Cara Menanam Bunga Kamboja Agar Berbunga Indah

Cara Menanam Bunga Kamboja Agar Berbunga Indah – Mungkin sebagian orang mengira bahwa bunga kamboja berasal dari Negara Kamboja. Namun pendapat tersebut salah, karena tanaman ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah. Di antara negara tersebut meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela serta Mexico.

Pada zaman dahulu bunga kamboja banyak dijumpai hanya di tempat – tempat yang mengandung unsur religi atau mistis seperti pemakaman. Akan tetapi tidak semua kamboja identik dengan hal tersebut, sekarang ini banyak jenis kamboja dijadikan sebagai tanaman hias.

Cara Menanam Kamboja

cara-menanam-kamboja

Tanaman ini diperkirakan dibawa pertama kali ke Indonesia oleh bangsa Portugis dan Belanda. Tetapi tidak diketahui tepat tahunnya. Kemungkinan jenis yang memiliki warna putih serta bagian dalam berwarna kuning dengan kuntumnya tidak sepenuhnya terbuka dan berukuran kecil adalah kamboja asli indonesia.

Tanaman ini merupakan bunga yang mampu tumbuh di tempat manapun baik di dataran rendah hingga pada ketinggian 700 meter.

Ada beberapa macam bunga kamboja cocok dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan rumah di antaranya plumeria bali-whirl, plumeria acuminata, plumeria acutifolia, lumeria cendana, plumeria kok putih, adenium obesum. Untuk dapat menikmati keindahan bunga ini, berikut cara menanam kamboja :

Pembibitan

Cara menanam kamboja sebetulnya bisa dikerjakan menggunakan 2 cara, pertama memakai biji yakni secara generatif dan kedua memakai batang melalui proses stek atau disebut vegetatif.

Cara menanam kamboja dengan biji didapat dari bonggol bunga besar. Karena pohon kamboja yang ditanam dari biji dapat dipaskan sesuai selera penanam. Stek juga termasuk dalam cara mudah untuk menanam kamboja.

Namun banyak orang menerapkan metode ini malah sering gagal. Hal ini dikerenakan minimnya pengetahuan tantang cara menanam stek, misalnya ketika menanam memakai cara stek tidak pernah memperhatikan media tanam di dekat seperti terlalu gembur, terlalu banyak air atau tandus, sehingga tanaman yang diperoleh tak mungkin memperoleh batang baik.

Keunggulan penanaman dengan biji

Seperti telah diketahui bahwa semua penghobi menanam bunga lebih suka memakai cara menanam kamboja dengan biji dibanding memakai stek.

Karena penanaman menggunakan biji dapat membuat bonggol kamboja menjadi lebih unggul dan lebih gede sehingga ketika menggelembung bisa menjadikan pesona tersendiri bagi tanaman tersebut. Jadi bonggol bunga kamboja tersebut dapat dibuat menjadi bonsai.

Hal tersebut ialah salah satu keunggulan menanam dari biji dibanding memakai cara stek yang hasil bonggolnya cenderung datar sehingga membuat pesonanya menjadi kurang.

Oleh sebab itu, meski menanam dari biji dalam proses pembungaan dikenal lebih lama dibanding menggunakan cara stek tetapi banyak orang lebih menentukan menanam memakai biji. Karena untuk proses pembungaan lambat dapat dibantu memakai hormon perangsang pembungaan.

Cara Menanam Bunga Kertas Bougenville Supaya Nampak Indah

Penyerbukan

penyerbukan

Sebelum memperoleh cara menanam kamboja dengan biji yang bagus dan sehat, sebelumnya wajib melakukan penyerbukan buatan supaya tanaman sangat cepat berbuah dan mengeluarkan biji yang siap untuk ditanam.

Sebenarnya, proses penyerbukan ini dikerjakan secara alami oleh bantuan angin bisa menerbangkan serbuk sari sebagai organ kelamin jantan pada kepala putik selaku organ kelamin betina. Tidak hanya itu saja, cara alami juga bisa dikerjakan oleh serangga yang berpindah tempat membawa serbuk sari hingga ke kepala putik kamboja.

Namun rupanya cara alami tersebut tidaklah cukup ampuh karena angin belum pasti selalu hadir dan begitu pula serangga yang belum pasti ada. Oleh sebab itu banyak yang memakai cara buatan untuk memindahkan serbuk sari pada kepala putik.

Pemilik bisa melakukannya dengan memakai kuas kecil untuk menyapu lembut serbuk sari dan melekatkannya di atas kepala putik. Untuk pemilihan jenis tanaman serbuk sari dan kepala putik ada baiknya dipilih dari jenis tanaman kamboja mempunyai fisik baik, sehat, tumbuh cepat, dan yang penting paling unggul.

Proses setelah penyerbukan

Apabila proses penyerbukan tersebut atau juga disebut perkawinan antara bunga kamboja telah dikerjakan maka dapat disaksikan apakah ada variasi baru muncul. Jadi pemilik dapat melihat variasi tersebut pada bentuk dan corak daun serta warna bunga yang bisa berubah dari terlebih dahulu.

Untuk dapat melihat perubahannya membutuhkan waktu hingga proses perkembangan buah benar benar matang. Buah adenium mempunyai bentuk seperti tanduk yang di dalamnya berpolong dan terdapat biji baru yang bisa berkembang di dalam tanduk tersebut.

Ketika buah sudah masak maka telah siap diunduh selanjutnya dilanjutkan pada proses penyemaian hingga pada cara menanam kamboja dan berakhir pada pemeliharaan bunga kamboja.

Untuk buah kamboja yang telah masak maka akan mempunyai fisik kulit mengering dan lebih terbuka tepat di sebelah atas polong yang memanjang. Ketika dilihat akan diketahui bahwa biji yang ada di dalamnya masih menyatu bersamaan bulu bulu lembut merupakan alat terbangnya.

Apabila biji biji tersebut dibersihkan maka bentuk fisiknya memanjang tersebut mempunyai ujung datar. Tidak semua biji yang diperoleh mempunyai kualitas tumbuh bagus karena hal tersebut maka perlu melakukan proses penyemaian sebelumnya.

Penyemaian

Proses penyemaian dikerjakan untuk memilah antara biji bunga kamboja yang bisa tumbuh baik dan pertumbuhan nantinya lebih cepat dengan biji bunga kamboja yang tidak bisa tumbuh sempurna dan seluruh pertumbuhannya pun lambat. Proses penyemaian dalam cara menanam kamboja dari benih bisa dikerjakan sebagai berikut :

  • Menyiapkan wadah semai bisa berupa tray, gelas plastik bekas, pot atau polybag.
  • Sediakan air bersih untuk merendam biji. Kemudian masukkan air pada wadah semai. Lalu disusul dengan memasukkan biji bunga ke tempat persemaian.
  • Perendaman dilakukan selama kurang lebih 10 menit. Merendam biji dilakukan untuk melihat apakah biji tersebut baik atau tidak.
  • Apabila biji mengapung itu menandakan bahwa biji kopong atau kosong dan sebaiknya dibuang. Ambilah biji yang tenggelam untuk ditanam sebab biji tersebut memiliki kualitas bagus.

Persiapan media tanam

Siapkan media yang akan dipakai dalam cara menanam kamboja dari benih yakni cocopeat dan sekam bakar memakai perbandingan 1 : 1. Setelah itu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Apabila tidak ada media tanam seperti cocopeat, dapat diganti memakai serutan kayu lebih lembut atau bisa pula merubahnya memakai sekam bakar.

Setelah pot terisi media tanam dengan diameter ¾ maka biji dapat diletakkan pada posisi terbaring. Jarak yang dipakai yakni kira-kira 1 cm. Dapat memakai pot yang mempunyai ukuran diameter 20 dan dalam satu pot tersebut dapat memuat 100 – 150 biji kamboja.

Penaburan biji

penaburan-biji

Selanjutnya dalam cara menanam kamboja yakni menaburkan biji pada media tanam dan dipastikan supaya biji dangkal terbenam dalam media tanam. Kemudian semprotkan air bersih dengan memakai spray lembut.

Lalu tutuplah benih bibit pada media tanam memakai plastik transparan dan taruh pada tempat teduh. Hal tersebut diakibatkan pada saat penyemaian ini, biji tidak dapat terkena terik matahari secara langsung.

Kemudian semprotkan kembali menggunkana air sedikit demi sedikit lalu tunggu hingga usia biji mencapai 1 minggu dan saat itulah biji akan berkembang menjadi kecambah.

Cara Menanam Bunga Lavender di Pot

Proses penanaman

Pohon ini mempunyai 2 bentuk daun. Pertama mempunyai daun berujung lancip dan kedua mempunyai ujung membundar. Perbedaannya tidak menentukan cara menanam kamboja.

Usahakan pohon yang dipilih mempunyai akar kuat dan dibungkus oleh karung/polybag. Isi plybag yang bagus antara 100 hingga 200 liter.

Sebelum pohon ditanam buatlah lubang berukuran 120 x 120 cm dengan kedalaman 80 hingga 100 cm. Pastikan lubang yang sudah digali tidak ada kotoran yang menganggu seperti beton, kerikil, dan sebagainya.

Tanam kamboja beserta kontainer yang masih melekat. Ini ditujukan supaya pohon kamboja bisa menyesuaikan diri pelan-pelan pada media tanam dan lokasi terbaru.

Perawatan

Kamboja bukan pohon yang susah dalam segi pemeliharaannya. Karakter flora ini bisa dibilang tahan banting. Tanaman ini tidak memerlukan terlalu banyak campur tangan manusia semenjak ditanam sampai mencapai ketinggian 4-5 meter.

Sebaiknya cara menanam kamboja dengan biji ditanam menggunakan intensitas terik matahari langsung. Daunnya juga tak mudah rontok, cuma saja bunga yang sudah tua tentu akan jatuh sendiri. Juga membutuhkan jenis media tanam porus.

Pohon kamboja, meskipun secara teoritis merupbisa berkembangan dataran rendah, ternyata dapat tumbuh subur di mana saja. Meskipun mudah dirawat, pohon ini juga memiliki masalah tentang serangan hama.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment