10 Cara Cepat Menanam Buah Anggur Agar Berbuah Lebat

10 Cara Cepat Menanam Buah Anggur Agar Berbuah Lebat – Anggur adalah salah satu jenis buah yang tanamannya merupakan perdu merambat. Buah ini dapat dimakan langsung, dibuat jus, jelly, minyak biji anggur, kismis dan minuman anggur.

Sebenarnya pembudidayaan tanaman anggur sudah dilakukan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Namun untuk dijadikan sebagai minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh Negara Mesir.

Cara Menanam Buah Anggur

cara-menanam-buah-anggur

Tidak lama setelah itu proses pengolahan tersebut tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, dimulai dari daerah Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, serta Austria. Persebaran buah ini terjadi sangat pesat, terlebih dengan adanya perjalanan Colombus yang membawanya mengelilingi dunia.

Buah ini mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang memiliki manfaat dalam menjaga metabolisme tubuh serta mencegah terbentuknya sel kanker dan penyakit lainnya. Selain itu pada buah tersebut juga terdapat senyawa metabolit sekunder bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Berikut cara menanam buah anggur :

Syarat hidup

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah dataran rendah. Tidak seperti tanaman pada umumnya, anggur justru dapat hidup baik jika terjadi musim kemarau panjang antara 4 – 7 bulan dengan intensitas cahaya matahari cukup tinggi.

Curah hujan yang dibutuhkan dalam cara menanam buah anggur agar cepat berbuah memerlukan 800 mm per tahun. Penyiraman yang dilakukan secara berlebihan pada tanaman ini dapat mengganggu proses berbuahnya.

Sedangkan suhu maksimalnya adalah 31 derajat celcius serta suhu minimum 23 derajat celcius dengan kelembapan udara antara 75 – 80%.

Persiapan media tanam

Tahap pertama dalam cara menanam buah anggur agar cepat berbuah ialah mempersiapkan media tanam, syaratnya sebagai berikut:

  • Menyiapkan lahan subur serta mudah dalam menyerap air. Sebab tanaman ini tidak menyukai banyak air, sehingga apabila mendapat banyak air dapat menhambat pertumbuhannya.
  • Tanah tersebut adalah tanah yang mengandung pasir dan lempung dlam jumlah pas supaya tanaman tidak mendapat tranpirasi berlebihan.
  • Keasaman atau ph pada tanah dalam kondisi netral yaitu 7.

Cara Mudah Menanam Strawberry Agar Berbuah Melimpah

Pemilihan bibit

pemilihan-bibit

Bibit anggur dapat dibuat dengan menggunakan cara mencangkok pohon anggur yang mempunyai kualitas unggulan, tentunya tidak berpenyakitan. Sebaiknya pilih bagian batang anggur tegak, sehingga bibit yang diperoleh pun mudah untuk ditanam, baik di pot ataupun langsung di tanah.

Bibit anggur cangkokan ini dapat ditanam sesudah masa pencangkokan sekitar 6-7 bulan.

Selain itu, bisa juga dilakukan cara menanam buah anggur dari biji. Namun, penanaman dengan biji umumnya dinilai rawan gagal.

Padahal sebetulnya berdasarkan dari bagaimana memperlakukan tanaman anggur. Jika ditanam dan dirawat dengan baik, otomatis tanaman itupun bisa berkembang baik.

Untuk cara menanam buah anggur dengan teknik stek/cangkok pilih bibit dengan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Panjang stek yang dipakai dilarang lebih dari 25 hingga 30 cm dengan banyak ruas 2 hingga 3.
  • Batang yang distek wajib berbentuk bundar dengan lingkar diameter sebesar 1 cm.
  • Pada bagian kulit batang yang mempunyai warna coklat dan bagian kulit batang mempunyai warna hijau, tidak terdapat bercak hitam sedikitpun dan mempunyai kandungan air.
  • Biasanya, tanaman anggur yang ditanam dengan memakai stek akan nampak lebih gede dan padat.

Proses penyemaian

Langkah berikutnya adalah penyemaian. Sebaiknya, supaya cara menanam buah anggur agar cepat berbuah bisa tumbuh dengan sempurna, perlu dikerjakan beberapa hal berikut:

  • Semaikan bibit anggur menggunakan pot atau polybag selama 5 sampai 7 hari.
  • Jika melakukan cara menanam buah anggur di pot lakukan pemindahan pada pot/polybag. Namun terlebih dahulu dituang dengan media tanam seperti campuran tanah dengan pupuk kandang serta pasir dengan masing-masing mempunyai komposisi perbandingan sebesar 1:1:1
  • Bibit selanjutnya diberi air secara teratur saat pagi dan senja hari. Tanah yang dipakai dipastikan mempunyai pengairan bagus sehingga tidak tergenang air.
  • Ketika sudah menginjak usia 2 bulan, tunas-tunas baru akan muncul dan akarnya akan nampak banyak.

Penyemaian dari biji

Sedangkan apabila cara menanam buah anggur dari biji, dapat dilakukan proses sebagai berikut :

Rendam biji ke dalam wadah berisi air. Jika ditemukan biji mengambang, maka buanglah. Sebab itu berarti bijinya tidak sehat dan tidak layak tanam. Sementara itu, perlakuan kemudian untuk biji tenggelam ialah dengan merendamnya selama sehari semalam.

Kemudian lakukan proses stratifikasi. Proses ini biasa juga disebut dengan simulasi musim dingin untuk membuat biji berkecambah. Lakukan dengan menaruh biji-biji layak tanam pada tisu basah, lalu masukkan pada wadah tertutup.

Selain itu juga dapat menggunakan  wadah transparan yang dibungkus plastik atau dengan kantung udara transparan. Langkah selanjutnya dengan menyimpannya pada lemari es selama 2 sampai 3 bulan.

Namun pastikan dengan suhu yang tidak menjadikannya membeku total. Gunakan suhu imbang antara 1-3 ºc.

Tanam biji yang sudah melewati tahap stratifikasi pada wadah pot yang di dalamnya terdapat tanah gembur tercampur pupuk kandang.

Gunakan wadah pot tanah, karena pot tanah mempunyai pori-pori gampang menyerap air dan nutrisi tanpa membuat tanaman mengendap. Umumnya tanaman anggur berupa kecambah akan muncul sekitar 2 sampai 8 minggu dari hari penanaman bijinya.

Persiapan menanam

Tanaman yang sudah berusia 2 bulan berada di media semai sudah sewajibnya ditempatkan ke media tanam yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Agar dapat menghasilkan buah maksimal, sebisa mungkin tanaman anggur ditanam ketika memasuki musim kemarau. Benih anggur yang sudah dipersiapkan dimasukkan pada liang tanam dan selanjutnya tutup kembali lubang tersebut dengan diameter sebatas pangkal batang tanaman anggur.

Proses penanaman

Setelah bibit anggur siap, maka  perlu mempersiapkan alat penyangga sebagai media tumbuhnya pohon anggur. Penyangga ini dapat dibuat dari kayu atau besi, berdasarkan keinginan pemilik.

Untuk ketinggian penyangga,  dapat menyesuaikan dengan keperluan, untuk yang ingin cara menanam buah anggur di pot. Dapat mempersiapkan pot yang telah dilubangi bagian bawahnya, pilih pot yang mempunyai ukuran sedang supaya akar anggur bisa tumbuh dengan baik.

Cara menanam buah anggur agar cepat berbuah tanah yang cocok untuk menanam anggur ini, dapat mengombinasikan tanah dengan kompos dengan perbandingan 1:2. Dengan media tanam ini, dijamin tumbuh kembang anggur akan semakin maksimal.

Setelah semua persiapan tersebut selesai, dapat langsung menanam bibit anggur . Cara menanam bibit cangkokan anggur ini pun tidak bisa dikerjakan secara asal-asalan, perlu membuka bungkus cangkokan baik itu plastik atau media lain.

Setelah itu, buatlah lubang tanah pada bagian tengah pot untuk meletakan hasil cangkokan ini. Bibit ini tidak dapat langsung ditempatkan di pekarangan rumah, perlu meletakkannya di tempat sejuk sebelumnya dalam jangka 3 minggu masa penanaman pertama.

Hal ini tentunya untuk membuat bibit anggur dapat menyesuaikan dengan media tanam baru. Pada masa ini juga wajib rajin menyirami bibit anggur ini. Untuk memberikan hasil maksimal, ada baiknya tanaman anggur ditanam ketika memasuki musim kemarau.

Perawatan

Seperti tanaman-tanaman lain, hal yang menyulitkan pada saat menumbukan sebuah tanaman ialah membudidayakannya hingga siap panen, karena akan berakibat pada kualitas dari buah anggur yang akan diunduh.

Pada awal penanaman, ada baiknya melakukan persiapan secara teratur tanaman anggur untuk melihat apakah tanaman bisa berkembang dengan sempurna atau tidak, seandainya nampak beberapa gejalanya, segeralah merubahnya dengan benih baru supaya tanaman anggur yang ditanam bisa berkembang dengan seragam.

Tahap kemudian dalam cara budidaya anggur ialah terus merawat tanaman anggur dengan baik. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan antara lain :

Penyiraman

Pemberian air pada tanaman anggur dikerjakan sejumlah sekali sehari, yakni antara pagi atau senja hari. Terutama ketika penanaman terjadi pada musim hujan, tak harus melakukan penyiraman karena tanaman anggur yang pada umumnya tidak terlalu sangat suka tanah lembek dan mempunyai kandungan air banyak.

Ketika melakukan penyiraman wajiblah waspada agar percikan air tidak merusak media tanam berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak seandainya terkena air, dan jangan sampai mengganti posisi akar.

Cara Menanam Buah Zaitun Agar Berbuah Lebat

Pemberian ajir

pemasangan-ajir

Memberi ajir pada tanaman anggur sangatlah penting, agar bibit anggur tumbuh lurus, ajir bisa berupa kayu atau bilah bambo setebal 1,5 cm dengan panjang 1 meter. Hal ini berfungsi sebagai penyangga bibit sampai datang waktu pemangkasan pertama.

Pada awal penanaman, bibit anggur di ikat longgar dengan ajir, dalam perkembanganya tanaman anggur dengan sendirinya bisa berkembang memanjat dengan bantuan sulur. Dan untuk mendapatkan cabang menarik, pohon anggur wajiblah diberi penopang yang berguna sebagai panjatan.

Jika melakukan cara menanam buah anggur di pot maka anjatan ini ditanam di dalam pot, berupa bilah bambu setebal 2 cm dengan panjang 1, 5 m berupa lilitan kawat.

Satu pot di beri 4 bilahan bambu yang ditancapkan di pinggir pot. Penopang bambu ini akan menjadikan tanaman anggur di dalam pot bisa diamati dari bermacam-macam arah. Dan bentuk percambahanya pun bisa diatur serta bisa berbentuk lingkaran seperti bola, slinder, paying dan sebagainya.

Pemupukan

Selain itu perlu diperhatikan  untuk tetap memberikan pupuk ketika umur dari tanaman itu sendiri telah berusia 90 hari dan selanjutnya akan dikerjakan proses pemberian pupuk sejumlah 3 bulan sekali. Setelah tanaman anggur berusia 3 bulan, pupuk yang dikasihkan diperbanyak menjadi dua sendok makan, dan pupuk dikasihkan sebulan sekali.

Upaya agar tanaman cepat berbuah

Hal terpenting dalam cara menanam buah anggur agar cepat berbuah, yaitu pemangkasan pada ranting yang menjadi pemicu bunga keluar dari cabang tersier. Ketika cabang tersier sudah berwarna cokelat atau sudah berusia 3 bulan, pemangkasan boleh dilakukan.

Proses pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas ke 4 atau ke 5 dari pangkal cabang.

Pada pemangkasan pertama, mulai dari bunga yang muncul umumnya masih berukuran kecil. Dan jumlah mulai beransur-ansur akan sangat meningkat pada pemangkasan ke 2, ke 3, dan seterusnya.

Lalu bunga yang muncul sesudah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menciptakan buah-buah kecil yang mempunyai warna hijau. Lalu buah ini akan terus berkembang dan mencapai perkembangan maksimal sesudah 105-110 hari semenjak pemangkasan.

Pada masa perkembangan buah tanaman anggur di dalam pot perlu disiram setiap hari dan pemberian pupuk dilakukan setiap bulan. Adapun pupuk yang di kasihkan berupa (NPK) sejumlah dua sendok makan.

Pemanenan

Pohon anggur membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun supaya bisa berbuah. Agar buah anggur dipetik pada umur optimal maka butuh dicermati tanda-tanda buah masak optimal yakni kulit buah diliputi bedak yang jelas dan buah mudah rontok bila terkena sentuhan.

Biasanya umur 100-110 hari sesudah pangkas , buah anggur telah masak optimal dan telah manis rasanya.  Karena buah anggur tergolong non klimakterik maka pemanenan sebisa mungkin memperhatikan umur masak optimal .  Bila tidak demikian maka rasa buah akan masam dan tak mungkin sangat meningkat manis sesudah tanaman diunduh.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment