Cara Menanam Dan Merawat Kaktus Untuk Hiasan Rumah

| |

Cara Menanam Dan Merawat Kaktus Untuk Hiasan Rumah – Kaktus merupakan tanaman yang dapat hidup dalam waktu lama tanpa air. Tanaman katus ini banyak ditemukan di daerah gurun. Pada daerah asalnya kaktus mempunyai akar panjang yang berfungsi untuk mencari air juga memperlebar penyerapan air dalam tanah.

Kemudian air tersebut diserap dan disimpan dalam batangnya. Duri pada kaktus berfungsi seperti daun namun karena daun yang berubah menjadi duri ini membuat penguapan air lewat daun menjadi berkurang. Sehingga tanaman ini mampu tumbuh pada waktu lama meskipun tanpa air.

Cara Menanam Kaktus

Cara Menanam Kaktus

Sejauh ini belum ada penjelasan spesifik tentang dari mana kaktus berasal, namun sebagian besar spesiesnya berasal dari Amerika Utara, Selatan dan Tengah. Nama kaktus diberikan oleh botaniawan asal Swedia bernama Carl Linnaeus yang diambil dari bahasa Yunani klasik Kaktos. Kata kaktos memiliki arti tanaman liar berduri.

Pada musim pandemic seperti saat ini banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, salah satunya dengan menanam tanaman atau bunga. Apabila tidak memiliki lahan luas, menanam kaktus bisa menjadi alternative untuk mengisi waktu luang.

Sebab tanaman kaktus sangat mudah perawatannya juga dapat ditanam pada pot – pot mungil sebagai hiasan meja atau pojok – pojok rumah.

Berikut langkah menanam kaktus

Menyiapkan material untuk menanam kaktus

Sebelum melakukan cara menanam kaktus, terlebih dahulu harus mempersiapkan material sebagai alat untuk menanam. Di antaranya adalah penjepit, sendok the, media tanam serta saryng tangan untuk alat memasukkan kaktus ke dalam pot agar tangan tidak terkena durinya.

Gunakan media tanam khusus untuk kaktus berupa media tanam kering. Apabila kaktus ditanam pada tanah basah maka akan rentan terserang jamur dan bakteri.

Jika pemilik ingin menjadikannya sebagai dekorasi interior tematik maka bisa menambahkan action figure atau hiasan lainnya, bisa juga dengan mengkombinasikan bersama kaktus jenis lain.

Memilih pot untuk menanam kaktus

Memilih pot untuk menanam kaktus

Pilihlah pot yang sesuai dengan ukuran kaktus, yakni sekitar dua kali ukuran kaktus dan pastikan mempunyai lubang drainase cukup. Jika lubang drainase tidak memadai maka air kan menggenang dan bisa membuat kaktus membusuk.

Jangan memilih pot terlalu kecil, pemilik perlu member ruang cukup untuk pertumbuhan kaktus. Bagi kaktus yang memiliki pertumbuhan cepat, maka pemilik bisa memindahkan tanaman setiap 6 bulan sekali.

Cara Menanam Buah Naga

Penataan media tanam kaktus

Langkah pertama dalam menata media tanam pada cara menanam kaktus yakni meletakkan kerikil pada dasar pot, isi sepertiga saja dari tinggi pot sebab kebanyakan kaktus memiliki akar dangkal.

Selanjutnya tutup kerikil dengan tanah. Jika tidak ingin menggunakan kerikil sebagai lapisan bawah, maka pemilik dapat menggunakan tisu di dasar pot sebelum menaburkan media tanam. Hal ini supaya media tanam tidak keluar melalui lubang drainase.

Pemindahan tanaman kaktus

Pada saat memindahkan kaktus dan sebanyak tanaman sekulen pada pot terlebih dahulu, siapkan koran sebagai alas transisi untuk melakukan pembersihan kaktus. Jangan lupa, gunakan sarung tangan berkebun di tangan.

Setelah kaktus dan tanaman sekulen sudah bersih dan padat tanahnya, barulah tanamkan kaktus memakai penjepit, menuju lobang yang telah disiapkan.

Buat lubang memakai jari atau sendok untuk “dudukan” kaktus. Taruh kaktus di tengah pot, pegang, lalu isi ruang kosong dengan media tanam yang tersisa. Jika menggunakan metode setek, maka tancapkan setek dengan kedalaman yang cukup supaya tanaman bisa berdiri tegak tanpa penopang.

Berikan ruang untuk kaktus bernafas. Saat menekannya tidak perlu memberi tekanan terlalu kuat, cukup ketuk-ketukan pot memakai jari agar media tanam mengisi ruang kosong di dalam pot.

Setelah tanaman kaktus dan sukulen ditanam, lakukan penyemprotan air hangat di bagian tanah. Hal ini memiliki tujuan supaya tidak nampak kering untuk hitungan hari.

Peletakan tanaman kaktus

Kaktus ialah tipe tanaman yang menyukai intensitas cahaya matahari banyak, tetapi bukan berarti pemilik bisa menaruhnya pada tempat terik.

Sebaiknya untuk cara menanam kaktus letakkan di area terang tetapi tidak terpapar matahari secara langsung. Rotasi penempatan kaktus sekitar 1 hingga 2 bulan selanjutnya, baik itu dalam rumah atau teras.

Cara Merawat Tanaman Kaktus

Cara Merawat Tanaman Kaktus

Setelah melakukan penanaman, semua jenis tanaman termasuk kaktus juga memerlukan perawatan. Hal ini berguna agar tanaman memiliki umur panjang serta penampilan menarik untuk dipandang.

Meskipun kaktus termasuk tanaman yang mudah perawatannya, namun di sini kaktus sudah ditanam dalam ruangan sehingga perawatnnya juga akan berbeda dengan yang ditanam pada luar ruangan. Berikut langkah perawatan kaktus di dalam ruangan :

Siram kaktus secukupnya

Kaktus dalam pot memerlukan lebih banyak perawatan dalam penyiraman daripada di tanah. Pemberian air yang terlalu banyak juga sangat tidak rekomendasi. Tanaman hias kaktus dilarang kering sepenuhnya, jadi harap untuk memastikan kondisinya lembab.

Di rumah, penyiraman dapat dikerjakan sebulan sekali bergantung pada kelembapan ruangan. Namun jika kaktus diletakkan di luar rumah, maka lakukan penyiraman setiap dua atau 3 hari. Pastikan tanah nampak sedikit mengering saat disiram.

Pemilik bisa  memakai air hujan untuk menyirami tanaman, tapi air ini sebelumnya wajib disaring karena mengandung mineral dan garam yang bisa merusak tanaman yang memengaruhi tumbuh kembang tanaman kaktus.

Pemberian pupuk pada tanaman kaktus

Pupuk harus tetap diberikan meskipun kaktus tergolong tanaman kuat. Pemberian pupuk berfungsi untuk membuat tanaman lebih cantik, sehat, serta terbebas dari hama penyakit.

Berikan pupuk organic, kompos yang diberikan juga harus sesuai. Biasanya para penjual juga menjual kompos spesifik khusus kaktus. Oleh sebab itu sebaiknya periksa terlebih dahulu kompos yang cocok untuk kaktus.

Panduan Lengkap Menanam Bunga Tulip di Daerah Tropis

Penyinaran cahaya cukup

Jika cara merawat kaktus luar ruangan ialah dengan paparan terik matahari langsung setiap waktu, lain halnya dengan kaktus dalam ruangan. Perawatan kaktus dikerjakan dengan membawanya keluar untuk memperoleh terik matahari namun tidak langsung mengenainya.

Apabila ditaruh di bawah terik matahari secara langsung, kaktus akan terbakar. Ia sudah terbiasa dengan tempat asal indoor yang membuat jaringannya menjadi lemah.

Cara merawat kaktus ialah dengan  meletakkan kaktus pada sekitar jendela yang di atasnya terdapat kanopi atau sekitar jendela. Lakukan pemeliharaan kaktus selama minimal empat jam tiap hari.

Selain itu, harap memastikan bahwa kaktus memperoleh cahaya tambahan dari lampu rumah, khususnya bila rumah tidak punya jendela banyak. Lakukan cara merawat kaktus ini secara teratur.

Letakkan kaktus pada suhu sejuk dan teduh

Letakkan kaktus pada suhu sejuk dan teduh

Bukan suatu rahasia bahwa tempat asli asli kaktus ialah di lingkungan kering. Bila kaktus dirawat pada ruangan tertutup yang lembap, kaktus tidak akan tumbuh dengan baik.

Solusinya, letakkan kaktus di tempat sejuk, teduh, dan tidak lembap. Sebagai contoh dari cara merawat kaktus, bisa meletakkannya di teras, kabinet dekat jendela rumah, atau green house.

Komposisi media tanam tepat

Selain melakukan penyiraman dan penyinaran, langkah perawatan kaktus lain ialah dengan memakai media tanam tepat. Lakukan perawatan pada kaktus dengan memasukkan beberapa kerikil sebagai dasar dalam pot kaktus guna sistem drainase yang bagus.

Lalu pada bagian atasnya, masukkan media tanam dengan komposisi tanah, pasir kasar, dan serbuk arang. Pemakaian serbuk arang tersebut karena mempunyai struktur media yang berongga dan terbuka sehingga bisa membantu kaktus mempertahankan kesehatannya.

Previous

Cara Menanam Tanaman Daun Katuk Serta Manfaatnya

Cara Lengkap Budidaya Alpukat Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Next

Leave a Comment