Cara Menanam Buah Semangka Dengan Hasil Besar Dan Melimpah

| |

Cara Menanam Buah Semangka Dengan Hasil Besar Dan Melimpah – Semangka merupakan jenis tanaman merambat berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Buah semangka dapat dikonsumsi langsung sebagai buah saat sudah matang, bisa dijadikan salad buah atau dibuat jus.

Selain buahnya biji semangka dapat juga dimanfaatkan sebagai camilan dengan cara dikeringkan lalu disangrai lalu dimakan sebagai kuaci biji semangka.

Cara Menanam Buah Semangka

Cara Menanam Buah Semangka

Di dalam semangka juga terdapat banyak kandungan gizi sangat bagus untuk kesehatan. Salah satunya yaitu mengandung karbohidrat di antaranya glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Serta di dalam buah ini mengandung sedikit serat. Artinya dengan mengkonsumsi semangka dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah semangka juga termasuk banyak yakni vitamin A, B6 serta C. Di samping itu mineral baik juga ada di dalamnya seperti kalium dan tembaga. Manfaat dari kalium yakni untuk mengontrol tekanan darah juga untuk kesehatan jantung.

Untuk dapat menikmati buah semangka tanpa khawatir adanya campuran bahan – bahan kimia di dalam pemupuk atau pengobatan lainnya, maka dapat menanamnya sendiri. Berikut adalah cara menanam buah semangka :

Syarat tumbuh buah semangka

Agar tanaman semangka dapat tumbuh dengan baik, maka harus diperhatikan syarat tumbuh berikut :

  • Iklim

Dalam cara menanam semangka, curah hujan yang ideal yakni 40 – 50 mm//bulan. Usahakan agar area penanaman mendapat sinar matahari penuh sejak matahari terbit hingga terbenam.

Apabila tanaman ini kekurangan cahaya matahari maka dapat menyebabkan waktu panen menjadi mundur. Tanaman ini dapat tumbuh dengan optimal pada suhu sekitar 25 derajat selsius pada siang hari. Jadi suhu ideal untuk pertumbuhannya adalah berkisar antara 20 – 30 mm perhariannya.

Ketika sinar matahari menyinari area penanaman semangka maka kelembapan udara akan cenderung rendah berarti udara kering minim uap air. Dengan kondisi demikian maka sangat cocok bagi pertumbuhan semangka.

Hal ini dikarenakan di daerah asalnya tanaman ini hidup di lingkungan padang pasir dengan hawa kering. Usahakan agar kelembapan udara rendah, sebab apabila kelembapan udara terlalu tinggi akan mendorong tumbuhnya jamur perusak tanaman.

  • Media tanam

Sebagai media dalam cara menanam semangka lebih baik memilih tanah gembur, kaya bahan organic bukan tanah asam serta tanah kebun/persawahan yang telah dikeringkan.

Sedangkan untuk tingkat keasaman (pH) yang cocok antara 6 – 6,7. Jika ph tanah kurang dari 5,5 atau tanah asam maka perlu dilakukan pengapuran sesuai dosis yang ditentukan dengan tingkat keasaman tanah tersebut.

Gunakan tanah porous (sarang) untuk menanam sehingga memudahkan untuk membuang kelebihan air, namun tanah yang terlalu mudah membuang air juga kurang baik untuk ditanami semangka.

Cara Menanam Papaya di Pot Agar Berbuah Lebat

  • Ketinggian lokasi

Idealnya untuk ketinggian tempat penanaman semangka adalah 100 – 300 mdpl. Tetapi kenyataannya buah ini juga dapat ditanam di daerah dekat pantai dengan ketinggian di bawah 100 mdpl serta di atas perbukitan dengan ketinggian di atas 300 mdpl.

Pemilihan bibit semangka

Pemilihan bibit semangka

Ketika semua persyaratan dalam menanam semangka telah dipenuhi, maka selanjutnya adalah memilih bibit berkualitas. Dalam memilih bibit, tentukan terlebih dahulu jenis yang akan ditanam di antaranya hibrida import, terutama bibit tipe triploid (tanpa biji) dengan kulit biji sangat keras dan tipe haploid (berbiji).

Untuk pemilihan benih pada cara menanam semangka dari biji sebaiknya menggunakan benih tipe hibrida impor, pilihlah tipe bibit triploid lalu siapkan alat bantu untuk menyayat/merenggangkan sedikit bijinya karena jika tidak direnggangkan biji tersebut akan sulit untuk berkecambah.

Alat bantu tersebut berbentuk gunting kuku yang memiliki bentuk segitiga panjang ukurannya kecil dan diberikan tempat kecil yang memiliki permukaan lebar. Tipe haploid secara gampang disemai karena bijinya tidak keras sehingga mudah membelah sewaktu berkecambah.

Penyemaian bibit semangka

Setelah benih didapatkan maka selanjutnya lakukan langkah penyemaian dengan melakukan perenggangan bibit biji semangka sebelumnya agar untuk memudahkan dalam proses perkembangannya;

Perawatan persemaian bibit semangka

Kantong-kantong persemaian pada cara menanam semangka dari biji diletakkan berderet supaya terkena terik matahari penuh semenjak terbit hingga tenggelam. Pasang plastik transparan serupa rumah kaca mini dan untuk salah satu ujungnya terbuka dengan pinggiran terbuka hal ini digunakan untuk memberi perlindungan bibit.

Pemupukan dikerjakan lewat daun untuk memacu pertumbuhan bibit digabung dengan obat, dikerjakan rutin setiap tiga hari sekali. Pada usia 14 hari, benih-benih ditempatkan ke lapangan yang sudah matang dan siap ditanami benih tersebut.

Pemindahan bibit semangka

Setelah bibit mulai berkecambah selanjutnya melakukan penyemaian bibit memakai kantong plastik berukuran : 12 cm x (0,2 – 0,3 )mm.

Usahakan melakukan pengisian satu kantong berisi satu bibit (sudut kantong dipotong secukupnya untuk pengurangan sisa air) dan diisi campuran tanah dengan pupuk organik komposisi: 1 bagian tanah kebun, 1 bagian kompos/humus, 1 bagian pupuk kandang yang telah matang.

Setelah bibit berusia 12-14 hari dan telah berdaun 2-3 helai, ditempatkan ke areal penanaman yang telah diolah.

Teknik penanaman semangka

Teknik penanaman semangka

Ketika akan menanam bibit semangka pada lahan tanam, maka dapat dilakukan beberapa teknik penanaman berikut ini :

  • Jika di bagian awal menyemai bibit tersebut pada polybag, dapat memindahkannya ke media tanam di lahan yang telah disiapkan terlebih dahulu setelah menginjak usia empat minggu.
  • Buatlah lubang pada lahan atau medai tanam yang sudah disiapkan terlebih dahulu dengan kedalaman sekitar 8 – 10 cm.
  • Sebelum melakukan penanaman pada media tanam, ada baiknya lubang tanam disiram air memakai gembor supaya lahan siap untuk menerima bibit.
  • Bibit semangka juga wajib direndam dahulu dengan larutan perangsang tumbuh. Larutan ini sangat berkhasiat supaya benih semangka kuat dan  sangat sulit terjangkit penyakit atau hama tanaman. Proses perendam perlu waktu sekitar 5 – 10 menit.
  • Lalu langkah berikutnya, ialah memisahkan bibit semangka dari polybag ke lahan. Harus teliti untuk melakukan metode ini supaya akar tidak rusak.

Perawatan tanaman semangka

Hal yang menentukan kualitas buah dalam cara menanam semangka adalah pada langkah perawatan. Apabila perawatan dilakukan dengan baik dan benar  maka hasilnya juga akan bagus. Berikut langkah perawatan :

Cara Mudah Menanam Strawberry Agar Berbuah Melimpah

  • Penjarangan dan penyulaman

Pada saat berusia 3 –  5 hari maka tanaman ini perlu perhatian penuh, seandainya tumbuh terlalu lebat/tanaman mati dikerjakan penyulaman/diganti dengan bibit baru yang sudah disiapkan dari bibit cadangan.

Dikerjakan penjarangan bila tanaman terlalu lebat dengan mengurangi daun dan batang yang tidak dibutuhkan, karena menghalangi terik matahari untuk membantu pertumbuhan tanaman.

  • Penyiangan

Pemeliharaan tanaman semangka cukup memiliki dua buah saja, dengan pengaturan cabang primer yang mampu membuat banyak. Dipelihara 2-3 cabang tanpa memotong ranting sekunder.

Selanjutnya penyiangan dilakukan pada ranting berlebih, ujung cabang sekunder dipangkas dan disisakan 2 helai daun. Selain itu lakukan penebangan pada cabang sekunder tumbuh pada ruas yang terdapat buah  karena dapat mengganggu perkembangan buah.

Pengaturan cabang utama dan primer supaya semua daun pada tiap cabang tidak saling menutupi, sehingga pembagian sinar merata, menentukan perkembangan baik pohon/buahnya.

  • Pembubuhan

Langkah pembubuhan tanah dikerjakan supaya akar menyerap makanan secara penuh dan dikerjakan setelah hitungan hari penanaman.

  • Perempelan

Selanjutnya untuk perempelan dikerjakan melalui penyortiran dan pengambilan tunas-tunas muda tidak berkhasiat karena menentukan perkembangan pohon/buah semangka yang lagi berkembang.

Manfaat dilakukannya perempelan adalah untuk menurunkan tanaman terlalu lebat akibat banyak tunas-tunas muda kurang berguna.

  • Pemupukan

Pemberian pupuk organik pada saat sebelum tanam tak mungkin semuanya terserap, maka dikerjakan pemupukan susulan yang diadaptasi dengan fase perkembangan.

Pada perkembangan vegetative dibutuhkan pupuk daun (topsil D), pada fase proses membentuk buah dan pekuliner dibutuhkan pemupukan topsis B untuk memulihkan kualitas buah yang dihasilkan.

  • Penyiraman

Lakukan perawatan pengairan dengan mengalirkan air melalui saluran di antara bedengan, frekuensi pemberian air pada musim kemarau 4-6 hari dengan volume pengairan tidak berlebihan.

Bila dengan pompa air sumur (diesel air) penyiraman melakukannya dengan bantuan selang plastik cukup besar sehingga sangat cepat. Tanaman semangka membutuhkan air secara terus menerus dan tidak kekurangan air.

  • Pemeliharaan lain

Seleksi calon buah merupakan pekerjaan penting untuk mendapatkan bermutu terbaik (berat buah cukup besar, terletak antara 1,0-1,5 m dari perakaran tanaman).

Calon buah yang dekat dengan perakaran ukurannya kecil karena umur tanaman relatif muda (ukuran sebesar telur ayam dalam bentuk bagus dan tidak cacat).

Setiap tanaman dibutuhkan calon buah 1-2 buah, sisanya dipangkas. Setiap calon buah ± 2 kg sering dibalik guna menghindari warna yang tidak baik akibat ketidakmerataan terkena terik matahari, sehingga warna kurang menarik dan mengurangi harga jual buah itu sendiri.

Cara memanenan semangka

Pemanenan semangka

Panen semangka ketika menanam dari benih memerlukan rata-rata 100 hingga 120 hari. Sebagian besar varietas siap diunduh sekitar 80 hari semenjak tanam.

Teknik yang bagus untuk mendapati semangka dewasa ialah mencari titik kuning pada permukaan yang bersentuhan dengan tanah. Buah-buahan dapat tetap di kulkas hingga 1 bulan. Tingkat gula semangka tidak dapat ditingkatkan setelah panen.

Previous

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Krisan Supaya Berbunga Indah

Cara Menanam Kencur Dalam Pot Dengan Hasil Melimpah

Next

Leave a Comment