Cara Menanam Lengkuas di Polybag

Cara Menanam Lengkuas di Polybag – Tumbuhan lengkuas biasa disebut laos, bisa mencapai tinggi hingga 2 meter lebih. Baik, bagian yang amat sering dipakai dari tumbuhan lengkuas ialah rimpangnya mempunyai rasanya pedas serta mempunyai aroma khas.

Bukan hanya sekedar keperluan bumbu kuliner yang diperlukan oleh koki dan ibu rumah tangga. Tetapi rimpang lengkuas nyatanya sering diincar oleh industri farmasi/beberapa obat karena kandungannya sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Cara menanam lengkuas di dalam pot

cara-menanam-lengkuas-di-polybag

Tidak sedikit orang mulai memelihara beraneka macam tipe rimpang, karena selain gampang dalam perawatan, juga mampu memberikan keuntungan lumayan banyak.

Untuk dapat memelihara tanaman berumpun ini tidak wajib memerlukan lahan luas, karena budidaya lengkuas bisa dikerjakan dalam pot maupun polybag. Jika terpikat untuk memelihara tumbuhan ini di rumah, dapat memakai pot untuk tempat penanaman.

Cara menanam lengkuas di dalam pot atau polybag tidaklah susah, karena tumbuhan ini memang amat gampang hidup dan berkembang. Berikut beberapa langkah yang direkomendasikan agar menghasilkan rimpang melimpah.

Proses Pembibitan Tanaman Lengkuas

Ketika sudah lingkaran keputusan untuk cara menanam lengkuas di dalam pot maupun ladang, maka tahapan awalnya ialah pemilihan bibit unggulan. Bibit lengkuas yang berkualitas tentu yang berasal dari rimpang tanpa penyakit dan telah cukup umur sekitar 12 bulan.

Menanam lengkuas sebetulnya dapat segera dipindahkan tunas yang tumbuh di indukannya. Namun, untuk mendapatkan hasil sesuai yang di inginkan, yakni rimpangnya besar, sehat, dan banyak. Menanam dengan cara menyemai rimpangnya terlebih dahulu ialah pilihan terbaik.

Cara Menanam Singkong

Cara Penyemaian Lengkuas

Sebelum ditanam di media tanam, bibit lengkuas wajib disemai sebelumnya. Untuk cara penyemaian lengkuas terbaik bisa dikerjakan di peti kayu, dengan memakai cara sebagai berikut:

  1. Jemur bibit sebelumnya, pastikan tidak terlalu kering, dan simpan kira-kira satu bulan lamanya.
  2. Patahkan bibit lengkuas menjadi kira-kira 4 bagian dengan masing-masing potong mempunyai 3-4 mata tunas, kemudian jemur kembali selama 1 hari.
  3. Masukkan bibit yang telah siap ke dalam karung anyaman, dan celumpak ke dalam larutan fungsida selama 1 menit.
  4. Setelah itu lanjutkan memasukkan bibit tanaman ke dalam peti. Lapisan bibit berada di lapisan paling bawah, kemudian abu sekam, lalu diamkan selama 2-4 minggu.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Mengolah media tanam untuk menanam lengkuas

cara-menanam-lengkuas-di-pot

Agar lengkuas yang ditanam di polybag banyak tumbuh rimpangnya, maka ukuran dan kualitas polybag wajib menjadi perhatian. Siapkanlah polybag dengan diameter 50-60 cm dan tahan panas terik matahari.

Boleh juga memakai sak/karung bekas untuk wadah tanam lengkuas. Intinya, wadah penanaman wajib mempunyai ukuran luas dan tetap tahan lebih lama karena masa panen mencapai 1 tahun lebih.

Kondisi media yang bagus untuk media tumbuh lengkuas ialah pada tanah lempung berpasir, kaya bahan organik dan unsur hara. Karena itu, media tanam yang wajib dipersiapkan untuk menanam lengkuas di pot ialah  tanah gembur, bokashi, dan pasir.

  1. Perbandingan bahan tersebut ialah 2:4:1. Lebih jelasnya, campurkan tanah , bokashi dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 : 1/2.
  2. Selain yang tersebut di atas, banyak alternatif lain media tanam lengkuas dalam polybag. Salah satunya ialah campuran antara tanah dengan pupuk kandang, dan sekam padi. Perbandingannya ialah 1 bagian tanah, 1 bagian pupuk kandang dan sekam.
  3. Kalau mau bagus hasil rimpang lengkuas yang ditanam dalam polybag. Maka media tanam diberi isi sesuai dengan perkembangan rimpang dan tunasnya. Rimpang lengkuas akan naik terus ke atas. Pengisian media tanam dikerjakan secara tahap demi tahap.
  4. Jika media tanam diberi isi penuh, maka produksi rimpang akan sedikit karena media tumbuh ke samping terbatas. Makanya, lengkuas yang ditanam di kebun dengan media tanah langsung, perkembangan rimpangmenghampar dan meluas ke samping.
  5. Sebelum mengisi media tanam, maka polybag wajib ditekuk ke bawah sehingga tingginya hanya tinggal sekitar 25 cm. Kemudian isi media tanam setinggi 20 cm. Biarkan media untuk menanam lengkuas tersebut sekitar 1 minggu.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

Langkah menanam lengkuas di pot atau polybag

Bibit lengkuas yang telah disemai dan tumbuh tunas maka sudah siap ditempatkan dimedia tanam,  tanam 2 rimpang lengkuas per polybag. Langkah menanam lengkuas di pot atau polybag adalah sebagai berikut:

  • Buat liang tanam beberapa titik secara simetris dan rapi di polybag,
  • Masukkan bibit ke dalam liang dengan peletakan mata tunas menghadap ke atas.
  • Tutup tanah gembur di atasnya, tetapi jangan menutupi mata tunas.
  • Siram secukupnya saja,
  • Taruh polybag berisi bibit lengkuas pada lokasi yang memperoleh terik matahari penuh, tetapi tetap ada naungan ringan.

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Cara Merawat Tanaman Lengkuas

Untuk mampu menghasilkan panen yang memuaskan, cukup melakukan penyiraman dan pemberian pupuk secara teratur. Pemupukan dapat diberikan pada tanaman sesudah memasuki usia 1 bulan semenjak penanaman.

Selain itu supaya perkembangan tanaman tidak terhambat, cara merawat tanaman lengkuas terbaik yakni dengan menyiangi rumput liar pengganggu tanaman. Dan usia lengkuas siap panen ialah berusia 10-11 bulan masa penanaman.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment