Cara Menanam Bawang Putih di Pot

4
(1)

Bawang putih termasuk bahan utama di dapur untuk bumbu dasar setiap makanan. Bahkan dibidang kesehatan, bawang putih mempunyai manfaat untuk antibiotik alami bagi tubuh manusia. Khasiatnya terbukti ampuh sebagai obat untuk mengobati penyakit kutil dan dapat mengurangi kadar kolesterol.

Menanam bawang putih dirumah mempunyai banyak keuntungan, selain gampang dikerjakan juga memenuhi ketersediaan bumbu dapur di rumah. Untuk itu perlu tahu bagaimana cara / metode budidaya bawang putih di pot atau polybag dan di halaman rumah.

Bahan Yang dibutuhkan untuk menanam bawang putih di pot

Sebelum mulai menanam bawang putih di dalam pot terdapat beberapa bahan. Bahan ini sebenarnya ada banyak di sekitar, namun tentu akan merepotkan jika tidak disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan :

1. Pot / polibag

Gunakanlah pot yang mempunyai lubang untuk mengeluarkan air berlebih atau lubang drainase dengan kedalam pot minimal 20cm. Gunakan pot lebar untuk menambah jumlah bawang yang ditanam dengan berjarak antar tanam sekitar 10 cm

2. Bibit bawang putih

Ada sebuah metode untuk memperoleh benih yang bagus cara pertama ialah dengan mengumbar umbi bertunas dengan sendirinya. Caranya ialah dengan meletakkan umbi di dalam kulkas dan tunggu selama satu hingga dua minggu. Setelah tunas muncul dapat memindahkannya ke dalam pot.

Cara kedua dengan mengupas kulit luar , selanjutnya langsung di tanam di dalam tanah. Dapat pula dengan membeli benih siap tanam yang umum dijual di toko pertanian. Setelah mempunyai benih bawang putih yang bagus saatnya mempersiapkan media tanam.

Cara Menanam Tomat Di Pot

3. Tanah kompos

Bokashi / kompos dipakai karena memiliki unsur – unsur hara lengkap yang diperlukan tanaman. Tentu hal ini bisa sangat mudah ditemukan jika kita berada di desa. Supaya tanaman bisa tumbuh optimal, perlu mempersiapkan media tanam  gembur.

Hal tersebut bertujuan supaya umbi bisa tumbuh dengan bentuk bagus. Karena tanah keras atau liat akan membuat umbi bawang putih akan sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Cara membuat media tanam bagus ialah dengan memakai campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1:1.  Pemakaian sekam bakar dinilai lebih berkualitas karena pemakaian sekam biasa dapat menimbulkan resiko kebusukan pada akar.

Diberikan lagi pada sekam bakar terdapat unsur karbon yang bisa mencukupi keperluan tanaman

Cara Budidaya Anggrek Dendrobium

Langkah menanam bawang putih di pot

Waktu penanaman bawang putih ada baiknya pada musim kemarau. Hal ini akan sangat berakibat terhadap hasil budidaya bawang putih supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Saat musim hujan kadar air tinggi sangat kurang baik karena bisa menimbulkan pembusukan.

  1. Hal yang wajib dipersiapkan ialah media tanam terdiri tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1: 1 : 1. Letakkan media tanam tersebut pada pot maupun polybag yang telah disiapkan. Bisa membaca cara pembuatan tanah subur sebagai media tanam.
  2. Pilihlah bibit  yang telah tua dan bagus, Lalu kupas kulitnya.
  3. Masukkan bawang putih yang telah dikupas pada polybag kedalaman 2-3 cm dengan posisi bagian runcing menghadap ke atas. Setelah dua minggu penanaman, maka akan muncul kecambah atau biasa disebut sirung daun.
  4. Bisa juga disemai sebelumnya dengan menggunakan cara direndam air sampai sirungnya muncul

Cara merawat tanaman bawang putih di pot

Setelah mempersiapkan media tanam hal yang wajib dilakukan ialah menanam benih bawang putih. Harap untuk memastikan supaya benih pada posisi tegak lurus supaya perkembangan umbi proporsional dan tidak menyamping.

Gunakanlah pupuk organik yang mempunyai kandungan nutrisi cukup untuk menunjang keperluan gizi tanaman. Cara membuat pupuk organik ialah dengan memfermentasikan pupuk kandang dengan air diberi bioaktivator. Setelah itu tutup rapat wadah untuk memfermentasi selanjutnya tunggu hingga pupuk sudah matang.

Potong bunga yang tumbuh pada tanaman, hal tersebut mempunyai tujuan supaya nutrisi tanaman dapat fokus untuk menumbuhkan umbi daripada bunga. Membiarkan berbunga hanya akan membuat umbi tumbuh tidak optimal.

Cara Menanam Buah Naga

Memberi cukup pencahayaan

Keperluan bawang terhadap cahaya matahari sangatlah tinggi. Kekurangan cahaya matahari akan menjadi gangguan proses fotosintesis yang menjadi terganggunya keperluan nutrisi.

Pastikan menanam bawang putih di tempat yang mendapat terik matahari penuh setiap waktu supaya bisa tumbuh optimal.

Memberi penyiraman secara merata

Air memegang peranan paling penting dalam menumbuhkan bawang putih di dalam pot atau polybag. Tidak seperti menanam di lahan terbuka, menanam di pot membuat akses ke sumber air sangat kecil. Selain itu akses untuk membuang kelebihan air tidak leluasa pada lubang drainase saja.

Penyiraman terlalu banyak akan membuat umbi membusuk. Sedangkan kekurangan air dapat mengakibatkan tanaman kering dan layu, utamakan sirami hanya saat tanah mulai kering. Atau dua kali sehari saat benih masih terlalu kecil dan sekali sehari saat bawang sudah cukup kuat.

Cara Menanam Bunga Rosella

Usia bawang putih di pot siap panen

Pada usia 90 hari daun akan mulai layu dan mengering, itu pertanda bahwa bawang putih sudah siap untuk di panen. Jangan memanen terlalu muda karena menjadikannya tidak mempunyai umur panjang bila disimpan. Namun jangan pula terlalu tua karena umbi akan menyusut sehingga menurunkan kualitas bawang.

Usahakan tidak membuat umbi bawang rusak atau tampak terluka akibat pencabutan. Cara supaya bisa mendapatkan umbi baik saat di panen ialah dengan menggemburkan tanah sekitar tanaman. Selanjutnya mencabutnya dengan bantuan sekop dan bersihkan sisa tanah yang masih melekat dengan hati-hati.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian 4 / 5. Jumlah vote : 1

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment