Cara Menanam Dan Merawat Bunga Krisan Supaya Berbunga Indah

| |

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Krisan Supaya Berbunga Indah – Bunga krisan atau krisantemum kadang juga disebut seruni merupakan bunga nasional jepang. Oleh karena bunga krisan memiliki aroma wangi, sehingga sering ditambahkan ke dalam the supaya lebih wangi serta nikmat.

Seruni adalah jenis tumbuhan dari suku kenikir – kenikiran yang berbunga dan sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau sebagai bunga petik. Tumbuhan ini muncul sejak zaman kapur.

Pemanfaatan bunga krisan di beraneka macam negara secara historis tidak sama. Namun, secara biasa, krisan banyak melambangkan kebahagiaan, kegembiraan dan momentum kebersamaan. Ada pula banyak negara yang merubah bunga ini sebagai lambing kekaguman dan kebangsawanan.

Cara Menanam Bunga Krisan

Cara Menanam Bunga Krisan

Di Jepang, bunga ini bahkan terbukti dapat memperpanjang umur. Orang Jepang kerap meletakkan krisan tunggal bolinksom dalam gelas anggur dan diyakini memberi jaminan umur panjang.

Walau begitu, di beberapa tempat bunga ini juga digunakan pada seremoni pemakaman keluarga seperti di Belgia dan Austria.

Jenis bunga krisan dikenal dan dibudidayakan semenjak abad 17 di daerah Jawa bBarat khususnya di Cisarua, Bandung dan lLembang.

Budidayanya berkembang pesat karena tipe ini memang gampang tumbuh dan manfaatnya yang mulai dikenal luas sebagai bahan dekorasi ruangan dan buket bunga.

Jenis bunga krisan

Terdapat beragam varietas dari bunga krisan yang dibudidayakan pecinta tanaman hias. Semuanya diternakkan biasanya buat keperluan komersial. Berikut beberapa tipe yang biasa dijumpai di indonesia, beberapa di antaranya sudah merupakan hasil persilangan yang otentik dalam negeri.

  • Krisan putih

Disebut dengan krisan local atau krisan klasik sebab memang berasal dari daerah asalnya yaitu jepang. Memiliki cirri fisik di antaranya berwarna terang, termasuk mudah tumbuh di mananpun sebab dapat dengan mudah beradaptasi pada semua musim.

Crhysantemum maximum ini mempunyai kelopak bunga lebih besar dengan warna putih pada bagian kelopak serta pada bagian intinya memiliki warna kuning.

Masa hidup jenis ini tergolong lama yakni antara 7 – 12 bulan masa penanaman. Selain memiliki warna terang, krisan putih ini juga memiliki kelopak yang lebar.

  • Krisan produk Indonesia

Disebut dengan krisan prodek Indonesia sebab jenis ini merupakan prodek asli Indonesia yang dibudidayakan di jawa barat. Produk asli Indonesia ini memiliki tampilan yang sangat menarik sebab merupakan hasil persilangan.

Salah satu contoh jenis produknya adalah krisan balitji yang dibudidayakan oleh balai penelitian taman hias cipanas.

  • Chrysanthemum indicum hybr

Untuk jenis ini berbeda dengan krisan local, hibrida atau hasil persilangan lainnya, jenis ini memiliki siklus hidup yang lumayan pendek. Namun jenis ini memiliki variasi warna yang berbeda dengan jenis aslinya.

Sebenarnya masih banyak jenis dari bunga krisan yang dapat ditanam untuk mempercantik halaman rumah. Namun hanya jenis di atas yang dibahas pada artikel ini. Berikut adalah cara menanam dan merawat  bunga krisan :

Cara Budidaya Bunga Anggrek Agar Berbunga Indah

Syarat tumbuh krisan

Syarat tumbuh krisan

Agar cara menanam bunga krisan dapat tumbuh dengan baik maka dapat mengikuti syarat tumbuh berikut :

  • Memiliki suhu udara di sekitar lokasi tanam antara 17 – 30 derajat celcius.
  • Mempunyai tingkat kelembapan udara sekitar 70 – 80 %.
  • Mampu tumbuh dengan baik pada dataran dengan ketinggian 700 – 1200 mdpl.
  • Menggunakan media tanam tanah bedenga yaitu berpasir, subur, gembur serta memiliki drainase baik.
  • Ph tanah 5,5 – 6.7
  • Membutuhkan cukup air, tetapi tidak tahan terhadap terpaan air hujan secara langsung, sehingga perlu green house.
  • Saat awal proses membentuk akar, memerlukan kelembaban 90-95% atau saat tanaman muda. Sedangkan ketika sudah siap panen, tanaman krisan memerlukan kelembaban 70-80%.

Pemilihan media tanam krisan

Untuk cara menanam bunga krisan media tanam lebih baik menggunakan pot. Perlu diperhatikan bahwa pengisian tanah pada pot juga tidak boleh asal – asalan. Pastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang benar – benar gembur.

Idealnya adalah menggunakan campuran antara tanah gambut, arang sekam serta serat kelapa dengan perbandingan 1 : 4 : 1.

Akan tetapi apabila menggunakan media tanam seperti kebun dapat membuat petak – petak atau bedengan seperti yang digunakan untuk menanam sayuran.

Memilih lokasi menanam krisan

Lokasi di sini dimaksudkan agar bunga krisan mampu tumbuh dengan subur serta menghasilkan bunga yang indah. Krisan ini merupakan jenis bunga yang menyukai sinar matahari namun juga tidak terlalu tahan apabila sinar matahari terlalu terik dan mengenainya dalam jangka waktu lama.

Pilih lokasi yang terkena sinar matahari antara 3 – 4 jam setiap harinya. Sebab apabila terkena sinar matahari terlalu lama maka bunga ini akan mudah layu.

Pemilihan bibit krisan

Pembibitan untuk cara menanam bunga krisan bisa melakukannya dengan 4 cara, yakni dengan pembibitan melalui anakan, stek pucuk, melalui kultur jaringan serta bibit jadi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasannya:

  • Bibit anakan krisan

Melalui anakan yang tumbuh di sekitar krisan dewasa, cukup membuatnya sebagai bibit. Caranya juga cukup mudah, hanya perlu mencabut anakan tersebut, selanjutnya menanamnya kembali di tempat yang diharapkan seperti pot ataupun lahan tanam.

Pembibitan dengan anakan ini sangat ampuh untuk dipelihara, mengenali krisan bisa menciptakan anakan lebih dari satu anakan.

Selain itu, pembibitan menggunakan anakan ini juga termasuk mudah karena bibit dapat dengan cepat tumbuh dan berkembang dibandingkan dengan pembibitan melalui cara lain.

Pembibitan dari anakan ini sangat umum dikerjakan oleh pembudidaya bunga krisan pot ataupun para pencinta bunga hias.

  • Stek pucuk bunga krisan

Pembibitan pada cara menanam bunga krisan dengan stek pucuk biasa dikerjakan karena tidak perlu waktu lama dalam menanti tumbuhnya anakan dari krisan dewasa. Dengan begitu, stek pucuk umum dikerjakan oleh pembudidaya krisan dalam jumlah besar.

Berikut ini ialah cara memilih tanaman yang dapat dikerjakan stek pucuk:

  • Tentukan tanaman krisan dewasa sehat, bebas hama penyakit dan sudah cukup umur.
  • Pilih tunas pucuk tanaman krisan yang mempunyai warna hijau terang, sudah mempunyai diameter pangkal 3 – 5 mm, panjang 5 cm, dan minimal mempunyai 3 helai daun.
  • Potong pucuk tersebut, selanjutnya langsung semaikan pada lokasi persemaian yang sudah disiapkan.
  • Jika ingin disimpan, bisa menyimpan potongan pucuk tersebut pada ruangan dingin bersuhu udara 40 c, dengan kelembaban 30 % supaya tetap tahan segar. Dengan metode ini. Penyimpanan bisa dikerjakan selama 3-4 minggu.
  • Cara penyimpanan stek pucuk tersebut ialah dengan membungkus pucuk yang telah dipotong memakai beberapa lapis kertas tisu, selanjutnya dimasukan ke dalam kantong plastik. Dalam satu kantong, bisa diisi setidaknya 50 stek.
  • Bibit menggunakan kultur jaringan

Pembibitan melalui kultur jaringan dapat melakukannya dengan menggunakan cara berikut ini:

  • Menentukan mata tunas.
  • Sterilisasi mata tunas dengan sublimat hgcl sejumlah 0,04% selama 10 menit.
  • Bilas stelisasi mata tunas dengan air suling steril.
  • Tanam ke dalam medium ms berbentuk padat yang telah diberikan dengan air kelapa, naa dan bap sesuai takaran.
  • Setelah bibit tumbuh lebih dari 7,5 cm dan mempunyai daun setidaknya 5 helai, pindah ke media tanam.
  • Lakukan penyiraman sejumlah 2-3 kali sehari memakai tangki sprayer yang berisi air.
  • Bibit jadi

Maksud bibit jadi adalah bibit yang dibeli di toko penjual bibit tanaman. Bibit ini merupakan bibit yang sudah terseleksi dan berkualitas. Namun untuk membelinya juga harus memilih toko yang sudah terpercaya sehingga tidak menjual bibit yang kurang baik.

Cara Mudah Menanam Bunga Asoka Agar Berbunga Indah

Penanaman benih krisan anakan dan stek

Penanaman benih krisan anakan dan stek

Dalam cara menanam bunga krisan dengan stek dan anakan tentunya berbeda dengan benih bibit, berikut langkahnya :

  • Tanam bibit bunga krisan secara tegak lurus memakai tangan langsung dengan tinggi sama.
  • Bibit bunga krisan sebelum ditanam ada baiknya diseleksi dan dipilih dulu bibitnya, harap untuk memastikan bibit memiliki tinggi sama yakni tidak lebih dari 5 cm.
  • Setelah selesai ditanam, buat efek pengkabutan menggunakan power sprayer dalam waktu 30 menit.
  • Selain untuk menyiram, ini juga berfungsi untuk mempertahankan tingkat kelembaban udara supaya tetap sesuai dengan keperluan krisan usia muda, yakni 90-95%.

Tahap penanaman bibit biji bunga krisan

Selanjutnya pada cara menanam bunga krisan adalah langkh penanaman. Sebelumnya pilihlah biji bunga yang berkualitas. Bibit berkualitas ini dapat diperoleh di toko khusus benih bibit tanaman.

Lakukan penanaman benih sebanyak 5 – 6 biji pada tanah, tidak perlu menanam benih terlalu banyak pada satu tempat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi persaingan tanaman pada satu tempat.

Lakukan penanaman dengan meletakkan benih pada bagian tengah media tanam. Susunlah benih pada media tanam dengan berpola agar tanaman tumbuh mengikuti pola tersebut dan akan tampak lebih menarik.

Cara Merawat Bunga Krisan

Cara Merawat Bunga Krisan

Tahap perawatan ialah tahap paling krusial, karena perawatan yang bagus sangat menentukan  tumbuh kembang tanaman, serta bisa menciptakan bunga sesuai harapan. Berikut adalah tahap perawatan bunga krisan :

Cara Jitu Menanam Bunga Geranium Penolak Nyamuk

Pengairan / penyiraman bunga krisan

Cara merawat bunga krisan agar tidak layu yakni dengan penyiraman. Penyiraman dikerjakan memakai air yang cukup dan jangan sampai berlebihan. Sebab, hal ini bisa membuat akar tanaman justru membusuk sehingga perkembangannya terhambat atua bahkan mati.

Saat tanaman muda, lakukan penyiraman setidaknya 2 kali sehari dengan jumlah cukup. Sedangkan saat tanaman mulai dewasa, lakukan penyiraman 1 kali sehari pada pagi hari supaya tanah dapat cepat menyerap air dan dapat mengering diwaktu siang harinya.

Hindari melakukan penyiraman pada sore dan malam hari sebab pada waktu itu justru dapat menimbulkan penyakit bagi bunga krisan dewasa. Hal ini dikarenakan penyiraman pada sore-malam hari dapat meningkatkan kelembaban tanah dan sangat rawan mengundang penyakit akibat jamur.

Lakukan teknik pinching pada krisan

Teknik pinching adalah memotong/membuang bagian pucuk tanaman yang tumbuh di masa awal penanaman. Tujuannya ialah supaya daun dan tangkai yang tumbuh setelahnya dapat lebih bagus dan sehat. Hal ini dilakukan sebagai cara merawat bunga krisan agar selalu berbunga.

Gunting bagian pucuk sedikit saja, yakni sekitar bagian kuncup bunga krisan atau sebagian tangkai yang telah berdaun dan berkuncup bunga. Lakukan teknik ini pada musim kemarau dan selama satu minggu sekali saja.

Teknik disbudding krisan

Selain teknik pinching, teknik disbudding juga melakukannya dengan memotong sedikit bagian tanaman. Meski sangat mirip, tetapi tujuan disbudding ini ialah supaya tanaman dapat tumbuh sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk melakukan pemotongan sebaiknya gunakan alat cutter/gunting, tetapi harap untuk memastikan lakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak tanaman.

Dengan melakukan disbudding, merupakan salah satu cara merawat bunga krisan agar selalu berbunga..

Intensitas cahaya matahari untuk krisan

Bunga krisan juga memerlukan pancaran terik matahari cukup supaya bisa melakukan fotosintesis dengan baik. Meski begitu, penyinaran yang terlalu terik dan berlebihan justru akan membuat bunga layu dan kering. Sehingga perlu dilakukan cara merawat bunga krisan agar tidak layu.

Agar bisa berbunga dengan indah memesona. Bunga kristan  hanya memerlukan matahari dalam waktu singkat. Dan pada malam hari  memerlukan area gelap. Karena itu sebisa mungkin mencegah bunga ini dari cahaya apapun di malam hari, tergolong cahaya lampu.

Potong bunga krisan setelah layu

Banyak orang umumnya membiarkan saja bunga yang layu di batangnya. Khusus bunga kristan, sebisa mungkin langsung memotong tangkai bunga yang sudah layu. Dengan metode ini, adalah salah satu cara merawat bunga krisan agar cepat berbunga.

Bersihkan gulma dan hama pada tanaman krisan

Musuh terbesar tanaman, tergolong bunga krisan ialah gulma dan hama. Karenanya wajib siap pada waktu-waktu untuk melakukan pembersihan bunga ini dari gulma serta hama.

Pemberian pupuk tanaman krisan

Hal penting lain dalam cara merawat bunga krisan agar cepat berbunga ialah pemupukan tumbuhan. Agar tetap aman buat lingkungan, ada baiknya gunakan pupuk organik, baik pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemupukan berkhasiat untuk menyuburkan tanaman.

Previous

Cara Menanam Gambas Oyong Agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Buah Semangka Dengan Hasil Besar Dan Melimpah

Next

Leave a Comment