Cara Menanam Bunga Kertas Bougenville Supaya Nampak Indah

Cara Menanam Bunga Kertas Bougenville Supaya Nampak Indah – Bunga kertas atau dalam bahasa inggris disebut dengan bugenville merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Serikat. Keindahan bunga ini berasal dari seludang bunganya yang memiliki warna cerah. Seludang ini tumbuh rimbun sehingga sering dianggap sebagai bunganya.

Meskipun sebenarnya bunga dari tanaman ini adalah bunga berukuran kecil yang dilindungi oleh seludang.

Cara Menanam Bunga Kertas

cara-menanam-bunga-kertas

Bugenville kerap ditanam di kawasan perumahan karena keindahannya. Disebut bunga kertas oleh masyarakat Indonesia sebab seludang bunganya tipis dan seperti kertas. Batang dari tanaman ini agak keras dan memiliki duri tajam serta bercabang – cabang.

Tanaman ini sangatlah mudah ditanam di saerah beriklim tropis serta khatulistiwa seperti negara Indonesia. Jenis ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 10 meter. Berikut cara menanam bunga kertas :

Persiapan benih

Hal pertama yang wajib dipersiapkan dalam cara menanam bunga kertas bougenville yaitu melakukan persiapan benih. Benih yang bagus dan berkualitas bisa didapat dari indukan dengan kualitas di atas rata-rata.

Ada baiknya menentukan indukan yang telah tua dan matang, selanjutnya dikerjakan pemotongan bunga dan dijemur ke tempat panas. Selanjutnya pisahkan biji tersebut untuk dijadikan benih.

Selain menanam dari benih, dapat pula dilakukan dengan metode stek. Cara stek ini bisa dilakukan jika batang yang telah dewasa cukup memotong dengan menyerong dan runcing. Kemudian tancapkan atau tanam batang tersebut dengan kedalaman 3-5 cm.

Dalam menanam dengan metode ini sebaiknya melakukan di pagi hari atau pun malam hari karena jika dilakukan pada siang hari harapan untuk hidup dan tumbuhnya tunas baru akan sedikit, sedangkan jika menanamnya pada malam hari harapan untuk tumbuhnya tunas baru dan harapan hidupnya ini semakin tinggi.

Setelah biji didapat dan telah kering dengan sempurna, pemilik bisa melanjutkan pada proses penyemaian. Proses penyemaian dikerjakan pada media yang terbuat dari campuran tanah, kompos, dan pasir seimbang. Proses penyemaian benih pada media berlangsung selama 3 sampai 7 hari hingga benih tumbuh dan mempunyai daun.

Persiapan media tanam

Salah satu karakter dari tanaman hias satu ini ialah ia sangat suka media tanam berpori sebagai media peredaran udara dan drainase air yang bagus. Maka dari itu, cara menanam bunga kertas media tanam yang direkomendasikan untuk menanam bunga kertas ialah media tanam campuran yang berpasir.

Campuran pasir pada media tanam akan mempunyai sifat porous, sehingga media tanam tersebut memiliki pori-pori atau lubang-lubang kecil yang sangat banyak fungsinya agar udara tetap masuk ke dalam media ataupun untuk drainase air.

Disamping itu, juga tetap menjaga agar kondisi media tanam tetap imbang kelembabannya. Akan lebih bagus jika memakai pasir malang saja. Bisa meletakkan pasir tersebut pada bagian paling bawah sejumlah sepertiga dari tinggi pot.

Cara Menanam Bunga Krokot di Pot Gantung

Penanaman

penanaman-bunga-kertas

Setelah benih melalui proses penyemaian dan tumbuh menjadi bibit bunga kertas, bisa memindahkannya ke media tanam lebih gede. Dapat memakai cara menanam bunga kertas di pot atau langsung ditanam di taman atau halaman rumah.

Pada saat proses pemindahan bibit wajib melakukannya secara selektif, jangan sampai merusak akar yang terdapat pada bibit yang bisa mengganggu perkembangan bunga. Media tanam  bisa dibuat dari campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1 banding 1 banding 1, alias sama rata.

Perawatan

Setelah selesai ditanam maka langkah berikutnya dalam cara menanam bunga kertas adalah melakukan perawatan yang meliputi :

Penyiraman

Sama seperti tanaman lain, untuk menunjang tumbuhnya tanaman hias bunga kertas membutuhkan asupan air cukup. Oleh sebab itu lakukan penyiraman secara teratur setiap hari saat pagi dan senja hari hal ini berlaku untuk cara menanam bunga kertas di pot atau langsung di tanah.

Pemangkasan

Setelah membudidayakan tanaman bunga kertas, salah satu perawatan yang wajib dikerjakan secara teratur ialah pemangkasan. Memangkas ranting tidak hanya membantu tanaman hias tetap rapih tapi juga memberi rangsangan untuk tanaman tumbuh dan berbunga.

Karena jika tidak dipangkas maka nutrisi yang didapat tanaman hanya tersebar ke daun dan akan menghambat munculnya bunga baru. Apalagi jika menggunakan cara menanam bunga kertas di pot. Proses pemangkasan sangat perlu dilakukan karena nutrisi yang diperoleh tanaman sangatlah ternatas.

Pemupukan

Pemberian pupuk ulang sangat perlu untuk dikerjakan supaya tanaman dapat tumbuh subur. Kesuburan pada media tanam dapat dikerjakan dengan pemberian pupuk ulang secara rutin. Pupuk yang dipakai lebih bagus pupuk binatangi, organik maupun kompos, dengan kadar sewajarnya saja.

Pemberian pupuk ulang idealnya dikerjakan dengan jangka waktu sebulan sekali. Jika baru memulai maka hindarilah pemakaian pupuk kimia.

Teknik sambung pucuk

Cara menanam bunga kertas dengan teknik sambungan pucuk sedang terkenal. Saat ini tren bunga kertas satu tanaman yang dipenuhi beraneka macam warna tengah digandrungi.

Sebetulnya untuk membuat tanaman seperti ini tak terlalu sukar. Hanya dibutuhkan keberanian dalam menguji menyambung cabang muda pada bougenville jenis lain ke tanaman bunga kertas yang sudah berumur dewasa. Biarkan cabang-cabang muda tersebut tumbuh dan menyatu dengan batang utama.

Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari

Jenis tanaman bunga kertas membutuhkan matahari cukup banyak agar keindahan bunganya dapat menciptakan warna cerah. Hal ini membuat tumbuhan ini lebih cocok berada di luar ruangan yang terkena terik matahari langsung.

Cara Budidaya Bunga Nona Makan Sirih

Jenis – jenis bunga kertas

jenis-jenis-bunga-kertas

Terdapat beberapa jeni bunga bougenville yang dapat dilihat dari warna bunganya atau pada daunnya, anatara lain :

Bougenville bambino baby allison

Bagi para pecinta warna pink, jenis bunga kertas bambino baby allison ialah jenis tanaman hias bougenville yang dapat jadi pilihamu karena kelopak bunganya dengan warna pink halus dan cantik. Jenis ini juga bisa dijadikan dekorasi di rumah-rumah bergaya shabby chic.

Bougenville bambino baby lauren

Seperti jenis baby allison, jenis satu ini mempunyai warna halus, namun warnanya lebih keunguan. Kedua jenis bambino baby ini biasanya mekar pada akhir musim semi, awal musim panas, dan juga di akhir musim gugur.

Bougenville afterglow

Jenis satu ini menjadi kesukaan karena bunganya bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun. Tanaman ini cocok ditanam di pekarangan rumah, pekarangan, kebun di atap rumah, bahkan sebagai tanaman rambat di dinding. Bunga kertas afterglow biasanya mempunyai warna kelopak jingga, merah, mudah muda, dan juga warna koral.

Bougenville cherry blossom

Jenis bunga bougenville cherry blossom mempunyai warna kelopak merah muda. Terkadang warnanya sangat pudar hingga medekati warna putih. Varietas jenis satu ini juga tergolong bunga yang terus mekar sepanjang tahun.

Bougenville coconut ice

Jenis bunga kertas coconut ice adalah varietas yang mempunyai jenis kombinasi warna amat sering dan juga akan selalu mekar sepanjang tahun untuk menghiasi tamanmu, bahkan taman rumah yang kecil sekalipun.

Bougenville baby victoria

Pilihan lain jenis bunga kertas yang mekar sepanjang tahun ialah jenis baby victoria. Jenis satu ini mempunyai warna magenta dan keunguan cantik, cerah, dan juga mencolok. Tanaman satu ini pas dipindahkan di desain taman rumah minimalis.

Bougenville alexandra

Taman akan jauh lebih cerah dan elegan dengan jenis bunga alexandra karena warnanya yang keunguan dan juga bunganya rimbun ketika bermekaran. Perlu diketahui, jenis satu ini mempunyai sifat menggugurkan daunnya sewaktu-waktu tertentu.

Bougenville barbara karst

Jenis bougenville barbara karts mempunyai tone warna magenta, merah, hingga warna scarlet. Daunnya bertesktur lembut, bunga kertas tipe ini mekar sepanjang tahun.

Bougenville bambino majik

Jenis bambino majik mempunyai kelopak bunga berwarna gradasi dari ungu ke putih dan juga mekar sepanjang tahun. Pas buat yang hendak menambah sentuhan manis pada taman atau teras rumah tanpa nampak terlalu mencolok.

Bougenville california gold

Jenis bunga satu ini mempunyai warna kelopak bergradasi dari emas ke jingga. Jenis bougenville satu ini juga mempunyai sifat menggugurkan bunganya dengan cepat tak lama sesudah bunganya bermekaran. Salah satu spesies dari genus bougainvillea ini juga tergolong tipe bunga kertas kuning paling digemari.

Bougenville gold rush

Meski sama-sama berwarna keemasan, jenis satu ini mempunyai kelopak kuning keemasan jauh lebih cerah dan mencolok dibandingkan jenis california gold sehingga cocok untuk menyediakan warna tidak sama pada taman di rumah.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment