Cara Menanam Bawang Merah

| |

Bawang merah merupakan tanaman yang berasal dari iran, pakistan dan daerah disekitarnya ini merupakan tanaman yang paling terkenal di dunia.

Karena selain dipakai sebagai bumbu masak, bawang merah juga ternyata bisa di konsumsi dengan menggunakan cara yang lain. Seperti misalnya dijadikan bawang goreng, acar sebagai pelengkap sebuah kuliner, ataupun di makan belum matang.

Cara Menanam Bawang Merah Terbaik Dengan Hasil Melimpah

Untuk menanam bawang merah yang benar dan sangat direkomendasikan supaya hasil panen yang diperoleh melimpah. Maklum saja, bawang merah tergolong komoditi yang harga yang ditawarkan tidak imbang, kadang naik drastis terkadang terjun bebas dibawah biaya produksi.

Hal ini juga diperparang dengan kebijakan impor pemerintah yang semakin membuat harga jatuh di pasaran.

Syarat Lahan Ideal Untuk Menanam Bawang Merah

Dalam menentukan lahan yang akan digunakan menanam bawang merah tidak bisa asal – asalan. Pemilihan lahan yang tepat mampu membuat hasil panen lebih berpotensi melimpah dan menghasilkan keuntungan maksimal.

  • Syarat pertama, wajib mencari daerah yang mempunyai ketinggian 0-800 diatas permukaan laut karena bawang merah umumnya bisa berkembang subur didaerah dataran rendah.
  • Selanjutnya pilih daerah yang terkena terik matahari lebih dari 12 jam karenamemerlukan cahaya matahari serta suhu kira-kira 32 derajat celcius.
  • Syarat berikutnya ialah kadar ph tanah wajib 7, karena dalam proses perkembangan sehingga butuh asupan makanan yang banyak.
  • Tekstur tanah termasuk dalam syarat supaya tanaman bisa tumbuh secara optimal, contoh tanah yang cocok yakni sawah dan tegalan.
  • Yang perlu diperhatikan berikutnya ialah kelembaban tanah kira-kira 70%.

Cara Menanam Cabe Merah

Cara Mengelola Tanah Ideal untuk Tanaman Bawang Merah

Selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mempersiapkan lahan tanaman bawang merah, dapat membuat bedengan dengan luas sesuai dengan berapa banyak yang hendak ditanam saran kami untuk mengatur jarak antara bedengan satu dengan yang lain sekitar 50 cm.

  1. Gemburkan tanah dengan menggunakan cara dicangkul dan biarkan tanah tersebut selama 1 minggu supaya racun tanah terbawa angin dan menguap terpapar terik matahari.
  2. Apabila lahan mempunyai kadar keasaman kurang dari 6 – 7, berikan kapur dolomite dengan dosis 1 ton / 1 hektar lahan. Diamkan tanah tersebut selama 2 minggu sesudah proses pengapuran sebelum masa tanam tiba.
  3. Cara menanam bawang merah tahap kemudian ialah membuat bedengan pada lahan dengan lebar kira-kira 1 meter, tinggi bedengan 30 cm dengan panjang diadaptasi dengan luas lahan.
  4. Berikan jarak antar bedengan kira – kira setengah meter, jarak tersebut bisa pula disfungsikan sebagai parit untuk jalan air hujan dengan kedalaman 30 cm.
  5. Kemudian cangkul dan gemburkan bedengan sedalam 20 cm, ratakan bentuk bedengan tidak melengkung seperti bentuk bedengan pada biasanya.
  6. Tambahkan pupuk kandang secukupnya, tebarkan diatas bedengan dan aduklah dengan tanah supaya pupuk merata dan bercampur dengan tanah bedengan.
  7. Diamkan bedengan yang telah diberi pupuk tersebut selama 1 minggu sebelum ditanami bibit.

Cara Menanam Jeruk Limau

Menentukan Bibit Bawang Merah Unggulan

Hal yang paling penting dalam budidaya bawang merah ialah memilih bibit yang mempunyai kualitas diatas rata-rata, kita ketahui terdapat banyak tipe bibit bawang baik asli dalam negeri maupun kiriman dari luar negeri.

Selain itu terdapat cara mempengaruhi bibit yang mempunyai kualitas diatas rata-rata yakni mencari tanaman bawang merah yang mempunyai umbi berusia lebih kurang 100 hari, jika masih merasa resah silahkan perhatikan langkah dibawah ini:

  • Tampilan bibit wajib padat dan sehat serta warna wajib pudar.
  • Selanjutnya coba potong bagian bawah kalau sudah tanpa warna hijau berarti tunas sudah tumbuh.
  • Ukuran bawang merah sangat menentukan kualitas, terdapat 3 tipe ukuran berdasarkan beratnya yakni besar (10 gram ), sedang  (5-10 gram) dan kecil (dibawah 5 gram).

Cara Menanam Jagung Manis

Penanaman dan pemeliharaan Bawang Merah

Metode menanam bawang merah yang benar adalah dengan membenamkan seluruh bagian umbi kedalam tanah. Untuk jarak tanam antar umbi adalah 20cm x 20cm jika memanan pada saat musim hujan. Sedangkan jika memulai bertani pada musim kemarau, maka jarak tanam dibuat lebih rapat tepatnya 15cm x 15cm antar umbi. Cara ini bertujuan supaya umbi bisa tumbuh dengan optimal.

Sudah diketahui bahwa bawang merah tidak dapat hidup dalam kekeringan, karena hal ini diharuskan menyiram 2 kali sehari(pagi dan sore) sampai tumbuhan berumur lebih dari 10 hari sesudah itu proses penyiraman hanya diperuntukkan 1 kali saja.

Pengendalian Hama Bawang Merah

Selanjutnya ialah pengendalian hama, karena adanya banyak hama yang menginfeksi tanaman bawang merah tetapi ada beberapa yang seing menyerang diantaranya ulat.

Pengendalian hama bisa dikerjakan secara manual dan obat-obatan. Jika tanaman bawang merah dalam skala kecil sebisa mungkin memakai cara manual dengan mengambil secara langsung ulat dan memusnahkannya tetapi jika dalam skala yang benar lebih bagus memakai jebakan.

Cara Menanam Mentimun

Usia Panen Bawang Merah

Tahapan terakhir metode bercocok tanam bawah merah yakni pemanenan. Bawang merah yang siap panen umumnya 70% daunnya sudah mulai rebah ke tanah. Atau juga bisa dengan menghitung masa tanam ketika mencapai usia 70 hari maka bawang merah sudah siap diunduh.

rata – rata hasil panen normal bawang merah untuk 1 hektar lahan menciptakan 5 – 12 ton berdasarkan kondisi lahan, iklim dan cuaca daerah tersebut. Keringkan terlebih dahulu setelah dipanen dibawah terik matahari langsung kira – kira 1 – 2 minggu. Tujuan menjemurkan ialah untuk memperoleh bawang merah yang mempunyai kadar air 80% sesuai dengan permintaan pasar.

Previous

Cara Menanam Cabe Merah

Cara Menanam Tomat Di Pot

Next

Leave a Comment