Cara Menanam Bunga Iris Di Halaman Rumah

| |

Cara Menanam Bunga Iris Di Halaman Rumah – Bunga iris merupakan bunga hias yang memiliki bentuk unik serta warna mencolok. Meskipun bunga ini sangatlah cantik namun belum terlalu dikenal di Indonesia.

Habitat asli bunga ini berasal dari Eropa hingga Austria. Iris adalah tanaman tahunan yang mampu tumbuh di iklim lebih kering.

Meskipun tanaman ini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia namun iris kebanyakan ditemukan di daerah pegunungan berbatu kering, semi gurun atau lebih dingin. Habitat lainnya yakni lereng berumput,padang rumput, rawa serta tepi sungai.

Cara Menanam Bunga Iris

Cara Menanam Bunga Iris

Walaupun di Indonesia sendiri bunga iris belum begitu dikenal serta dibudidayakan, namun di New Jersey tepatnya Presby Memoriai Iris Garden merupakan museum bunga iris yang menanam lebih dari 10.000 tanaman bunga iris.

Selain new jersey, eropa juga memiliki taman bunga iris paling terkenal yakni giardino dell’iris di Florence, Italia yang setiap tahunnya menampung para pecinta bunga iris dengan dihadiri banyak wisatawan dari berbagai Negara.

Untuk dapat menikmati keindahan bunga iris, berikut cara menanam bunga iris di halaman :

Persiapan benih bunga iris

Bunga iris merupakan bunga yang menciptakan rimpang atau rhizome. Sehingga tanaman ini dapat diperbanyak melalui umbi atau rhizom.

Tentunya terdapat beberapa kriteria yang wajib dipenuhi untuk memperoleh benih berkualitas, sehingga nanti akan dihasilkan tanaman yang bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Berikut langkah pemilihan benih :

  • Pilih umbi yang mempunyai ukuran besar dan seragam.
  • Umbi wajib segar, mempunyai bobot berat, tidak keriput dan tidak cacat.
  • Pilih umbi yang sudah ditumbuhi daun.
  • Setelah sampai di rumah, letakkan benih ke dalam ruangan sejuk dan berangin.
  • Bila memungkinkan letakkan benih di tanah, selanjutnya siram secara rutin supaya sisa daun tanaman nampak segar.
  • Setelah itu, pindahkan ke lahan tanaman agar tetap segar.

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Di Rumah

Persiapan lahan tanam bunga iris

Tahap selanjutnya dalam cara menanam bunga iris kuning yaitu meniapkan lahan. Asal dari bunga ini adalah Negara Eropa. Meskipun begitu, bunga iris cukup sangat suka cahaya matahari setengah, bahkan dapat bertahan hidup dengan situasi cuaca terik sekalipun.

Sehingga wajib menanamnya di tempat sangat pas agar dapat tumbuh maksimal. Untuk itu, berikut ini langkah untuk menyiapkan lahan ataupun lokasi tanamnya.

  • Memilih lokasi yang memiliki intensitas cahaya matahari cukup.
  • Hindari menanam pada lahan yang rentan akan genangan air, sebab bunga ini tergolong tanaman berumbi.
  • Gunakan cangkul untuk melakukan penggemburan tanah.
  • Buat bedengan sesuai dengan yang diinginkan.
  • Usahakan untuk membuat bedengan dengan tinggi 20 – 30 cm.
  • Beri taburan pupuk pada permukaan bedengan kurang lebih 5 kg untuk setiap meter persegi.
  • Buatlah lubang tanam dengan jarak 25 – 30 cm pada kedalaman 15 cm.
  • Masukkan pupuk kandang pada lubang sebanyak 0,5 kg setiap satu lubang.
  • Diamkan selama seminggu sambil menunggu benih bertunas.

Langkah penanaman bunga iris

Langkah penanaman bunga iris

Apabila benih elah didapat serta lahan tanam juga sudah siap maka langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Sebaiknya ketika benih sudah didapat harus segera ditanam, supaya umbi tanaman tidak cepat busuk. Berikut adalah langkah penanaman bunga iris :

  • Ketika menanam bunga iris, sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Karena intensitas cahaya matahari tidak terlalu terik sehingga bibit tidak cepat layu.
  • Pilihlah umbi sehat ditandai dengan sudah munculnya daun sejati.
  • Tanam umbi pada lubang tanam.
  • Tutup kembali umbi yang sudah ditanam dengan tanah.
  • Beri taburan furadan agar terhindar dari hama atau serangga yang mengganggu umbi tanaman.
  • Selanjutnya siram tanaman dengan air secukupnya, perlu diperhatikan supaya air jangan sampai tergenang.
  • Biarkan tanaman selama 1 minggu. Setelah itu tanaman akan mulai tumbuh daun sejati dalam jumlah lebih banyak. Kemudian lakukan pemeliharaan serta perawatan supaya bunga dapat tumbuh dengan cepat.

Pemeliharaan dan perawatan bunga iris

Setelah bunga selesai ditanam, langkah paling penting selanjutnya dalam cara menanam bunga iris kuning adalah pemeliharaan dan perawatan.. Apabila bunga dirawat dengan baik dan benar maka kemungkinan besar akan menghasilkan bunga indah dan banyak. Lakukan langkah pemelikhraan dan perawatan sebagai berikut :

Penyiraman

Untuk mendapatkan bunga indah maka penyiraman merupakan hal wajib sangat diperhatikan dalam cara merawat bunga iris. Mengingat bahwa tanaman ini merupakan tanaman umbi, maka ada baiknya penyiraman wajib beneran di kontrol.

Jika terlalu banyak disediakan air, maka akan bisa menjadi pemicu umbi membusuk dan pada akhirnya akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

Sebaliknya jika tidak disiram maka tanaman akan mengering dan selanjutnya mati. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik, kapan waktu paling jitu dalam melakukan penyiraman.

Pemupukan

Pemupukan

Berbeda dengan tipe tanaman bunga lain yang memerlukan pemupukan lebih dari satu sampai dengan dua kali dalam setahun. Cara merawat bunga iris justru tak harus sering-sering dipupuk.

Pemupukan hanya diperuntukkan setiap satu kali dalam setahun. Waktu tepat dalam melakukan pemupukan ialah saat menjelang tibanya musim hujan.

Tipe pupuk yang dapat disediakan ialah pupuk anorganik npk. Pupuk dapat disediakan dengan menggunakan cara ditebarkan kebagian perakaran tanaman atau dilarutkan kedalam air lalu selanjutnya disiramkan keperakaran tanaman.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Putih Agar Berbunga Indah

Pemangkasan

Tahap kemudian adalah pemangkasan pada tanaman. Hal ini penting dikerjakan untuk memonitor supaya perkembangan tanaman tidak terlalu rimbun.

Selain itu, pemangkasan juga berguna bagi proses membentuk dan perkembangan tanaman. Dengan demikian maka tanaman akan dapat tumbuh lebih optimal dan juga sangat cepat menciptakan bunga.

Waktu bunga iris berbunga

Sebagaimana sudah dijabarkan terlebih dahulu, bahwa tanaman ini merupakam tanaman tahunan. Artinya jika penanaman dilakukan pada musim penghujan tahun ini, maka tanaman dapat menciptakan bunga pada musim penghujan tahun depan.

Dan siklus ini akan berulang setiap tahunnya. Tanaman ini cukup awet dalam menciptakan bunga dan tak mudah layu. Tanaman yang sudah berbunga dapat menikmatinya secara langsung atau juga memakainya sebagai bunga meja dengan cukup memasukkan tangkainya ke dalam wadah berisi air segar.

Manfaat bunga iris bagi kesehatan

Manfaat bunga iris bagi kesehatan

Selain indah dipandang, ternyata bunga iris memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui antara lain :

Mengobati sakit keseleo

Bagi para penderita yang kerap terkena pada sakit kesendian ataupun sakit nyeri otot pada kaki, maka manfaat bunga iris kuning dapat menjadi obat paling ampuh dan mujarab.

Terlebih lagi, bunga ini juga penggunaannya amat gampang dengan menggunakan cara dilumat. Lalu dioleskan ke kaki yang terkena penyakit akibat nyeri otot tersebut, tidak menanti lama dapat sembuh.

Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat yang ada pada tanaman iris salah satunya ialah mampu menyembuhkan masalah di pencernaan atau disebut juga istilah kedokterannya bernama dyspepsia.

Dimana, kandungan pada bunga iris kuning yakni anti inflamasinya mampu menurunkan rasa pencernaan. Yang tentunya kurang baik pada tubuh dan ini sesuai dengan riset yang dikerjakan oleh para ilmuwan kanada.

Mengobati hepatitis

Selanjutnya manfaat bunga iris kuning untuk kesehatan ialah mampu menyembuhkan rasa sakit hepatitis, pengobatan tersebut diambil dari akan dan bunga iris kuning tersebut.

Dengan pengobatan ini maka akan menjaga hati pada manusia dari penyakit hepatitis supaya tidak berlanjut lebih sangat parah. Sehingga, obat ini tidak diragukan lagi.

Mengurangi radang tenggorokan

Perlu diketahui manfaat bunga iris bagi kesehatan lainnya ialah mampu mengobati dan menurunkan rasa sakit radang tenggorokan yang timbul mendadak dalam aktivitas sehari-hari.

Ini semua karena senyawa positifnya sudah diuji secara medis, dan bisa dimakan dalam bentuk diseduh. Di mana berbentuk minuman herbal yang amat sering dicari masyarakat .

Menghentikan racun atau bisa ular

Ketika sedang digigit ular, maka jangan langsung panik, karena bisa atau racun tersebut dapat dihentikan supaya tidak menjalar ke seluruh tubuh hingga syaraf.

Untuk mengatasi bisa menyebar dapat menggunakan obat herbal dari batang dan bunga iris kuning dengan cara dioleskan di tempat gigitan ular tersebut. Kemudian dibalut dengan memakai kain bersih supaya bisa dapat dikeluarkan.

Previous

Cara Budidaya Serta Manfaat Leunca Lalapan Khas Orang Sunda

Cara Menanam Buah Kiwi Di Indonesia Dengan Mudah

Next

Leave a Comment