Cara Budidaya Bunga Anggrek Agar Berbunga Indah

Cara Budidaya Bunga Anggrek Agar Berbunga Indah – Siapa yang tidak mengenal dan tidak menyukai tanaman berjenis bunga termasuk anggrek. Bunga ini adalah golongan bunga dengan anggota jenis terbanyak. Karena keindahan dari tanaman ini maka menjadi bunga nasional Negara singapura dan Thailand.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias guna mempercantik pemandangan rumah, anggrek juga mempunyai peran penting untuk pengembangan teknik pengobatan pada abad pertengahan.

Cara Lengkap Budidaya Bunga Anggrek

Bunga ini juga dipercaya sebagai symbol representasi dari kebutuhan mendalam akan kelembutan, romantisme, serta kesetiaan dalam hubungan. Sehingga pada awal abad ke- 18 anggrek mulai dijadikan tanaman koleksi hingga ke penjuru dunia karena keindahan nya.

Bagi yang ingin mempercantik rumahnya dengan tanaman anggrek, berikut cara lengkap budidaya bunga nggrek :

Jenis anggrek

Sebelum memulai untuk membudidayakan bunga anggrek, perlu diketahui jenisnya. Untuk jenisnya dibagi menjaadi dua kelompok berdasarkan cara hidupnya, yakni kelompok epiphyt atau tanaman hidup menempel pada tanaman lain.

Lalu terrestris yaitu tanaman hidup di tanah atau menggunakan media tanam dengan tingkat kesuburan tinggi.

Pengaruh dari perbedaaan ini adalah terletak pada cara budidayanya. Jika bibit epiphyt dibudidayakan dengan memindahkannya ke batang pohon  tanaman lain agar hidup dan menempel, sedang terrestris langsung dipindahkan ke dalam pot atau tanah yang diinginkan.

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Di Pot Agar Cepat Berbunga

Syarat tumbuh

Sebelum jauh melangkah pada proses penanamannya, pemilik juga wajib perlu tahu bahwa bunga ini mempunyai syarat lokasi perkembangan yang memang benar benar wajib diperhatikan.

Jadi tidak asal-asalan dalam menaruh bunga cantik ini. Sebaiknya pemilik menentukan letak lokasi yang mempunyai intensitas cahaya matahari cukup, hal tersebut sangat berakibat pada proses perkembangan bunga anggrek.

Pemilik juga wajib menyeimbangkan tipe anggrek dengan intensitas pencahayaan karena dari semua varietas membutuhkan tingkat intensitas cahaya berbeda.

Untuk memahaminya, sebetulnya ada tiga tipe tingkat keperluan akan intensitas matahari yang dibutuhkan oleh bunga anggrek.

Pertama ialah tipe anggrek yang wajib menerima intensitas cahaya secara langsung seperti, arachnis, vanda, dan renanthera.

Kedua ialah tipe anggrek yang bisa tumbuh dengan baik pada tempat tidak mengalami intensitas cahaya matahari secara langsung seperti, dendronium atau disebut dengan cattleya dan ancedium.

Kemudian untuk yang ketiga ialah tipe anggrek tidak terlalu menyukai intensitas matahari, sehingga pemelihara wajib menaruh tipe ini pada tempat lebih teduh. Bunga tipe ini ialah phalaenopsis dan paphiopedilum.

Pemilihan bibit anggrek

Hal pertama yng wajib dilakukan dalam cara budidaya bunga anggrek ialah menentukan bibit. Bibit bunga anggrek yang mempunyai kualitas di atas rata-rata umumnya telah mengeluarkan daun dan akar. Umur bibit sebisa mungkin di kisaran 1 tahun.

Jika telah yakin memilih pilihan bibit, tanamlah di dalam plastik selama tiga bulan. Setelah bunga berusia tiga bulan, maka pindahkan bibit ke pot berdiameter 6-12 cm.

Ketika masa pembibitan, jangan lupa memberikan pupuk organik. Pupuk akan membuat anggrek dapat tumbuh optimal. Pemilik boleh memindahkannya ke pot besar kalau umurnya sudah tiga bulan berikutnya.

Cara pembibitan

Apabila memilih bibit sendiri, ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan bibit anggrek yakni:

  • Vegetatif

Pembibitan dengan menggunakan cara vegetatif yakni menanam anggota tubuh dari tanaman indukan anggrek seperti bagian batang, akar maupun bagian rhizomnya. Bagian yang akan dijadikan bibit wajib mempunyai tunas.

Cara penanamannya bisa menyiapkan pot yang dipakai untuk menampung bibit anggrek atau bagian dari indukan. Bibit yang telah mempunyai tunas harus mempunyai akar kuat dan banyak kemudian akan ditempatkan dalam pot telah dikasihkan.

  • Generative

Pembibitan dengan menggunakan cara genaratif sedikit tidak sama dengan tipe pembibitan terlebih dahulu, sebab tahapan yang dikerjakan melalui proses penyamaian biji tanaman anggrek.

Selain itu juga ada penyesuaian terhadap kondisi lingkungan  dan suhu sekitar. Apabila kondisi tidak sesuai akan menimbulkan anggrek tidak tumbuh kecambah secara sehat.

Untuk melakukan pembibitan membutuhkan waktu selama 3 bulan lamanya sampai pada akhirnya bibit siap ditempatkan ke dalam pot yang telah dikasihkan

Pemindahan bibit

Bibit yang berkembang akan ditempatkan ke media tanamnya. Untuk anggrek epiphyt, bibit telah mulai berkembang ditempatkan ke batang pohon rindang dan cukup disinari matahari dengan diameter sedang (tidak terlalu terik).

Sedangkan untuk anggrek terrestris, pindahkan ke pot belih besar. Untuk pot yang dipakai sendiri sebaiknya menentukan pot berbahan tanah liat dengan beberapa lubang di bawahnya untuk membantu proses drainase air.

Kemudian, media tanam dalam cara budidaya bunga anggrek meliputi campuran beberapa komponen. Di antaranya adalah pecahan batu bata atau genteng, batang pakis, serutan atau potongan kayu, sabut kelapa dan arang kayu.

Pemeliharaan tanaman

Agar bunga anggrek dapat tumbuh dengan indah dan sempurna maka pemilik perlu memperhatikan hal – hal berikut ini :

  • Perhatikan akarnya

Ketika bunga anggrek Telah mencapai umur 3 bulan maka bagian akarnya juga akan mulai tumbuh dan terkadang juga terdapat akar bunga yang menyembul keluar dari media tanah.

Melihat kondisi seperti itu tentunya pemilik akan bergegas untuk memasukkan kembali akar yang keluar kedalam tanah. Namun hal ini sangat salah jika dikerjakan karena bisa membuat perkembangan bunga anggrek menjadi terancam.

Hal yang wajib dilakukan yakni dengan memindahkan tanaman bunga anggrek ini pada wadah dengan ukuran lebih gede lagi.

  • Memperhatikan batangnya

Kebanyakan jenis tanaman bunga anggrek memiliki bentuk batang tinggi dan supaya batang tersebut sangat sulit roboh maka dapat dicegah dengan memberikan tiang penyangga batang bisa berupa kayu, bambu, dan lain sebagainya.

Manfaat dari tiang penyangga ini dapat membuat tanaman anggrek menjadi tumbuh dengan tegak.

Cara Menanam Bunga Krokot di Pot Gantung

  • Kecukupan sinar matahari

Anggrek wajib ditanam di tempat yang ada terik matahari dengan intensitas cukup, serta suhu tempat penanaman sekitar 14 derajat sampai 36 derajat celcius.

Hal ini penting untuk membantu perkembangan anggrek itu sendiri. Tapi, tidak sama tipe juga membedakan kadar terik matahari yang diperlukan.

Tipe anggrek vanda, renanthera dan arachnis memerlukan terik matahari langsung. Kemudian tipe ancedium, dendrobium dan cattleya memerlukan terik matahari tak langsung. Sedangkan tipe phaphiopedilum dan phalaenopsis cocok ditanam di halaman rumah teduh.

  • Ketinggian, kelembapan serta suhu

Ketinggian daratan dari tempat budidaya tanaman hias anggrek juga wajib diperhatikan. Jenis vanda dan arachnis sebisa mungkin ditanam di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Anggrek dendrobium, oncidium atau cattleya sebisa mungkin ditanam pada ketinggian 500 sampai 1000 mdpl. Serta cymbidium dan miltonia di atas 1001 mdpl.

Kelembapan udara atau sering disebut kadar uap air yang terdapat di dekat tanaman anggrek wajib diperhatikan. Pemilik wajib mengatur kelembapan udara supaya kesehatan bunga tetap terjaga.

Anggrek dilarang ditanam di lokasi terlalu basah. Sebab bunga ini tak mungkin tahan dengan situasi lingkungan demikian.

Bunga ini akan lebih tahan ketika dipindahkan di lokasi kering. Maka hanya perlu disirami secara teratur untuk mempertahankan kesestabilan kelembapan di dekatnya.

Temperatur ideal untuk anggrek yaitu, 15-28oc. Apabila temperatur meningkat maka kelembapan wajib mengstabilinya. Semakin tinggi temperaturnya, semakin tinggi pula kelembapannya.

Kalau anggrek yang dibudidayakan berdaun lebar, maka aturan temperaturnya wajib berada di kisaran 21oc. Bunga tersebut dapat berbunga sempurna jika suhunya sesuai. Apabila pada malam hari suhunya meningkat, anakan baru bunga bisa berkembang.

  • Penyiraman

Langkah penyiraman pada cara budidaya bunga anggrek umumnya dikerjakan 2 kali sehari pada pagi dan sore, atau sesuai suasana. Namun akan jauh lebih efektif dan efisien jika penyiraman dilakukan sekalian dengan pemberian nutrisi/pemupukan menggunakan pupuk organik cair gdm.

Sedangkan penyiraman dikerjakan secara merata pada seluruh bagian tanaman, terutama bagian bawah daun. Ini ialah teknik penyiraman yang penting, mengenali letak stomata daun terletak dibagian bawah daun.

  • Pemupukan

Pupuk untuk anggrek wajib mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Gunakan selain itu bisa dicampurkan dengan pupuk majemuk yang telah diencerkan setiap minggu sekali.

Dosis dan komposisi N, P dan K  sesuai umur dan fase perkembangan tanaman.pupuk organik cari gdm seorang ahli tanaman hias mengandung unsur hara makro dan mikro serta 7 bakteri menguntungkan.

Cara Menanam Bunga Kertas Bougenville Supaya Nampak Indah

Pengendalian hama penyakit

Perawatan anggrek secara tepat akan memperkecil menderita dari hama maupun penyakit. Hal inilah yang tentu wajib diantisipasi dari serangan tipe hama seperti berikut ini, trips, kutu perisai, semut, kutu hijau, tungau, ulat.

Pengendalian hama penyakit tanaman memakai pestisida diadaptasi dengan tipe organisme pengganggu dan tingkat serangan.

Untuk menghindarkan dari serangan hama sebaiknya gunakan pupuk organik cair gdm secara berkesinambungan. Selain itu juga dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit tersebut.

Masa berbunga

Cara budidaya bunga anggrek menjadi salah satu karakteristik tersendiri, terlebih bunga ini mempunyai tipe beraneka warna cantik. Masa berbunga ialah hal paling dinanti, dengan perawatan bunga tepat dan sesuai tentu dapat menciptakan bunga mekar.

Waktu yang dibutuhkan bagi anggrek tumbuh mekar dan berbunga setelah 1 tahun, bunga tersebut akan berganti sesuai musimnya.

Last Updated

Leave a Comment