Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Tumbuh Subur

| |

Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Tumbuh Subur – Kunyit atau dalam bahasa Jawa disebut kunir merupakan jenis tanaman rempah – rempah serta obat asli dari daerah Asia Tenggara. Selanjutnya tanaman ini menyebar ke wilayah Malaysia, Indonesia, Australia serta Afrika.

Di Negara – Negara Asia kunyit merupakan salah satu rempah – remaph yang dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Hal ini karena kunir ini dapat digunakan sebagai pemberi warna kuning juga sebagai pengawet.

Cara Menanam Kunyit di Pot

Cara Menanam Kunyit di Pot

Selain untuk bumbu masakan, kunyit juga digunakan sebagai obat. Manfaat kunyit sebagai obat sangat beragam, terutama digunakan sebagai bahan untuk mengembalikan atau mengobati penyakit yang berhubungan dengan cara kerja ginjal.

Biasanya kasus berhubungan dengan ginjal ini ditandai dengan bau badan tak sedap serta mata yang tidak tahan terhadap sinar. Permasalahan ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus kunyit atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan jamu kunir.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat kunir, tentu akan sangat menarik jika bisa menanamnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara menanam kunyit di pot :

Cara Menanam Serai di Rumah Supaya Lebat

Pemilihan bibit kunyit

Tahap pertama pada cara menanam kunyit di pot juga hal yang paling menentukan kualitas hasil panen yakni pemilihan bibit. Agar memperoleh bibit berkualitas berikut hal yang harus diperhatikan :

  • Bibit kunyit wajib untuk memastikan berasal dari indukan baik atau varietas unggul, subur, sehat, berdaun hijau dan banyak, serta berbatang kokoh.
  • Sehat dan terbebas dari hama penyakit.
  • Pastikan bibit memiliki warna, ukuran serta bentuk seragam.
  • Pilih bibit yang dari indukan dengan umur cukup yakni sekitar 7 – 12 bulan.
  • Harap untuk memastikan bibit telah melewati dormansi atau diistirahatkan sebelum bibit tersebut ditanam.
  • Bersihkan bibit supaya terhindar dari kotoran seperti kerikil serta biji tanaman lain.

Penyemaian bibit kunyit

Selanjutnya untuk cara menanam kunyit di pot yakni penyemaian bibit. Tujuan dari penyemaian ini adalah agar bibit tumbuh dengan optimal serta untuk memudahkan melakukan pengontrolan.

Selain itu penyemaian juga bertujuan supaya bibit mampu beradaptasi dengan mudah pada lahan tanam atau pot.

Berikut adalah langkah penyemaian :

  • Potong calon bibit menjadi 2 – 3 bagian, masing-masing bagiannya mempunyai mata tunas bagus, setidaknya 1-3 mata tunas, dengan berat sekitar 20-30 gram dan panjang 3-7 cm.
  • Rendam dalam larutan pupuk organik cair  dengan dosis 1 liter, dilarutkan kedalam 50 liter air (1:50), selanjutnya rendam selama 12 jam.
  • Angkat lalu tiriskan kemudian letakkan ditempat yang cukup lembab (25-28oc) selama 1-1,lima bulan, supaya perkembangan tunas dapat semakin cepat.
  • Jangan lupa untuk menyediakan penyiraman 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.
  • Biarkan tunas tumbuh dan bibit siap untuk ditanam.

Pengolahan tanah untuk menanam kunyit

Setelah bibit siap maka selanjutnya dalam cara menanam kunyit di pot yaitu pengolahan tanah. Caranya adalah campur tanah gembur, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1, aduk rata selanjutnya isi ke dalam pot yang telah disiapkan.

Ukuran pot ideal yang dapat dipakai ialah pot dengan ukuran 20 cm dan tinggi 40 cm.

Campuran tanah, kompos, dan pupuk kandang sebisa mungkin dimasukkan setinggi 30 cm saja. Jangan lupa untuk menaruh pecahan batu bata atau pecahan genteng pada bagian bawah pot sebelum media tanam dimasukkan. Ini tujuannya supaya media tanam tidak terbawa air saat penyiraman.

Langkah penanaman kunyit

Langkah penanaman kunyit

Setelah semuanya siap, maka bibit kunyit telah siap di tanam pada media tanam. Berikut cara menanam kunyit di pot :

  • Buat lubang  tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm.
  • Masukkan bibit kunyit ke dalam lubang, dengan posisi mata tunas menghadap ke atas.
  • Tutup memakai tanah hingga rimpang tertutup, tetapi tunas tetap berada di permukaan/nampak.
  • Sebaiknya penanaman dilakukan ketika musim hujan.
  • Jarak tanam kunyit diadaptasi dengan situasi tempat dan besarnya pot. Syaratnya, jarak tanam kunyit tidak terlalu rapat, supaya  tumbuh kembangnya dapat optimal.

Cara Menanam Jahe Merah di Polybag Untuk Hasil Melimpah

Perawatan tanaman kunyit

Apabila telah melakukan cara menanam kunyit di polybag maka untuk memperoleh hasil maksimal maka tanaman juga perlu dilakukan perawatan meliputi :

Penyulaman

Bibit kunyit yang tidak berkembang dengan baik atau bahkan mati setelah pemindahan ke media tanam sebisa mungkin diganti dengan bibit lainnya. Segera lakukan penyulaman ketika ada bibit mati.

Penyiangan

Gulma yang mengganggu di dekat cara menanam kunyit dalam pot sebisa mungkin disingkirkan karena akan menghambat perkembangan tanaman. Proses ini sebisa mungkin dikerjakan saat tanaman berumur sekitar 2 minggu, dan disiangi kembali setiap 2 minggu sekali.

Tanaman gulma adalah jenis tanaman yang umum mengusik perkembangan kunyit. Ini terjadi karena produksi makanan yang sewajibnya di ambil oleh kunyit malah diambil oleh gulma sehingga perkembangan kunyit akan melamban.

Cara menangani gulma ialah dengan mencabut tanaman yang mengusik tersebut sampai akarnya. Namun, jika kesusahan, bisa menyemprot dengan memakai herbisida sesuai dosis.

Penyiraman

Setelah berhasil memindahkan bibit kunyit ke media tanam, langkah kemudian pada cara menanam kunyit dalam pot ialah memelihara tanaman supaya bisa tumbuh dengan baik.

Lakukan penyiraman setiap 2-3 kali sehari supaya tanah tetap lembap. Jangan memakai air terlalu banyak yang bisa menggenangi tanaman. Sebab bila tanaman tergenang air maka akan membuat tanaman cepat busuk.

Pemupukan tanaman kunyit

Pemupukan tanaman kunyit

Jangan lupa pula untuk memupuk untuk cara menanam kunyit agar tumbuh subur dan berkualitas. Untuk pemupukan dapat dilakukan dengan dua tahap yakni :

  • Pemupukan saat umur 1 – 3 bulan

Langkah dalam pemupukan usia 1 – 3 bulan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan 1 tangki semprot berisi air penuh.
  2. Masukkan 500 ml pupuk organik cair ke dalam tangki tersebut.
  3. Aduk hingga homogeny
  4. Aplikasikan ke tanaman, utamanya bagian bawah daun di pagi hari.
  5. Lakukan pemupukan seminggu sekali.
  • Pemupukan ketika berumur 3 bulan

Pada saat kunyit berusia 3 bulan maka langkah pemupukan pada cara menanam kunyit agar tumbuh subur akan berbeda, sebab kebutuhan nutrisinya juga bertambah. Berikut cara pemupukannya :

  1. Taburkan secara merata pupuk granule disekitar perakaran tanaman kunyit.
  2. Lakukan hingga memenuhi dosis 100 kg/ha (jumlah tanaman sangat mirip 1 ha lahan).
  3. Ulangi setiap 4 bulan.
  4. Siapkan 1 tangki untuk menyemprot berisi air penuh.
  5. Masukkan 250 ml pupuk cair ke dalam tangki tadi.
  6. Aduk hingga menyatu.
  7. Semprotkan ke sekitar perakaran. Ulangi hingga memenuhi dosis 5 kg/ha setiap 3 bulan.

Cara Budidaya Mengkudu Supaya Berbuah Lebat

Pengendalian hama penyakit pada tanaman kunyit

Hama dan penyakit dapat menjangkiti tanaman kapan saja. Untuk itu, dapat disemprotkan dengan memakai pestisida agar kunyit dapat menghindari hama hal yang menyebabkan penyakit.

Selain itu, disarankan untuk menghindarkan hama dan penyakit dengan mengsoftwaren granule bio organic gdm same dan gdm black bos saat persiapan media tanam. Sebab, produk tersebut dapat menghindarkan perkembangan penyakit, utamanya penyakit ular tanah.

Pemanenan kunyit

Panen ialah proses paling akhir paling ditunggu tunggu pada cara menanam kunyit dalam pot. Kunyit bisa diunduh setelah berusia 7-8 bulan. Tanaman kunyit yang telah siap diunduh mirip dengan tanaman kencur, yakni mempunyai beberapa ciri berubahnya warna daun yang awalnya mempunyai warna hijau menjadi kuning atau menjadi layu.

Usia 8 bulan adalah usia paling pas untuk memanen sebab hal ini tujuannya supaya rimpang kunyit yang dihasilkan tidak kusut, sehat, tidak cepat membusuk, beratnya ideal, dan tetap segar walaupun disimpan dalam waktu lama.

Previous

Cara Menanam Pisang Yang Baik Dengan Hasil Melimpah

Cara Menanam Gambas Oyong Agar Berbuah Lebat

Next

Leave a Comment