Cara Menanam Lidah Buaya di Pot

4
(1)

Tanaman ini mempunyai manfaat serta khasiat luar biasa dan telah dipakai semenjak ribuan tahun lalu. Lidah buaya termasuk tanaman yang punya banyak manfaat seperti menyuburkan rambut, menurunkan rasa gatal dan menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Selain itu dapat pula mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, membantu menjaga bobot tubuh dan menurunkan bobot tubuh. Bahkan dapat membantu mengobati masalah pada mulut serta menjaga kesehatannya, dan masih banyak lagi.

Cara Budidaya Lidah Buaya di Pot atau Polybag

Selain di pelihara di lahan tanam secara langsung, budidaya atau menanam lidah buaya bisa dikerjakan memakai pot atau polybag. Apakah berniat menanam lidah buaya di dalam pot? Tanaman berjuta manfaat ini biasa dipakai untuk kebutuhan kesehatan sekaligus konsumsi.

Banyak sekali produk yang telah berhasil dibuat dengan menggunakan tumbuhan ini sebagai bahan utamanya. Sebut saja shampo, sabun, produk kosmetik, jelly, supaya-supaya, dodol, dan lain-lain.

Sementara itu, seandainya dilihat dari segi keindahannya, lidah buaya tergolong tanaman unik. Bentuknya yang sederhana cocok diaplikasikan baik pada taman bergaya tradisional maupun modern. Bahan yang dibutuhkan untuk menanam lidah buaya di pot atau polybag :

1. Media tanah dan bokashi /kompos
2. Pot atau polibag ukuran sedang
3. Biji / bibit lidah buaya
4. Air
5. Sekop
6. Furadan

Tanah digabung dengan bokashi dengan perbandingan 1:1 selanjutnya tambahlah 1 sendok furadan ( obat anti hama ) lalu aduk merata. Selanjutnya masukkan kedalam pot / polibag. Bibit lidah buaya diperoleh dari anakan yang tumbuh pada akar induk , potong dan sertakan akarnya, pilih bibit sehat segar.

Langkah menanam lidah buaya di pot / polibag

Supaya lidah buaya dapat cepat tumbuh maka pembibitan dikerjakan dengan menggunakan cara mengambil tunas yang tumbuh di dekat indukan.

Pilih dan ambil salah satu tunas dari tanaman indukan lidah buaya yang subur serta mempunyai rimpang sehat. Ketika mencabut tunas bakal bibit ada baiknya gunakan alat bantu seperti pisau supaya akar tunas tidak tertinggal dalam tanah.

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Menentukan pot ideal untuk lidah buaya

Pemilihan pot termasuk dalam faktor penentu perkembangan tanaman. Untuk membuat lidah buaya bisa tumbuh optimal, pot besar sangatlah membantu, tapi ukuran pot terlalu besar juga kurang efisien.

Untuk itu pilihlah pot berukuran sedang, dengan diameter diameter berkisar 20 cm untuk memperkecil biaya dan tempat. Media tanam merupakan tempat tumbuh tanaman, sehingga media tanam wajib beneran diperhatikan dengan tepat supaya perkembangan tidak terhambat.

Untuk media tanam lidah buaya, media tanam wajib dipersiapkan antara lain ialah pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Cara Menanam Tomat Di Pot

Metode pembibitan lidah buaya dalam pot

Setelah pot dan media tanam siap, kemudian ialah pembibitan. Proses pembibitan lidah buaya ini dikerjakan dengan menggunakan cara vegetatif, yaitu dengan mengambil anakan menempel pada tanaman induk.

Untuk mengambilnya,wajib mengambil anakan ini hingga bagian akarnya. Kemudian tanam bibit lidah buaya pada media tanam yang telah disediakan.

Untuk menghindari kegagalan tanam atau pembusukan, kedalaman media tanam wajib diperhatikan, jangan sampai terlalu dalam ataupun terlalu tidak terlalu dalam. Untuk itu kedalaman liang tanam ada baiknya sekitar 10 cm.

Cara Menanam Bawang Merah

Perawatan lidah buaya di pot

Pemeliharaan yang dikerjakan pada tanaman lidah buaya yakni seperti penyiraman dan pemberian pupuk. Penyiraman ada baiknya jangan dikerjakan terlalu sering karena lidah buaya ialah tanaman yang tidak begitu suka media tanam basah. Penyiraman tersebut bisa dikerjakan 2-tiga hari sekali.

Pemberian pupuk juga ada baiknya dikerjakan kembali, pemberian pupuk susulan pertama dikerjakan sesudah tanaman berusia 1 tahun sesudah tanam. Pemberian pupuk tersebut dikerjakan dengan memakai pupuk kandang atau pupuk kompos.

Pengendalian hama dan penyakit

Kelebihan media tanam pot atau polybag ialah minimnya serangan gulma dan penyakit. Untuk lidah buaya yang ditanam dalam media pot atau polybag hama yang paling mengganggu ialah ulat. Sedangkan penyakit yang bisa menjangkiti tanaman lidah buaya ialah fusarium sp yakni pembusukan pangkal batang dan pangkal daun.

Untuk terhindar dari dua masalah berikut dapat menyemprotkan insektisida dan fungsida untuk menghindari serangan ulat dan menghindari penyakit fusarium sp. Dan panen pertama bisa dikerjakan sesudah tanaman lidah buaya berusia 8-12 bulan.

Cara Budidaya Anggrek Dendrobium

Pembumbunan dan penyobekan

Pembumbunan atau peninggikan media tanam dikerjakan untuk memperkokoh tanaman, metode ini bisa dikerjakan sewaktu masih berusia 3 bulan.

Sedangkan penyobekan atau pemisahan anakan dari induknya bisa dikerjakan ketika masa tanam berusia 5-enam bulan. Pemisahan tumbuhan ini memiliki tujuan untuk mempertahankan perkembangan indukan.

Tips budidaya lidah buaya di pot

Lidah buaya bisa dipanen ketika sudah memasuki umur enam bulan sesudah tanam dan selanjutnya 1 bulan sekali. Cara panen lidah buaya yakni dengan memotong daun bagaian bawah / luar yang telah besar maksimal dengan pisau yang tajam. Selanjutnya dikumpukan pada keranjang dan dikerjakan penyortiran dan pemrosesan sesuai dengan kegunaannya.

Ketika menanam lidah buaya dalam media pot atau polybag, walaupun diletakkan di tempat sejuk, paling tidak mengeluarkankan tanaman beberapa kali supaya terkena terik matahari. Hal ini tujuannya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan tumbuh kembang tumbuhan.

Seandainya lidah buaya ini berbungan dan berbuah, dapat memakai bibit untuk memulai proses penanaman secara generatif. Namun proses penanaman ini tentunya perlu waktu lebih lama dibandingkan cara pengembangbiakan vegetatif.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian 4 / 5. Jumlah vote : 1

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment