Cara Menanam Bunga Krokot di Pot Gantung

Cara menanam bunga krokotan di pot gantung – Bunga krokot (moss rose), tanaman yang penuh estetika. Karena keindahan yang terpancar dari bunga krokot, pantas saja banyak yang sangat sukanya. Bukan hanya suka menatapnya, tetapi tidak sedikit yang menanam bunga krokot untuk menghiasi taman, jalan, dan perkarangan rumah.

Ciri khas tanaman yang satu ini ialah daunnya yang lonjong kecil-kecil, ukurannya kurang lebih hanya 1 cm atau bahkan kurang.

Bunganya mempunyai beragam warna, ada yang putih, ungu dan kuning. Bunga krokot tergolong tipe tanaman hias yang mudah tumbuh di manapun. Bahkan bisa menemui tumbuhan ini tumbuh liar di selokan atau bahkan di sela-sela dinding.

Orang-orang yang tinggal di pedesaan, bunga krokot sudah begitu familiar di mata mereka. Sebab, bunga ini cukup banyak tumbuh dan ‘hidup’ di area kampung atau pedesaan baik di rumah-rumah, kebun, atau di persawahan.

Itulah sebabnya, bunga krokot mungkin tidak begitu menarik atau mungkin memandangnya sebelah mata. Cukup beralasan memang, karena seringnya dianggap sebagai tanaman liar yang mengganggu perkembangan tanaman lain.

Cara menanam bunga krokot di pot gantung agar Cepat Berbunga

cara-menanam-bunga-krokot-di-pot-gantung

Walaupun termasuk tipe tanaman mudah tumbuh, namun jika berniat untuk menanam bunga krokotan di rumah sebagai tanaman hias, wajib menanamnya dengan menggunakan cara yang benar. Perawatannya pun juga wajib diperhatikan supaya tanaman tidak sampai mati.

Jika mengikuti tahapan-tahapan penanaman bunga krokot dengan tepat, manfaat yang diperoleh juga tidak sekadar dari segi estetika saja. Namun banyak juga manfaat-fungsi lain dari tumbuhan ini, utamanya manfaat bagi kesehatan.

Memilih jenis bunga krokot

Ada banyak pilihan jenis bunga krokot kalau suka menanamnya. Bahkan, dari sisi warna bunga, bunga yang mekar jam 9 atau jam 10 ini, sungguh banyak warnanya.

Apa saja jenih bunga krokot untuk ditanam di pot gantung? Ada tipe krokot bermahkota tipis dan ada pula tipe krokot bermahkota tebal. Yang bermahkota tebal dikenal dengan krokot tumpuk karena memang bentuk bunganya yang bertumpuk dan tebal.

Yang cukup bagus mengapa sangat dicari penggemar tanaman hias ialah warna-warnanya yang indah bagaikan pelangi. Warnanya bagai magnet hingga membuat mata tak lepas atau tak jemu memandangnya. Tengok saja, ada krokot yang bunganya berwarna merah, kuning, putih sampai putih susu, pink, ungu, dan warna indah lain sebagainya.

Akan menambah nilai estetika dari bunga krokot ini, jika dalam satu media tanam ditanam dengan banyak tipe. Warna-warni bunganya ketika mekar sungguh menakjubkan. Bukan hanya kumbang yang menikmatinya, tapi setiap mata yang memandangnya akan tertarik.

Cara Menanam Bunga Lavender di Pot

Mempersiapkan wadah pot gantung

Untuk mengawali rangkaian cara menanam bunga krokot di pot gantung agar cepat berbunga ialah melakukan persiapan media tanam. Biasanya, media tanam yang banyak digunakan ialah pot. Jenis pot pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari plastik polybag, atau pot ember.

Jika tidak ada, bisa menggunakan media lain yang dapat dijadikan pot bunga, tentukan juga ukuran pot yang diinginkan.

Mengisi pot dengan Tanah

cara-menanam-bunga-krokot-di-pot

Tanah bisa memakai tanah humus yang merupakan tipe tanah yang punya beragam zat hara sehingga membuat tanaman menjadi subur. Untuk cara membuat tanah humus sebagai media menanam bunga krokotan, bisa mengumpulkan sisa daun kering, ranting pohon dan tanah gembur. Bahan-bahan ini wajib disimpan sebelumnya selama kira-kira dua minggu sebelum siap dipakai.

Selain berguna untuk mendukung kesuburan tanaman, humus termasuk dalam penahan yang kuat supaya tanah sangat sulit terkikis atau tergerus. Ditambah lagi, tanah humus mempunyai kekuatan penyerapan air yang bagus, sehingga suplai air ke dalam tumbuhan akan berjalan baik pula.

Kalau mau menanam bunga krokot dengan semai bijinya, perlu waktu yang tergolong lama bahkan ribet. Yang lebih simpel dalam cara menanam bunga krokot di pot gantung media tanah ialah bibitnya didapatkan dengan menggunakan cara stek batang.

Jika belum memiliki tanaman indukan dirumah bisa dengan meminta tetangga atau bahkan mencarinya langsung di pedesaan. Orang desa sangat senang hati memberi bunga krokot karena termasuk hama tanaman lain.

Cara budidaya bunga krokot di pot gantung dengan cara stek

  1. Siapkan pot kecil beserta media tanamnya
  2. Potong bagian cabang induk bunga krokot sepanjang 5-7 cm
  3. Tanam stek bunga krokot
  4. Siram sampai lembab
  5. Tempatkan ditempat yang teduh
  6. Tunggu 7-10 hari, akar-akar mulai tumbuh
  7. Jika stek sudah mulai tumbuh tunas, stek telah mampu ditempatkan ke media tanam yang lebih gede

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Menanam bunga krokot ke media tanam

Jika memilih menanam menggunakan cara stek batang bunga, maka dapat segera menancapkan potongan-potongan batang bunga krokot di tanah. Namun jika memulai menanam dari biji, wajib memendam biji sedalam 2 cm. Jangan lupa untuk menyiram potnya.

Untuk cara memicu perkembangan dalam budidaya bunga krokot, jangan langsung menaruhnya di bawah sinar matahari. Namun, letakkan dulu di tempat yang cukup teduh. Setelah itu, baru bisa memindahkannya ke tempat yang terjangkau sinar matahari langsung.

Memberi perawatan pada bunga krokot di pot gantung

Dalam hal cara merawat bunga krokot, wajib hukumnya rajin menyirami secara teratur. Suplai air pada tanaman wajib beneran diperhatikan. Sebaiknya, jangan menyiram tanaman pada saat matahari sedang cerah-teriknya alias pada siang hari. Selain itu, umumnya siang hari ialah waktu bagi tanaman untuk berfotosintesis.

Jika menyiram tanaman pada siang hari, dicemaskan akan mengganggu proses fotosintesisnya. Namun, tidak disarankan menyiram tanaman saat malam hari. Waktu terbaik untuk menyiram tanaman ialah pagi hari dan senja hari, saat matahari belum terlalu panas.

Sangat tidak disarankan untuk terlalu sering menyiram saat budidaya bunga krokot karena cara tersebut justru akan membuat akar tanaman menjadi mudah busuk dan mati.

Hama bunga krokot merupakan tipe organisme yang menginfeksi tanaman dan menimbulkan kerugian. Hama bisa melekat pada batang atau daun dan mengambili nutrisi tanaman, sehingga perkembangan tanaman akan terganggu bahkan sampai mati.

Untuk menangani beberapa gejala munculnya hama ini, cukup menyemprotkan obat hama yang dapat dibeli di pasaran. Jangan menyemprotkan obat dengan berjarak yang terlampau dekat.

Referensi : Jenis Bunga Krokot

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment