Cara Budidaya Cabe Keriting di Polybag

Cara budidaya cabe keriting di polybag secara organik  – Cabe termasuk jenis komoditas yang punya permintaan pasar sangat tinggi, sehingga sewaktu tertentu harganya mampu meroket tinggi. Karena keperluan akan cabe tergolong tinggi tentu saja bila ketersediaan minim dapat dipastikan harga akan meroket.

Oleh karena itu banyak orang mulai melakukan budidaya cabe di rumahnya. Kadang jika hasil perolehan lebih banyak maka akan dijual kepasar namun jika sedikit hanya untuk memenuhi keperluan sendiri. Sedangkan untuk menghemat tempat biasanya dapat menanamnya di polybag maupun pot.

Cara Menanam Cabe Keriting di Polybag

cara-budidaya-cabe-keriting-di-polybag

Menanam cabe jenis keriting  dalam pot atau polybag cukup mudah, secara umum dapat dikerjakan pada dataran rendah. Suhu paling tepat bagi tanaman cabai ada pada kisaran 27 celcius, tetapi masih bisa tahan terhadap suhu yang lebih dari itu.

Salah satu tipe cabai yang cocok  ditanam di rumah ialah tipe keriting, tipe ini relatif lebih kuat bertahan di wilayah tropis. Berikut ini ialah cara menanam cabe keriting di polybag .

Cara Memilih bibit cabe keriting

Tipe cabai ini sangat pas ditanam dipolybag karena kuat akan cepatnya pergantian iklim. Tetapi jenis ini masih mempunyai beberapa tipe lain sebagainya yakni varietas hibrida.

Cabe hibrida punya kualitas mumpuni bahkan bisa dibilang lebih baik jika dibandingkan dengan varietas lokal. Tetapi tipe ini perlu memperoleh pemeliharaan khusus yakni pengobatan khusus supaya tumbuhan bisa tumbuh secara optimal.

Jika bingung dalam metode cara memilih bibit cabe keriting berkualitas unggulan,maka berikut ini adalah beberapa tahapan dalam menentukan bibit unggulan yakni :

  • Ambil calon bibit yang berasal paling bawah,
  • Selain itu harap untuk memastikan bibit berwarna merah merona.
  • Bibit mempunyai ukuran besar sangat baik dipakai untuk indukan benih,
  • Dan lakukan pemeriksaan serta pastikan tanaman yang digunakan sebagai indukan tidak mempunyai cacat.

Proses penyemaian bibit cabe keriting

Dalam mengawali proses penyemaian bibit cabe keriting dapat menggunakan sebuah petakan tanah. Untuk media tanam bisa membuatnya dari campuran pupuk kompos yang diaduk sampai merata.

Untuk ketebalan petakan tanah yang ideal untuk menyemai benih cabai ada baiknya  tidak lebih dari 5 hingga 10 cm. Untu bagian atas petakan buatlah larikan dengan berjarak 10 cm.

  1. Sebarkan benih unggulan ke dalam media berjarak 7,5 cm. Berikan penyiraman dengan air secukupnya, lalu tutup larikan tersebut memakai kain atau karung basah selama 4 hari.
  2. Setelah benih muncul kecambah selanjutnya pastikan benih sudah berukuran sekitar 5 cm, lalu bibit bisa diletakkan ke media polybag.

Proses Pengolahan media tanam cabe keriting

cara-menanam-cabe-keriting-di-polybag

Tahap kemudian paling penting saat menerapkan cara menanam cabe keriting di polybag ialah pengolahan media untuk menanam. Siapkan lebih dulu polybag yang akan dipakai untuk budidaya  baik dari plastic atau semen berdiameter 30 cm.

Selanjutnya beri lubang pada bagian dasar polybag, berguna sebagai saluran untuk drainase . Hal ini bertujuan supaya saat dilakukan proses penyiraman, tidak akan membuat air menggenang dalam polybag.

Cara budidaya cabe keriting di polybag bisa memakai media tanah humus, setelah siap masukkan benih ke polybag.

Proses menanam cabai keriting

Persiapkan polybag dengan diameter di atas 30 cm supaya proses menanam cabai keriting dapat dikerjakan secara mudah. Mengingat tumbuhan ini memiliki beban cukup berat maka buatlah media tanam menggunakan campuran antara tanah beserta pupuk kompos berkomposisi 1:2.

  1. Berikan lubang pada media polybag kira-kira kedalaman 5cm. Lakukan pemindahan bibit pada media tanam saat pagi atau senja hari.
  2. Pada masa perkembangan, lakukan penyiraman secara teratur, maksimal tiga hari sekali.
  3. Lakukan sistem pemotongan daun pada bagian tunas muda yang tumbuh di ketiak daun. Kegiatan ini dapat dikerjakan setelah 20 hari masa penanaman. Perompesan ini dilakukan bertujuan menghindarkan tanaman tumbuh menyamping.
  4. Berikan pupuk secara teratur supaya cepat berbuah dan berbuah lebat.
  5. Pencegahan hama dan penyakit pun wajib diperhatikan supaya tanamantumbuh dengan subur dan sehat.

Cara merawat cabe keriting di polybag

Menanam dalam pot / polybag tetap wajib dikerjakan pemberian pupuk layaknya budidaya saat di perkebunan besar. Pada minggi pertama sesudah masa seleksi bibit lakukan pemberian pupuk pancingan, cukup dengan urea dengan jumlah sedikit saja.

Karena kita menanam dalam pot/polybag maka sebisa mungkin pemberian pupuk dikerjakan dengan sistem ‘cor’ (larutkan urea 1 sendok teh di dalam 1 gelas air, lalu siram tanah dalam pot polybag dengan air campuran pupuk tersebut). Jenis pupuk untuk cabe tidaklah sulit, cukup dengan urea, selanjunya diberikan dengan tsp dan npk, komposisi dan takaran 2:1:1.

Cara merawat cabe keriting di polybag agar berbuah banyak bisa dimulai dengan tempatkan pada wilayah teduh selama seminggu. Pada hari sesudah pemberian pupuk cabe merah dalam keriting dalam pot/ polybag tersebut telah mampu ditempatkan ke tempat terbuka (memperoleh siraman cahaya matahari langsung).

Paling penting ketika berhadapan dengan cara menanam cabe keriting dalam polybag / pot ialah rutinitas penyiraman. Untuk di daerah perkotaan direkomendasikan penyiraman minimal 1 kali sehari di senja hari. Hal ini sangat perlu karena tanaman cabe dalam pot hanya memperoleh suplay air dari kegiatan penyiraman saja.

Usia cabe keriting siap panen

Cara  menanam cabe keriting dalam polybag terakhir ialah panen,  pada proses ini dikerjakan sesuai dengan varietasnya. Cabe siap diunduh ketika mempunyai warna merah dan akan awet selama tiga hari setelah dipanen.

Lakukan pemanenan pada pagi hari supaya cabe keriting siap panen tidak cepat mengering setelah dipanen. Berikut ini ialah tahapan panen yang dapat dilakukan, yakni :

  1. Panen sebisa mungkin dikerjakan pada pagi hari untuk meminimalisir cabe cepat mengering.
  2. Proses pemetikan bisa dikerjakan dengan cara memutarnya, usahakan tidak ditarik karena akan lebih sulit lepas dan menyebabkan batang patah.
  3. Pastikan buah telah benar matang supaya didapatkan buah yang berkualitas.

Cabe termasuk dalam tanaman mudah dikembangkan, serta mempunyai banyak manfaat. Menggunakan teknik menanam cabe di polybag bisa dikategorikan solusi terkini dari terbatasnya lahan tersedia. Bahkan jika menyangkut dalam urusan ekonomi hasilnya tergolong sangat menggiurkan jika dikerjakan dengan benar.

Demikian adalah beberapa langkah dalam cara budidaya cabe keriting di polybag secara organik. Jika ada pertanyaan terkait hal diatas silahkan tinggalkan komentar yang membangun dan share untuk berbagi dengan teman – teman.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment