Cara Menanam Jahe Merah di Polybag Untuk Hasil Melimpah

| |

Cara Menanam Jahe Merah di Polybag Untuk Hasil Melimpah. Saat ini sudah sangat umum berkebun atau menanam sesuatu di polybag, karung, pot begitu pula dengan jahe merah. Biasanya para petani menggunakan lahan atau tegalan untuk menanam jahe merah namun seiring kemajuan jaman dan sempitnya lahan pertanian membuat para petani berinovasi.

Selain menanam jahe dengan polybag tidak memakan tempat, biaya perawatan dan tingkat efisiensinya juga cukup tinggi. Tentu hal ini memberi angin segar pada para petani saat ini yang sering menjerit karena mahalnya harga pupuk di pasaran.

Sebelum mengulas bagaimana cara menanam jahe merah di polybag. Ada baiknya juga kalau memahami apa saja khasiat jahe merah untuk kesehatan. Tumbuhan ini sangat berguna untuk meningkatkan vitalitas pria, mengatasi reumatik, menghilangkan sakit kepala, mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

Jahe merah juga berguna untuk mengatasi radang tenggorokan, menghindarkan penggumpalan darah, menghilangkan bau mulut, mengatasi asma dan masih banyak yang lain sebagainya.

Cara Menanam Jahe Merah dengan Metode Vertikultur di Polybag , Karung ,  dan pot

cara-menanam-jahe-merah-di-karung

Jika memakai metode veltikultur terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika dilakukan dengan baik dan benar. Dengan metode vertikultur lahan dan air yang dipakai akan lebih hemat daripada memakai metode konvensional. Untuk media tanamnya bisa sesuaikan saja apa yang tersedia dirumah seperti karung, pot, bahkan polybag.

Metode ini dianggap lebih praktis, mudah dalam cara budidaya jahe merah polybag , karung , pot serta dipercaya mampu memberi hasil panen lebih banyak. Bahkan jika lebih rajin dan tekun tingkat efesiensinya mencapai 80% dibandingkan dengan menggunakan cara umum.

Memilih bibit Jahe Merah Berkualitas Unggulan

Tips memilih bibit merupakan langkah yang terpenting sebelum mengetahui cara budidaya jahe merah polybag. Bibit jahe dapat didapat dari perkebunan atau pembibitan. Saat menentukan bibit, pilihlah bibit jahe yang baik dan berkualitas.

Pastikan bahwa tanaman mempunyai varietas tinggi yakni bisa tumbuh tinggi dan menciptakan jahe yang mempunyai kualitas diatas rata-rata atau tidak cacat.

Tahap persiapan media Tanam Jahe Merah

Siapkan medianya berupa karung bekas, maupun jika mempunyai modal yang lebih gunakan polybag, gunakan polybag dengan diameter 40 x 50 cm, langkah selanjutnya dalam cara menanam jahe merah di polybag ialah mempersiapkan tanah, pasir.

Selain hal tersebut siapkan juga pupuk organik berupa pupuk kompos atupun pupuk bokashi dengan perbandingan 1:1:1 atau boleh dilebihi pupuk organik dengan perbandingan 2.

Adapun tanah yang dipakai ialah tanah subur, banyak terkandung unsur hara, dengan tekstur gembur, komposisi meliputi tanah liat, pasir dan mengandung sedikit debu, jika kandungan ini sudah tercukupi maka tanah ini sudah layak untuk menjadi bahan media tanam jahe merah, dan jika tidak, maka tambahlah pasir dan pupuk organik.

Cara Rahasia Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Tahapan pengecambahan

penyemaian-bibit-jahe-merah

Benih yang telah disortir tidak sepenuhnya bebas dari jamur. Untuk berjaga-jaga supaya benih tidak terjadi serangan jamur, rendam benih sebelumnya memakai larutan fungsida selama 15 menit. Selain cara itu, juga bisa cukup diremdam atau dibasahi dengan air.

Selanjutnya penerapan cara menanam jahe merah di polybag bisa meletakkan jahe pada nampah dan tempatkan di tempat yang lembab supaya berkecambah. Supaya benih tetap lembab, maka benih wajib tetap di kontrol dan basahi lagi jika benih sudah mulai agak kering. Benih jahe merah umumnya akan mulai muncul bagian tunas sekitar 2 minggu.

Teknik cara menanam jahe merah

Setelah tunas tumbuh maka kemudian ialah memindahkan jahe ke dalam media tanam yang telah dipersiapkan. Untuk satu karung bisa menanam 3 sampai 5  umbi.

Pastikan untuk berhati-hati dalam menanam tunas tersebut, jika menanam letakkan posisi berdiri dengan tunas berada di atas. Setelah itu tutup memakai tanah sedikit saja sekitar 3-5 cm atau tutup media jerami kering dengan ketebalan yang sama.

Lakukan penyiraman bibit yang telah dipindah ke media tanam secara rutin dan taruh di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Ketika tunas jahe sudah tumbuh besar baru tanaman bisa ditempatkan ke tempat terbuka.

Perawatan Dalam Menanam Jahe Merah Di Polybag

jahe-merah-polybag

Dalam cara menanam jahe merah hasil melimpah tentu tidak lepas dari yang namanya perawatan. Namun perawatannya sangat mudah dan ringan yakni cukup rutin menyirami bibit jahe yang masih baru tersebut setiap hari ( terlebih jika musim kemarau ) untuk mempertahankan kelembaban media tanam.

Penyiraman rutin setiap senja hari dilakukan hingga usia tanaman mencapai  0 – 3 bulan.

Penyiraman bibit jahe merah

Agar cara penyemaian jahe merah dapat tumbuh dengan baik dan sempurna, lakukanlah penyiraman secukupnya, 2 kali sehari pada sore dan pagi hari. Pastikan juga tanaman tersebut tidak terkena terik matahari langsung, hingga tunas mulai tumbuh menjadi daun,  karena tunas muda dapat menguning.

Pemupukan

Agar cara penyemaian jahe merah tidak gagal maka diperlukan juga perawatan lain selain disiram yakni pemupukan. Pupuk yang direkomendasikan ialah pupuk kandang beruba feses domba atau feses sapi.

Beri pupuk setiap polybag sesudah tanaman mulai tumbuh. Kemudian sesudah tanaman memasuki bulan keempat,  jahe bisa diberi pupuk kandang supaya lebih subur.

Menyiangi gulma

Dalam polybag, umumnya akan ada rumput –  rumput penganggu yang tumbuh. Hal ini akan menganggu perkembangan jahe dan rimpangnya. Oleh sebab itu, penyiangan gulma sebisa mungkin dikerjakan supaya cara menanam jahe merah hasil melimpah mampu berjalan maksimal.

Gulma umumnya banyak tumbuh saat tanaman mulai berusia enam bulan. Namun, penyiangan sebisa mungkin mulai dikerjakan saat jahe berusia 4 bulan supaya tidak merusak akar.

Pengendalian hama dan penyakit pada jahe merah

Pekerjaan yang satu ini sebenernya dikerjakan jika memang jahe diserang hama dan penyakit. Namun, untuk untuk antisipasi hal demikian, perlu juga pengendalian supaya tanaman dapat terlepas dari hama dan penyakit.

Hama yang sangat sering menyerang jahe merah ialah belanang dan ulat. Untuk pengendaliannya dapat dikerjakan dengan sebuah cara, antara lain:

Cara mekanis

Cara ini merupakan metode yang dikerjakan dengan memonitor tanaman dan membunuh hama jika ditemukan saat menerapkan metode budidaya jahe merah di karung

. Terapan paling mudah ialah pada saat melakukan penyiraman tanaman jahe merah. Jadi, pada saat menyiram tanaman, ada baiknya melihat apakah tanaman terdapat hama atau penyakit.

Cara kimiawi

Cara yang satu ini sangat sering dikerjakan untuk pengendalian hama ketika memakai metode budidaya jahe merah di karung. Karena metode ini cukup mudah dikerjakan jika jahe merah berlimpah. Caranya ialah dengan menyemprotkan insektisida pada tanaman.

Insektisida yang dipakai ada baiknya insektisida organik dengan bahan aktif tembakau atau lain sebagainya.

Cara Mudah Menanam Kecipir Di Pot Supaya Berbuah Lebat

Usia Panen Jahe Merah

hasil-panen

Jahe merah akan bisa diunduh ketika berusia 10 bulan dari masa tanam, atau lebih spesifikasinya dengan beberapa tanda: tanaman sudah cukup tua dan akan melewati masa mengering, daun nya berkembang menjadi kuning dan mulai mengering.

Pemanenan jahe merah dalam polybag sangat mudah, hanya dengan membuka bagian polybag maupun karung. Tetapi yang wajib diperhatikan ialah lakukan pemanenan dengan hati-hati supaya hasil panen tidak rusak dan luka, bersihkan jahe dari sisa-sisa tanah atau dicuci hingga bersih.

Previous

Cara Cepat Budidaya Markisa Hasil Melimpah

Cara Menanam Kembang Kol Di Polybag Dengan Hasil Melimpah

Next

Leave a Comment