Cara Budidaya Kembang Turi Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara Budidaya Kembang Turi Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan – Turi atau kembang turi adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan, namun sekarang ini sudah sampai ke daerah tropis dunia. Tanaman ini tersebar dari India Timur sampai Australia.

Di Negara Indonesia sendiri tanaman ini biasanya di tanam sebagai tumbuhan hias di halaman rumah atau di sawah sebagai tanaman pelindung.

Bagian dari daun serta polong yang masih muda bisa dimakan sebagai sayur atau lalap (urap – urap) setelah direbus.

Cara Budidaya Kembang Turi

Daun dari tanaman ini memiliki bau kurang sedap serta berlendir meski telah dikukus, akan tetapi daun ini memiliki kandungan nutrisi baik untuk memperlancar asi bagi ibu yang sedang menyusui.

Sedangkan bunganya memiliki rasa gurih serta manis sehingga cocok untuk dijadikan campuran pecel atau dimasak oseng – oseng.

Berikut adalah Langkah – langkah budidaya kembang turi :

Syarat tumbuh

Sebagai syarat tumbuh dalam cara budidaya kembang turi tumbuh di pekarangan, kebun dan sawah mempunyai tanah subur, tanah asam maupun tanah berair, tapi untuk cara budidaya kembang turi kurang baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1.500 mdpl.

Persiapan lahan

Meskipun dalam cara budidaya kembang turi dapat ditanam di tanah yang kurang subur, sebisa mungkin mengolah tanah tersebut sebelumnya supaya potensi hidup tanaman lebih tinggi serta pohonnya pun lebih produktif.

Caranya diawali dengan membuat lubang tanam dengan diameter 1 x 1 m dan kedalaman 50 cm. Kemudian masukkan pupuk kandang yang sudah matang ke dalam lubang tersebut hingga setinggi 10-20 cm.

Biarkan lubang tanam ini selama 7-14 hari supaya nutrisi di dalam pupuk terserap ke dalam tanah di dekatnya.

Persiapan bibit

Bibit kembang turi bisa diperoleh melalui biji dan stek batang. Bijinya berasal dari buah/polong yang telah tua serta mengering. Setelah dikeluarkan dari kulitnya, biji ini lantas disemaikan di dalam polybag.

Media persemaian yang dipakai dalam cara budidaya kembang turi berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan ukuran sama rata.

Apabila bibit sudah tumbuh lalu muncul 1 – 2 daun muda maka dapat dipindahkan ke tempat lebih terang. Jaga selalu media agar tidah kering dan tidak terlalu basah dengan menyemprotkan air halus 1 – 2 kali sehari jika medianya kering.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

Proses penanaman bibit

Setelah tumbuh 2- 4 helai daun, maka bibit turi ditanam ke dalam lubang-lubang yang sudah diberikan. Keluarkan bibit tersebut dari polybag dengan hati-hati supaya tidak merusak sistem perakarannya.

Selanjutnya tanamkan bibit ini hingga semua bagian akarnya masuk ke dalam lubang. Barulah selanjutnya pemilik bisa menutupnya memakai lapisan tanah atas.

Usahakan supaya posisi bibit tersebut tetap tegak menghadap ke arah atas. Proses penanaman paling baik dilaksanakan sewaktu pagi atau sore hari.

Perawatan tanaman turi

Pada dasarnya, untuk cara budidaya kembang turi tidak memerlukan perawatan yang begitu kompleks. Pohon ini dapat hidup dengan subur di lingkungan yang cukup ekstrem asalkan keperluan air dan nutrisinya tercukupi.

Pada masa awal perkembangannya, lakukan penyiraman secara teratur yakni setiap 2 kali sehari atau diadaptasi dengan situasi cuaca.

Selain itu, supaya nutrisi yang diperlukan tanaman ini berkecukupan lakukan pemupukan dengan memakai pupuk kandang setiap sebulan sekali.

Jangan lupa juga dalam melakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh di dekat pohon minimal setiap 3 bulan sekali. Lakukan pula pemangkasan dikerjakan di bagian tanaman yang mengering atau mengidap hama serta penyakit.

Pemanenan

Untuk pemanenan kembang turi sendiri bisa dilakukan jika sudah berumur 4- 8 bulan. Bunganya bisa dipetik jika ditandai dengan bunganya yang sudah besar dan sedikit membuka.

Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Di dalam tanaman kembang turi mengandung saponin, tanin glikoside, perioksidase, vitamin A, vitamin B, vitamin C. Selain itu juga mengandung kalsium, zat besi, dan zat gula.

Kandungan-kandungan yang dimiliki bunga turi tersebut menjadikannya mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya bunganya saja namun bagian-bagian lain dari pohon juga berguna. Berikut beberapa manfaat kembang turi untuk kesehatan :

Mengobati sariawan

Manfaat kembang turi pertama yakni ntuk menyembuhkan sariawan, kulit batang dari pohon dapat dipakai dengan meremasnya di dalam air. Kemudian air yang telah berisi sari-sari kulit pohon tersebut dipakai untuk berkumur. Selain itu bisa juga direbus sebelumnya dan air hasil rebusan dapat diminum.

Disentri dan bab berdarah

Masih memakai manfaat kembang turi yakni kulit dari batang pohonnya. Bedanya kulit pohon yang digunakan ialah pohon dari jenis yang berwarna merah. Penderita hanya perlu mengambilnya sebesar ibu jari, selanjutnya direbus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, air bisa disaring untuk selanjutnya diminum 2 kali sehari.

Cara Menanam Tomat Di Pot

Mengobati batuk biasa

Untuk mengobati batuk biasa kali ini manfaat kembang turi memakai daun jenis turi merah dan daun inggu. Setelah dicuci bersih, bunga selanjutnya dilumat sampai lembut dan diberikan perasan air jeruk nipis.

Demam nifas

Apabila pasca melahirkan, ibu mengalami demam maka dapat menggunakan alternative dengan manfaat kembang turi. Caranya adalah menumbuk lembut daunnya dan diberikan seperempat cangkir air matang serta garam. Kemudian disaring.

Hidung berair serta sakit kepala

Manfaat kembang turi serta daunnya dapat dipakai untuk mengobati hidung berair serta sakit kepal. Dengan cara dilumat sampai lembut dan tambahlah setengah gelas air matang dan disaring.

Mengatasi pegal linu

Jika badan terasa pegal – pegal maka dapat menggunakan alternative manfaat kembang turi yaitu akarnya. Akar yang digunakan ialah dari pohon berbunga warna merah. Haluskan akar dan tambah sedikit air. Adonan akan bertekstur lembek seperti adonan bubur. Adonan tersebut selanjutnya digosokkan di anggota tubuh yang pegal.

Cara Mudah Menanam Selada Di Polybag Agar Tumbuh Subur

Melancarkan asi

Selain dapat mengobati demam saat nifas, tanaman ini juga berguna untuk ibu-ibu yang mempunyai masalah dengan asi. Bunga turi putih atau daun muda dapat dijadikan solusi. Dimakan seperti mengkonsumsi lalapan biasa.

Sakit tenggorokan

Karena mengandung banyak vitamin C, tanaman ini dapat mengobati berbagai masalah penyakit panas dalam termasuk sakit tenggorokan. Caranya sama dengan menyembuhkan sariawan. Jika sariawan memakai kulit batang bunga turi, maka untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dipakai daunnya yang diremas di dalam air matang, selanjutnya dipakai untuk berkumur.

Last Updated

Leave a Comment