Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Di Pot Agar Cepat Berbunga

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Di Pot Agar Cepat Berbunga – Bunga dahlia adalah bunga berasal dari Negara Meksiko dan merupakan bunga negaranya. Selain sebagai bunga negara asalnya yakni Meksiko, dahlia juga sebagai bunga resmi kota Seattle, negara bagian Washington Amerika Serikat.

Jenis ini merupakan tanaman yang tergolong lambat dalam perkembang biakannya. Namun sebagian varietas dari tanaman ini menghasilkan bunga dengan warna cerah dan mempesona. Sehingga dahlia merupakan salah satu komoditi penting untuk industri bunga potong dan tanaman pot.

Cara Menanam Bunga Dahlia

penanaman-dahlia

 

Pada dasarnya jenis ini memiliki ciri – ciri hampir sama dengan bunga pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah dahlia mampu mencapai tinggi beberapa meter. Serta memiliki warna bermacam – macam antara lain merah, ungu, violet, jingga dan kombinasi dari warna – warna tersebut.

Dahlia memiliki beragam manfaat, baik dari aromanya yang mampu memberi aroma kesejukan juga sebagai penghias halaman rumah. Selain pada bunganya bagian umbinya dapat dimanfaatkan sebagai pengawet makanan atau pembuatan sirup. Hal ini dikarenakan pada umbinya terdapat inulin yang memfermentasi enzim tertentu sehingga berubah menjadi fruktosa.

Untuk dapat menikmati keindahannya di pekarangan rumah, berikut cara menanam bunga dahlia:

Syarat pertumbuhan dahlia

Bunga satu ini mempunyai variasi jenis cukup banyak, di antaranya: pinnata, variabilis, coccinea, hingga juarezii. Tanaman hias satu ini cukup cocok hidup di Indonesia, karena iklim Indonesia tropis.

Dahlia dikenal sangat memerlukan pencahayaan matahari cukup supaya bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini dapat tumbuh subur apabila ditanam pada area yang mempunyai ketinggian 700 hingga 1000 dpl.

Tanaman ini dapat tumbuh di tanah lempung berpasir yang mempunyai kandungan humus dan mempunyai tata udara yang sangat bagus dan tanah gembur dengan ph atau derajat keasaman tanah sekitar 6,0-8,0. Namun sangat mudah untuk cara menanam bunga dahlia.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

Media tanam

media-tanam-dahlia

Untuk mengaplikasikan cara menanam bunga dahlia, sudah pasti akan memerlukan media tanam. Bagi yang memiliki cukup lahan, bisa menanam di pekarangan rumah atau di kebun.

Namun, bagi yang tidak memiliki cukup lahan, bisa memelihara dahlia dengan memakai pot atau polybag yang juga tersedia di toko bunga dengan harga relatif terjangkau.

Jika memilih cara menanam bunga dahlia di pot, harap untuk memastikan bahwa menempatkannya di tempat dimana tanaman bisa memperoleh suplai terik matahari cukup supaya menciptakan bunga sempurna ketika mekar.

Meskipun tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang cukup menyukai terik matahari, namun tidak sama dengan bunganya yang kemungkinan pudar warnanya jika terlalu terkena terik matahari secara langsung.

Dalam hal ini, memang lebih berkualitas dengan memakai polybag atau pot sebagai media tanamnya. Hal ini juga untuk mengefektifkan perkembangan dan pembiakan bunga. Untuk media tanam, wajib mempersiapkan pasir lembut, kompos, tanah, dan juga pupuk kandang.

Untuk komposisi perbandingannya bisa menyesuaikan dengan jenis dahlia yang akan ditanam dan juga kondisi pengairan. Sebaiknya persiapkan media tanam tersebut satu minggu sebelum ditanami.

Persiapan bibit

Cara budidaya bunga dahlia ini tidak sulit, bisa melakukan prosesi dengan dua cara, yaitu vegetatif dan generatif. Apabila budidaya bunga dahlia memakai cara generatif dapat memanfaatkan benihnya.

Kelebihan memakai metode ini adalah akan dapat berinovasi dengan menciptakan warna bunga bermacam-macam. Pilihlah biji benih yang sehat dari tanaman induk dan telah berusia sekitar lima bulan.

Namun, jika melakukan cara menanam bunga dahlia dengan alternatif vegetatif, dapat melakukannya dengan proses setek. Cara ini sangat pas bagi yang hendak memiliki warna sama. Proses setek dapat dilakukan dengan memanfaatkan ubi pada dahlia.

Selanjutnya pemilik akan memperoleh bibit dari bunga dahlia. Jika bibit telah siap, maka wajib melakukan proses penyemaian. Proses ini dapat dilakukan selama beberapa waktu, disertai pemberian air dan pembasmian hama serta gulma yang berada pada tanaman.

Proses penyemaian

Cara menanam bunga dahlia selanjutnya adalah penyemaian. Penyemaian umbi dahlia dikerjakan pada bedeng semai yang dibangun dengan diameter panjang sekitar 1 meter atau dipaskan dengan panjang lahan yang akan dipakai. Bedeng semai tersebut dibuat dengan memakai campuran pupuk kandang, humus dan tanah subur dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Bedengan tersebut dibuat setinggi 5 cm. Jika bedengan telah jadi kemudian sebarkan bibit dahlia lalu tutup kembali permukaan bedengan tipis saja. Pada musim kemarau, bedengan dapat ditutup dengan daun pisang yang dicuci atau karung goni yang telah dibersihkan untuk mempertahankan kelembaban media semai.

Cara Budidaya Bunga Nona Makan Sirih

Penanaman di pot

 

cara-menanam-bunga-dahlia

Untuk cara menanam bunga dahlia di pot, pertama rendam umbi dahlia dalam air bersih yang digabung dengan fungisida dan juga zat penumbuh tanaman, perendaman ini tak harus terlalu lama supaya umbi dahlia tidak kisut.

Setelah itu, siapkan pot dan media tanamnya, pastikan gunakan pot mempunyai ukuran besar setidaknya berdiameter sekitar 30 cm. Media tanam yang dipakai dapat berupa campuran tanah, arang sekam dan juga kompos.

Jika sudah siap semua, segera lakukan penanaman. Tanam bibit umbi dengan baik tapi jangan sampai bagian tunasnya ikut terkubur, harap untuk memastikan tunas wajib berada di atas mendekat permukaan atas tanah. Posisikan umbi dahlia miring ataupun berbaring karena pada posisi tersebut umbi dahlia tumbuh.

Pada 3 hari pertama cara budidaya bunga dahlia, tanaman dapat ditempatkan pada tempat teduh, sesudah itu barulah ditempatkan ke tempat yang lebih terbuka. Lakukan penyiraman seperlunya saja pada tanaman dahlia atau dengan melihat kondisi tanaman dan media tanamnya.

Perawatan

Pemilihan pemeliharaan yang sangat pas dengan perkembangan tanaman dahlia bisa menjadi salah satu metode yang hemat dan efektif untuk cara menanam bunga dahlia. Jika perkembangan tanaman sudah maksimal, pemberian pupuk hanya dijadikan sebagai cadangan saja.

Dengan kata lain, metode utama untuk perkembangan bunga dapat dikerjakan dengan acara alami yakni pemangkasan dan juga pemilihan ranting atau dahan utama sebagai tempat di mana bunga bisa berkembang. Selain itu, juga wajib menjaganya dari serangan hama seperti siput atau ulat.

Hal lain yang wajib diketahui sebagai cara menanam bunga dahlia ialah bahwa tanaman tidak terlalu memerlukan air sehingga tak harus menyiramnya terlalu banyak. Hal ini karena penyiraman yang berlebih dapat berpengaruh pada busuknya umbi.

Namun ketika cuaca panas, tanaman akan memerlukan lebih banyak air. Agar memperoleh tanaman lebat, kuat dan banyak bunga, ada baiknya membuang bakal bunga yang baru muncul saat ketinggian tanaman baru setinggi kaki. Sehingga, saat tanaman semakin tinggi, akan makin bertambah bunga yang diperoleh.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment