Cara Menanam Bunga Lotus Seroja Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

| |

Cara Menanam Bunga Lotus Seroja Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan – Bunga lotus atau seroja merupakan jenis tumbuhan air tahunan berasal dari India. Di Negara Indonesia bunga ini disebut dengan teratai. Pada dasarnya kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat.

Seroja mempunyai tangkai bunga tegak serta bunganya tidak mengapung di permukaan air seperti bunga teratai. Bunga ini akan mekar pada bulan Juli hingga Agustus.

Lotus memiliki bunga berwarna putih bersih, kuning atau merah jambu keluar dari tangkai yang kuat menjulang di atas permukaan air. Tanaman bunga lotus ini menjadi lambing Negara India.

Cara Menanam Bunga Lotus

Jenis bunga seroja ini memiliki penampilan sedap dipandang sehingga banyak dijadikan untuk menghias kolam di taman – taman. Di Jepang, Tionghoa serta india rimpang tanaman ini banyak digunakan sebagai olahan masakan sebab memiliki rasa enak.

Namun jika rimpang ini dimakan mentah bisa menjadi sumber penularan parasit trematoda.

Pada zaman mesir kuno, bunga seroja ini ditemui tumbuh bersama teratai di area pinggiran sungai nil. Bangsa mesir ketika zaman firaun juga sangat memuliakan seroja sehingga bagian bunga, buah serta daun kelopaknya dijadikan motif pada arsitektir kuil.

Untuk dapat menanam lotus sangatlah mudah, karena tanaman ini dapat berkembang biak melalui biji yang sudah tua atau rimpang. Serta dapat ditanam di pot berisi tanah berlumpur yang berair. Berikut cara menanam seroja di rumah :

Cara Menanam Bunga Kamboja Agar Berbunga Indah

Persiapan benih

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelumnya dalam cara menanam lotus air yakni menyiapkan benih bunga lotus. Untuk mempersiapkannya amat gampang apalagi jika rumah dekat dengan rawa ataupun tanam lotus.

Namun jika tidak mendapati bunga lotus di dekat tempat tinggal, bisa membelinya di toko bibit. Berikut penjelasan untuk mendapatkan benih lotus :

  • Pilih bunga induk sehat dan mempunyai warna seperti yang diinginkan. Perhatikan bentuk daun lalu waspada apakah bentuknya sempurna atau mempunyai cacat. Jika memungkinkan, datangi kolam yang mempunyai banyak bunga lotus, jadi lebih leluasa dalam menentukan.
  • Tunggulah sampai bunga rontok, karena pada saat itulah biji-biji lotus nampak. Biji lotus dapat segera dipetik dengan mematahkan tangkainya.
  • Keluarkan biji dari dasar bunga. Dalam satu dasar bunga bisa terdapat lebih dari 10 biji.
  • Bakal biji lotus mempunyai lapisan pembungkus yang wajib di lubangi sebelum persemaian. Dapat memakai pisau untuk menyayat lapisan luar atau menggosoknya dengan kertas ampelas. Hati-hati jangan sampai mengenai embrio pada bagian dalam.
  • Proses ini sering disebut sebagai skarifikasi, bertujuan supaya mempermudah peredaran air ke benih dan memacu perkembangan. Setelah memalui tahap ini, bakal biji siap disemai.

Langkah penyemaian

Setelah mendapat bibit dengan kualitas bagus, maka selanjutnya dalam cara menanam lotus air adalah melakukan penyemaian.  Dari sekian banyak tanaman hias, lotus ialah salah satu yang bakal bijinya amat gampang disemai.

Cukup menyiapkan ember berukuran sedang, air secukupnya, dan sedikit tanah. Tidak ada peralatan khusus lain pada cara menanam bunga lotus seroja. Setelah semua siap, ikuti prosedur berikut :

  • Semakin banyak bakal biji disemai, semakin besar pula volume air dan tanah yang dibutuhkan. Sesuaikan ukuran ember (atau wadah tipe apapun, gelas pun bisa digunakan) dengan jumlah biji.
  • Kecuali mempunyai kolam besar, gunakan empat atau lima bakal biji saja dalam satu persemaian. Daun lotus bisa mencapai diameter 60 cm, sedangkan permukaan kolam ada baiknya tidak tertutup seluruhnya oleh daun.
  • Isi wadah dengan air sampai setengah penuh.
  • Rendam bakal biji dalam air hingga muncul akarnya. Saat akar sudah muncul, bentuk biji menyerupai kecambah.
  • Rawat persemaian dengan baik. Lakukan pergantian air dalam wadah dua kali sehari saat pagi dan sore. Selalu gunakan air bersih untuk mempertahankan kadar nutrisi dalam media semai.
  • Jangan mencampur air dengan bahan lain seperti pupuk cair atau pestisida. Selama air tersebut tetap bersih, bakal biji akan berakar  tanpa masalah.
  • Benih akan terus berkembang saat persemaian. Butuh waktu sekitar dua minggu sampai benih siap tanam. Pada tahap ini, benih sudah mempunyai dua atau tiga helai daun dan panjang menyeluruh sekitar 3 – 5 cm.

Persiapan media tanam

Langkah kemudian dalam cara menanam lotus air adalah menyiapkan media tanam. Berbeda jika menanam bunga pada biasanya yang memerlukan media tanam tanah. Menanam lotus memerlukan banyak media berupa air, dan berikut penjelasannya :

  • Pembuatan media tanam pada cara menanam bunga lotus seroja sendiri bisa dilakukan saat sedang menyemai benih lotus sembari menanti perkembangan benih menjadi bibit atau sekitar 1 hingga 2 minggu setelah menyediakan benih.
  • Siapkan tanah dan wadah untuk media tanamnyai, untuk wadah dapat memakai pot ataupun kolam. Tidak sama jika akan menanam bunga hias lainnya, jika menentukan pot sebagai wadah media tanam, harap untuk memastikan pot tidak mempunyai lubang di bawahnya.
  • Karena bunga lotus tumbuh dengan menggunakan cara lebih lebar dan akan mampu membuat memenuhi permukaan wadah, pilihlah wadah yang mempunyai permukaan luas.
  • Masukkan tanah tanpa digabung dengan pupuk pada wadah yang disiapkan dan biarkan selama kira-kira 2 minggu.
  • Tanam bibit lotus pada media tanah yang terdapat di air. Usahakan benar- benar menanamnya, untuk memudahkan penanaman bisa sedikit menguras airnya dan menanamkan bagian akar bibit bunga lotus pada tanah.
  • Beri air secukupnya hingga mencapai ketinggian di bawah batas daun sehingga akan nampak bahwa daun lotus mengambang.
  • Semprot lotus dengan pestisida setidaknya 2 minggu sekali supaya dapat menghindari penyakit kutu daun yang sering menyerang lotus saat musim penghujan.
  • Berikan pupuk cair secara terencana sekitar 2 bulan sekali supaya tanaman memperoleh cukup nutrisi dan zat hara.
  • Sesekali pangkaslah daun lotus kering dan layu supaya lotus tetap nampak cantik.
  • Untuk menghindarkan supaya air yang ditanami lotus tidak menjadi sarang nyamuk, isi kolam dengan ikan sehingga bisa mengkonsumsi jentik-jentik nyamuk.

Cara Menanam Bunga Krokot di Pot Gantung

Khasiat Bunga Lotus

Aroma yang dihasilkan bunga lotus mampu menghasilkan efek menenangkan. Namun, tidak hanya berguna untuk menenangkan saja, bunga lotus juga mempunyai fungsi lain.

Bagian akar bunga lotus bisa dimasak dan sangat bagus untuk tubuh. Pasalnya, tanaman ini mengandung serat, vitamin B, vitamin C, dan kalsium.

Berikut manfaat lotus untuk kesehatan :

Mengatasi diare

Salah satu khasiat bunga lotus paling sering digunakan dalam pengobatan tradisional tiongkok ialah untuk menghentikan diare.

Cara mencoba obat alami ini ialah: rendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam, tambahlah gula batu, lalu minum.

Tapi ada baiknya jangan hanya mengandalkan pengobatan tradisional ini saja. Bagaimanapun juga, hal penyebab mencret mesti dikenali, sehingga terapi tepat dapat dikerjakan.

Ingat, hal yang menyebabkan mencret beraneka macam. Bisa karena infeksi virus, bakteri, alergi makanan, efek samping beberapa obat, atau malnutrisi.

Bila cuma tergantung pada lotus padahal diare ditimbulkan oleh infeksi bakteri yang butuh antibiotik, maka mencret akan tetap berulang.

Membantu mengontrol tekanan darah

Salah satu zat gizi yang banyak diperoleh pada lotus ialah kalium. Zat ini dibutuhkan untuk mempertahankan kestabilan cairan serta membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka lebar (vasodilatasi).

Salah satu manfaat bunga teratai ialah membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dalam batas normal.

Mentralkan gula darah serta lemak darah

Terdapat banyak makanan yang secara alami dapat membasmi kadar gula darah dan lemak darah. Salah satunya ialah bagian akar lotus.

Akar lotus mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu mengelola dua komponen penyebab penyakit kardiovaskular.

Cara Menanam Bunga Rosella

Membantu mengatasi peradangan

Peradangan umumnya disertai dengan sensasi panas dan nyeri. Manfaat biji bunga lotus varietas merah dan putih dapat membantu sensasi peradangan tersebut.

Khasiat bunga lotus tersebut berasal dari senyawa plumule yang diketahui mempunyai efek antiinflamasi dan antioksidan tinggi, sehingga bisa meredakan gejala peradangan dan membuat tubuh kembali nyaman.

Menjaga daya tahan tubuh

Batang tanaman lotus kaya akan vitamin C, dapat membantu menjaga sistem imunitas dan antibiotik tubuh supaya tidak gampang sakit. Untuk memperoleh manfaat bunga teratai satu ini, bisa merebus akar dan batangnya selama 10 menit.

Mencegah Penuaan

Satu hal yang juga perlu diketahui, manfaat biji bunga lotus mengandung enzim anti-penuaan l-isoaspartyl methyltransferase. Zat tersebut mampu membantu memulihkan protein dalam tubuh yang rusak.

Tak heran jika saat ini, banyak perusahaan kosmetik yang merubah biji lotus sebagai salah satu komposisi penting. Biji lotus diketahui mengandung kaempferol, flavonoid alami yang menghindarkan peradangan pada sebanyak organ dalam tubuh, khususnya area mulut.

Previous

Cara Menanam Pare di Pot Serta Rahasia Manfaatnya

Cara Menanam Pisang Yang Baik Dengan Hasil Melimpah

Next

Leave a Comment