Cara Menanam Papaya di Pot Agar Berbuah Lebat

| |

Cara Menanam Papaya di Pot Agar Berbuah Lebat – Buah papaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda yakni papaja. Dalam bahasa Jawa buah ini disebut dengan kates, sedangkan dalam bahasa Sunda disebut gedang.

Papaya merupakan tumbuhan berasal dari Meksiko bagian Selatan dan Utara dari Amerika Selatan. Namun kini buah ini telah menyebar luas ke berbagai daerah tropis di seluruh dunia.

Cara Menanam Pepaya di Pot

Selain dapat dimanfaatkan buahnya yang sudah matang, papaya muda dapat dijadikan untuk sayuran atau urap. Selain itu daun dari papaya juga dapat dijadikan sayuran, meskipun memiliki rasa pahit namun jika diolah dengan benar bisa menjadi sayur lezat kaya manfaat.

Bahkan bunga papaya juga dijadikan sayur dengan cara dioseng atau dijadikan urap sama seperti buah muda juga daunnya.

Untuk memperoleh manfaat dari tanaman papaya ini, dapat menanamnya sendiri di halaman rumah sebab tanaman ini tergolong mudah perawatannya. Berikut cara menanam papaya di halaman :

Sifat tanaman papaya

Sebelum melakukan cara menanam pepaya di pot, terlebih dahulu harus mengetahui sifatnya. Pepaya merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga 3 meter. Batang pepaya berongga, jaringannya lunak dan berair.

Tanaman ini memiliki akar tunggang dan akar samping lunak. Pertumbuhan akar tidak terlalu dalam dan agak lemah.

Ciri tanaman pepaya adalah bunganya tumbuh pada ketiak daun, baik berupa bunga tunggal maupun rangkaian. Terdapat tiga tipe bunga pepaya, yaitu bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna (memiliki putik dan benang sari atau hemafrodit).

Untuk membedakan kelamin dari tanaman ini dibedakan dengan bunganya dengan dikenal pohon pepaya jantan, pohon betina dan pohon sempurna.

Pohon pepaya jantan tak mungkin menciptakan buah, sedangkan pohon pepaya betina dapat menciptakan buah membundar, daging buahnya tipis.

Untuk menghasilkan buah pepaya dengan bentuk memanjang dihasilkan dari pohon pepaya sempurna.

10 Cara Cepat Menanam Buah Anggur Agar Berbuah Lebat

Pemilihan benih

Untuk pembibitan yang akan dipakai dalam cara menanam pepaya di pot dapat memakai bibit yang dapat diperoleh dengan menggunakan cara mengambil pada buah pepaya matang.

Kemudian di bagian tengahnya yang ada bijinya dikeluarkan. Untuk memilih bibit itu sendiri, ada baiknya dengan menentukan buah pepaya yang mempunyai kondisi batang baik, buah sehat berbentuk agak memanjang serta tidak terdapat penyakit.

Kemudian lakukan pembersihan biji tersebut dengan bersih serta memasihkan biji tersebut dari kulit yang ada diluarnya. Apabila telah bersih, selanjutnya, biji yang telah dibersihkan tersebut dikeringkan lagi di tempat teduh.

Selanjutnya, perlu diperhatikan pula terhadap bibit yang dipakai, seperti jangan memakai biji dari buah  sangat matang, maupun buah yang berasal dari pohon telah tua karena itu wajib beneran dihindari.

Pengolahan media tanam

Media tanam pepaya bisa diolah dengan mengombinasikan tanah pekarangan dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Pastikan pupuk kandang sudah tua karena jika belum masak, terlalu panas serta dapat membunuh tanaman.

Untuk cara menanam pepaya di pot, maka siapkan pot besar dengan ukuran minimal 40 cm. Pastikan bagian bawah terdapat lubang untuk drainase. Hal ini memiliki tujuan supaya sisa air dapat mengalir dan tanaman tidak busuk.

Penanaman bibit

Disarankan untuk menentukan bibit pepaya tipe california. Alasannya, tanaman ini tidak terlalu besar untuk cara menanam pepaya di pot. Selain itu, tipe pepaya california punya rasa manis dan banyak disenangi orang.

Setelah bibit siap, bisa memasukkan media tanam dalam pot. Jangan lupa bagian bawah diisi dengan pecahan genting, arang dapur, kerikil, supaya lubang pengeluaran air terjaga. Tanam bibit dalam kondisi tegak dan harap untuk memastikan bagian akar tertutup rata dengan tanah.

Pemeliharaan

Penyulaman tanaman dikerjakan setelah berusia 1,5 bulan semenjak tanam. Tanaman yang tumbuh jelek dicabut dan bisa diganti dengan bibit baru. Amati pohon saat bunga pertama tumbuh pada ketiak daun. Bunga ini mulai tumbuh saat usia tanam 4 bulan.

Kalau tumbuh tunggal, berarti bunga betina dan jika bergerombol berarti jantan. Untuk suplai nutrisi dikerjakan pemupukan susulan dimulai pada minggu kedua setelah bibit dipindah tanam. Gunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Jika lingkungan kering, maka setidaknya siram tanaman pepaya satu kali sehari. Namun, jika lingkungan mempunyai curah hujan tinggi, sesekali saja dan harap untuk memastikan tanah tidak kering.

Pengendalian hama penyakit

Beberapa macam hama yang umum menyerang buah pepaya california antara lain hama kutu putih, aphid dan tungau. Hama ini menyerang dengan menggunakan cara menghisap semua cairan pada pucuk daun.

Pengendalian yang umum dilakukan ialah dengan penyemprotan pestisida curacron dan akarisida.

Selain itu ada beberapa penyakit yang sering menyerang seperti busuk phytphora, rebah semai, busuk antraknos dll. Penyakit ini menyerang daun, akar, batang hingga buah. Cara pengendaliannya bisa melakukannya dengan penyemprotan larutan fungisida.

Cara Menanam Buah Zaitun Agar Berbuah Lebat

Pemanenan

Pepaya bisa diunduh setelah masa tanam 9 bulan. Produktivitas berdasarkan kondisi iklim, varietas dan perawatan. Buah pepaya yang dipetik wajib mendekati stadium matang pohon. Cirinya terdapat garis menguning di kulit buahnya. Panen melakukannya dengan menggunakan cara memotong bagian tangkai buah dengan gunting pangkas atau pisau tajam.

Manfaat papaya untuk kesehatan

Tanaman papaya merupakan tanaman dengan seribu manfat mulai dari bunga, daun, buah serta batnangnya. Namun kali ini akan dibahas tentang manfat buah papaya untuk kesehatan:

Menyehatkan mata

Manfaat buah pepaya mengandung vitamin A yang bagus untuk mata. Vitamin A diperlukan untuk kesehatan kornea dan menciptakan kelembapan cukup supaya mata selalu terlumasi dengan baik.

Mengurangi resiko kanker

Likopen dalam manfaat buah pepaya dapat menurunkan risiko kanker. Kandungan antioksidan dalam pepaya dapat menurunkan radikal bebas yang berkontribusi pada perkembangan sel kanker.

Lebih spesifik lagi, di antara 14 buah dan sayuran yang mempunyai sifat antioksidan, hanya pepaya yang memperlihatkan aktivitas antikanker payudara, dalam sebuah riset kecil yang melibatkan orang dewasa dengan peradangan dan kondisi perut prakanker.

Konsumsi pepaya dipercaya efektif menurunkan kerusakan oksidatif.

Melancarkan pencernaan

Enzim papain dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna. Studi memperlihatkan, orang yang rutin mengonsumsi pepaya selama 40 hari dipercaya lebih aman dari serangan konstipasi dan kembung.

Selain itu, konsumsi pepaya yang kaya serat dna air bisa juga menghindarkan sembelit serta meningkatkan keteraturan frekuensi BAB.

Menjaga kesehatan kulit

Selain menjaga kesehatan badan, manfaat buah pepaya untuk wajah juga kecantikan telah dibuktikan para ahli. Pepaya bisa membantu kulit wajah dan seluruh tubuh nampak lebih kencang serta awet muda.

Aktivitas radikal bebas berlebihan mengakibatkan munculnya kerutan, kulit kendur, serta kerusakan lain seiring pertambahan usia. Vitamin C dan likopen dalam pepaya dipercaya dapat melindungi kulit dari ciri-ciri penuaan tersebut.

Cara Mudah Menanam Strawberry Agar Berbuah Melimpah

Menyehatkan rambut

Manfaat buah pepaya juga baik bagi rambut. Pepaya mengandung vitamin A. Nutrisi ini dibutuhkan untuk produksi sebum yang menjaga kelembaban rambut. Vitamin A juga dibutuhkan untuk membantu perkembangan semua jaringan tubuh, tergolong kulit serta rambut.

Meningkatkan imun tubuh

Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, pemilik pun dapat menghindari penyakit infeksi, seperti pilek juga flu.

Membantu mengobati demam dengue

Papaya diduga mempunyai dampak baik terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh virus dengue yang bisa menekan jumlah trombosit.

Penelitian memperlihatkan penderita infeksi dengue yang memperoleh ekstrak daun papaya mempunyai peningkatan trombosit sangat cepat dibandingkan yang memperoleh pengobatan biasa. Namun efek ini masih perlu penelitian secara klinis lebih rumit.

Previous

Cara Budidaya Bunga Anggrek Agar Berbunga Indah

Cara Menanam Labu Siam di Halaman Agar Berbuah Lebat

Next

Leave a Comment