Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Banyak orang yang memakai cara menanam bunga matahari di pot hanya untuk tanaman hias, memproduksi kuaci, ataupun untuk memproduksi minyak. Menanam bunga matahari bisa dikerjakan langsung di tanah atau memakai pot/polybag tanam.

Bunga matahari atau helianthus dapat ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. Selain ditanam di tanah pekarangan, bunga matahari juga dapat ditanam dalam pot. Menanam dalam pot jauh lebih praktis karena tidak ada proses pengolahan lahan atau tanah.

Metode Menanam Bunga Matahari di Dalam Pot Agar Berhasil

Keuntungan lain dari cara menanam bunga matahari di dalam pot ialah  dapat sesuka hati memindah – mindah pot tersebut sesuai keinginan. Namun perlu diperhatikan ada baiknya menempatkan lokasi pot dipastikan sedemikian rupa supaya tetap terkena terik matahari.

Peralatan yang dibutuhkan untuk cara menanam bunga matahari di pot

  • Benih bunga matahari (kuaci)
  • Pot berukuran sedang / besar.
  • Tray semai atau kotak yang terbuat dari kayu
  • Tanah serta pasir.
  • Pupuk kandang atau pupuk kompos
  • Sekop.

Cara Penyemaian benih kuaci

Dalam menggunakan cara menanam bunga matahari di pot yang benar, sebelum melakukan penyemaian pilih tipe yang akan ditanam. Jika sudah memilih, kemudian siapkan media semai yang akan dipakai. Bisa berupa cempuran tanah gembur dengan pupuk kandang, sesudah itu masukkan dalam tempat semai berupa polybag atau yang lain sebagainya.

Biji bunga matahari berbentuk lingkaran telur pipih dengan bagian bawah memlingkaran dan sebelah atas meruncing. Semai kuaci pada media semai, biji benih bagian runcing di taruh di bagian bawah. Lalu tekan benih pada media semai hingga tidak banyak dari bagian tumpul atau yang memlingkaran nampak.

Sesudah melakukan persemaian, lakukan penyiraman dengan sistem semprot karena jika media semai tergenang maka akan mengakibatkan benih membusuk. Benih akan berkecambah saat hari ke 3-4 sesudah penyemaian dengan ditandai dengan kulit biji terangkat dan sudah muncul akar. Pada hari ke 7-10 saat cara menanam bibit bunga matahari di pot telah berhasil maka akan mulai berdaun 2-3 helai dan tingginya sudah sekitar 5- 7 cm.

Cara Menanam Kelor di Pot

Cara menyiapkan media tanam

Langkah kemudian yang perlu dilakukan ialah melakukan persiapan media tanam untuk menanam bunga matahari. Media tanam dapat dibuat dari kombinasi tanah dan kompos yang digabung dengan perbandingan 2:1.

Persiapan media tanam ini lebih bagus dikerjakan sebelum membuat penyemaian bibit. Hal ini ditujukan supaya nutrisi dalam kompos juga dapat menyatu dengan tanah sehingga tanah menjadi subur dan cocok untuk media cara menanam bibit bunga matahari di pot.

Langkah menanam bunga matahari di pot agar berhasil

  1. Siapkan benih / biji bunga matahari, beberapa varietas antara lain helianthus texas lemon, sunflower evening sun, dll.
  2. Semai biji dengan menggunakan cara memasukkan kedalam media persemaian (tray semai). Atau dibuat dari kotak kayu yang telah terisi campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1.
  3. Siramilah dengan rutin persemaian tersebut dan tempatkan di lokasi terkena terik matahari langsung.
  4. Benih akan mulai berkecambah umumnya hingga berumur 10 hari. Siapkan media tanam di dalam pot dengan campuran pupuk kandang, pasir, dan tanah dengan perbandingan 1 : 2 : 3.
  5. Pindahkan bibit bunga matahari yang telah mulai tumbuh tunas hingga berukuran 15-20cm kedalam media pot yang telah dipersiapkan. Selanjutnya tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang bibit tersebut.
  6. Siramilah dengan rutin setiap pagi dan senja hari. Penyiraman rutin ialah salah satu kunci berhasilnya cara menanam bunga matahari dalam pot yang benar. Karena tanaman ini memang memerlukan ketersediaan air yang banyak.
  7. Taruhlah pot bunga di tempat yang terik matahari. Sebaiknya sekitar 6 hingga 7 jam per hari untuk mempertahankan keperluan tanaman akan terik matahari.
  8. Sesudah berumur 2 bulan, umumnya sudah mulai muncul kuncup bunga. Kuncup tersebut akan mulai mekar 1 – 2 hari sesudahnya.

Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Perawatan yang dibutuhkan

Perawatan yang paling penting agar bunga matahari di pot dapat tumbuh maksimal yakni menjaga tanah lembab. Sementara kecambah masih kecil dan rapuh, air 3-4 inci (7,5-10 cm), untuk mendorong perkembangan akar tanpa mencuci tanaman.

Melindungi tanaman dari hama

Burung, tupai, dan siput sangat sangat suka biji bunga matahari, dan mungkin juga menarik minat mereka bahkan sebelum kecambah muncul. Menutupi tanah dengan jaring, akan menyulitkan kecambah tumbuh .

Tempatkan umpan siput atau penolak siput sekitar tanaman untuk membentuk penghalang di dekat daerah penanaman bunga matahari. Bila sudah tinggi 1,8 meter supaya terlindung hama harap untuk memastikan dipsupayai sekitar tanaman.

Cara Menanam Lidah Buaya di Pot

Rutin Melakukan Pemupukan

Lakukan pemberian pupuk dengan kompos atau npk dengan dosis 25-30 gram per tanaman kalau sudah berusia 1-2 bulan.  Bisa juga dengan za dosis 25 gr/tanaman (pada umur 1 bulan).

Bunga matahari biasanya mulai berbunga saat berusia sekitar 3 bulan. Pada 1 batang tanaman akan menciptakan bunga sekitar 10 hingga 12 buah.

Memberikan Ajir Jika diperlukan

Saat memakai cara menanam bunga matahari dalam pot yang benar, tanaman lebih dari 3 kaki (0,9 m) mungkin perlu tiang penyanggah. Seperti halnya varietas yang menciptakan beberapa cabang. Ikat tangkai longgar supaya bisa tumbuh, memakai kain atau bahan halus lain sebagainya.

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Melakukan Pemanenan Kuaci

Bunga matahari mekar sering berlangsung 30-45 hari. Menjelang akhir periode ini, bagian belakang hijau dari kepala bunga akan mulai bermetamorfosis cokelat. Jika kamu ingin mengumpulkan benih untuk penanaman tahun depan, tutupi bunga dengan kantong kertas untuk melindungi mereka dari burung.

Jika tidak ada tindakan, bunga akan turun benih untuk tanaman tahun depan. Panen mereka sendiri menjamin perlindungan dari hama,

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment