Panduan Lengkap Cara Menanam Melon di Polybag

Panduan Lengkap Cara Menanam Melon di Polybag – Melon merupakan jenis buah yang termasuk pada golongan labu – Labuan. Dapat dimakan langsung dalam keadaan segar, dijus, sebagai campuran dalam es buah, atau dijadikan sebagai salad.

Jenis buah satu ini sangat menarik dan nikmat saat dimakan pada siang hari karena tekstur buahnya renyah serta segar dengan warna kuning atau putih kehijauan.

Cara Menanam Melon Di Polybag

Saat ini banyak orang memilih kesibukan saat di rumah dengan bercocok tanam, Di antaranya adalah menam melon.

Dahulu buah ini hanya ditanam di lahan luas seperti ladang atau perkebunan, namun akhir – akhir ini banyak orang memanfaatkan halaman rumahnya untuk ditanami buah ini. Sebab buah ini tergolong mudah dalam hal penanaman serta perawatannya.

Berikut panduan cara menanam melon di polybag :

Syarat tumbuh

Sebagai syarat panduan cara menanam melon di polybag bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 250 – 800 meter dari permukaan laut dengan iklim hujan antara 1.500 – 2.500 mm/tahun serta kelembaban udara antara 50 – 70%.

Jenis tanah cocok digunakan sebagai cara menanam melon di polybag ialah tanah liat berpasir (andosol) terkandung bahan organik dengan takaran tinggi.

Ketinggian tempat akan berakibat terhadap rasa dan tekstur daging buah. Melon yang ditanam pada dataran menengah yakni berkisar 200-900 dpl berakibat positif terhadap kualitas buah, seperti daging buah tebal, tekstur lebih berkualitas, rongga buah kecil dan rasa lebih manis.

Musim tanam yang rekomendasi untuk penanaman melon ialah saat awal bulan musim kemarau. Karena pada musim ini tanaman dapat mendapatkan terik matahari secara penuh dan memperkecil serangan penyakit.

Cara Menanam Manggis Dari Biji Agar Cepat Berbuah

Alat serta bahan

Panduan cara menanam melon di polybag konsepnya tidak jauh dengan menanam tanaman lain. Pertama tentunya dengan melakukan persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan bercocok tanam melon.

Siapkan beberapa buah polybag dengan diameter masing-masing 40×50 cm (ukuran sedang, atau 37×40 cm).

Persiapkan juga lanjaran atau ajir dari bambu, nanti akan ditancapkan pada media tanam dengan panjang 1,5 – 2 m. Juga siapkan alat berupa paku berukuran 2 inch, tali rafia, gunting, dan pisau pemotong.

Persiapan bibit

Bibit melon bisa dibeli di toko pertanian dengan menentukan bibit unggul serta tahan hama agar tidak repot lagi ke depannya. Untuk melakukan persiapan bibit terdapat beberapa hal wajib dilakukan.

  • Rendam bibit di dalam air yang telah digabung dengan fungisida semalaman.
  • Tiriskan atau keringkan bibit lalu simpan dalam tempat gelap selama 12-14 hari hingga menjadi kecambah
  • Benih siap dipindah ke media semai

Sebelum mepersiapkan media semai dalam cara menanam melon di polybag lakukan hal berikut :

  • Campurkan tanah dengan pupuk kandang, gunakan perbandingan 2:1
  • Masukkan ke dalam polybag

Benih yang telah siap untuk dimasukkan media semai dipersipkan masuk ke dalam media semai. Perhatikan baik baik benih berbentuk runcing wajib dihadapkan kebawah dan harap memastikan media semai tidak langsung terkena terik matahari.

Siram media semai 2 hari sekali untuk menghindarkan media semai mengalami kekeringan.

Mempersiapkan media tanam

Media tanam melon tidak sama dengan media semai, juga tempatnya. Siapkan dahulu polybag baru lalu buatlah media tanam, meliputi susunan tanah, pupuk kandang, arang sekam dengan masing-masing perbandingan 1:2:3.

Masukkan media tanam yang telah digabung ke dalam polybag, lalu tambahlah 5 gram furadan, 20 gram npk, 1 liter humic acid, aduk rata.

Tujuan dari pemakaian bahan-bahan tambahan tersebut ialah untuk menghindarkan kecambah yang tumbuh tidak terganggunya dari penyakit tanaman.

Pupuk kandang yang digunakan dalam panduan cara menanam melon di polybag bisa juga diganti dengan trichoderma dan zat pengatur tumbuh (zpt) organik ditambahkan ketiga bahan tersebut.

Proses penanaman

Penanam pada panduan cara menanam melon di polybag dikerjakan apabila bibit yang disemai telah berumur kira-kira 2 – 3 pekan ketika tunas telah mencapai ukuran sekitar 10 cm, terlebih dahulu pindahkan ke alat perkembangan ialah polybag yang sudah dipersiapkan.

Sebelum dipindahtanamkan, siram dulu media tanam menggunakan air. Penanaman lebih berkualitas dilaksanakan pada waktu matahari mulai nyaman, bisa pada pagi atau sore hari.

Pemeliharaan dan perawatan

Setelah buah selesai ditanam, maka langkah selanjutnya pada panduan cara menanam melon di polybag adalah melakukan pemeliharaan serta perawatan meliputi :

Pengajiran

Tanaman melon merupakan tanaman merambat sehingga membutuhkan ajir dalam perkembangannya untuk menopang tanaman supaya tidak merambat ke tanah. Melainkan dapat merambat ke atas sehingga akan memperoleh terik matahari secara maksimal ke semua bagian tanaman.

Pemasangan ajir dikerjakan tiga hari setelah proses tanam supaya ajir tidak melukai tanaman.

Ajir bisa dibuat dari bambu atau kayu dengan panjang sekitar 1,5 meter yang dipasang mengarah ke dalam bedengan dan begitu juga pemasangan pada lubang tanam sampingnya sehingga akan membentuk silang (x).

Kemudian berikan sebilah bambu panjang di atasnya dan ikat dengan tali rafia.

Cara Menanam Buah Naga

Pemangkasan dan pemilihan buah

Dalam panduan cara menanam melon di polybag, proses pemangkasan cabang memiliki tujuan untuk menentukan bakal buah yang akan dibesarkan. Langkah ini dikatakan penting dikerjakan karena dapat memengaruhi perkembangan dan produktivitas tanaman.

Untuk pemangkasan wajib dikerjakan setiap hari karena perkembangan melon lebih cepat dengan tujaun supaya perkembangan cabang belum terlalu besar.

Calon buah bisa dipilih pada cabang 7 – 12 dan dipilih satu yang hendak dibesarkan, sedangkan cabang lain dikerjakan pemangkasan.

Atau cabang yang muncul dari ketiak daun pertama sampai ke-8 dipotong, lantas daun ke-9 sampai daun ke-13 cabang tumbuh tidak ada tindakan dan diternakkan untuk pembuahan. Setelah daun ke-13 tak harus lagi ada cabang yang diternakkan hingga daun ke-17 batang dipotong.

Pemberian pupuk

Cara menanam melon di polybag setelah melakukan pemangkasan cabang ialah melakukan pemupukan. Pemupukan memakai pupuk dasar dari pupuk mutiara 15 gram per polybag, disediakan pada saat mengisi media tanam pada polybag.

Lakukan pemupukan susulan dengan npk 16:16:16 dan kno3 dengan menggunakan cara ditaburkan pada sekeliling tanaman atau digabung dahulu dengan air dan dikocorkan tanpa mengenai tanaman.

Pengendalian hama dan penyakit

Sebagai langkah mengendalikan serangan hama untuk panduan cara menanam melon di polybag bisa melakukan pemasangan yellow trap/likat kuning pada lahan. Teknik selain aman buat lingkungan juga untuk menurunkan residu kimia pada buah sehingga buah aman dan layak dimakan.

Penghindaran penyakit pada tanaman melon ditimbulkan oleh jamur atau bakteri pathogen pemicu tanaman menjadi kuning, layu.

Kering ataupun busuk dapat diantisipasi dengan selalu rutin menggunakan perpaduan gdm same, gdm black bos dan poc gdm terkandung unsur hara makro mikro lengkap sehingga tanaman tumbuh sehat karena antibodi tanaman meningkat.

Selain itu bakteri dengan kandungan di dalamnya dapat menciptakan antibiotik berguna untuk melawan jamur dan bakteri pathogen hal penyebab penyakit pada tanaman.

Pemanenan

Bisanya buah mulai tumbuh pada umur 20 hari setelah melon ini ditanam. Pemilik bisa membudidayakannya hingga umur 60 hari hingga buah siap diunduh. Untuk dapat memahami buah siap diunduh atau tidak, bisa melihat ciri ciri berikut ini:

  • Warna kulit buah putih kekuningan
  • Pada bagian tangkai terdapat cincin, atau lingaran retak
  • Aroma harum dapat dicium dari buah melon

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Di dalam melon juga banyak kandungan nutrisinya, di antaranya kalium, asam folat, protein, vitamin C, beta – karoten dan magnesium. Karena banyaknya kandungan nutrisi maka banyak pila manfaat dapat diperoleh dari buah ini, yakni :

Dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Kandungan air serta elektrolit yang terdapat pada buah melon dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan dapat terhindar dari dehidrasi. Sehingga manfaat buah melon sangat bagus dikonsumsi setelah berolahraga atau ketika lelah.

Mendukung kesehatan kulit

Selain buah jeruk, manfaat buah melon juga memiliki banyak kandungan vitamin C. Apabila mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C cukup, maka akan mendukung produksi kolagen merupakan protein yang berperan baik untuk memperbaiki juga memelihara jaringan kulit.

Meningkatkan kemampuan penglihatan

Di dalam buah ini terdapat dua jenis antioksidan yaitu lutein dan zeaxanthin berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata serta mencegah resiko berkurangnya penglihatan atau mata buram yang disebabkan oleh factor usia. Sehingga manfaat buah melon juga bagus bagi pemilik masalah penglihatan.

Cara Mudah Menanam Strawberry Agar Berbuah Melimpah

Menjaga kesehatan pencernaan

Di dalam manfaat buah melon selain mengandung banyak vitamin C juga kaya akan serat di dalamnya. Serat adalah komponen penting untung meningkatkan kesehatan pencernaan.

Untuk meningkatkan kesehatan tulang

Selain manfaat – manfaat buah melon di atas juga memiliki manfaat tak kalah penting yakni membantu meningkatkan kesehatan tulang. Manfaat di dapat dari kandungan nutrisi berupa magnesium, folat, dan vitamin K yang menjadi sumber utama menjaga serta meningkatkan kesehatan tulang.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Di antara manfaat buah melon yang banyak dicari adalah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hypertensi karena melon rendah natrium namun tinggi kalium.

Last Updated

Leave a Comment