Cara Budidaya Labu Air (Blonceng) dengan Mudah

Cara Budidaya Labu Air (Blonceng) dengan Mudah – Labu air adalah jenis labu yang pada saat masih muda dijadikan sebagai sayur. Namun setelah tua bisa dijadikan sebagai wadah air, tabung, kantung hias dan lain – lain. Terdapat dua jenis labu air yaitu labu bulat serta lonjong.

Untuk fungsinya, biasanya labu bulat yang sudah tua dijadikan sebagai kendi atau hiasan lainnya. Sedangkan labu lonjong biasa disebut dengan blonceng dijadikan sayur. Banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran ini yakni vitamin B dan C.

Cara Budidaya Tanaman Labu Air

cara-menanam-labu-air

Adanya kandungan vitamin C pada labu air memiliki manfaat sebagai penambah kekebalan daya tahan tubuh. Di samping itu banyak manfaat lain yang didapat dari mengkonsumsi sayur ini.

Sifat dingin yang dimiliki sayur ini dapat menurunkan tingkat panas dalam tubuh yang berlebihan sehingga dapat membantu mengobati sariawan dan panas dalam.

Kandungan kalsium dan potassium di dalam labu air mampu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Sedangkan potassium untuk meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh.

Dengan banyaknya manfaat pada labu air, maka tambahlah sayuran tersebut sebagai menu tambahan untuk melengkapi nutrisi tubuh. Untuk dapat menanamnya sendiri, berikut cara menanam labu air :

Persiapan bibit

Langkah pertama dalam cara budidaya tanaman labu air yakni persiapan bibit. Untuk mendapatkan bibit, ada 2 macam yakni : bibit hibrida dalam kemasan dan membuat sendiri.

Apabila menghendaki mendapatkan bibit sendiri caranya adalah bibit diambil dari  buah tanaman yang telah tua dan di jemur hingga kering, selanjutnya bijinya diambil dijadikan bibit untuk ditanam.

Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag Agar Berbuah Melimpah

Proses penyemaian

penyemaian-blonceng

Cara menanam labu air juga memerlukan penyemaian. Untuk memulai penyemaian, lakukan langkah berikut ini :

  • Rendam benih dalam saringan air hangat digabung dengan bawang merah yang sudah dilembutkan dan disaring selama 2 menit. Selanjutnya rendam di air hangat untuk sayuran daun 1 jam – 2 jam, dan sayuran buah 6 – 12 jam.
  • Siapakan toples atau tempat bersih dan tertutup.
  • Basahi tisu dengan air, lebih baik menggunakan air mineral, masukan ke dasar wadah. Lalu letakkan benih di atas tisu dan beri jarak untuk perkembangan akar.
  • Letakkan di tempat sejuk dan kontrol tiap 3-4 hari, kecepatan berkecambah tiap benih berbeda normalnya 2 minggu.
  • Tunggulah hingga panjang akar mencapai 5 mm – 1 cm sebelum ke tahap berikutnya.
  • Langkah selanjutnya dengan menyiapkan tempat semai setinggi 5 – 10 cm dengan diberi lubang pada bagian bawah.
  • Berilah tanah yang disaring, pasir halus, sekam halus serta pupuk organic.
  • Pindah hasil pra semai dengan menggunakan pinset atau lainnya, namun jangan disentuh langsung dengan jari.
  • Letakkan di tempat teduh dan jaga kelembaban tanah, dengan menggunakan cara menyiram dengan sprayer agar tidak berantakan medianya.
  • Jika langsung tanpa pra-semai tutup media tanam dengan penutup apa saja agar media tetap lembab. Setelah tumbuh buka penutup.
  • Bibit bisa ditempatkan pada tempat yang lebih luas apabila sudah memiliki  4 daun.

Persiapan lahan

Untuk langkah persiapan lahan dalam cara budidaya tanaman labu air pertama, bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lain. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran 25 cm dan kedalaman 20 cm.

Setiap lubang tanam diberi 5 kg pupuk kompos atau pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Pupuk tersebut digabung dengan tanah hasil galian tadi sampai terbentuk gundukan kecil dan didiamkan selama kira-kira satu minggu.

Tahap penanaman

Setelah satu minggu gundukan tanah tersebut terbentuk, kemudian lakukan cara menanam labu air dengan membenamkan 2 benih labu. Benih labu yang ditanam kemudian ditaburi dengan abu dapur atau sekam, guna menghindari serangan hama seperti bekicot dan cacing.

Abu dapur terus digunakan hingga perkembangan tanaman mencapai tinggi 25 cm.

Karena cara budidaya tanaman labu air memerlukan para-para, maka sebelumnya wajib dibuat para– para dengan tinggi kira-kira 1,5 m. Sementara panjang dan lebar para-para diadaptasi dengan situasi lahan serta jumlah tanaman yang ditanam.

Setelah tunas labu air tumbuh, harap untuk memastikan para-para yang sudah ditancapkan/pasang terlebih dahulu sudah siap untuk dijadikan sebagai media rambat tanaman.

Langkah perawatan

Sama halnya dengan tanaman lainnya, blonceng juga membutuhkan perawatan supaya hasil yang didapat bisa maksimal. Lakukan langkah cara menanam labu air melalui perawatan sebagai berikut :

Pengairan

Penyiraman atau pengairan dalam cara budidaya tanaman labua air dikerjakan 2 minggu sekali ketika tanaman belum berbuah dan 1 minggu sekali ketika sudah berbuah atau ketika tanah nampak kering.

Penyiangan

Untuk cara menanam labu air yang baik lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lain di sekitar tanaman. Sehingga nutrisi yang diperlukan tanaman labu air tidak berebut dengan tanaman pengganggu tersebut.

Pemberian tajuk

Pemasangan tajuk dikerjakan pada umur 1 minggu. Pemilihan  tajuk wajib yang kuat karena buah blonceng dapat mencapai 2 kg/ buah. Tajuk tersebut dibuat rumah-rumahan/ anjang –anjang supaya buah blonceng dapat menggelantung/menggelayut  bebas sehingga segera berkembang.

Saat tanaman labu air mengeluarkan sulur, maka cara menanam labu air yang baik dengan merambatkan sulur pada para-para yang sudah dibuat. Pastikan sulur merambat dengan benar supaya saat tanaman mulai berbuah, para-para membantu menyanggah beban buah.

Pemupukan

Agar nutrisi yang diperlukan tanaman berkecukupan, maka cara budidaya tanaman labu air dengan memberi pupuk. Pemupukan tersebut dapat melakukannya dengan memakai pupuk urea atau pupuk organik dan pupuk kandang.

Cara Mudah Menanam Selada Di Polybag Agar Tumbuh Subur

Hama dan penyakit

Hama yang menginfeksi dalam cara menanam labu air ini relative tidak ada umumnya tipe kutu kebul dan tipe lalat. Cara pengendaliannya : dekatkan kapur barus di tajuk maka hama akan pergi.

Sedangkan penyakit yang menginfeksi umumnya leles yang ditimbulkan cendawan. Untuk langkah mengendalikannya dengan cara tanaman dikocor dengan fungisida + insektisida yang dosisnya kecil.

Pemanenan

panen-blonceng

Tanaman blonceng dapat diunduh ketika tanaman berusia mulai 50 hari setelah ditanamt.  Ciri buah yang siap diunduh : buah blonceng berwarna putih pudar, buah telah besar dan tangkainya mengecil. Cara pemanenan dengan dipotong tangkai buah memakai pisau.

Cara membedakan labu air dan labu halloween

Terkadang sulit membedakan antara labu air atau blonceng dengan labu yang biasa dijadikan sebagai labu halloween. Berikut perbedaannya :

Kenampakan fisik

Kebanyakan orang menjadikan labu air untuk sayur. Namun sebenarnya labu tersebut bukanlah jenis sayur melainkan buah. Labu air tidaklah mirip dengan tipe labu lain. Ukurannya memanjang, sementara kulitnya berwarna kehijauan dan daging buahnya berwarna putih.

Tekstur dan rasa

Ketika belum matang, daging labu air mempunyai tekstur yang keras. Tapi, kalau sudah direbus, komposisinya akan berkembang menjadi halus.

Soal rasa, labu air berasa tawar. Sehingga cocok dijadikan sajian gurih atau manis.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment