Cara Menanam Merica Di Halaman Rumah Agar Berbuah Lebat

| |

Cara Menanam Merica Di Halaman Rumah Agar Berbuah Lebat – Lada biasa juga disebut dengan merica merupakan jenis rempah – rempah yang mempunyai rasa sedikit pahit, pedas, hangat serta antipiretik. Orang – orang mengenal ada dua jenis lada, yakni lada putih dan lada hitam yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Tanaman ini juga memiliki sebutan the king of spice atau raja rempah – rempah, sebab pada tahun 2000 kebutuhan dunia akan rempah – rempah ini mencapai hingga 280.000 ton.

Cara Menanam Merica

Cara Menanam Merica

Di Negara Indonesia hampir 80% hasil ladanya diekspor ke Negara luar sebab tanaman ini merupakan salah satu komoditi perdagangan dunia. Terdapat sekitar 40 jenis lada terdapat di Negara Indonesia, namun penanaman varietasnya juga dipengaruhi oleh daerah di mana merica ini ditanam.

Untuk dapat menanam sendiri merica di halaman rumah, berikut langkah penanamannya :

Syarat tumbuh merica

Sebenarnya cara menanam merica dapat ditanam di semua wilayah tropis antara 200 LU dan 200 LS, untuk curah hujannya 1.000 – 3.000 mm per tahun, konsisten sepanjang tahun.

Waktu hujannya 110 – 170 hari per tahun, sedangkan untuk musim kemaraunya hanya 2 – 3 bulan per tahun. Ketinggian daerah penanaman merica sebaiknya mulai dari 0 – 700 m di atas permukaan laut (Mdpl).

Selain itu kelembapan udara juga perlu diperhatikan, yakni 63 – 98% selama musim penghujan, suhu maksimalnya 35 derajat celsisus dan suhu minimum 20 derajat Celsius.

Untuk jenis tanah lada tidak terlalu pilih – pilih karena dapat tumbuh di semua jenis tanah terutama tanah berpasir serta gembur dengan unsure hara cukup, drainase air tanah baik, ph keasaman tanah berkisar antara 5,0 – 6,5.

Cara Menanam Kunyit Di Pot Agar Tumbuh Subur

Persiapan bibit merica

Langkah persiapan bibit lada dapat dilakukan dengan cara generative dengan biji ataupun vegetative dengan stek. Kebanyakan para petani atau pembudidaya di Indonesia memperoleh bibit dengan cara stek.

Sebab dengan cara menanam merica ini akan lebih praktis, efisien, juga bibit yang dihasilkan memiliki sifat sama dengan induknya.

Penstekan dapat diambil dari sulur panjat, sulur gantung, sulur tanah serta sulur buah (cabang buah). Setelah memilih bibit selanjutnya disemai pada media polybag berisi tanah, pupuk serta pasir dengan perbandingan 7 : 3 : 1.

Kemudian tutup dengan plastic, namun usahakan agar sinar matahari tetap bisa masuk dengan kadar 60 – 70%. Agar bibit terhindar dari hama, sebaiknya beri jarring – jarring untuk melindungi bibit.

Proses penyemaian ini dilakukan selama 3 – 4 bulan sampai akar tanaman tumbuh baik dan siap untuk dipindahkan.

Mempersiapkan media tanam merica

Untuk cara menanam merica dapat dilakukan pada tanah langsung atau dengan media pot/polybag dengan ukuran 60 x 40 cm.

Agar media tanah yang digunakan untuk menanam lada menjadi subur maka berikan campuran pupuk kandang pada tanah seberat 10 kg, pupuk trichompos 10 kg, kapur 500 g serta trichoderma 100 g.

Setelah pemberian pupuk dasar maka biarkan media tanam selama dua minggu lalu lakukan penanaman bibit merica. Jika lahan pekarangan sempit maka pot tanaman bisa diletakkan pada teras rumah dengan syarat tanaman masih bisa memperoleh sinar matahari.

Perawatan tanaman merica

Perawatan tanaman merica

Ketika bibit merica telah ditanam maka langkah paling utama adalah perawatan. Tujuan dilakukannya perawatan pada cara menanam merica di pot adalah untuk menghindarkan segala macam hama penyakit agar panen yang diperoleh dapat maksimal. Berikut langkah yang harus dikerjakan dalam proses perawatan :

Penyiraman

Langkah penyiraman mutlak dilakukan ketika masa awal tanam. Apabilagi jika penanaman dilakukan pada saat musim kemarau. Lakukan penyiraman 2 kali sehari agar tanaman tidak mengalami kekeringan.

Namun ketika tanaman sudah mulai besar lakukan penyiraman sesekali saja ketika tanah di sekitar tanaman tampak kering.

Pemupukan susulan

Dilakukannya pemupukan susulan ini bertujuan untuk menambah nutrisi pada tumbuhan agar buah yang dihasilkan bisa maksimal sehingga panen bisa melimpah. Lakukan pemupukan setiap 6 bulan sekali dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang yang dibuat dari bahan organic.

Pemasangan ajir

Seperti diketahui bahwa tanaman lada memiliki batang yang tumbuh merambat pada suatu tiang, meski begitu ada juga menjalar di permukaan tanah.

Untuk menjaga agar cara menanam merica di pot bisa tumbuh secara optimal juga terlihat rapi maka sebaiknya diberi ajir sebagai alat untuk merambatnya batang tanaman lada.

Penyiangan

Perlunya dilakukan langkah penyiangan yakni untuk menghilangkan gulma di sekitar tanaman. Sebab jika terdapat banyak maka gulma akan menyerap nutrisi dari tanah yang seharusnya diserap oleh tanaman merica.

Sebaiknya penyiangan dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali dengan cara mencabut langsung dengan tangan atau menggunakan alat.

Perempelan

Biasanya perempelan dilakukan pada tanaman layu serta terpapar penyakit. Hal ini dilakukan agar tanaman yang masih sehat tidak tertular oleh tanaman yang sudah terpapar penyakit. Oleh karena itu langkah ini perlu dilakukan guna mencegah tanaman terkena hama penyakit lebih parah.

Pemanenan merica

Dalam proses cara menanam merica di pot, pemilik sudah bisa melakukan pemanenan sejak awal tanam ketika sudah berumur kurang lebih 3 tahun. Untuk mengetahui buah yang sudah matang yakni sudah berwarna merah. Jika sudah berwarna merah maka merica sudah siap dipanen.

Manfaat lada untuk kesehatan

Manfaat lada untuk kesehatan

Tidak heran jika lada disebut sebagai raja dari rempah – rempah, selain melezatkan masakan, merica juga memiliki kandungan nutrisi sangat banyak, di antaranya kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, B1,B2,B3,B6 serta vitamin K.

Dengan adanya kandungan tersebut maka banyak pula manfaat lada bagi kesehatan, antara lain :

Manfaat lada untuk Mengontrol kadar gula darah

Lada yang telah diolah menjadi minyak lada mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2. Bahkan pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan piperin pada lada mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Selain itu manfaat lain dari piperin pada merica yakni untuk menghambat enzim amylase dalam memecah pati menjadi glukosa.

Cara Menanam Kencur Dalam Pot Dengan Hasil Melimpah

Manfaat lada untuk mengobati penyakit lambung

Sejauh ini yang banyak orang ketahui dari manfaat lada yaitu untuk membantu bagi lansia yang kesulitan dalam menelan. Selain itu manfaat yang banyak diketahui adalah untuk membantu mencegah masalah dalam lambung.

Manfaat lada untuk kesehatan ini dapat diambil dari ekstrak lada hitam yang memiliki efek anti radang juga anti bakteri sehingga ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung.

Manfaat lada sebagai pereda radang sendi

Ternyata kandungan piperin pada lada selain sebagai anti bakteri juga mampu mengurangi peradangan serta nyeri pada penderita radang sendi atau arthritis.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa piperin di lada bermanfaat untuk menghambat hormone prostaglandin juga zat interleukin yang dapat memicu peradangan pada sendi.

Manfaat lada untuk mencegah kerusakan sel

Manfaat lada untuk mencegah kerusakan sel

Di zaman sekarang ini banyak factor dapat menyebabkan rusaknya sel  – sel  tubuh, salah satunya karena radikal bebas. Agar sel – sel tetap baik dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan cukup.

Salah satu makanan dengan kandungan antioksidan yaitu dari buah dan sayuran. Selain buah dan sayur antioksidan juga dapat diperoleh dari rempah berupa lada atau merica.

Sebab di ketahui bahwa di dalam lada terdapat kandungan antioksidan cukup tinggi. Di dalam lada juga diketahui mempunyai efek antiradang sehingga dapat mencegah kerusakan sel.

Manfaat lada sebagai penghambat pertumbuhan bakteri

Telah dijelaskan di atas bahwa di dalam lada mengandung sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang berkembang pada makanan seperti e. Colli, listeria, salmonella serta staphylococcus.

Manfaat lada untuk meredakan hidung tersumbat

Merica atau lada diketahui memiliki kandungan dekongestan alami sehingga mampu meredakan gejala hidung tersumbat.

Sebab kandungan dekongestan ini mampu mengencerkan penumpukan lender pada saluran pernafasan. Caranya adalah dengan mencampurkan lada pada masakanseperti pada sup ayam atau lainnya.

Previous

Cara Menanam Buah Kiwi Di Indonesia Dengan Mudah

Cara Menanam Tanaman Daun Katuk Serta Manfaatnya

Next

Leave a Comment