Cara Menanam Cabe Merah

| |

Cara menanam cabe merah wajib memperhatikan beragam aspek pendukung supaya hasil yang diperolehkan sesuai keinginan. Untuk skala kecil atau sebagai pemenuhan keperluan rumah tangga, cukup memakai metode tanaman dalam pot.

Cabe merah termasuk dalam komoditas pertanian paling atraktif. Pada saat-saat tertentu, harga yang ditawarkan bisa naik berlipat-lipat. Pada momen lain bisa turun hingga tak berharga. Hal ini membuat usaha bertani cabe merah menjadi tantangan tersendiri bagi para petani.

Cara Menanam Cabe Merah Organik

Ada banyak upaya yang bisa dilakukan agar cara menanam cabe organik ini dapat berhasil. Kondisi iklim tropis di wilayah Indonesia cocok untuk budidaya cabe dimana matahari bersinar penuh.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 1400 meter dpl. Di dataran tinggi, cabe masih dapat tumbuh tetapi produksinya tidak maksimal.

Suhu optimal untuk perkembangan cabe merah, antara 24-28 derajat celcius. Pada suhu terlalu dingin dibawah 15 atau panas diatas 32 perkembangan akan tidak nyaman.

Cabe dapat tumbuh pada musim kemarau asal memperoleh pengairan yang cukup. Sedangkan curah hujan optimal berkisar 800-2000 mm per tahun dengan kelembaban 80%.

Cara Memilih Benih Cabe Unggulan

Agar mampu menghasilkan potensi berlimpah perlu dilakukan penyortiran pada benih agar mendapatkan hanya berkualitas unggulan. Untuk mendapatkan benih dari tanaman cabe terlebih dahulu bisa dilihat dari tampilan fisiknya, ukuran induknya yang besar, bentuknya sempurna dan kelihatan sehat.

Kriteria tersebut  dapat menciptakan cabe merah yang mempunyai kualitas diatas rata-rata pula.

Biarkan buah menua pada pohonnya jika diperlukan hingga mengering sendiri. Pilih buah cabe merah dari hasil panen ke empat hingga ke enam karena pada periode tersebut menciptakan biji optimal.

Hasil panen pada periode pertama hingga ketiga umumnya menciptakan buah yang sedikit. Sedangkan ketika periode akhir didapat buah yang banyak tetapi cenderung menciptakan buah kecil-kecil.

Potong buahnya menjadi tiga bagian, ambil biji pada potongan bagian tengah karena umumnya biji pada bagian tengah lebih baik. Rendamlah biji cabe merah tersebut dalam air bersih.

Pilihlah biji yang tenggelam dalam air dan jangan gunakan biji mengambang. Jemur biji tersebut sampai kering, selama tiga hari atau lebih.

Untuk benih organik bisa merendamnya dengan fungisida supaya benih dapat menghindari serangan jamur. Simpan pada tempat yag kering supaya bibit dapat bertahan lama.

Cara Menanam Buah Naga

Menentukan Lokasi  Budidaya

Tahapan memilih lokasi menanam cabe merah sangat perlu untuk dilakukan sebelumnya, karena tumbuhan ini bisa tumbuh dengan baik jika keperluan tanaman untuk hidup dapat berkecukupan.

Dalam hal tersebut cara menanam cabe merah yang bagus sangat berdasarkan dimana menjalankan budidaya.

  1. Cabe merah mampu tumbuh baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi berketinggian antara 300 sampai 2000 meter diatas permukaan laut.
  2. Temperatur suhu ideal bagi tumbuhan ialah 24 hingga 27 derajat celcius.
  3. Kelembaban tanah di dekat tanaman  ada baiknya tidak terlalu tinggi.
  4. Metode budidaya cabe merah dapat dikerjakan di sawah bekas menanam padi maupun tegalan, dengan situasi tanah gembur, kaya akan unsur hara, dan cukup persediaan air tanahnya.
  5. Tanaman cabe merah memerlukan terik matahari terus menerus setiap waktu tanpa tertutupi pohon yang lebih tinggi.
  6. Ph tanah netral yakni berkisar antara 5 hingga 7.
  7. Setelah memilih lokasi yang tepat dan cocok, metode bercocok tanam cabe merah tahap kemudian ialah mengolah lahan untuk melakukan persiapannya sebelum proses menanami bibit.

Cara Budidaya Bunga Nona Makan Sirih

Mengolah Lahan Ideal untuk Menanam Cabe Merah

Cara menanam cabai merah berikutnya akan sedikit lebih susah karena akan disuruh langsung praktek kelapangan, tetapi sebelum melakukan praktek sebaiknya untuk membaca tahap-tahap mengolah lahan tanam dengan benar sebagai berikut :

  • Hal pertama bersihkan tanah dari tumbuh atau hama lain sebagainya seperti rumput maupun tanaman yang telah tidak dipakai, lalu cangkul tanah dengan rapi memanjang supaya dapat ditanami lebih banyak bibit cabai.
  • Selanjutnya bisa menaburkan kapur di tanah yang telah digemburkan untuk memperoleh hasil lebih optimal, tunggu 8 sampai 9 hari. Kegunaan kapur ini dapat menaikan ataupun mengurangi ph tanah.
  • Berikut pilih pupuk yang diminati, tapi saran dari kami pilih saja pupuk kandang.
  • Keempat hanya perlu menanti pupuk tadi meresap ke tanah dengan rata sekitar 5 sampai 6 hari.
  • Selanjutnya bisa membuat lubang untuk meletakkan bibit cabai dengan berjarak 40 – 50 cm lalu diamkan selama 1 minggu.

Cara Menanam Jeruk Limau

Melakukan Penyemaian Pada Bibit Cabe Unggulan

Tahap berikutnya ialah melakukan penyemaian pada benih bibit cabe merah agar mempunyai tingkat kesuksesan tinggi. Untuk lahan seluas satu hektar memerlukan benih cabe merah sekitar 1/2 kg. Sebelum menjadi bibit, benih tersebut wajib disemaikan sebelumnya. Penyemaian dikerjakan untuk menyeleksi bibit beneran sudah tumbuh dan sudah kuat untuk ditanam pada lahan yang lebih merata.

Supaya benih yang ditanam berhasil sepenuhnya sebisa mungkin tempat penyemaian diberi naungan supaya dapat menghindari teriknya terik matahari langsung, terpaan angin dan derasnya hujan.

Cara menanam cabe merah kemudian dengan melakukan penyemaian bibit cabai dengan benar,kegiatan ini dikerjakan supaya bibit cabai bisa tumbuh secara optimal berikut ini ialah caranya :

Memakai Polybag

  • Siapkan media. Pilih polybag dengan diameter yang tidak terlalu besar karena hanya dipakai sebagai perkembangan bibit saja
  • Isi polybag dengan media semai, catatan jangan terlalu penuh
  • Kemudian sebelum ditanam pastikan bibit direndam dulu memakai air hangat kuku selama 2 sampai 3 menit
  • Sesudah itu masukan satu satu bibit kedalam polybag
  • Berikutnya semprot polybag dengan insteksida supaya dapat menghindari semut atau serangga lain sebagainya
  • Tunggu bibit sampai tumbuh tunas kira-kira 1 mingguan

Penyemaian Bibit Cabe Tanpa Memakai Polybag

  • Siapkan bedengan sesuai dengan keperluan serta media semainya, siram air secukupnya.
  • Lalu buat lubang dengan berjarak 3 cm, kemudian rendam bibit dengan air hangat selam 2 menit
  • Beri pupuk secukupnya, sesudah itu tunggu bibit tumbuh selama 1 mingguan.

Tujuan dari penyemaian bibit ini untuk memberikan perkembangan bibit secara penuh, karena terdapa unsur hara yang diperlukan bibit untuk tumbuh. Karena diletakkan dalam polybag atau bedengan mempermudah kita untuk memberi pupuk atau memberi air.

Cara Budidaya Kacang Tanah Organik

Langkah dan Cara  Menanam Cabe yang Benar

Setelah bibit dalam media persemaian berusia 4 minggu dan sudah keluar daunnya, maka saatnya untuk memindahkan benih cabe merah kedalam media tanam yang telah dipersiapkan. Pilihlah benih yang sehat, perkembangan mulus dan bebas hama penyakit serta berdaun 2 hingga 6 helai setiap benihnya.

Sebaiknya metode bercocok tanam cabe merah dikerjakan sewaktu pagi ataupun senja hari supaya benih tidak lekas layu. Lepaskan polybag dari benih dengan hati-hati supaya tidak merusak akar tanaman, masukkan kedalam liang tanam selanjutnya tutup memakai tanah sebatas ujung pangkal benih.

Cara Merawat Cabe Merah Agar Berkualitas Baik

Lakukan penyiraman ketika musim kering dengan menggunakan cara penggenangan. Usahakan waspada saat menyiram bibit ketika masih amat gampang dan belum cukup kuat.

Lakukan pengecekan satu sampai dua minggu sekali untuk melihat kondisi tanaman. Jika terdapat tanaman rusak atau mati, cabutlah segera dan gantikan dengan bibit baru.

Diperlukan ajir atau tongkat sebagai penopang tumbuhnya cabe merah tetap tegak. Tancapkan ajir di samping pangkal batang dengan berjarak 4 cm dan jangan sampai melukai akar. Penancapan ajir tersebut dikerjakan satu minggu sesudah bibit ditempatkan.

Sesudah 1 bulan, lakukan pemotongan tunas untuk lahan pada dataran tinggi dan 3 minggu pada dataran rendah. Potonglah tunas yang ada pada ketiak daun. Lakukan pemotongan hingga tumbuh cabang utama yang ditandai dengan munculnya bunga pertama atau kedua.

Selanjutnya dikerjakan pemberian pupuk susulan tiap dua minggu sekali hingga panen akhir. Agar lebih praktis gunakan pupuk cair sejumlah 100 ml liter yang sudah diencerkan lalu siramkan langsung pada tanaman.

Cara Menanam Jagung Manis

Usia Panen Tanaman Cabe Merah

Budidaya cabe merah mulai bisa diunduh sesudah berusia 75-85 hari sesudah tanam. Proses pemanenan dikerjakan dalam beberapa kali, berdasarkan dengan tipe varietas, teknik budidaya dan kondisi lahan.

Pemanenan dapat dikerjakan setiap 2-5 hari sekali, diadaptasi dengan situasi kematangan buah dan pasar. Buah cabe sebisa mungkin dipetik sekaligus dengan tangkainya untuk memperpanjang umur simpan. Buah yang dipetik ialah saat mempunyai warna oranye hingga merah dan lakukan pemetikan di pagi hari.

Produktivitas usaha cabe merah umumnya mencapai 10-14 ton per hektar, berdasarkan dari varietas dan teknik budidayanya. Pada budidaya cabe merah yang optimal, potensinya bisa mencapai hingga 20 ton per hektar.

Previous

Cara Menanam Buah Naga

Cara Menanam Bawang Merah

Next

Leave a Comment