Cara Menanam Buah Naga

Buah naga tergolong keluarga tanaman kaktus. Walaupun banyak tumbuh di asia, tetapi sesungguhnya buah ini berasal dari meksiko, amerika tengah dan amerika selatan. Awalnya pada sekitar tahun 1870an orang-orang perancis membawa buah ini dari guyana vietnam untuk dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Tetapi selanjutnya mereka memahami bahwa buah ini dapat dimakan  dan mengandung vitamin maka mereka mulai begaduh – gaduh memakannya. Saat ini buah naga mempunyai pangsa pasar yang luas. Peluang berurusan ekonomi buah naga telah menarik minat banyak orang untuk merawatnya.

Cara Menanam Buah Naga agar Berbuah Banyak Dengan Cepat

Cara untuk menanam buah naga sebenarnya tidak sesulit yang ada dibayangan. Sehingga sangat tidak mengherankan kalau banyak orang yang hendak merawatnya , baik hanya sekadar untuk hobi atau untuk bertani.

Sebenarnya teknik menanam buah naga sangatlah sederhana dan mudah. Baik untuk budidaya di kebun maupun dalam pot. Namun, sebagian dari orang yang merawat buah ini melupakan hal penting di awal, sehingga sesudah beberapa tahun pohon buah naganya tidak berbuah.

Memilih jenis varietas dan benih buah naga yang berkualitas baik

Tipe buah naga yang banyak beredar dan dibudidayakan di wilayah Indonesia adalah hylocereus undatus dengan ciri daging berwarna putih serta kulit merah. Sedangkan hylocereus polyrhisus punya ciri warna kulit dan daging berwarna merah.

Penanaman buah naga sangat cocok dilakukan di negara yang beriklim tropis seperti indonesia. Buah ini banyak dibudidayakan pada daerah berketinggian 0-300 m di atas permukaan laut dan tempat itu harus memiliki curah hujan 720 mm pertahun. Sedangkan suhu ideal untuk menanam buah ini adalah berkisar 26-36 derajat celcius.

Cara menentukan bibit buah naga yang bagus ada 2 cara yakni:

  • Cara generatif, yakni cara merawat dengan mengeluarkan biji terpilih dari buah. Sebenarnya metode ini cukup sulit karena hanya diperuntukkan oleh pembibit berpengalaman.
  • Cara vegetatif, lebih banyak diapikasikan karena akan cepat dalam pengerjaannya. Terlebih lagi pengembangan metode ini memiliki sifat yang sangat menyerupai induk. Jadi tinggal menentukan indukan yang memiliki kualitas diatas rata-rata dan memperbanyaknya menggunakan cara vegetatif.

Pengambilan bibit bisa melalui stek batang tanaman yang telah berbuah setidaknya 2 sampai 3 kali. Pilihlah batang dengan diameter min 8 centi berstruktur kuat, keras dan tua serta berwarna hijau kelabu dan sehat. Semakin baik jika ukuran batang lebih gede serta kuat karena akan menjadi batang utama buah jika tumbuh nantinya.

Potong batang sekitar 80-120 centi, lalu potong bibit berukuran 30 centi. Pada sebelah atas dipotong rata sedangkan bagian bawah dipotong menyerupai supaya akarnya capat tumbuh. Maksimalkan supaya stek batang punya sedikitnya 4 tunas baru.

Biarkan getah hasil potongan batang mengering sendirinya, celupkan stek ke dalam fungisida supaya dapat menghindari serangan jamur.

Cara Menanam Jeruk Limau

Menyiapkan media untuk penyemaian

Cara untuk menanam buah naga dari bijinya ialah dengan menyipkan media semai, bisa membuat bedengan atau memakai pot.

  1. Buatlah media tanam memakai tanah dan campuran pupuk organik (perbandingannya 1:1)
  2. Sebelum penanaman bibit, siram medai penyemaian supaya tetap lembab.
  3. Tancapkanlah bibit dengan kedalaman 5 centi
  4. Tempatkan bibit dan hindari dari paparan terik matahari langsung.
  5. Siramilah bibit 2-3 kali sehari sampai tumbuh tunas atau sekitar 3 mingguan.
  6. Setelah tumbuh tunas, maka pindahkan bibit supaya terkena terik matahari langsung.
  7. Pemeliharaan ini bisanya berlangsung dala kurun waktu sekitar 3 bulan hingga tanaman siap ditempatkan ke media tanam.
  8. Bibit yang sudah berumur 3 bulanan umumnya memiliki tinggi 55-80 centi.

Mempersiapkan lahan menanam untuk buah naga

Cara budidaya buah naga sebenarnya bisa di mana saja baik di tanah lapang ataupun  media polybag. Namun untuk hasil maksimal, penanaman ada baiknya dikerjakan di lahan tanah menggunakan cara sebagai berikut:

Pembuatan tiang dalam budidaya buah naga sangatlah penting sebagai penopang tanaman. Tiang panjat ini dapat dibuat dari beton diameter diameter 10-15 centi dan tinggi 2-2,5 m.

Masukkan tiang penyangga dalam lubang sedalam 50 centi dengan ujung tiang dikasihkan sebuah penopang berbentuk + dari besi ataupun kayu. Terakhir tambahlah penyangga berbentuk bulat di atasnya.

Buat tiang penyangga ini secara sebaris panjang 2,5 m dengan jarak antar tiang berkisar 3 m.

Cara Budidaya Kacang Tanah Organik

Pengolahan tanah

Untuk media tanam buah naga yang ideal dapat membuat bedengan mengombinasikan pasir, tanah, pupuk kompos atau pupuk kandang dengan komposisi 1:1:1. Selanjutnya tambahlah kapur atau dolomit kurang lebih 300 gr untuk menambah kalsium pada tanah.

Selanjutnya buat lubang berkedalaman 25 centi di seputar tiang penyangga. Tutup liang tanam selanjutnya siram hingga tanah basah dan biarkan hingga mengering. Setelah tiga hari tambahlah pupuk tsp melingkari tiang panjat lalu biarkan selama satu hari.

Memindahkan bibit ke area dengan tiang panjat

Cara memindahkan bibit buah naga ke area lain sebenarnya diperlukan perhitungan agar mampu tumbuh maksimal. Untuk mempermudah dalam perhitungan banyaknya biji yang dbutuhkan maka dibutuhkan acuan. Umumnya dalam 1 hektar lahan memerlukan benih sekitar 6400 benih dan 1600 tiang panjat untuk mempemudah buah naga tumbuh.

Tiang panjat berkhasiat supaya bisa menopang batang tanaman supaya tidak roboh. Biasanya tiang panjat dibuat memakai cor beton sehingga memiliki sifat permanen. Bentuknya bisa persegi atau silinder berdiameter 10-15 centi. Jika terbatasnya dana maka juga memakai bambu atau kayu yang kuat supaya bisa bertahan lama untuk menopang tanaman.

  • Tinggi tiang panjat 2,5 meter dan ditanam ke dalam tanah sedalam 50 centi.
  • Buatlah secara berbaris, beri jarak antar tiang panjat yakni 3 meter.
  • Buatlah saluran drainase sedalam 25 centi diantara barisan itu.

Cara Menanam Jagung Manis

Rutin memberikan perawatan secara intensif

Penyerbukan pada saat tanaman buah naga mulai berkembang dapat memakai dua cara yaitu secara alami dan secara manual. Untuk mempercepat hasil pembuahan, penyerbukan manual memang bisa dikerjakan, tetapi penyerbukan manual ini juga tidak bisa dikerjakan secara asal.

Penyerbukan manual dapat dilakukan saat mahkota bunga telah mekar sempurna untuk mendapatkan hasil buah yang sempurna. Bisa melakukan penyerbukan dengan mengolesi serbuk sari pada putik memakai alat bersih dan kering secara selektif supaya tangkai putik tidak patah. Penggunaan serbuk dari ini bisa dikerjakan pada tangkai putik yang lain.

Pemberian pupuk yang Sesuai

Untuk perkembangan supaya cara tanam buah naga menghasilkan potensi sesuai harapan, unsur kalium sangat dibutuhkan. Untuk memenuhi keperluan kalium tanah, pemberian pupuk mempunyai peran yang sangat perlu. Pemberian pupuk bisa dikerjakan pada awal perkembangan memakai pupuk yang terkandung unsur nitrogen.

Selanjutnya saat tanaman mulai berbunga berikan pupuk npk dan zk dengan 50 gr banding 20 gr untuk setiap liang tanam. Selain itu, pemberian pupuk kompos atau kandang juga bisa dikerjakan setiap 3 bulan sekali dengan 5-10 kg per liang tanam atau disesuaikan keperluan tanaman.

Cara Menanam Mentimun

Memberikan Cukup Air

Untuk memperlancar proses perkembangan tumbuhan saat budidaya buah naga, proses penyiraman bisa dikerjakan secara teratur 3 kali sehari apalagi pada musim kering. Penyiraman ini bisa dengan sistem irigasi atau drainase parit.

Untuk mengefektifkan hasil buah, penyiraman dapat dikurangi ketika tanaman mulai berbunga untuk menekan perkembangan tunas baru.

Memotong Bagian Daun

Memotong daun atau batang pada saat menanam buah naga dikerjakan untuk menurunkan perkembangan cabang tanaman. Pemangkasan ini bisa dilakukan dengan sebuah cara, yang antara lain ialah: pangkas semua cabang sekunder, serta sisakan batang utama saja untuk mengefektifkan hasil buah.

Setelah cabang utama telah mencapai puncak tiang, pangkas batang supaya bisa membentuk cabang sekunder hingga 4-8 cabang secara merata. Setelah cabang sekunder menjulur hingga ke permukaan tanah, pemangkasan bisa dengan memotong cabang hingga berjarak 50 centi dari permukaan tanah.

Pemangkasan terakhir bisa dimulai ketika batang tanaman sudah 3-4 kali berbuah, lalu wajib diganti cabang baru.

Cara Budidaya Bunga Nona Makan Sirih

Usia panen buah naga

Pemanenan pada buah naga bisa mulai diberikan saat tanaman telah berumur 10-12 bulan dari masa tanam. Buah mulai dapat diunduh ketika berumur 50 hari semenjak masa penyerbukan dengan tanda-tanda kulit buah telah berwarna merah mengkilap.

Untuk setiap tiang panjat pada usia produktif akan menciptakan 8-10 buah naga diameter berkisar 500 gram. Mengingat usia produktif tanaman buah naga yang bisa mencapai 15-20 tahun, pemanenan kemudian bisa dikerjakan secara bersiklus dengan musim panen terbesar antara bulan september hingga maret.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment