Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Putih Agar Berbunga Indah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar Putih Agar Berbunga Indah – Pada zaman sekarang banyak rumah didesign minimalis serta tidak memiliki halaman luas terutama pada kawasan perkotaan. Para  pemilik rumah memilih tanaman untuk mempercantik rumahnya serta memberikan kesan keindahan serta kesegaran.

Salah satu dari aneka tanaman yang dapat ditanam di halaman rumah adalah bunga. Banyak jenis bunga dapat mempercantik penampilan rumah serta halaman di antaranya mawar. Bunga mawar memiliki banyak jenis serta warna.

Cara Menanam Bunga Mawar Putih

 

Selain mawar merah, mawar putih juga sangatlah cantik untuk menghiasi halaman rumah.

Jika ingin menanam mawar putih di halaman gunakan pot sebagai media tanamnya untuk mempermudah memindahkan ke tempat yang diinginkan. Juga untuk menghemat tempat, sehingga pemilik rumah dapat menanam berbagai macam tanaman yang diinginkan.

Apabila sudah memiliki bunga mawar, berikut ini adalah cara menanam bunga mawar putih agar berbunga indah :

Mempersiapkan bibit

Langkah awal dalam cara menanam bunga mawar putih yakni mempersiapkan bibit. Untuk dapat memilih bibit dapat dilakukan dengan cara pembibitan atau membeli langsung pada penjual bibit. Apabila menghendaki untuk melakukan pembibitan sendiri dapat dilakukan dengan metode stek.

Kemudian langkah pertama yang dilakukan dalam metode stek yakni memilih batang cukup tua kemudian potong menggunakan pisau atau cutter bersih.

Siapkan media semai berupa polybag atau pot diisi campuran pupuk kompos dan tanah. Dinginkan media semai terlebih dahulu dengan cara diangin – anginkan selama kurang lebih sekitar 15 hari.

Buatlah lubang pada media semai dengan diameter 3 atau 4 cm. Langkah setelah itu andalah memasukan batang bunga mawar  sudah distek ke dalam media semai secara pelan-pelan supaya kulitnya tidak rusak atau cacat.

Tutup lubang dengan tanah setelah itu letakan pada tempat terlindungi dari terik matahari langsung atau hujan secara langsung, sebab akan menentukan perkembangan tanaman tersebut.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

Menyiapkan tempat penanaman

Tempat untuk menanam bunga mawar putih bisa berupa pot atau langsung ditanam pada tanah. Sedangkan untuk media tanam bisa menggunakan campuran pupuk kandang, pasir, tanah dengan perbandingan 1:1.

Aduk semua media hingga tercampur merata lalu biarkan selama kurang lebih 15 hari. Penggunaan pupuk kandang sebaiknya pupuk sudah difermentasi atau pupuk yang sudah lama.

Untuk medianya dapat memakai pot atau polybag tapi akan lebih berkualitas memakai pot yang terbuat dari tanah. karena pot ini mempunyai sistem drainase cukup baik. untuk ukuran pot bisa menyesuaikan keinginan.

Tapi jangan memakai pot terlalu kecil karena akan mengganggu perkembangan tanaman. gunakan pot dengan diameter minimal 25 cm, lalu isilah pot-pot tersebut dengan tanah yang telah disiapkan tadi.

Pemindahan semaian ke media tanam

Selanjutnya bila bibit bunga mawar putih sudah mulai tumbuh, ini merupakan tanda bahwa tanaman telah siap ditempatkan ke media tanam.

Langkah awal yang wajib dilakukan ialah mengisi dasar media tanam dengan pecahan batu kecil atau kerikil supaya air keluar dari media tanam tidak terlalu becek.

Isi pot dengan media tanam (campuran tanah, pupuk kandang dan pasir) sampai setengah, selanjutnya masukan bibit bunga mawar putih tepat di tengah-tengah pot. Kemudian penuhilah pot dengan tanah hingga tanaman menancap dengan kokoh.

Kemudian tekan bibit bunga secara perlahan supaya bibit bunga bisa berdiri dengan tegak dan sangat sulit roboh saat disiram.

Setelah selesai menanam letakkan pot pada tempat yang tidak mengalami terik matahari secara langsung sekitar seminggu atau kira-kira nya sampai tanaman siap sepenuhnya terkena terik matahari secara langsung.

Perawatan Bunga Mawar Putih

Apabila bunga mawar putih telah ditanam maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni perawatan. Hal ini dikerjakan supaya bunga mawar tampak indah serta memiliki bunga sedap dipandang. Berikut adalah langkah – langkah perawatan bunga mawar putih :

Pemangkasan ranting dan daun

Dalam perawatan bunga mawar putih penting untuk mengecek bagian daun dan ranting secara teratur agar tidak ada bagian busuk yang masih melekat di badan tanaman. Apabila ada bagian mengering / membusuk segera pangkas memakai gunting tajam agar tanaman tidak rusak.

Jangan memotong dengan pola diagonal/menyerong, usahakan memotong dengan lurus dan rajin.

Selain itu tanaman bunga mawar yang terlalu banyak dahan, ranting dan daun umumnya perkembangan bunganya jadi lebih terlambat atau hanya berbunga sedikit saja.

Karena hasil fotosintesisnya hanya dipakai untuk perkembangan dahan ranting dan daunya saja, sehingga perkembangan mawarnya jadi terhambat. oleh akrena itu, kamu wajib selalu rajin melakukan pemangkasan minimal 2 minggu sekali.

Pemupukan

Jika manusia memerlukan vitamin sebagai nutrisi, maka pupuk ialah nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Pemberian nutrisi yang tepat dapat membuat bunga mawar menjadi tumbuh lebih subur.

Pemilihan pupuk tepat untuk bunga mawar ialah pupuk kandang yang dihasilkan dari tinja binatang. Hal ini merupakan langkah perawatan bunga mawar putih dari dalam agar bunga tumbuh subur.

Selain pupuk kendang, bisa juga memberikan pupuk kimia seperti NPK yang terkandung nitrogen untuk perkembangan vegetative seperti daun, fosfor untuk perkembangan akar, dan kalium untuk membantu pembungaan dan pembuahan.

Takaran pemberian pupuk ialah 1 sendok npk dilarutkan ke dalam lima liter air selanjutnya kocorkan 200 ml untuk setiap tanaman atau setiap pot.

Cara Mudah Menanam Bunga Melati di Pot Agar Berbunga Rimbun

Penyiraman

Cara perawatan bunga mawar putih yang terpenting ialah proses penyiraman. Semua makhluk hidup memerlukan air untuk minum serta proses biologisnya, juga mempunyai peran sangat perlu untuk mempercepat larutnya unsur hara yang akan diserap oleh akar mawar dan juga mengatur kondisi udara sekitar.

Ada baiknya rutinitas penyiraman dikerjakan dua kali sehari, yaitu pagi antara jam 7-9 dan sore hari antara jam 4-6. Jumlah air yang dikucurkan tergantung pada tingkat kebasahan tanah dan juga umur tanaman mawar tersebut.

Saat musim penghujan, kegiatan penyiraman ada baiknya dikondisikan dengan keadaan.

Penyinaran matahari cukup

Sama dengan tanaman lain tanaman mawar juga memerlukan terik matahari dalam melakukan fotosintesis yang berguna untuk menciptakan zat makanan bagi tanaman. Waktu paling disarankan untuk menjemur tanaman ini ialah pada jam 6-10 pagi.

Seringnya bagi petani merawat tanaman ini umumnya memasang jaring-jaring di atas tanaman supaya intensitas cahaya matahari yang diterima apalagi pada saat siang hari tidak terlalu banyak. Cara merawat bunga mawar putih satu ini penting dan harus dikerjakan.

Pencegahan gulma

Supaya bunga mawar cepat berbunga, maka cara merawat bunga mawar putih wajib selalu mengendalikan gulma yang tumbuh di media tanaman tersebut secara teratur tidak sekadar sesekali.

Semua rumput-rumput pengganggu wajib rajin untuk dibersihkan, jika tidak dicabut akan mengganggu proses perkembangan bunga mawar.

Sebelum memulai cara membudidayakan bunga mawar dengan pemupukan sebisa mungkin harap untuk memastikan sebelumnya kalau bunga mawar sudah bersih dari gulma sehingga pupuk dan nutrisi yang dikasihkan akan menyerap secara lebih berkualitas pada akar mawar.

Pengendalian hama

Hama merupakan musuh utama bagi semua tanaman serrta penghambat perkembangan bunga bahkan bisa membuat tumbuhan mati. Untuk menghindari hama sebisa mungkin menyemprotkan pestisida dalam kurun waktu 1-2 kali dalam satu bulan.

Perawatan bunga yang lagi naik daun di masyarakat ini wajib hati-hati dan dikerjakan secara konsisten. Walaupun secara menyeluruh perawatan bunga mawar tidak terlalu sulit untuk di lakukan.

Paling umum, hama dapat berupa ulat daun yang mengakibatkan daun-daunan menjadi tercabik – cabik. Pemberantasan hama ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida atau pembasmi racun untuk serangga.

Last Updated

Leave a Comment