Cara Menanam Kembang Kol Di Polybag Dengan Hasil Melimpah

| |

Cara Menanam Kembang Kol Di Polybag Dengan Hasil Melimpah – Kembang kol  atau bunga kol merupakan jenis sayuran yang memiliki bentuk mirip dengan brokoli. Sayuran ini juga dikenal sebagai kubis bunga. Kubis bunga meski mirip dengan brokoli namun juga terdapat perbedaan, yakni sayuran ini mempunyai kepala bunga yang banyak dan teratur secara padat.

Pada dasar kepala terdapat daun – daun hijau tebal serta tersusun rapat. Namun hanya bagian kepala berwarna putihnya saja yang biasa diolah dan dikonsumsi. Bunga kol ini juga berbentuk mirip seperti kubis romanesco.

Di dalam bunga kol terdapat sumber vitamin dan mineral yang biasanya dikonsumsi dengan dimasak terlebih dahulu. Namun juga dapat dimakan secara mentah atau dijadikan acar.

Cara Menanam Kembang Kol di Polybag

Cara Menanam Kembang Kol di Polybag

Selain itu kembang kol mengandung sumber penting protein, riboflamin, tiamin, kalsium, niasin, magnesium, besi, zink serta fosfor.

Di samping itu juga sangat bagus sebagai sumber serat makanan asam folat, asam pantotenat, vitamin b6 juga kalium. Tumbuhan ini mengandung sedikit lemak jenuh dan sedikit kolesterol.

Meskipun mengandung banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh namun mengkonsumsi kembang kol harus ada batasnya. Sebab di dalam sayuran ini juga terkandung zat antigizi (goiterogen, “pembangkit kembung”).

Sekarang ini meskipun banyak rumah yang memiliki halaman sempit. Namun tidak perlu risau jika ingin menanam veraneka sayur termasuk kembang kol.

Karena tanaman ini juga sangat mudah ditanam di polybag/pot yang tentunya menghemat tempat. Berikut adalah cara menanam bunga kol di polybag :

Cara Lengkap Budidaya Buncis di Polybag

Syarat tumbuh kembang kol

Sebelum melakukan cara menanam kembang kol di polybag, terlebih dahulu tentukan lokasi penanamannya. Tanaman ini mampu hidup pada lingkungan  dengan temperatur minimum 1800c, dengan maksimum 2400c.

Kelembapan optimal 80-90 persen, namun telah diperolehkan tipe kultivar yang bisa tumbuh dengan temperatur tinggi, dataran menengah serta dataran rendah.

Supaya memperoleh hasil maksimum, maka tanamlah tanaman ini di tanah lempung. Walau begitu, tanaman ini juga dapat tumbuh di tanah berpasir ataupun liat.

Pilihlah tanah dengan banyak terkandung bahan organik, gembur dan wajib subur. Apajika bahan organik yang terdapat pada tanah kurang, maka bisa melakukan pemupukan pada tanah yang akan ditanami.

Persiapan benih kembang kol

Sebelum memulai cara menanam kembang kol di polybag, hal penting yang wajib dikerjakan ialah menentukan benih berkualitas unggul, karena benih unggul termasuk dalam penunjang keberhasilan dalam budidayanya.

Benih dari kembang kol berkualitas unggul kini amat gampang diperolehkan di toko-toko pertanian di dekat baik itu offline atau online.

Proses penyemaian kembang kol

Proses penyemaian kembang kol

Untuk menunjang keberhasilan cara menanam kembang kol di polybag selain benih yang mempunyai kualitas di atas rata-rata tentunya perlu adanya teknik penyemaian untuk menemukan bibit tanaman baik, sehingga saat ditanam, bibit tidak stres dan dapat tumbuh optimal.

Di samping itu dengan proses penyemaian sebelumnya akan didapat keseragaman tanaman dan perkembangan tanaman kompak serta seragam.

Proses semai diawali dengan penyiapan media semai berupa campuran tanah yang telah diayak dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, campur seluruh bahan sampai tercampur.

Masukkan media semai tersebut ke dalam wadah persemaian seperti baki persemaian, tray semai atau setipenya, taburkan sedikit garam inggris/epsom salt secara merata di atas permukaan media semai.

Campurkan dengan media semai sebelah atas supaya merata, pemberian garam inggris jangan terlalu banyak karena bisa menjadi pemicu busuknya biji kembang kol yang disemai.

Penambahan Garam Inggris untuk kembang kol

Dalam cara menanam kembang kol di polybag sebaiknya beri penambahan garam Inggris. Garam inggris ini mengandung magnesium sulfat tinggi sangat diperlukan oleh tanaman.

Yakni berfungsi untuk membantu proses perkembangan tanaman, membantu adaptasi pindah tanaman, menjaga tanaman dari hama, menyuburkan tanaman dan mempercepat pembuahan.

Taburkan benih kembang kol secara merata pada media semai sesuai keperluan, jangan terlalu padat, tutup memakai media semai sama supaya benih yang disemaikan dapat menghindari serangan serangga seperti semut.

Siram persemaian benih secukupnya saja sampai cukup hanya sampai media lembab, jangan terlalu basah karena bisa menyebabkan benih tersebut menjadi busuk.

  • Letakkan persemaian pada tempat yang dapat menghindari terik matahari langsung dan guyuran air hujan.
  • Benih dalam persemaian umumnya bisa berkembang dalam 5-7 hari semenjak penyemaian.
  • Setelah benih tumbuh letakkan di tempat terkena terik matahari pagi beberapa jam saja untuk membantu proses fotosintesis. Karena bibit yang baru tumbuh belum tahan terhadap paparan matahari secara maksimal setiap waktu.
  • Penyiraman persemaian dikerjakan hanya jika media semai nampak kering saja, karena jika berlebihan dapat memicu busuknya akar atau pangkal batang bibit tumbuh.
  • Bibit hasil persemaian dapat dipindah pada polybag setelah mempunyai 3-4 daun atau berusia 30 hari setelah penyemaian.

Penanaman kembang kol

Penanaman kembang kol

Sembari menanti bibit siap pindah tanam, siapkan wadah untuk media tanam berupa polybag. Dengan syarat polybag tersebut mempunyai lubang-lubang kecil di bawahnya supaya air siraman nantinya tidak menggenang di dalamnya.

Selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Campurkan seluruh bahan sampai tercampur, selanjutnya masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag .

Tanam bibit kembang kol pada polybag dengan menanam 1 bibit kembang kol pada setiap polybag, selanjutnya siram hingga lembab.

Cara Menanam Sawi di Sawah

Langkah perawatan kembang kol

Setelah kembang kol ditanam juga  membutuhkan perawatan supaya bisa tumbuh dan berbuah secara optimal, di antara perawatan tanaman kembang kol yang wajib dikerjakan di antaranya ialah sebagai berikut.

Penyiraman

Lakukan penyiraman pada cara menanam kembang kol di polybag secara teratur yakni di pagi hari sebelum jam 8 atau di waktu sore hari di atas jam 5 sore.

Pemupukan

Selanjtnya dalam cara menanam bunga kol di pot yaitu pemupukan. Pemupukan kembang kol ini dikerjakan memakai pupuk kandang. Pupuk kandang yang dipakai ialah pupuk kandang sudah melalui proses fermentasi atau pupuk kandang sudah matang ditandai dengan ciri fisiknya gembur, tidak berbau dan berwarna hitam.

Agar memperoleh hasil maksimal, semprotkan memakai larutan garam inggris ke semua bagian tanaman, penyemprotan ini bisa dikerjakan 5 hari sekali.

Selain untuk menyuburkan tanaman  kembang kol, garam inggris ini mampu mencegah tanaman dari serangan hama.

Pemanenan kembang kol

Pada cara menanam bunga kol di pot dapat diunduh saat sudah berusia 50-100 hari. Lakukan pemanenan saat pagi dan sore hari, untuk memperoleh hasil bagus. Lakukan penyortiran dan penyimpanan setelah proses panen selesai.

Manfaat kembang kol bagi kesehatan

Manfaat kembang kol bagi kesehatan

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa di dalam bunga kol terdapat banyak kandungan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat kembang kol bagi kesehatan :

Menyehatkan pencernaan

Kembang kol kaya serat dan air. Keduanya penting untuk menghindarkan sembelit, menjaga sistem pencernaan sehat, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Serat penting karena memberikan makanan bakteri sehat dalam usus yang membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, penelitian memperlihatkan bahwa makanan tinggi sayuran serta kaya serat seperti manfaat kembang kol bagi kesehatan dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari beberapa penyakit, tergolong penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Baik untuk diet

Serat juga dapat mempunyai peran dalam cara mencegah kelebihan berat badan, karena kekuatannya untuk mendukung rasa kenyang dan menurunkan asupan kalori secara menyeluruh. Kembang kol mengandung kalori yang cocok sebagai menu diet.

Sebagai sumber serat yang bagus, manfaat kembang kol bagi kesehatan mampu memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Kadar air tinggi ialah aspek lain dari penurunan bobot tubuh dalam kembang kol.

Mencegah kanker

Bunga kol mengandung antioksidan yang membantu menghindarkan mutasi sel dan menurunkan stres oksidatif dari radikal bebas.

Antioksidan dengan kandungan dalam manfaat kembang kol bagi kesehatan ialah indole-3-carbinol atau i3c yang sudah terbukti menurunkan risiko kanker payudara dan reproduksi pada pria dan wanita.

Kembang kol juga mengandung senyawa sulforaphane yang bisa membantu melawan beraneka macam tipe kanker. Para peneliti mengucapkan bahwa sulforaphane dapat menghambat enzim histone deacetylase (hdac) yang diketahui terlibat dalam pertumbuhan sel kanker.

Cara Budidaya Kembang Turi Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Meningkatkan daya ingat

Kubis bunga punya beragam kolin yang mempunyai beberapa fungsi penting dalam tubuh. Kolin merupakan nutrisi penting dan serbaguna dalam manfaat kembang kol bagi kesehatan yang membantu tidur, pergerakan otot, belajar, dan daya ingat.

Kolin juga membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan menurunkan peradangan sangat parah.

Memperkuat tulang

Manfaat kembang kol  bagi kesehatan juga kaya akan vitamin K. Asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang dan osteoporosis lebih tinggi.

Konsumsi vitamin K dapat meningkatkan kesehatan tulang. Fungsinya yakni bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, menghindarkan ekskresi kalsium dalam urin.

Melancarkan sirkulasi darah

Asupan tinggi serat telah dikaitkan dalam menurunkan risiko masalah kardiovaskular. Orang yang mengonsumsi suplemen kalsium mungkin berisiko mengalami penumpukan kalsium di pembuluh darah.

Mengonsumsi vitamin K dengan kalsium yang ada pada manfaat kembang kol bagi kesehatan dapat menurunkan terjadinya hal tersebut. Selain itu, penelitian memperlihatkan bahwa sulforaphane juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga arteri tetap sehat.

Previous

Cara Menanam Jahe Merah di Polybag Untuk Hasil Melimpah

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Di Rumah

Next

Leave a Comment