Cara Mudah Menanam Kecipir Di Pot Supaya Berbuah Lebat

| |

Cara Mudah Menanam Kecipir Di Pot Supaya Berbuah Lebat – Kecipir atau dalam bahasa Sumatra disebut kacang botol atau kacang belingbing sedangkan di Palembang disebut dengan kacang embing. Tumbuhan ini adalah jenis tumbuhan merambat yang pucuk dan polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran.

Di Indonesia sendiri tanaman ini diambil buahnya yang masih muda beserta pucuk serta daun mudanya untuk diolah lalu dikonsumsi. Misalnya untuk lalapan, pecal, urap atau dicampurkan ke dalam sayur.

Lain di Indonesia lain di Bangladesh, di Negara ini kecipir dimakan bersama daging atau ikan.

Cara Menanam Kecipir di Pot

Selain untuk konsumsi, ternyata pada daun dan biji kecipir mengandung flavonoid, saponin serta tannin sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Ekstrak daun kecipir pada masa lalu digunakan sebagai obat mata bengkak juga sakit telinga. Hal ini juga telah dibuktikan oleh masyarakat Arab, Pakistan dan Cina dengan mencampurkan dalam obat-obatannya.

Dengan banyaknya manfaat serta rasa lezat maka tanaman ini banyak ditanam untuk diolah sebagai sayur sehari – hari. Beikut cara menanam kecipir di pot :

Syarat tumbuh

Meskipun tergolong tanaman yang mudah ditanam, namun harus memerhatikan syarat tumbuh berikut :

  • Kecipir dapat tumbuh di dataran rendah ataupun tinggi.
  • Sebaiknya ditanam di daerah berketinggian 1-1500 meter di atas permukaan laut.
  • Meski cocok ditanam di tanah jenis apapun namun sebaiknya pH tanah yang cocok ialah 4,4-5,4.
  • Untuk suhu udara sebaiknya berkisar antara 19 – 31 derajat celcius.

Pemilihan bibit

Setelah memahami syarat tumbuh bagi tanaman ini, kemudian pilihlah benih. Kecipir merupakan tanaman yang diperbanyak dengan memakai biji.

Benihnya dapat dibeli maupun diracik sendiri. Jika menghendaki untuk membeli benih kecipir, maka bisa dibeli di toko pertanian. Pilihlah benih yang bersertifikat.

Sedangkan seandainya ingin membuat benih sendiri, maka bisa melakukannya dengan menggunakan cara mengambil biji dari kecipir tua.

Biji yang dipakai wajib seragam, sehat, tidak keriput, berproduksi tinggi dan berisi. Setelah diambil bijinya, lalu dijemur di bawah terik matahari. Setelah dijemur barulah benih bisa ditanam.

Sebelum benih ditanam, sebisa mungkin benih diseleksi sebelumnya. Cara menyeleksinya ialah dengan merendam benih ke dalam air. Benih bagus ialah benih yang tidak mengapung.

Cara penanaman

Setelah benih baik didatap, maka selanjutnya dalam cara menanam kecipir di pot adalah langkah penanaman. Pertama campurlah pupuk kompos dengan tanah, perbandingan 2:1, aduk hingga rata dan masukkan ke dalam pot atau polybag.

Kemudian siramlah media tanam dengan baik hingga rata. Lalu buatlah lubang sedalam 2 – 3 cm pada tanah pot. Tutup kembali benih tersebut dengan tanah.

Langkah perawatan

Untuk tanaman yang masih kecil pada cara menanam kecipir di pot lakukan penyiraman setiap pagi dan sore, tetapi jangan terlalu berlebihan, perkirakan sesuai dengan keperluan tanaman.

Cabutlah rumput liar yang terdapat disekitarnya. Karena merupakan tipe tanaman merambat maka perlu dipasangi dengan ajir/tajuk ketika tanaman sudah berusia 2 minggu.

Pembuatan ajir dapat dibuat dari bambu yang kuat dan kokoh. Hal ini dibutuhkan supaya tanaman dapat merambat, tumbuh dengan baik dan tertata rapi.

Pengendalian hama penyakit

Banyak hal yang akan terjadi dalam cara menanam kecipir di pot dengan kurang baik. Salah satunya ialah hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat menjangkiti tanaman ini karena pemilik tidak menjaga kebersihan lingkungan sekitar penanaman.

Contohnya seperti gulma-gulma liar yang tidak pernah dicabut. Gulma atau rumput liar yang tidak pernah dicabut akan mengakibatkan hama dan penyakit berdatangan.

Hal ini diakibatkan gulma umumnya dijadikan tempat untuk bersembunyi bagi hama dan penyakit. Ada sangat banyak tipe hama dan penyakit yang sudah kerap diderita tanaman kecipir sebagai berikut :

  • Penyakit cendawan worunella psophocarpi

Jenis penyakit cendawan ini sangat sering menyerang tanaman kapri. Cendawan ini menyerang di bagian buah. Akibat yang akan disebabkan jika penyakit ini menyerang tanaman ialah salah satu bagian buah bengkak.

Pembengkakan pada salah satu bagian buah ialah karena di dalam bagian yang bengkak tersebut mengandung air. Selain itu, akibat lain ialah buah menjadi keriput dan buahnya mudah patah.

  • Hama ulat keket

Hama ulat keket ini menyerang di bagian daun dan bunga tanaman. Akibat yang akan disebabkan ialah daun akan menjadi rusak, bahkan seandainya penyerangan sudah lama akan menjadi pemicu semua daun rusak dan hanya tertinggal tulang daunnya saja.

Seandainya menyerang bunga tanaman, maka akan menjadi pemicu perkembangan bunga menjadi tidak normal.

Cara menanggulanginya ialah dengan menyemprotkan cairan fungisida atau cairan insektisida sesuai dengan dosis yang sudah rekomendasi.

Pemanenan

Tanaman akan berbunga pada umur 1,5-2 bulan , berbuah mulai umur 2 bulan dan tanaman bisa hidup dan berbuah hingga berusia 3-4 bulan

Manfaat Kecipir

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa kecipir dapat digunakan sebagai obat sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh di antaranya :

Meningkatkan imun tubuh

Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah dapat secara gampang terjangkit beraneka macam macam penyakit. Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah mengonsumsi kecipir.

Kandungan vitamin C dan vitamin A pada manfaat kecipir mempunyai peran penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah dari beraneka macam macam infeksi virus dan bakteri.

Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit yang ditimbulkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sehingga hal tersebut dapat membuat penderita mengalami pucat dan mudah lelah. Salah satu cara cukup ampuh untuk menghindarkan penyakit anemia adalah mengonsumsi kecipir.

Pasalnya manfaat kecipir terbukti dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Sehingga membuat tekanan darah menjadi imbang dan menghindarkan anemia.

Mengonsumsinya secara teratur juga dapat menjauhkan dari beraneka macam penyakit sangat parah, seperti jantung dan stroke.

Mencegah kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, semenjak dini wajib dikerjakan upaya cara mencegah. Salah satu cara alternatif menghindarkan kanker adalah mengonsumsi kecipir.

Kandungan antioksidan pada manfaat kecipir dapat membantu menghindarkan radikal bebas. Sehingga tubuh akan dapat menghindari berbagai macam penyakit sangat parah, seperti kanker dan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Bagi yang mempunyai masalah gangguan penglihatan, sebisa mungkin mengonsumsi kecipir. Pasalnya tanaman ini mengandung thiamin yang berguna efektif meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu, kandungan ini juga mempunyai peran penting untuk menghindarkan penyakit yang berkaitan dengan mata, seperti katarak dan glaukoma.

Mengatasi asma

Manfaat kecipir lain yakni dapat menyembuhkan penyakit asma. Kecipir mengandung magnesium yang bisa membantu menyembuhkan penyakit asma. Mengonsumsinya secara rutin dinilai efektif untuk menghindarkan sesak napas.

Menjaga kesehatan wanita hamil

Bagi wanita hamil, mengonsumsi kecipir bisa menjadi salah satu metode untuk mempertahankan kesehatan kehamilan. Pasalnya pada tanaman tersebut mengandung nutrisi penting yang bagus untuk perkembangan bayi. Sehingga mengonsumsi secara rutin dapat menjaga kesehatan kehamilan.

Menjaga kesehatan tulang

Kecipir juga dikenal mempunyai kandungan kalsium dan fosfor. Sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, seandainya rutin mengonsumsi kecipir juga dapat membuat tubuh semakin kuat saat menjalankan segala aktivitas harian dengan penuh semangat.

Previous

Cara Budidaya Mengkudu Supaya Berbuah Lebat

Cara Rahasia Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Next

Leave a Comment