Cara Menanam Kencur Dalam Pot Dengan Hasil Melimpah

| |

Cara Menanam Kencur Dalam Pot Dengan Hasil Melimpah – Kencur adalah salah satu jenis rempah – rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur atau sebagai ramuan obat. Tanaman ini berasal dari india kemudian tersebar luas dan dibudidayakan di Asia Tenggara, Cina Selatan, Indonesia hingga Maluku serta diintroduksi ke Australia utara.

Banyak aneka masakan tradisional Indonesia serta jamu mempergunakan tanaman ini sebagai bahan pelengkap. Selain itu kencur juga digunakan sebagai tonikum berkhasiat untuk menambah nafsu makan sehingga banyak diberikan pada anak anak.

Cara Menanam Kencur Dalam Pot

Cara Menanam Kencur Dalam Pot

Minuman jamu beras kencur sangat terkenal sebagai minuman penyegar yang memiliki banyak khasiat. Di bali daun dari kencur ini digunakan sebagai urap sayur.

Untuk dapat merasakan manfaat kencur, bisa dengan menanamnya sendiri . Sebab kencur bisa hidup dengan mudah serta perawatannya juga tidak sulit. Berikut cara menanam kencur dalam pot :

Cara Menanam Jahe Merah di Polybag Untuk Hasil Melimpah

Syarat tumbuh kencur

Sebelum memulai cara menanam kencur di polybag, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika akan menanamnya di antaranya sebagai berikut :

  • Media tanah yang cocok untuk cara menanam kencur agar cepat panen yakni tanah mempunyai keistimewaan seperti lempung atau tanah liat sehingga mampu membuat berpasir tetapi subur.
  • Untuk pH tanah yang diperlukan agar tanaman kencur dapat tumbuh baik serta subur yakni sekitar 5,5 sampai 6,5 dan kandungan unsur hara cukup dapat menunjang perkembangan tanaman kencur di dalam pot.
  • Sedangkan untuk proses perkembangan selanjutnya ada supplai terik matahari cukup dan kelembapan tanah cukup.

Pemilihan bibit kencur

Untuk memperoleh tanaman kencur dengan kualitas di atas rata-rata baik, maka wajib pula untuk menentukan bibit kencur yang mempunyai kualitas di atas rata-rata pula.

Alangkah lebih baik untuk menggunakan rimpang kencur yang sudah memasuki umur sekitar 10 bulan, dan juga mempunyai calon tunas (sebisa mungkin terdapat 2 buah calon tunas). Kemudian, rimpang tersebut dipersiapkan sesuai kebutuhan,

Setelah rimpang telah siap, maka kemudian bibit kencur tersebut ditaruh di tempat tidak mengalami terik matahari secara langsung dalam hitungan hingga hari kedepan hingga rimpang tersebut siap untuk tanam.

Proses penyemaian kencur

Langkah penyemaian pada cara menanam kencur agar cepat panen dilakukan dengan proses sebagai berikut :

  • Mempersiapkan tanah yang telah digabung dengan pupuk kompos, jumlah pasnya ialah 1:1 selanjutnya tambahlah campuran sekam padi yang telah bersih.
  • Apabila media tanah telah siap, selanjutnya memasukan dalam wadah semai, Gunakan media semai kotak-kotak kecil atau berupa polybag ukuran kecil.
  • Agar proses perkembangan bibit kencur dapat tumbuh dengan optimalkan, maka berilah lubang drainase atau pengairan.
  • Dapat memasukan rimpang kecncur yang telah dipih dengan jarak diubahsuaikan.
  • Setelah itu tutup secara pelan-pelan dengan jerami,  selanjutnya baru tutup memakai tanah secara pelan-pelan.
  • Untuk tetap melembabkan kondisi tanah harap untuk memastikan menyiram tanah dengan takaran sangat pas.

Persiapan media tanam kencur

Persiapan media tanam kencur

Apabila ingin memakai polybag atau pot, persiapkanlah yang mempunyai ukuran besar. Kemudian isikan media tanam dengan campuran tanah serta pupuk organik, atau dengan mengunakan tanah dan pasir dengan perbandingan 4:1.

Setelah dituang dengan media tanam, polybag atau pot selanjutnya ditaruh menuju tempat teduh. Tunggulah hingga sekitar 1 atau 2 minggu untuk menanti kondisi tanah yang dipakai imbang.

Langkah penanaman kencur

Ketika bibit tanaman kencur telah semai dan tumbuh tunas, maka sudah saatnya untuk memindahkan dalam pot.

Tahapan pemindahan tanaman kencur ke dalam pot tentu wajiblah sesuai, memiliki tujuan untuk mengefektifkan perkembangan kencur secara tepat. Tahap dalam pemindahan bibit adalah sebagai berikut :

  • Proses pemindahan bibit yang telah semai bisa melakukannya dengan hati-hati, pemindahan ini bisa mengeluarkan tanaman beserta akarnya.
  • Sebelumnya pada media tanam, dibuat lubang ukuran 5 sampai 7 cm atau diubahsuaikan ukuran bibit semai. Kemudian jika bibit yang ditanam kecil atau sedang sebaiknya dalam pot berisi 3 sampai 4 bibit kencur.
  • Lalu tunas ditanam menghadap ke arah matahari. Perlu diperhatikan, seandainya terdapat kesalahan dalam meletakkan kencur, seperti terbalik, akan menyebabkan perkembangan kencur tersebut terganggu.
  • Buat jarak tanam dengan diameter 10 sampai 15 cm dalam satu media pot. Kemudian bisa menutup secara pelan-pelan bibit yang telah ditanam.
  • Untuk melembabkan kondisi tanah usahakan untuk menyiram dengan takaran yang sewajarnya dan lakukan agar tanah tidak sampai becek.

Langkah perawatan tanaman kencur

Apabila telah selesai langkah penanaman kencur maka langkah selanjutnya adalah perawatan. Dalam cara menanam kencur di polybag, hal yang paling menentukan hasil panen adalah bagaimana perawatan dikerjakan.

Ketika perawatan dilakukan secara maksimal serta baik maka panen yang dihasilkan juga banyak. Berikut adalah langkah perawatan :

  • Pembersihan gulma

Gulma yang banyak dapat menyerap nutrisi pada tanaman, sehingga nutrisi yang seharusnya diperoleh kencur akan berkurang dan dapat menyebabkan tanaman menjadi kurang sehat.

Maka lakukan pembersihan gulma pada minggu ke 2 sampai 4 setelah melakukan penanaman, atau dapat berdasarkan dari suasana tanaman kencur itu sendiri.

Lakukan juga pembersihan selama 2 kali sehari sewaktu pagi dan sore hari dan dikerjakan ketika tidak hujan. Jika ada gulma atau hama tumbuh di sekitar tanaman kencur, ada baiknya dibersihkan dengan menggunakan cara dicabut.

Lakukan pembersihan gulma secara hati-hati, hal ini dilakukan supaya rimpang kencur  tidak rusak dan ketika siap diunduh bisa menghasilkan rimpang utuh serta besar.

  • Pemupukan

Lakukan pemupukan setelah kencur telah mempunyai daun tumbuh sempurna. Pemupukan dikerjakan kira-kira dalam waktu 4 minggu dengan memakai pupuk kompos.

Aplikasikan pupuk organik cair dengan dosis 500 ml/tanki air semprot di tanah lakukan satu minggu sekali.

Selanjutnya pemupukan dikerjakan setelah memasuki usia 3 bulan dengan pupuk sangat mirip terlebih dahulu.untuk melakukan penggemburan, sebaiknya dikerjakan secara bebarengan dengan proses pemupukan kedua atau pada usia tanaman telah mencapai usia 3 bulan.

  • Pencegahan hama dan penyakit

Rata-rata tanaman akan diserang oleh hama ulat pekonsumsi daun. Hama ini sebetulnya dapat dikendalikan secara mudah, yakni dengan mengambil kencur yang terjangkit hama dan selanjutnya membuangnya.

Hama tersebut dapat ditimbulkan oleh ulat karana diocles dan juga ulat uda pesfolus yang mengkonsumsi daun kencur dengan menggunakan cara menggerogotinya.

Namun perlu diperhatikan pula jika hama sudah berlimpah, sebaiknya menetralkan hama tersebut dengan memakai insektisida. Gunakan insektisida sesuai anjuran penggunaan dan dosis yang telah ditentukan.

Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Tumbuh Subur

Pemanenan kencur

Pemanenan kencur

Hal yang paling dinanti pada saat menanam kencur adalah pemanenan. Kencur dapat dipanen jika telah memenuhi syarat berikut :

  • Tanda awal kencur telah siap panen adalah bagian daun kencur mulai mengering dan menghadap ke tanah.
  • Tanda-tanda ini mulai nampak ketika usia dari tanaman kencur berusia 9-12 bulan.
  • Cara memanen kencur yang tepat ialah dengan memakai garpu. Gunakan garpu untuk membongkar serta mengangkat tanah yang berada di dekat rumput secara pelan-pelan dan hati-hati. Tujuannya supaya menghindari batang patah atau rusak dari tanaman.
  • Jika  telah mengeluarkan tanaman kencur, setelah itu angkat tanaman tersebut. Proses setelah itu ialah melakukan pembersihan tanah yang ada di rimpang hingga nampak cukup bersih.
  • Langkah terakhir adalah memasukkan kencur yang telah bersih ke dalam keranjang lalu disimpan dalam penampungan.
Previous

Cara Menanam Buah Semangka Dengan Hasil Besar Dan Melimpah

Cara Budidaya Serta Manfaat Leunca Lalapan Khas Orang Sunda

Next

Leave a Comment