Cara Menanam Gambas Oyong Agar Berbuah Lebat

| |

Cara Menanam Gambas Oyong Agar Berbuah Lebat – Gambas atau biasa disebut oyong adalah jenis tanaman merambat yang buahnya dipanen ketika masih muda lalu diolah untuk dijadikan sayur.

Dalam cara menanam gambas ini cukup mudah, sebab gambas ini merupakan tanaman yang membutuhkan iklim panas dengan ketersediaan air cukup sepanjang musim.

Cara Menanam Gambas

Cara Menanam Gambas

Oyong juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Di antaranya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya sayuran ini dikonsumsi oleh masyarakat daerah Jawa Barat sebelum naik haji. Sebab manfaat tersebut didapat dari kandungan cucurbitasin yang ada pada bijinya.

Selain menurunkan jumlah kadar gula, gambas juga memiliki banyak manfaat lain yakni dapat menyembuhkan radang usus, asma serta dapat meningkatkan asi.

Setelah mengetahui beragam manfaatnya, tentu akan lebih mudah jika memiliki tanaman sendiri atau menanamnya sendiri. Berikut cara menanam oyong :

Cara Menanam Pare di Pot Serta Rahasia Manfaatnya

Syarat tumbuh gambas

Tanaman gambas atau oyong termasuk dalam komoditi sayuran yang mempunyai adaptasi tinggi terhadap lingkungan dan bisa tumbuh pada beraneka macam tipe tanah.

Untuk cara menanam gambas yang baik memerlukan terik matahari secara penuh dan dapat tumbuh optimal pada lingkungan dengan suhu rata-rata 18 – 24 derajat celcius.

Selain itu tanaman ini rentan terhadap kekeringan dan dapat tumbuh dengan baik jika ketersediaan air cukup. Jika kekurangan air tanaman bisa berkembang kerdil, berbatang kecil, bunga dan bakal buah rontok serta produksi tidak maksimal.

Gambas atau oyong tumbuh dan berproduksi secara penuh pada tanah subur, gembur, mempunyai aerasi dan drainase bagus. Ph ideal untuk tanaman gambas ialah 5,5 – 6,8 (netral) dengan kelembaban rata-rata antara 50 – 60%.

Namun tanaman ini tidak mengenal musim, bisa dibudidayakan kapan saja, baik pada musim penghujan maupun pada musim kemarau.

Pemilihan bibit gambas

Selanjutnya dalam cara menanam gambas yang baik adalah pemilihan bibit. Bibit gambas yang dipilih wajib punya kualitas bagus dan sesuai dengan keinginan. Bibit oyong tersebut bisa didapatkan dengan membeli di toko pertanian.

Juga bisa membuat sendiri dengan cara mengambil buah gambas atau oyong yang telah tua dan kering (umumnya berwarna kecoklatan), lalu ambil bijinya, jemur biji selama sekitar 2 hari, barulah bisa ditanam.

Penyemaian gambas

Penyemaian gambas

Setelah mempersiapakan benih, cara menanam gambas dari biji kemudian semai benih tersebut. Benih dapat disemai di lahan terbuka maupun di polybag. Jika hanya merawat gambas dalam jumlah kecil, maka semai di polybag. Berikut adalah langkah penyemaian :

  • Siapakan sebelumnya media tanam seperti pupuk kandang juga tanah.
  • Campur menjadi satu media tanam tersebut dengan perbandingan satu banding satu.
  • Setelah itu, masukkan media tanam tersebut ke dalam polibag dan masukkan 3 buah benih. Tutup benih memakai media tanam yang tersisa.
  • Tunggu hingga dua minggu untuk dipindahakan di media tanam.

Perawatan tanaman gambas

Untuk melakukan perawatan pada cara menanam gambas dari biji lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi atau sore hari pada awal tanam secukupnya saja. Tapi jika sudah tumbuh, maka penyiraman dapat dikerjakan 2 kali sehari.

Lakukan pemupukan pertama pada saat tanaman berusia 10 hari memakai pupuk npk dengan dosis sejumlah 2 sdm dan tambahlah bokashi. Jika sudah tumbuh, tambahlah dosisnya menjadi 3 sdm. Apabila tanaman gambas sudah berbuah, maka pemupukan dikerjakan satu minggu sekali

Kemudian, lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lain supaya tak mengacau perkembangan tanaman gambas. Penyiangan ini dapat dikerjakan setiap 2 minggu sekali.

Setelah 10 – 15 hari ditanam, lakukan pemasangan ajir atau tajuk sebagai media perambatan batang tanaman gambas. Apabila tanaman sudah terlalu rimbun, lakukan pemangkasan daun kering ataupun yang masih hijau supaya peredaran udara baik.

Untuk menurunkan risiko terjangkit jamur dan bakteri, maka lakukan pemangkasan pada musim penghujan.

Lalu, untuk menghindari serangan hama penyakit, gambas dibungkus dengan memakai plastik memanjang atau plastik es lilin.

Cara Menanam Labu Siam di Halaman Agar Berbuah Lebat

Pemanenan gambas

Pemanenan gambas

Hal paling ditunggu dalam cara menanam gambas yang baik adalah pemanenan. Gambas atau oyong telah mampu diunduh saat berusia sekitar 45 hari setelah tanam.

Panen tersebut bisa dikerjakan interval 4 – 5 hari. Ciri-ciri oyong siap panen yakni warnanya sudah hijau tua, dagingnya padat, lembut dan mempunyai ukuran panjang dan besar yang maksimal.

Untuk memanen gambas lakukan dengan memotong pangkal buah dengan gunting atau pisau. Sebaiknya pemanenan dilakukan pada pagi atau sore hari.

Sebaiknya pengemasan dilakukan dengan memakai keranjang bambu yang memiliki ventilasi udara cukup supaya gambas tidak cepat rusak saat pengangkutan. Setelah itu simpan hasil panen pada ruangan dengan suhu dingin antara 10 – 20 derajat celcius.

Manfaat gambas untuk kesehatan

Manfaat gambas untuk kesehatan

Sayur gambas atau biasa juga oleh masyarakat melayu disebut dengan oyong termasuk salah satu tipe sayur labu-labuan yang cukup lezat rasanya, baik dimasak menggunakan cara disayur lodeh, ditumis maupun direbus atau dikukus serta cukup segar dan nikmat juga dimasak dengan menggunakan cara disop atau disayur bening.

Selain lezat untuk dikonsumsi, gambas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya :

Melancarkan system pencernaan

Sayuran tipe labu-labuan termasuk makanan yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh, terutama dalam menjaga saluran pencernaan. Dengan memakan manfaat gambas untuk kesehatan terbukti bisa juga mengobati penyakit radang usus. Selain itu setelah memakan gambas biasanya bisa melancarkan bab dan air seni

Melancarkan peredaran darah

Tanpa disadari bahwa dengan memakan sayur gambas akan menjadi pemicu sirkulasi darah menjadi lancar. Sehingga dengan sirkulasi darah lancar tentu akan bisa menjaga kesehatan tubuh.

Melancarkan ASI

Mengkonsumsi sayur gambas pada saat sedang menyusui terbukti memang bisa melancarkan dan menambah jumlah asi, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif asupan makanan yang bagus untuk melancarkan asi seperti yang ada pada daun pepaya.

Cara Mudah Menanam Kecipir Di Pot Supaya Berbuah Lebat

Meredakan sakit tenggorokan

Jenis sayur gambas juga sangat bagus untuk yang lagi terjangkit sakit pada tenggorokan tergolong penyakit asma.

Namun khusus untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan gambas dimasak tanpa memakai minyak atau dimakan secara langsung dengan diblender saja. Sehingga bisa dapat menghindari efek minyak yang justru bisa memperburuk kesehatan pada tenggorokan.

Mengobati jerawat

Kandungan vitamin C pada manfaat gambas untuk kesehatan dikenal baik juga untuk kesehatan kulit serta bisa membantu mengobati jerawat yang membandel.

Meskipun telah tersedia berbagai obat jerawat siap pakai di pasaran, tetapi memakan makanan sehat seperti gambas tetap penting dan perlu dikerjakan untuk menutrisi wajah dari dalam.

Menjaga kesehatan mata

Oyong termasuk sayuran yang kaya akan vitamin A, sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkan dari beragam penyakit mata. Selain manfaat gambas untuk kesehatan asupan vitamin A bisa juga didapat dari beragam buah dan sayuran lain seperti wortel dan tomat.

Menurunkan kadar gula darah

Sayur gambas telah dipercaya dimanfaatkan oleh masyarakat melayu sebagai penyembuhan yang efektif untuk menyembuhkan kencing manis (diabetes melitus).

Khusus untuk dijadikan sebagai penyembuhan penyakit ini, masyarakatnya mencari gambas yang telah tua menggunakan cara mengekstraknya.

Sayur ini kini juga sudah ada banyak diproduksi di banyak negara yang memiliki tujuan sebagai obat herbal untuk mengurangi gula darah.

Previous

Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Tumbuh Subur

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Krisan Supaya Berbunga Indah

Next

Leave a Comment