Cara Budidaya Anggrek Dendrobium

Bunga anggrek ialah salah satu dari sekian banyak bunga yang memiliki keindahan pada bunganya. Karena keindahan bunga ini lah, bunga anggrek terfavorit oleh semua penggemar bunga dan juga tak mungkin lengkap rasanya jika tidak memiliki bunga anggrek sebagai koleksinya.

Budidaya bunga anggrek relatif mudah jika dirawat secara baik dan benar. Di Indonesia sendiri telah dikenal sebagai pemilik bunga anggrek dengan paling banyak didunia yaitu mencapai 3500 tipe spesies dari perkawinan silang.

Cara Menanam Bunga Anggrek Dendrobium Yang Baik dan Benar

Tipe anggrek terfavorit dan dikoleksi ialah dendrobium, bunga ini banyak dibudidayakan karena pemeliharaannya yang mudah. Banyak aneka pilihan warna bunga  juga mampu menjadi daya tarik tersendiri baik dalam maupun luar negeri.

Anggrek dendrobium tergolong kedalam kelompok epifit yang tumbuh menyebar dihutan tropis Indonesia dan Malaysia. Kelebihan dari dendrobium ini ialah masih tahan terhadap kekurangan air, dan juga harga yang relatif terjangkau.

Karena hal tersebut anggrek dendrobium banyak dibudidayakan menjadi bunga hias atau bunga potong pelengkap parsel. Berikut ini cara memelihara anggrek dendrobium supaya berbunga bagus dan indah.

Anggrek dendrobium sangat membutuhkan terik matahari sebagaimana tanaman lain yang berhijau daun. Secara umum tumbuhan ini membutuhkan terik matahari sekitar 50-60 %. Sedangkan untuk temperatur sendiri, perkembangan dari anggrek dendrobium biasanya sekitar 15 derajat celcius dimalam hari dan 25-27 derajat celcius disiang hari dengan kelembaban udara mencapai 60-70 persen.

Cara Menanam Bunga Rosella

Mempersiapkan Bibit Anggrek Dendrobium Berkualitas Baik

Bibit anggrek dendrobium yang diperjualbelikan umumnya ada 4 macam yaitu dalam botol, bibit kompot (komoditi pot), bibit didalam bentuk tanaman muda dan juga bibit dalam bentuk tanaman tua.

Bibit dendrobium yang bagus wajib memenuhi syarat – syarat seperti media penangkaran bersih. Hal ini bisa dilihat dengan tidak adanya cendawan yang menyerupai seperti kapas melekat diakar,perkembangan kecambah seragam, warna daun hijau.

Serta tidak memperlihatkan gejala keriput ataupun salah bentuk, tidak ada kecambah mati, pot dan tanamannya dalam kondisi bersih. Perkembangan dari bibit seragam, serta tidak adanya bibit layu ataupun mati.

Mempersiapkan Media Untuk Menanam Anggrek

Media yang akan dipakai dalam penanaman anggrek dendrobium ini pada biasanya terdiri atas pakis, pecahan batu bata, kerikil dan sabut kelapa untuktahapan pertama. Siapkan pot yang sudah dibersihkan dari lumut  serta mempunyai ukuran sesuai.

Kedua, masukkan pecahan genteng sepertiga dari bagian pot lalu atasnya dimasukkan sepertiga dari arang kayu lalu potongan pakis, dan pot siap untuk ditanami.

Cara Menanam Jeruk Limau

Langkah Menanam Anggrek Dendrobium

  1. Buka tutup botol yang sudah berisi anggrek, selanjutnya masukkan air bersih sekitar 2-3 sendok kedalam botol. Selanjutnya botol digoyang – goyang agar akarnya terlepas dari media.
  2. Botol dimiringkan selanjutnya bibit dikaitkan dengan kawat berujung seperti v. Pastikan untuk daun bunga arahnya kebelakang agar tidak merusak daun.
  3. Bibit muda dijatuhan kearah dalam wadah baskom plastik berisi air bersih lalu dicuci sampai bersih.
  4. Setelah bibit bersih, rendam bibit kedalam baskom berisi campuran larutan zpt/ppc dengan lama perendaman 5-10 menit.
  5. Lalu rendam lagi bibit dengan larutan fungisida ditane m-45 2 g per 1 liter air hingga 5 menit.
  6. Setelah direndam, bibit diangkat dan ditiriskan di tisu lalu bibit ditanam didalam pot berisi media.

Menentukan Penempatan Tanaman yang Ideal Untuk Anggrek Dendrobium

Setelah melakukan penanaman, anggrek dendrobium dalam pot dapat diganung secara sendiri – sendiri atau bisa juga ditaruh diatas rak.

Penempatan anggrek dendrobium dapat diruangan tertutup dan setengah terbuka dimana diatasnya diberi peneduh. Sedangkan untuk bagian sisinya tidak ada atau dibiarkan terbuka.

Cara Budidaya Kacang Tanah Organik

Cara Merawat Anggrek Dendrobium

Untuk memenuhi keperluan air, lakukan penyiraman sejumlah dua kali sehari pada pukul delapan pagi dan pukul empat sore. Tapi jika kondisi cuaca sedang hujan, penyiraman cukup dikerjakan satu kali sehari yakni sekitar pukul tiga sore.

Jika ingin membedakan anggrek dendrobium yang sudah memperoleh cukup air dan kurang, dapat melihat perbedaanya pada kondisi batang.

Batang nampak kokoh dan padat berarti anggrek sudah cukup menerima air. Jika batang nampak mengerut, maka dipastikanmasih kekurangan air.

Agar anggrek dendrobium dapat menghindari serangan serangga atau penyakit, maka lakukan pemberian insektisida dan fungisida. Pemberian insektisida maupun fungisida dilakukan setiap satu minggu sekali dengan waktu penyemprotan di waktu senja atau pukul empat sore.

Lakukan pula pemberian pupuk setiap dua minggu sekali dengan kandungan unsur nitrogen (n), phospor (p) serta kalium (k). Caranya dengan pupuk npk dilarutkan dengan air lalu dikerjakan penyemprotan disekitaran akar-akar.

Secara garis besar bisa dilihat dari langkah langkah dibawah ini:

  1. Tempatkan dendrobium pas dengan karakternya,
  2. Menggunakan media tanam yang cocok,
  3. Siram secara teratur bunga yang lagi dirawat.
  4. Beri pupuk secara teratur,
  5. Penuhi keperluan nutrisi pada bunga.
  6. Atur peredaran udara dan suhu udaranya,
  7. Perhatikan secara benar perkembangannya.

Cara Menanam Mentimun

Usia Beserta Cara Panen Anggrek Dendrobium

Jika dilihat dari bentuk yang terdapat dipasaran, anggrek dendrobium dapat diunduh ketika masih berusia muda sebagai bibit. Namun bisa juga diunduh saat telah dewasa jika dijadikan tanaman hias.

Untuk tanaman muda sendiri bibit biasa dijual dalam bentuk kompot yang dipisahkan oleh pot kecil berdiamter 6-8 cm. Sedangkan tanaman dewasa umumnya tanaman yang sudah berbunga.

Untuk bunga potong, sebisa mungkin dipilih tangkai yang berupa bunganya telah mekar 1-3 kuntum. Pemotongan dikerjakan dijarak sekitar 2 cm dari pangkal pantai memakai gunting stek yang sudah dibasuh dengan memakai alkohol.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

Postingan ini belum mendapat vote, Jadilah orang pertama yang vote

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment