Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

Cara menanam bunga mawar di pot – Mawar ialah salah satu tanaman hias berbunga yang mempunyai nama sama antara tanaman dan bunganya. Sampai saat ini mawar masih banyak digemari, mungkin karena tumbuhan ini mudah diperolehkan, mudah ditanam serta mudah dalam pemeliharaannya.

Selain itu bunga mawar masih mempunyai pesona karena keindahannya serta keharuman baunya yang khas. Tanaman mawar meliputi 100 spesies lebih yang kebanyakan tumbuh di bumi belahan utara yang berhawa sejuk. Tanaman bunga mawar walaupun berduri namun banyak yang sangat suka dan banyak ditanam sebagai tanaman hias yang menarik.

Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

cara-menanam bunga-mawar-di-pot

Cara menanam bunga mawar terbagi menjadi dua yakni  dengan stek, dan bibit tanaman yang telah cukup dewasa. Kedua jenis bibit tersebut bisa secara gampang didapatkan di bermacam-macam toko tanaman hias terdekat.

Dan jika dilihat dari media tanamnya maka terbagi menjadi dua yakni dengan cara menanam memakai media pot, dan media lahan atau tanah. Keuntungan dari menanam mawar di media pot ialah  bisa memindah-mindah bunga sesuai dengan kemauan .

Menyiapkan bibit bunga mawar

bunga-mawar-merah

Langkah pertama dalam menanam bunga mawar ialah melakukan persiapan bibit. Jika  ingin praktis atau tidak mempunyai cukup waktu  bisa membeli bibit yang banyak dijual di tempat penjual bunga.

Pilihlah bibit yang baik, sehat dan tidak berpenyakit, perbanyakan tanaman bunga mawar umumnya dikerjakan dengan cara menanam stek. Jika  ingin membuat bibit sendiri, pilihlah batang bunga mawar yang telah cukup tua.

Potong memakai pisau yang tajam dan bersih sepanjang kurang lebih 10 cm. Siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Dinginkan media semai dengan menggunakan cara diangin-anginkan selama kurang lebih 15 hari.

Selanjutnya masukkan kedalam polybag semai. Tanam stek bunga mawar tersebut secara selektif kedalam polybag semai. Buat lubang sedalam 3 atau 4 cm selanjutnya masukkan stek secara selektif supaya kulitnya tidak rusak.

Letakkan pada tempat yang terhindar dari terik matahari langsung maupun hujan. Karena jika sebagian besar air stek akan membusuk dan tidak tumbuh.

Memilih pot terbaik untuk bunga mawar

cara-menanam-bunga-mawar-agar-cepat-berbunga

Pot untuk menanam bunga mawar dapat memakai pot tanah, pot semen, pot plastik atau polybag. Pilihlah pot yang mempunyai drainase yang bagus. Ukuran pot yang dipakai sesuaikan dengan selera.

Namun jangan memakai pot yang terlalu kecil, pilihlah pot dengan ukuran minimal 25 cm. Jangan pula memakai pot yang terlalu besar, supaya  tidak kesusahan jika ingin memindahkan tanaman  ketempat lain.

Cara Menanam Bunga Krokot di Pot Gantung

Langkah menanam bunga mawar di pot

cara-menanam-bunga-mawar-dalam-pot

Untuk langkah dalam  cara menanam mawar dengan di media pot, pilihlah pot bunga terbuat dari tembikar, tanah liat, maupun semen cor. Jika pot bunga bahan plastik sebisa mungkin pilih yang mempunyai lubang sebagai aliran udara.

  • Untuk media tanam di dalam pot gunakancampuran tanah, pasir, serta pupuk kandang difermentasikan dengan perbandingan komposisi 1 : ¼ : 1.
  • Tambahlah juga pecahan bata, atau bebatuan kecil yang dipindahkan di dasar pot. Tujuannya supaya pada saat menyiram tanaman bunga mawar, kelebihan air dapat cepat keluar melalui lubang yang terdapat di dasar pot. Dengan demikian akar tanaman dapat menghindari pembusukan akibat pot bunga terlalu lembab.
  • Bibit bunga mawar sebisa mungkin memakai bibit yang telah siap tanam, namun juga bisa mengunakan bibit hasil stek sendiri. Setelah itu tanam bibit pada media yang telah diberikan, urug dengan campuran media tanam. Selanjutnya tekan tanah bagian tepi batang secara kuat.
  • Selanjutnya sirami tanaman, taruh pot tanaman di tempat yang memperoleh penyinaran pagi secara maksimal.
  • Cara menanam bunga mawar juga membutuhkan pergantian media tanah di dalam pot serta memotong akar setiap 1 atau 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan supaya bunga tetap terjaga perkembangan dan kesuburannya.

Untuk menghindari terkenanya pembusukan akar yang ditimbulkan oleh beraneka macam penyakit yang bisa menjangkiti tanaman. Penyiraman dalam cara menanam mawar dapat diberikankan dengan larutan asam bensoat pada air tersebut.

Cara Menanam Bunga Lavender di Pot

Cara Merawat bunga mawar di Pot

Sebagai langkah awal cara perawatan dalam menanam bunga mawar dalam pot agar cepat berbunga terdiri dari penyiangan dan penyiraman. Siram tanaman seperlunya saja, bisa satu atau dua kali sehari. Penyiraman diubahsuaikan dengan situasi media tanam.

Jangan menyiram secara berlebihan, media tanam yang terlalu lembab dapat dapat memicu akar tanaman bunga mawar membusuk dan mati. Penyiangan juga perlu dikerjakan supaya tanaman bunga mawar tidak tidak nyaman oleh rumput liar.

Cara Memberi Pupuk  bunga mawar di Pot

Agar bunga mawar cepat berbunga tentunya perlu cara tersendiri dalam trik menanam yakni pemberian tambahan nutrisi atau pupuk. Pemupukan dapat memakai pupuk kandang, caranya dengan menaburkan segenggam pupuk kandang dipinggir pot.

Usahakan pupuk kandang tidak menyentuh batang tanaman bunga mawar. Selain itu juga bisa dengan pupuk npk, caranya dapat dikerjakan bersamaan dengan penyiraman. Larutkan 1 sendok makan pupuk npk dengan lima liter air, selanjutnya kocorkan 200 ml per tanaman. Pemupukan dapat dikerjakan setiap 15 atau 20 hari sekali.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment