Cara Mudah Menanam Daun Bawang Di Pot Supaya Tumbuh Subur

Cara Mudah Menanam Daun Bawang Di Pot – Siapa yang tidak mengenal daun bawang. Salah satu sayuran dari jenis bawang ini banyak digunakan sebagai pelengkap dalam olahan khas indonesia. Di antaranya adalah sebagai campuran dalam pembuatan martabak, sebagai pelengkap dalam baso, soto, sup dan masih banyak lagi.

Selain membuat olahan menjadi tambah lezat, keberadaan daun bawang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan vitamin di dalamnya. Vitamin tersebut antara lain vitamin A baik untuk mata juga sebagai pendukung perkembangan sel darah agar sehat.

Vitamin K bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang supaya tetap kuat. Lutein dan zeaxanthin melindungi penglihatan dengan cara menyaring cahaya berbahaya yang akan masuk ke mata.

Cara Menanam Daun Bawang

cara-menanam-daun-bawang

Dengan banyaknya manfaat dari daun bawang ini maka para ibu rumah tangga tidak perlu kawatir saat menambahkan sayuran tersebut dalam masakan. Meski banyak dijumpai dalam pedagang sayur serta harganya relatif murah, alangkah lebih baik jika menanamnya sendiri. Sebab dapat memantau secara langsung pupuk yang digunakan.

Berikut cara menanam daun bawang di pot :

Jenis daun bawang

Jika dilihat dari bentuknya ada dua jenis daun bawang pertama allium fistulosum atau bawang prai merupakan jenis bawang daun yang mempunyai bentuk besar berongga dan berujung runcing. Jenis ini amat sering ditanam dan di pakai, pertama karena akan cepat tumbuh dan kuat terhadap penyakit.

Kedua jenis allium porum atau bawang sentir dengan bentuk daun kurus dan kecil tetapi bergelombol dan cepat beranak pinak.

Persiapan bibit

Benih daun bawang ada dua jenis bisa berasal dari benih atau biji lalu juga dapat berasal dari tanamannya langsung bisa membeli di tukang sayur. Mungkin akan kesusahan memperoleh benih dalam bentuk biji.

Tetapi jika untuk cara menanam daun bawang di pot juga dapat memakai tanamannya langsung silahkan membelinya di tukang sayur langganan, tetapi wajib diingat beli yang masih terdapat akar tanamanya.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

Penyemaian

Untuk memperoleh daun bawang ini dapat memperolehnya dengan menggunakan cara generative ataupun vegetative. Yang dimaksud dengan cara generative ialah melakukan peternakan dengan memakai biji atau benih dari tanaman yang akan ditanam.

Sedangkan untuk yang dimaksud dengan vegetative ialah pengembanganbiakan dengan menggunakan cara memakai anakan dari rumpun utama.

Teknik Penyemaian

Dengan menggunakan teknik generative, maka cara menanam daun bawang di pot dilakukan penyemaian terhadap benih yang akan dipakai pada proses penanaman. Adapun cara dari penyemaian terhadap tanaman daun bawang ini sendiri ialah dengan menggunakan cara:

  • Bila tempat persemaian berupa tray semai atau polybag, letakan benih bawang daun dalam setiap wadah 1-2 biji. Tanam sedalaml 10 cm.
  • Untuk menjaga kelembapan, sebaiknya lokasi persemaian ditutupi dengan karung goni yang dibasahi atau daun pisang. Setelah benih berkecambah, buka penutup tersebut.
  • Lakukan penyiraman setiap hari, pagi dan senja hari. Berikan pupuk urea, za atau pupuk cair organik. Pemberian pupuk urea dan za ada baiknya dilarutkan dalam air. Kemudian siramkan pada media semai. Bila memakai pupuk organik cair, encerkan sebelumnya sebelum disiramkan.
  • Bibit bawang daun yang sudah berusia 2 bulan atau tingginya mencapai 10-15 cm, sudah siap ditempatkan ke tempat pembesaran.

Perbanyakan benih vegetatif bisa diambil dari tanaman bawang daun yang sudah berusia lebih dari 2,5 bulan. Penampakan tanaman yang akan diambil wajib mempunyai rumpun banyak, nampak segar, tidak terserang hama dan penyakit. Cara menyepihnya ialah sebagai berikut:

  • Bongkar rumpun tanaman bawang daun beserta akar-akarnya. Cara membongkar jangan dicabut, melainkan digali dengan tangan atau kored.
  • Bersihkan dengan tangan tanah yang melekat di sekitar akar. Buang daun dan akar nampak layu atau tua.
  • Pecah-pecah rumpun tanaman tersebut menjadi beberapa bibit tanaman atau anakan. Setiap anakan sebisa mungkin meliputi 1-3 batang.
  • Papas daun sebelah atas untuk menurunkan penguapan. Pemapasan dikerjakan kurang lebih sepertiga bagian dari atas. Pemapasan juga akan merangsang tumbuhnya tunas baru.
  • Bibit bawang daun yang sudah disediakan dapat segera ditanam. Bila bibit tersebut tidak langsung ditanam, ada baiknya lama penyimpanan tidak lebih dari 5-7 hari dengan penyimpanan di tempat teduh dan lembab.

Persiapan media tanam

penyemaian-daun-bawang

Beberapa hari sebelum benih siap untuk dipindah tanam, siapkan sebelumnya media tanam dan pot atau polybag. Selain pot dan polybag, wadah untuk menanam bawang daun dapat memakai botol bekas, kaleng bekas, ember bekas atau barang-barang bekas lain sebagainya.

Sebaiknya wadah yang dipakai untuk cara menanam bawang daun di polybag mempunyai diameter minimal 15 cm supaya wadah cukup untuk menampung media tanam. Media tanam yang bagus untuk menanam bawang daun ialah tanah subur, gembur dan punya beragam unsur hara.

Akan lebih berkualitas lagi jika media tanam diukur dulu ph-nya, ph ideal untuk bawang daun ialah 6,5 – 7,0. Jika ph media tanam kurang dari 6,0, tambahlah kapur pertanian (dolomit) secukupnya sesuai keperluan.

Pada media tanam sendiri, yakni pot ataupun polybag, ada baiknya meliputi tanah, kompos, dan arang sekam. Untuk perbandingan dari masing-masing media tanam tersebut ialah 2:1:1. Atau, dapat pula untuk memakai tanah dengan campuran pupuk kandang, untuk hal tersebut memakai perbandingan 2:1.

Selanjutnya, untuk semua media tanam yang dipakai akan diaduk sampai tercampur. Setelah itu media tanam dimasukkan ke dalam pot atau polybag yang terlebih dahulu telah dipersiapkan dalam melakukan penanaman.

Media tanam tersebut selanjutnya dipadatkan, bisa dengan bantuan tangan, namun jangan memakai kaki dengan menggunakan cara diinjak karena itu akan membuat tanah selanjutnya akan menjadikannya terlalu padat.

Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag Agar Berbuah Melimpah

Penanaman daun bawang

Sesudah semuanya siap dan media tanam sudah didiamkan selama 2 sampai 3 minggu, langkah berikutnya ialah menanam bibit daun bawang. Masukkan daun bawang ke dalam media tanam sedalam kira-kira 5 cm, selanjutnya urug kembali dengan tanah, sesudah itu siram dengan air secukupnya.

Posisi menanam boleh miring beberapa derajat maupun lurus, yang paling penting tak mengacau pengakaran bibit daun bawang.

Untuk melakukan cara menanam daun bawang di polybag, waktu yang lebih disarankan untuk membudidayakan tumbuhan ini ialah sewaktu pagi ataupun senja hari. Di mana saat dari terik matahari tidak terlalu memberikan terik cahaya menyengat sehingga suhu udara tidak terlalu tinggi.

Kemudian, taruhlah polybag yang sudah ditanami daun bawang tersebut pada tempat yang terkena terik matahari secara menyeluruh.

Perawatan

perawatan-daun-bawang

Setelah dikerjakannya proses penanaman, proses pemeliharaan dikerjakan untuk menumbuhkan daun bawang dengan subur supaya mempunyai kualitas di atas rata-rata.

Untuk menjaga kesuburan tumbuhan ini, ada baiknya tanaman ataupun media tanam ketika disiram tidak memperoleh terlalu banyak air sehingga tanaman akan menjadi basah ataupun becek. Air yang terlalu banyak pada sebuah tempat akan membuat tanaman, apalagi di bagian akarnya, menjadi busuk.

Selain penyiraman ketika bawang daun sudah berusia 2 minggu lakukan pemberian pupuk memakai urea maupun ZA supaya daun cepat beranak dan hijau.

Pada umur tanaman satu bulan cara menanam daun bawang di pot lakukan pemberian pupuk kedua dengan memakai KCL atau NPK saja supaya tanaman berbatang kuat dan daunnya tidak roboh.

Pemanenan

Perawatan daun bawang tidak sekompleks penanaman sayuran lain cukup melakukan penyiraman secara teratur. Tanaman daun bawang idealnya bisa diunduh saat menginjak umur 2 sampai 2,5 bulan.

Tetapi, seandainya cara menanam daun bawang di polybag untuk konsumsi pribadi di rumah, tidak perlu menanti tanaman daun bawang hingga siap panen. Pemilik dapat mengambil sebagiannya saja seandainya tanaman daun bawang yang sudah ditanam mempunyai rumpun banyak. Dan hanya perlu membiarkan tanaman dari daun bawang ini tumbuh sendiri lagi.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment