Cara Menanam Manggis Dari Biji Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Manggis Dari Biji Agar Cepat Berbuah – Buah manggis adalah jenis tanaman daerah tropis berasal dari Semenanjung Malaya serta menyebar ke Kepulauan Nusantara. Dalam dunia perdagangan, manggis ini dikenal sebagai ratu buah yang menjadi pasangan raja buah yakni durian.

Manggis dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus.

Selain memiliki tampilan menarik pada buahnya, manggis juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Bahkan kulitnya yang kebanyakan dibuang setelah dikonsumsi pun memiliki segudang manfaat.

Cara Menanam Manggis

cara-menanam-manggis

Kandungan vitamin B pada buah ini mampu membantu meningkatkan metabolism tubuh.

Adanya kandungan zat xanthone dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Ketiks membahas tentang jantung tentu ada hubungannya dengan penyakit diabetes.

Kali ini yang berperan adalah kulit dari buah manggis, mampu menurunkan kadar gula dalam darah serta mengeluarkannya langsung melalui air seni.

Masalah haid adalah masalah bagi setiap wanita yang mesti diatasi. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kulit manggis dengan cara kulit diblender atau ditumbuk ketika masih basah setelah dikonsumsi buahnya.

Bisa juga dengan menjemur kulitnya hingga kering lalu ditumbuk dan di seduh dengan air hangat.

Sebagai ratu buah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, maka buah manggis juga mempunyai nilai jual cukup tinggi. Untuk dapat menanamnya sendiri, berikut cara menanam manggis :

Syarat tumbuh

Agar dapat  tumbuh dengan baik, cara menanam manggis membutuhkan media tanah dengan syarat ketinggian 500 – 1.000 mdpl. Selain itu kondisi tanah juga wajib mempunyai daya drainase bagus dan dilarang tergenang, serta mempunyai kedalaman sekitar 50 sampai 200 meter.

Iklim paling cocok bagi tanaman manggis ialah iklim tropis bersuhu sekitar 22-32°c dengan curah hujan merata sepanjang tahun. Kondisi angin yang terunggul ialah tidak terlalu kencang.

Tanah yang bagus untuk tanaman manggis ialah suasana tanahnya subur, gembur, banyak terkandung bahan organik (humus).dengan reaksi tanah agak asam sampai netral (pH 5,5-7,0). Tata udara maupun tata airnya baik ialah dengan kedalaman air tanah antara 50-200 cm.

Cara Mudah Budidaya Matoa Agar Cepat Berbuah Lebat

Persiapan bibit

Dalam pemilihan bibit sebisa mungkin menentukan bibit manggis yang berasal dari hasil sambung pucuk sudah berusia minimal 18 bulan.

Panjang tunas minimal 15 cm dan telah mempunyai minimal empat pasang daun. Bibit manggis wajib terbebas dari hama dan penyakit lalu pilih bibit yang berasal dari penjual bibit direkomendasikan.

Proses penyemaian

penyemaian-manggis

Sesudah biji siap, maka tahap selanjutnya dalam cara menanam manggis adalah melakukan persemaian benih. Hal ini dikerjakan agar tanaman bisa cepat mengikuti keadaan ketika ditempatkan ke lapangan. Bisa menyemai biji dengan menggunakan cara di bawah ini:

  • Siapkan media tanam berupa tanah, dan pupuk kandang atau humus.
  • Gunakan media tanam dengan perbandingan 1:1:1.
  • Kemudian campurkan media sampai tercampur dan ambil bagian media lembut saja.
  • Setelah itu masukkan media tanam ke dalam polibag tanam berukuran sedang.
  • Isikan media ke dalam polibag hingga media padat dan rata.
  • Kemudian tanamkan biji ke dalam media tanam.
  • Siram media tanam memakai air, hingga basah.
  • Tempatkan polybag pada tempat teduh.
  • Lakukan pemeliharaan dan penyiraman hingga benih berkecambah, dan tumbuh daun.
  • Tambahkan juga pupuk kandang jika volume media di dalam polibag mulai berkurang.
  • Lakukan pemeliharaan rutin hingga tanaman siap ditempatkan ke lahan tanam.

Pengolahan lahan tanam

Lahan tanam yang akan dipakai untuk cara menanam manggis dari biji sebisa mungkin bersih dari tunggul, sisa tebang tanaman, pepohonan, semak belukar dan juga gulma. Pengolahan tanah pada lahan tanam dikerjakan sebelum musim penghujan. Langkah membuat media tanam :

  • Buat lubang tanam sebelumnya dengan diameter panjangxlebarxtinggi yaitu 50 x 50 x 50 cm.
  • Kemudian tambahlah pupuk kandang 5-7 kg ke dalam lubang tanam.
  • Bersihkan juga daerah sekitar lubang tanam dari gulma yang menganggu.
  • Selanjutnya biarkan selama 1 minggu baru selanjutnya bibit dapat di tanam.

Proses penanaman

Setelah bibit berusia enam bulan setelah semai, maka cara menanam manggis dari biji dapat ditempatkan langsung ke lahan tanam. Sebaiknya pilih lahan tanam luas dan terbuka.

Hal ini untuk antisipasi karena pohon manggis berukuran relatif besar dan rimbun sehingga memerlukan lokasi terbuka. Lakukan tahapan di bawah ini dalam melakukan pindah tanam bibit manggis ke lahan.

  • Pilih bibit yang mempunyai kualitas baik untuk dipindah tanam ke lahan.
  • Buka plastik polibag dengan hati-hati, biarkan tanah media ikut tertanam.
  • Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Setelahnya tutup lubang tanam kembali memakai tanah sampai tercampur.

Perawatan

pemupukan

Tanaman manggis yang telah ditaman wajib dirawat untuk memperoleh perkembangan optimal dan buah baik. Perawatan yang perlu dilakukuan dalam cara menanam manggis dari biji antara lain penyiraman, pemangkasan, penyiangan, dan pemupukan.

Penyiraman

Pengairan merupakan hal yang harus dikerjakan terutama saat awal masa tanam. Hingga tanaman berusia 2 tahun setelah tanam. Proses penyiraman dikerjakan setiap 2 kali sehari.

Tergantung pada kondisi cuaca dan tanah. Jika tanah kering, ada baiknya cara menanam manggis supaya cepat berbuah dengan menyiram tanaman hingga basah. Jangan biarkan air menggenang, karena akan berbahaya bagi akar tanaman.

Pemupukan

Waktu tepat untuk pemupukan pada cara menanam manggis supaya cepat berbuah adalah pada pagi atau sore hari. Pemberian pupuk pada tanaman yang ditanam perlu dibuat alur pupuk dengan kedalaman 20 cm dan lebar 30 cm melingkari tajuk tanaman.

Setelah pupuk ditaburkan pada alur pupuk, timbun dengan tanah secara tipis untuk menghindari penguapan pada pupuk, selanjutnya dikerjakan penyiraman dengan air secukupnya supaya pupuk dapat larut dalam tanah.

Pemupukan tanaman disediakan dua kali setahun yakni saat sebelum dan sesudah musim penghujan.

Cara Menanam Kelengkeng Dalam Pot

Penyiangan

Untuk menyingkirkan gulma di sekitar tanaman perlu dilakukan penyiangan. Kegiatan ini tujuannya agar tanaman bisa menyerap unsur hara dengan maksimal.

Sehingga perkembangan tanaman pada cara menanam manggis supaya cepat berbuah bisa tumbuh ideal. Lakukan penyiangan secara teratur setiap 2 minggu sekali.

Pengurangan cabang

Pemangkasan cabang memiliki kegunaan supaya tanaman tidak tumbuh terlalu rimbun. Selain itu juga hal tersebut untuk membuat tanaman sangat cepat berbuah.

Waktu yang tepat dalam melakukan pemangkasan adalah setelah panen atau pada awal musim penghujan secara serentak ketika tanaman telah berusia lima tahun setelah tanam.

Pangkas cabang dan daun berada paling dekat dengan dasar pohon dan sisakan cabang yang menghadap ke atas atau ke arah matahari.

Penanggulangan hama dan penyakit

Hama serta penyakit pada cara menanam manggis bisa dikendalikan dengan cara penyemprotan menggunakan insektisida serta fungisida.

Penyemprotan ini dikerjakan secara teratur setiap enam bulan sekali dengan dosis yang didianjurkan.

Penyemprotan fungisida terutama dikerjakan sesudah pemangkasan pada cabang buat mencegah serangan jamur terhadap luka bekas pangkasan terhadap cabang .

Pemanenan

Pada cara menanam manggis dari biji akan mulai berbuah saat umur 10 tahun sesudah tanam. Tetapi, hal ini sangat bergantung terhadap perawatan serta pemeliharaan yang dikerjakan.

Buah muda akan memperlihatkan warna hijau lalu akan berubah warna menjadi merah kehitaman.

Hal itu menandakan bahwa buah sudah siap diunduh. Ketika demikian adalah waktu tepat buat memanen buah sebelum buah matang di pohon serta jatuh. Pakailah tangga ataupun galah buat memanen buah, sebab pohon manggis memiliki tinggi 7 hingga 12 meter.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment