Cara Menanam Bunga Rosella

4.5
(4)

Banyaknya manfaat bunga rosella mengakibatkan permintaan tanaman ini sebagai obat herbal dari tahun ke tahun terus bertambah. Namun sungguh sangat disayangkan belum banyak yang dapat menangkap peluang urusan ekonomi tersebut dan masih sedikit petani yang mencoba untuk memelihara tanaman herbal ini.

Selain sebagai tanaman obat atau tanaman herbal, tanaman rosella dapat dijadikan tanaman hias pada pekarangan.

Cara Menanam Teh Bunga Rosella Merah Dari Biji

Tanaman rosella dapat tumbuh dengan ideal di ketinggian 10 hingga 600 meter dari atas permukaan laut. Untuk suhu yang optimal ialah di rentan suhu 20 hingga 34 derajat celcius, tanaman rosella ialah tanaman yang hanya berbuah di satu waktu dalam semusim. Tanaman teh bunga rosella bisa tumbuh bahkan sampai ketinggian 1 hingga 3 meter.

Mempersiapkan Lahan Ideal Untuk Menanam Bunga Rosella

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menanam tanaman rosella ialah melakukan persiapan lahan yang akan ditanami nantinya. Persiapan lahan dimulai dengan menggunakan cara melakukan pembersihan semua area lahan yang akan dipakai dari tanaman liar atau gulma.

Melakukan penggemburan tanah dan juga memberikan pupuk baik itu pupuk kandang atau kompos secukupnya. Setelah itu buat bedengan diameter yang diadaptasi dengan area lahan.

Tanah lahan tanam rosella wajiblah tanah yang sudah dibajak dan juga digaru agar rata dan dibagi menjadi petak – petak dipisahan selokan pengairan. Petak – petak ini dibagi menjadi bedengan yang sudah dipisahkan oleh parti dengan sama panjang.

Untuk diameter dari bedengan bisa mempunyai kedalaman sekitar 25 cm dan 30 cm dimana parit akan bertemu dengan selokan dari pengairan. Jika tanah ringan, parit dan selokan tak harus digali sampai dalam. Jika ingin area tanam lebih merata, bisa meminimalisir ukuran got atau dan parit.

Jarak tanam rosella ini bergantung pada varietas, waktu tanam dan juga terhadap kesuburan tanah. Jika penanaman untuk mengambil serat makan jarak tanamnya ialah rapat. Jarak tanam bergantung dalam kondisi tanah dimana tanah yang subur mampu memberi perkembangan secara cepat.

Bentuk besar dan juga tinggi serta berdahan umumnya dengan berjarak 12×12 cm, 15×15 cm, 20×20 cm. Pembibitan sendiri wajiblah terpisah dihindarkan dari pertanaman produksi serat karena hama penyakit bisa berpindah secara gampang. Jaraknya yang dipakai ialah 75×50 cm, 75×75 cm, 100×75 cm.

Cara Menanam Buah Naga

Memilih Bibit Beserta Waktu Yang Ideal untuk Menanam Bunga Rosella

Waktu yang dipakai untuk bertanam rosella sendiri berdasarkan musim karena berhubungan erat dengan lama waktu siang hari. Sedangkan untuk waktu pembibitan dikerjakan diawal hari pendek diakibatkan tumbuhan akan berbunga di usia 2-3 bulan. Dan waktu terbaik menanam rosella adalah dibulan agustus pertengahan hingga akhir oktober.

Bedengan diairi agar terjaga dan juga tidak kering serta tanah menjadi tak berair dan selanjutnya ditugal sedalam 1-3 cm. Benih dimasukkan kedalamnya dimana terlebih dahulu bibit dikerjakan perendaman selama 12-24 jam untuk perkembangan bibit yang merata.

Umumnya rosella bisa berkembang diwaktu 2 sampai tiga hari saat sesudah penanaman. Lubang yang tidak ditumbuhi rosella dikerjakan penyulaman dihari ketiga. Sesudah melakukan penyulaman, penyiangan juga diperlukan dan dikerjakan 2-3 kali dalam satu minggu supaya tidak terjadi kompetisi tumbuhan dengan rumput.

Cara Budidaya Bunga Nona Makan Sirih

Waktu Panen Bunga Rosella

Pembentukan bunga dari rosella ini umumnya diusia 5-enam bulan dan cara memanen tanaman rosella adalah dengan menggunakan cara mencabut hingga ke akarnya dan dibuang. Akarnya dibakar untuk mempertahankan penyebaran penyakit.

Untuk pengolahan batangnya dipotong sama panjang dan diikat lalu direndam diair selama satu minggu. Karena perendaman yang terlalu sebentar dapat menciptakan rosella kurang bermutu sedangkan perendaman yang terlalu lama akan menjadikan serat tidak terlalu kuat.

Cara Menanam Jeruk Limau

Manfaat Konsumsi Teh Bunga Rosella Merah

Tipe tanaman altissima webster banyak dibudidayakan untuk diambil seratnya. Hal ini karena tumbuhan ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Namun bunganya tidak dapat dimanfaatkan atau tidak dapat dikonsumsi.

Berbeda dengan tipe sabdariffa, tipe ini dibudidayakan untuk diambil kelopak bunganya. Warna kelopak bunga tipe tanaman rosella ini berwarna kuning atau merah. Bunga rosella dapat dimanfaatkan untuk bermacam-macam tipe olahan.

Tanaman rosella juga terkenal mampu mengobati bermacam-macam tipe penyakit. Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan memakan rosella sebagai obat herbal ialah sebagai berikut:

  1. Dari beraneka penelitian yang dikerjakan, ekstrak dari kelopak bunga rosella mampu menurunkan efek hipotensif pada penderita darah tinggi. Cara untuk menurunkan efek hiponsif tersebut ialah dengan memberikan ekstrak daun rosella kepada penderita darah tinggi setiap hari selama jangka waktu kira-kira 4 minggu.
  2. Daun rosella dapat dibuat jus dan dimakan sejumlah kira-kira 16 – 24 gram/liter seharinya. Dengan terapi ini terbukti mampu menurunkan asam urat.
  3. Senyawa fenolik yang terdapat di kelopak bunga rosella merupakan tipe antioksidan berguna sebagai perlindungan terhadap paparan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat di dalam bunga rosella empat kali lebih kuat jika dibandingkan dengan antioksidan di tanaman kumis kucing. Baca di sini tips budidaya tanaman kumis kucing. Selain itu ada juga senyawa gossipetin dan antosianin yang bisa menghindarkan penuaan dini, menurunkan resiko penyakit jantung, dan kanker.
  4. Bunga rosella juga terbukti mengandung zat yang bisa menghindarkan kerusakan dna sel. Sehingga dapat menghindarkan penyakit leukemia dan mampu menghambat perkembangan sel – sel kanker.
  5. Bagi yang lagi melakukan diet untuk menurunkan bobot tubuh maka dapat memanfaatkan kandungan vitamin c dari tanaman rosella dari bunganya. Diet dengan memakan rosella sangat ampuh karena bisa membantu tubuh untuk melepaskan kolesterol serta lemak yang terdapat di dalam tubuh.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian 4.5 / 5. Jumlah vote : 4

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

2 thoughts on “Cara Menanam Bunga Rosella”

Leave a Comment