanah lebuh yang berpasir (jika memungkinkan, bisa juga memakai tanah vulkanik).
  • Terdapat unsure organic pada tanah.
  • Mendapat sinar matahari selama 9 jam setiap harinya.
  • Suhu di area tanam berkisar 23 – 32 derajat celcius.
  • Keasaman tanah sekitar 5,7 – 7 ph, serta bersifat drainase.
  • Mendapat Curah hujan cukup.

Proses pembibitan nanas

Pembibitan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan  cara budidaya buah nanas. Pembibitan wajib diambil dari tanaman sehat serta bebas dari bermacam-macam hama penyakit di antaranya mempunyai ciri daun tebal dan penuh serta mempunyai warna segar.

Proses pembibitan ini bisa dikerjakan dengan dua cara yaitu secara generatif dan vegetatif. Namun untuk memperlancar proses pembuahan, bembibitan secara vegetatif akan sangat cepat juga menguntungkan di antaranya dengan memakai tunas batang atau dengan menggunakan cara stek batang.

Cara Menanam Buah Naga

Tunas batang

Untuk proses pembibitan secara vegetatif dengan tunas batang pertama-tama yang wajib dilakukan ialah dengan menentukan tanaman induk yang lagi berbuah atau sudah diunduh, pilih tunas batang berukuran 30-35 cm.

Setelah mendapati tunas yang baik, potong bagian daun dekat dengan pangkal pohon untuk menurunkan penguapan serta mempermudah pemindahan bibit.

Selanjutnya lakukan penyemaian dengan memakai polybag dan tempatkan di tempat teduh. Setelah bibit tanaman mulai tumbuh dapat memindahkannya pada lahan yang sudah tersedia.

Stek batang

Stek batang

Untuk stek batang, dapat memotong batang nanas yang telah diunduh sepanjang 2,5 cm. Setelah itu, belah potongan batang menjadi 4 bagian sama panjang, dan harap untuk memastikan tiap bagian mempunyai mata tunas.

Sebelum ditanam semai bibit stek sebelumnya dengan media berisi campuran pasir dan pupuk kandang. Tanam potongan stek batang dalam media semai hingga berusia 3-lima bulan atau setelah berukuran 25-35 cm juga selama proses penyemaian ini lakukan penyiraman secara teratur.

Persiapan media tanam nanas

Buah nanas bisa ditanam langsung di media tanah atau bisa juga menggunakan media pot, tergantung kondisi pekarangan.

Jika pekarangan yang dimiliki cukup datar dan punya drainase bagus, maka cara menanam nanas di rumah bisa langsung ditanam di pekarangan. Jika pekarangan sering tergenang air ada baiknya menanam nanas di pot saja.

Pilih pot dengan ukuran sekitar 30-45 cm, agar tanaman nanas dapat berkembang dengan baik.

Penanaman nanas

Jika cara menanam nanas di rumah dengan media pot maka proses penanamannya sebagai berikut :

  • Siapkan pot berukuran 30 – 45 cm, pastikan di bagian bawah pot terdapat lubang untuk aliran air.
  • Siapkan tanah dengan ph antara 4,5 – 5,5.
  • Tanam bibit sedalam 3 – 5 cm bagian pangkal batang dapat tertimbun tanah.
  • Padatkan tanah di sekitar pangkal bibit, supaya tanaman sangat sulit roboh dan tanaman mempunyai kontak langsung dengan air tanah.
  • Siramlah tanaman hingga tanah lembab dan basah.

Apabila penanaman di lakukan langsung di tanah, maka berikut langkah penanamannya :

  • Siapkan bedengan

Pembentukan bedengan ini dipilih untuk mempermudah sistem drainasi. Bedengan ini dibuat bersamaan proses pengolahan lahan, dibuat dengan diameter lebar sekitar 80-120 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antar tiap bedengan berkisar 90-150 cm.

Cara Menanam Papaya di Pot Agar Berbuah Lebat

  • Pengapuran

Syarat tumbuh tanaman nanas ialah mempunyai ph tanah antara 4,5-5,5. Lalu untuk menyetarakan kadar pH tanah langkah yang bisa dikerjakan ialah dengan melakukan pengapuran.

Proses pengapuran ini melakukannya dengan memakai bahan calcit, zeagro, dolomit dan bahan kapur pertanian lain dengan dosis yang diadaptasi dengan ph tanah.

  • Proses menanam
  1. Buat lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm dengan jarak tanam 40 x 60 cm atau 60 x 80 cm.
  2. Selanjutnya Tanam bibit sampai 3 – 5 cm bagian pangkal batang dapat tertimbun tanah.
  3. Tanam bibit nanas pada lubang tanam masing-masing satu bibit untuk tiap lubang tanam.
  4. Lakukan pemadatan  kembali tanah di dekat pangkal bibit, supaya tanaman sangat sulit roboh dan supaya tanaman mempunyai kontak langsung dengan air tanah.
  5. Siram dengan air bersih hingga tanah lembab serta basah.

Pemeliharaan nanas

Pemeliharaan nanas

Setelah melakukan penanaman pada cara menanam nanas di rumah, maka selanjutnya yakni pemeliharaan meliputi :

Penyiraman

Meskipun tanaman nanas sangat tahan terdapat cuaca panas, tetapi untuk mengoptimalkan hasil pembuahan proses penyiraman akan sangat diperlukan.

Penyiraman bisa dikerjakan dua kali sehari yaitu sewaktu pagi dan sore hari selama dua minggu sekali untuk merangsang pembungaan serta pembuahan.

Penyulaman

Proses penyulaman atau penggantian tanaman yang mati dengan tanaman baru ini dikerjakan seandainya diperoleh tanaman baru yang tidak tumbuh atau menderita hama serta penyakit. Penyulaman bisa dikerjakan paling lambat satu bulan setelah masa tanam.

Penyiangan

Untuk penyiangan pada cara budidaya nanas agar cepat berbuah dikerjakan untuk untuk antisipasi gulma yang menjadi pemicu timbulnya serangan hama juga penyakit. Langkah ini bisa dikerjakan secara teratur menyesuaikan tingkat perkembangan gulma di dekat tanaman.

Penggemburan

Langkah penggemburan dan pembumbunan tanah melakukannya dengan maksud untuk memulihkan serta menjaga struktur tanah dan menjaga supaya tanaman tetap kokoh juga tidak mengeluarkan dari permukaan tanah.

Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan cara menggemburkan tanah di dekat bedengan dan menimbunkannya pada pangkal batang nanas sampai terbentuk bendengan.

Pemupukan

Pemberian pupuk pada cara budidaya nanas agar cepat berbuah bisa dikerjakan dua kali yaitu pada saat usia tanam mencapai 2-3 bulan kemudian dilanjutkan dengan tempo 3-4 bulan sekali hingga tanaman berbunga dan berbuah.

Pupuk yang dipakai ialah pupuk yang mempunyai kandungan nitrogen, kalium, fosfor serta unsur hara mikro untuk itu dapat memakai pupuk urea 100 kg, sp-36 150 kg dan pupuk kcl 100 kg untuk tiap hektar lahan tanam.

Setelah dikombinasikan, kemudian pemberian pupuk dapat melakukannya dengan membenamkan pupuk ke dalam parit atau dengan menyemprotkan pupuk cair pada daun tanaman.

Cara Menanam Manggis Dari Biji Agar Cepat Berbuah

Pengendalian hama penyakit

Mengingat sangat rumitnya masalah hama dan penyakit pada tanaman nanas, wajib diikuti dengan pengetahuan cukup mengenai cara pengendalian hama penyakit yang bagus dan aman.

Untuk mengendalikan bermacam-macam tipe hama penyakit ini dapat menyemprotkan insektisida pada tanaman, dan melakukan perendaman pangkal bibit pada larutan fungisida sebelum melakukan penanaman untuk menghindarkan pembusukan akar.

Pemanenan nanas

Pemanenan nanas

Nanas bisa diunduh setelah berusia 2 – 3 tahun. Cara memanen pada cara budidaya nanas agar cepat berbuah cukup mudah, dengan memotong batang semu dibawah bagian buah nanas. Untuk menghindari ganguan hewan, sebisa mungkin buah nanas ditutup dengan karung atau kain saat buah tersebut separo matang.

Hama yang sudah kerap diderita ialah tupai dan musang. Dengan menutup buah nanas dengan karung atau kain, masa pematangan nanas bisa juga menjadi sangat cepat.

Nanas selain dimakan langsung, juga banyak dipakai untuk bahan rujak, juga ada pula yang membuatnya bahan kuliner. Pada saat ini nanas juga banyak diolah untuk dijadikan selai, keripik nanas dan dodol.

Previous

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Di Rumah

Cara Menanam Serai di Rumah Supaya Lebat

Next

Leave a Comment