Cara Jitu Menanam Bunga Geranium Penolak Nyamuk

| |

Cara Jitu Menanam Bunga Geranium Penolak Nyamuk – Bunga geranium adalah tumbuhan yang berasal dari afrika selatan. Sebagian spesies bunga ini mekar saat musim panas, namun ada juga yang mekar saat musim semi dan gugur. Geranium dapat tumbuh dengan baik apabila mendapat penyinaran cahaya matahari penuh serta tanah kering.

Warna dari bunga geranium adalah putih, merah muda, merah serta ungu. Kebanyakan dari jenis bunga yang dibudidayakan yakni jenis hibrida.

Cara Menanam Bunga Geranium

Tumbuhan ini banyak diolah menjadi bahan minyak yang digunakan untuk wewangian. Minyak geranium juga disebut dengan minyak pelargonium, minyak tersebut memiliki warna pucat kuning cokelat atau kehijauan juga mempunyai bau seperti mawar.

Biasanya minyak tersebut digunakan untuk campuran dalam parfum, sabun serta salep.

Selain memiliki penampakan menyejukkan pandangan, bunga ini juga memiliki manfaat sebagai pengusir nyamuk alami. Bagi manusia aroma dari tanaman ini sangat harum, namun menurut nyamuk sangatlah menyengat sehingga tidak disukai olehnya.

Berikut cara menanam bunga geranium penolak nyamuk :

Cara Menanam Bunga Kertas Bougenville Supaya Nampak Indah

Persiapan bibit

Untuk memperbanyak tanaman geranium dalam cara menanam bunga geranium bisa dikerjakan melalui biji ataupun tunas anakan.

Namun, jika tidak mempunyai tanaman indukan maka menanam bunga geranium melalui biji. Pemerolehan biji dapat dibeli di toko bibit bunga.

Jika melakukan penanaman melalui tunas langkahnya yakni ambil tunas yang tumbuh di sekitar tanaman induk, pisahkan dengan hati-hati jangan sampai merusak akarnya. Selanjutnya setelah terpisah dengan utuh dapat segera ditanam atau disimpan dahulu di tempat lembab/basah.

Persiapan pot/polybag

Menanam bunga geranium sangat rekomendasi untuk dikerjakan di dalam pot. Dengan menanam di dalam pot maka pemeliharaan dan perawatan akan tergolong mudah. Dan juga tentu bisa dengan bebas meletakan bunga di mana saja. Menyiapkan pot tanam dapat melakukan dengan menggunakan cara sebagai berikut :

  • Pilihlah pot dengan bahan plastic atau tanah liat.
  • Gunakan pot dengan ukuran sedang berdiameter 25 – 35 cm.
  • Berilah lubang pada dasar pot lalu cuci bersih sebelum digunakan.
  • Bisa juga menggunakan pot bekas tanaman lain, namun sebelum digunakan juga harus disterilkan dahulu tentunya dengan cara dicuci seperti langkah di atas.
  • Langkah selanjutnya keringkan pot di tempat bersih.

Mempersiapkan media tanam

Setelah menyiapkan pot tanam, maka tahapan selanjutnya pada cara menanam bunga geranium penolak nyamuk yaitu menyiapkan media tanam.

Media tanam yang dibutuhkan oleh tanaman geranium ialah media tanam gembur, subur dan mampu menyerap air dengan baik. Berikut langkah persiapan media tanam :

  • Siapkan media campuran tanah, pasir dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan media tanam sampai tercampur.
  • Kemudian isikan pecahan batu bata atau genting bersih di bagian dasar pot.
  • Setelahnya bisa memasukkan campuran media tanam yang sudah dibuat tadi ke dalam pot.
  • Isikan hingga penuh dan padat.
  • Kemudian siram media tanam untuk memahami tingkat kepadatannya.
  • Jika volume media berkurang akibat penyiraman, maka tambahlah kembali media hingga penuh.

Proses penanaman

Setelah media tanam siap, maka langsung dapat melakukan penanaman. Untuk memudahkan, pemilik dapat segera menanamnya di dalam pot.

Tanpa perlu melakukan persemaian. Sebab cara ini adalah lebih praktis dan cepat untuk bisa menumbuhkam tanaman geranium.

Selain itu, dengan memakai bibit berkualitas, pemilik tak harus takut lagi jika ada benih yang tidak tumbuh. Berikut cara menanam bunga geranium termudah.

  • Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.
  • Keluarkan benih dari bungkusnya.
  • Biji geranium sangatlah kecil, maka sebelum menanam haruslah hati – hati dan telaten.
  • Masukkan benih sebanyak 3 – 5 biji ke dalam pot.
  • Setelah benih tumbuh maka pemilik bisa menyisakan 2-3 tanaman dan sisanya tanam kembali di pot lain.
  • Lakukan penyiraman dengan memakai handsprayer.
  • Biji yang ditanam akan mulai berkecambah pada 4-5 hari setelah tanam.
  • Setelah 7 hari tanaman akan mulai mengeluarkan pucuk daun.
  • Untuk menghindari serangan belalang atau jangkrik bisa menyemprotnya memakai fungisida dosis rendah.
  • Letakkan tanaman di tempat teduh, dan tidak mendapat terik matahari langsung.

Langkah perawatan

Tahapan berikutnya yang wajib dilakukan dalam cara menanam bunga geranium supaya tanaman geranium menciptakan bunga ialah merawat dan menjaganya dengan baik.

Dengan perawatan dan pemeliharaan bersungguh-sungguh maka tanaman akan dapat berbunga dengan lebat dan rajin. Berikut perawatan yang harus dikerjakan pada tanaman geranium.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

Penyiraman

Tanaman geranium sebetulnya cukup tahan terhadap kekeringan. Sehingga penyiraman pada tanaman wajib dikerjakan secara proporsional dan sesuai keperluan.

Pemilik wajib memperhatikan kondisi media tanam, jika media kering bisa menyiramnya hingga air keluar dari celah pot yang berlubang.

Pemupukan

Untuk pemupukan organik pada cara menanam bunga geranium bisa menambahkan pupuk kandang secara terpola ke media tanam. Namun, pastikam pupuk kandang yang dipakai sudah benar benar kering.

Bisa juga memakai pupuk cair 20:20:20 atau 15:30:15 yang bisa didapatkan secara gampang di toko pertanian. Hati hati saat memakai pupuk ini, jangan sampai mengenai bagian daun tanaman. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan daun tanaman terbakar.

Memisahkan anakan

Pada cara menanam bunga geranium penolak nyamuk setelah tanaman berumur 2-3 tahun maka lakukan pemisahan anakan. Dengan begini maka pemilik akan mempunyai tanaman baru.

Tentu saja tak harus menanamnya dari awal kembali. Sebenarnya tak harus menanti hingga 2-3 tahun, jika tanaman telah tumbuh cukup rimbun pemilik dapat memisahkan anakannya.

Mulai berbunga

Setelah 3-4 bulan setelah tanam, maka bibit akan mulai berbunga. Tentunya fase ini merupakan fase yang paling di tunggu. Pada saat ini pemilik bisa menikmati keiandahan bunga geranium.

Tanaman ini merupakan tanaman yang mempunyai waktu hidup lama. Apalagi jika diiringi dengan pemeliharaan dan perawatan tepat.

Penjagaan kesehatan geranium

Selain pemeliharaan dan perawatan hal paling penting ialah dengan menjaga kesehatan tanaman geranium. Pemilik wajib menjaga kesehatan tanaman dengan rutin membuang bagian tanaman yang mati .

Bagian seperti bunga dan daun  serta ranting tanaman yang mati wajib disingkirkan supaya tidak ditumbuhi jamur. Selain itu, hal ini juga akan memicu perkembangan tanaman baru.

Manfaat bunga geranium

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa bunga geranium memiliki aroma wangi, sehingga memiliki banyak manfaat. Yang paling banyak diketahui yakni sebagai penolak nyamuk, berikut adalah manfaat bunga geranium :

Penolak nyamuk

Beberapa tipe geranium mempunyai aroma mirip dengan jeruk dan mawar. Sebagian lagi mempunyai aroma kurang sedap. Namun, hampir semua aroma bunga ini tidak disenangi oleh nyamuk.

Cara kerja bunga geranium dalam mengusir nyamuk, yakni dengan mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Pemilik hanya perlu menaruh pot geranium di sudut ruangan, dekat jendela, atau dekat pintu masuk.

Dengan demikian, manfaat bunga geranium dapat membuat nyamuk enggan memasuki rumah.

Mengatasi stress

Minyak aromaterapi sering dipakai untuk menghasilkan keadaan tenang yang dapat merelaksasi tubuh dan pikiran. Bisa menuangkannya pada tungku aromaterapi dan biarkan baunya menyebar ke seluruh ruang kamar tidur.

Jika ingin lebih merasakan baunya, coba oleskan pada bagian belakang indera pendengaranmu. Aroma geranium ini sangat bagus untuk menenangkan pikiran sehingga manfaat bunga geranium dapat mengurangi stress dan depresi. Pikiran yang rileks akan membuat tidur lebih pulas.

Sebagai teh

Manfaat bunga geranium dalam bentuk teh juga ampuh menurunkan stress. Bagian yang dipakai untuk membuat teh ialah daunnya. Teh daun geranium dipercaya mampu menyetarakan hormon yang menyebabkan stress dan cemas.

Saat ini sudah ada banyak penjual teh daun geranium dalam kondisi kering. Kapan pun memerlukannya, tinggal seduh dengan air panas dan nikmati khasiatnya.

Tidak hanya stress, teh yang terbuat dari daun geranium juga dipercaya ampuh untuk mengatasi banyak penyakit. Di antaranya ialah sebagai obat anti radang, obat nyeri sendi dan otot, obat sakit kepala, serta menyembuhkan sakit akibat luka.

Hal ini diakibatkan daun geranium mengandung analgesik. Menurut sebuah penelitian, khasiatnya akan bisa dirasakan tidak lama setelah meminumnya.

Selain itu, manfaat bunga geranium yang daunnya dijadikan teh juga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungannya ampuh menstimulasi sistem urin, menurunkan kadar garam dan juga lemak.

Pencernaan pun akan terjaga karena terdapat kandungan antibakterial di dalam teh daun geranium yang mampu menurunkan jumlah bakteri jahat di dalam usus.

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Menjaga kulit wajah

Geranium mengandung zat astringent yang berguna untuk menginduksi produksi kolagen. Untuk memudahkan mengaplikasikan di bagian kulit wajah, manfaat bunga geranium ini diolah menjadi minyak.

Penggunaan minyak ini secara teratur pada wajah mampu menurunkan keriput pada wajah dan kulit wajah menjadi lebih kencang. Minyak tersebut juga berguna untuk otot kulit, apalagi di bagian perut.

Selain itu, minyak ini juga ampuh untuk memulihkan sel kulit rusak. Dengan begitu, kulit akan tampil lebih cantik dan mulus. Bila mempunyai bekas luka di kulit, metode ini patut untuk dicoba.

Begitu juga bagi yang punya masalah dengan jerawat. Pasalnya, geranium mempunyai sifat anti fungal sehingga jerawat akan lekas mereda.

Previous

Cara Rahasia Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Cara Cepat Budidaya Markisa Hasil Melimpah

Next

Leave a Comment