Cara Mudah Menanam Bunga Asoka Agar Berbunga Indah

Cara Mudah Menanam Bunga Asoka Agar Berbunga Indah – Bunga asoka merupakan salah satu tanaman hias yang dapat ditanam di halaman rumah untuk mempercantik rumah. Bagi anak jaman dahulu tanaman ini sering dihisap bunganya karena memiliki rasa manis dan lezat.

Selain itu tanaman ini juga sering tumbuh liar di kebun atau tempat lainnya. Di balik rasa manis pada nectar bunga asoka, ternyata terdapat beragam manfaat darinya.

Manis yang dihasilkan mengandung antosianin bermanfaat untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih serta zat hermatoksilin damat mengobati disentri hemoragik.

Cara Menanam Bunga Asoka

cara-menanam-bunga-asoka

Selain nektarnya, bunganya juga memiliki manfaat untuk memperlancar haid, mengobati kram serta mengurangi gejala memar.

Apabila jaman dulu tanaman ini banyak dijumpai di pinggiran jalan atau kebun. Namun sekarang tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias yang banyak disenangi banyak orang. Sehingga keberadaannya di alam bebas mulai terancam.

Di balik manfaat serta keindahannya ternyata tanaman ini memiliki kaitan erat dengan mitologi hindu budha. Sebab tanaman ini dianggap suci di India karena memiliki hubungan erat dengan Yakshi yang merupakan makhluk mitologi di agama tersebut.

Oleh karena itu bunga asoka dulunya banyak dijumpai di sekitar area kerajaan india kuno saja. Sekarang ini banyak pecinta tanaman ini senang untuk membudidayakannya sebagai penghias halaman. Berikut ini cara menanam bunga asoka :

Persiapan bibit

Ada dua cara memperoleh bibit bunga asoka dalam cara menanam bunga asoka. Yaitu dengan menggunakan cara stek dan juga dengan menggunakan cara cangkok.

Namun meskipun seperti itu, indukan pohon asoka yang akan distek atau cangkok wajibnya indukan produktif dan berbunga cantik. Supaya sifat sama diwariskan juga kepada tanaman yang akan ditanam nanti.

Cara Menanam Bunga Kamboja Agar Berbunga Indah

Cara stek

Untuk stek, tipe batang yang dapat dipilih sebagai bibit stek wajiblah batang yang telah berumur atau batang tua. Untk batang ini ambilah sepanjang 15 cm.

Jika sudah memilih rempalan, cara menanam bunga asoka selanjutnya potong batang dengan memakai gunting tanaman tajam atau alat setipenya supaya hasil potongan rapi.

Pastikan alat potong yang digunakan ialah alat potong yang bersih dan higienis. Penggunaan alat potong kurang bersih dapat mengakibatkan pohon menjadi berpenyakit.

Segera masukkan rempalan ke dalam air supaya kesejukan rempalan tidak berkurang sebelum akhirnya nanti dimasukkan ke dalam media semai.

Langkah mencangkok

cangkok-asoka

Sama seperti stek, tipe batang yang dapat dipilih untuk mencangkok dalam cara penanaman bunga asoka ialah telah berumur lumayan tua.

Setelah memilih area cangkok pada batang, kupas kulit batang area tersebut sampai dengan menyentuh lapisan cambium batang.

Selanjutnya tutup lapisan tersebut menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang.

Bungkuslah tanah tersebut dengan plastik atau sabut kelapa (apabila memakai plastik, berilah lubang untuk pertumbuhan akar serta keluarnya air).

Ikat tutupan tersebut dengan tali plastic di sisi-sisinya. Lalu siram dengan air.

Proses penyemaian

Sebelum ditempatkan, hal yang perlu dikerjakan untuk cara penanaman bunga asoka ialah membuat lubang untuk nanti menempatkan bunga tersebut.

Pada lubang-lubang ini, bisa memasukkan campuran tanah gembur serta pupuk kandang sebagai media dasar. Sebelum bibit hasil semaian bunga asoka dimasukkan ke dalam lubang.

Untuk menyiapkan tempat penyemaian, terdapat beberapa hal wajib disiapkan. Seperti misalnya plastik polybag, tanah gembur, serta pupuk kandang sebagai pupuk dasar.

Campuran dari pupuk kandang dan tanah gembur ialah 1:1 atau jumlah dari keduanya sama banyak. Berikut beberapa langkah untuk tahap penyemaian bunga asoka:

Masukkan media tanam ke dalam polybag atau kaleng bekas.

Setelah polybag setengah terisi, masukkan bibit dari stek.

Untuk bibit hasil cangkok, harap untuk memastikan tali serta plastik atau sabut kelapa yang membungkus tanah dan batang dilepas tetapi jangan sampai tanah yang telah membentuk hancur dan rontok sebelum dimasukkan ke dalam polybag.

Masukkan media tanam sampai pangkal dari stek atau cangkokan tertutup dan tanah mengisi penuh polybag.

Pastikan bibit berdiri dengan tegak, jangan sampai miring karena akan menentukan bentuk dari pohon bunga asoka saat tumbuh nanti.

Siram dengan air 1 kali dalam sehari untuk mempertahankan kelembapan tanah. Kelembaban tanah yang terjaga akan menjadikan akar tumbuh sangat cepat.

Setelah sekitar 2 minggu atau pucuk daun sudah mulai tumbuh banyak, cara tanam bunga asoka selanjutnya pindahkan semaian ke tempat yang dikehendaki.

Penanaman

Bunga asoka umumnya dijadikan sebagai tanaman hias yang diletakkan di halaman rumah. Namun sebelum ditempatkan, hal yang perlu dikerjakan dalam cara tanam bunga asoka ialah membuat lubang tempat pohon bunga asoka nantinya ditempatkan.

Masukkan campuran tanah gembur serta pupuk kandang sebagai media dasar pada lubang sebelum bibit hasil semaian bunga asoka dimasukkan ke dalam lubang.

Tempatkan bibit baru dengan berdiri tegak jangan sampai miring karena akan menentukan bentuk dari bunga asoka saat tumbuh nanti.

Waktu untuk cara menanam bunga asoka yang tepat ialah pada saat pagi atau sore hari. Hindari cara menanam bunga asoka pada siang hari.

Karena pada saat itu matahari sedang bersinar dengan terik akan menentukan kelembapan serta suhu tanah. Pada pagi atau sore hari, kelembapan serta suhu tanah tidak setinggi pada saat siang hari sehingga sangat pas bagi bibit untuk menyesuaikan diri.

Setelah penanaman dikerjakan, perlu dilakukan berikutnya ialah menyiram dengan air. Usahakan air yang dipakai untuk menyiram ialah air mengalir atau air bersih.

Air keruh atau kotor punya beragam bakteri atau bibit-benih penyakit yang dapat merambati bibit bunga asoka yang ditanam sehingga tidak tumbuh secara optimal.

Satu hal yang wajib diperhatikan perihal bunga asoka ialah pasokan dari terik matahari yang diperolehnya. Tanaman ini wajib memperoleh terik matahari cukup supaya proses fotosintesis tidak terganggu dan proses tumbuh kembang tanaman berjalan dengan maksimal.

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Di Pot Agar Cepat Berbunga

Perawatan

perawatan-bunga-asoka

Selain cara menanam bunga asoka yang mudah, perawatannya pun tergolong amat gampang untuk dikerjakan. Beberapa hal yang dapat dikerjakan dalam perawatan bunga asoka.

Penyiraman

Saat menyiram bunga asoka, gunakanlah air bersih serta tidak tercemar zat kimia apapun agar asoka bisa tumbuh secara sehat. Menyiramnya cukup dikerjakan sekali dalam satu hari. Bisa menentukan pagi atau sore hari.

Pemupukan

Jumlah pupuk yang dikasihkan pada cara menanam bunga asoka dalam pot, berilah lebih banyak daripada asoka yang di tanam sebagai pagar hidup. Perbandingannya 2:3.

Usahakan untuk memakai pupuk daun bukan pupuk buah. Karena jika salah memberikan pupuk, sudah dapat dipastikan pohon bunga asoka yang ditanam tak mungkin tumbuh secara optimal.

Seperti namanya, pupuk buah umumnya dipakai sebagai pupuk lanjutan pada pohon dengan buah bisa dikonsumsi. Fungsi dari pupuk ini ialah merangsang tanaman untuk berbuah lebih banyak dan cepat.

Tidak sama dengan pupuk buah, pupuk daun ialah pupuk yang difungsikan untuk merangsang tanaman menumbuhkan banyak daun dan bunga. Umumnya pupuk daun memang dipakai untuk tanaman hias yang kelebihannya terletak pada daun atau bunga.

Pemangkasan dan penyiangan

Sama halnya tanaman hias dengan batang kayu lain, cara menanam bunga asoka dalam pot juga membutuhkan pemangkasan pada batang-batangnya. Waktu tepat untuk mengurangi batang-batang asoka adalah sewaktu baru saja disiram dan diberi pupuk.

Terkadang, cara penanaman bunga asoka juga membutuhkan penyiangan untuk membasmi rumput-rumput liar yang tumbuh pada media tanamnya. Pastikan bunga asoka terkena cahaya matahari pagi.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment