Cara Menanam Kangkung di Polybag

Cara Menanam Kangkung di Polybag – Di asia, kangkung termasuk dalam sayuran yang sangat terkenal, apalagi di indonesia. Beberapa olahan yang lagi naik daun dan akrab diindera pendengaran ialah tumis dan cah  kangkung.

Jika memperhatikan, sebetulnya ada, dua tipe yang sering kali dijumpai di warung-warung sayur. Yakni  tipe daun lurus dan lancip seperti mata panah, dan yang daunnya tidak lancip dan batangnya mempunyai rongga.

Kangkung juga mempunyai beraneka kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan yakni berupa serat, kalsium vitamin a, b dan c, besi, fosfor, protein dan masih banyak kandungan nutrisi lain sebagainya.

Cara menanam kangkung darat di polybag

cara-menanam-kangkung-darat-di-polybag

Unttuk menerapkan cara menanam kangkung di polybag yang utama tentu saja mempersiapkan bibit sebelumnya. Disini sebetulnya terdapat dua pilihan, bisa menanamnya secara langsung atau menyemainya sebelumnya.

Jika ingin menanamnya langsung, berarti tak harus repot tetapi perkembangannya akan lebih lama. Namun jika ingin menyemai sebelumnya maka wajib menyediakan media semai tetapi tanaman akan sangat cepat tumbuhnya.

Jenis kangkung untuk polybag atau pot

Sebenarnya ada dua jenis kangkung untuk polybag atau pot yang bisa dibudidayakan di indonesia yang antara lain sebagainya ialah kangkung darat dan kangkung air. Kedua tipe ini mempunyai keistimewaan yang tidak sama.

Untuk kangkung darat keistimewaan batang lebih mungil dan berwarna putih kehijauan. Mempunyai daun yang lebih lunak dengan warna bunga putih merupakan kelebihannya. Jenis ini sangat baik jika ditanam di daratan karena tidak membutuhkan tempat yang lembab.

Sedangkan kangkung air mempunyai batang lebih gede dan mempunyai warna hijau pekat, selain hal tersebut mempunyai daun yang melebar dan lebih keras berbunga putih kemerahan.

Selain itu tipe kangkung ini juga tumbuh ditempat yang cenderung basah seperti rawa, sungai ataupun area genangan persawahan.

Cara Budidaya Cabe Keriting di Polybag

Menyiapkan media tanam kangkung cabut di polybag

cara-menanam-kangkung-di-polybag

Untuk tempat penanaman, dapat memakai polybag, pot bunga, pot plastik ataupun wadah bekas yang tidak terpakai yang sebelumnya telah diberi lubang resapan air sebelumnya.

Selanjutnya untuk media tanam, aduk tanah gembur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Aduk sampai merata dan masukkan ke dalam pot hingga 3/4 bagian. Biarkan hingga 1-2 hari supaya kondisi tanah menjadi imbang sebelum ditanami.

Jika bibitnya sudah nampak bagus, pindahkan bibit kangkung dengan hati-hati, ini supaya tidak terkena kerusakan pada akar bibit. Buat lubang pada tanah cukup dengan memakai jari telunjuk hingga sedalam 10 cm sejumlah tiga lubang pada setiap polybag.

Lalu tinggal memasukkan bibit kangkung, dan tutup kembali dengan catatan jangan menutupnya terlalu rapat dan padat.

Cara Menanam Bunga Lavender di Pot

Cara merawat kangkung cabut di polybag atau pot

Perawatan tanaman ini pada umumnya sangat mirip membudidayakan tanaman lain sebagainya. Cara merawat kangkung di ploybag atau pot cukup dengan memberikan penyiraman, pemberian pupuk dan pengendalian dari hama dan penyakit.

Penyiraman kangkung dikerjakan secara teratur pagi dan senja hari pada cuaca kering. Dan pemberian pupuk bisa dikerjakan sesudah 10 hari semenjak masa tanam. Namun karena sayuran ini untuk dimakan maka pupuk organik lebih direkomendasikan untuk menjamin keamanannya.

Dapat menyemprotkan pupuk organik ini secara teratur untuk menghindari serangan hama dan penyakit, selain itu melakukan pembersihan rumput liar di area pot juga wajib dikerjakan supaya tidak menghambat perkembangan kangkung.

Cara Budidaya Cabe Keriting di Polybag

Usia kangkung polybag siap panen

cara-menanam-kangkung-cabut-di-polybag

Cara menanam kangkung darat di polybag yang terakhir ialah memanen. Panen bisa dilakukan jika kangkung sudah mempunyai banyak daun pada usia sekitar satu bulan sesudah ditanam.

Jika ingin menjaga kondisi kangkung tetap hidup, maka dapat memangkasnya. Tetapi jika ingin merubahnya dengan tumbuhan lain hanya tinggal mencabutnya.

Kelebihan menanam kangkung dalam polybag

Selama ini masih sedikit orang yang tahu bagaimana cara menanam kangkung di polybag. Selama ini orang masih berpikiran bahwa untuk menanam kangkung, wajib memakai media tanah atau air secara langsung.

Padahal, dengan memakai media perantara seperti polybag, kangkung dapat juga tumbuh dengan baik sebagaimana jika ditanam di tanah atau di air.

Hal ini tentu menjadi sebuah masalah besar bagi mereka yang tidak mempunyai lahan yang cukup. Khususnya di perkotaan, masalah ketersediaan lahan menjadi alasan utama kenapa para ibu rumah tangga lebih menentukan berbelanja sayur daripada menanam di rumah.

Padahal dengan menanam sayur sayuran di rumah, mereka bisa memperoleh tipe sayuran yang segar serta higienis. Selain itu, dengan memetik sayuran hasil budidaya sendiri, bisa membantu menghemat pengeluaran.

Bahkan hasil panen sayuran seperti kangkung itu dapat juga dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan menggunakan cara menjualnya.

Terimakasih sudah membaca artikel cara menanam kangkung di polybag semoga dapat memberi inspirasi metode budidaya yang tepat.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment