Cara Mudah Menanam Paprika Di Pot (Polybag) Supaya Berbuah Lebat

Paprika adalah tanaman berasal dari Amerika Serikat yang bertepatan di daerah Meksiko. Tanaman ini masuk ke dalam suku terong – terongan atau solanaceae yang memiliki rasa manis namun sedikit pedas. Buahnya memiliki warna hijau, kuning, merah dan ungu yang sering digunakan sebagai campuran salad ataupun pizza.

Tanaman paprika ini biasanya tumbuh setinggi 50 – 150 cm. Selain itu paprika dapat hidup di berbagai iklim sehingga cocok ditanam di berbagai belahan dunia. Paprika memiliki warna – warna serta bentuk yang menarik untuk dipandang. Di samping warna dan bentuknya sayuran ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Cara Menanam Paprika

cara-menanam-paprika

Di antara kandungan tersebut antara lain mengandung phytochemical dan beta-carotene yang merupakan antioksidan dan agen anti inflamasi. Kaya akan vitamin C untuk menjaga kesehatan sistem imun dan meremajakan kulit. Dari beberapa jenis, paprika merah adalah paling banyak mengandung vitamin C.

Bagi yang ingin memperoleh manfaat derta rasa dari tanaman tersebut, dapat menanamya di halaman rumah dengan menggunakan pot atau polybag. Berikut cara menanam paprika di pot/polybag :

Persiapan benih

Benih yang dipakai tentu saja benih unggul. Benih unggul bisa dibeli di toko tanaman hias atau juga bisa membeli secara online. Pemilik bisa memperoleh sangat banyak macam jenis dari paprika hijau, merah, ungu dan masih banyak lagi, dari jenis lokal hingga impor.

Jika benih sudah didapatkan, cara menanam paprika kemudian ialah menyemai. Siapkan media semai berupa campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam. Rendam benih selama 4 – 6 jam memakai air hangat kuku. Untuk mempercepat benih berkecambah, tambahlah air bawang merah secukupnya.

Kemudian letakkan benih pada media semai yang telah disediakan. Bibit bisa dipindah tanam ke pot atau polybag pada usia 25 – 30 hari sesudah semai.

Persiapan media tanam

Sementara menanti bibit tumbuh besar, cara menanam paprika selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Untuk media yang digunakan berupa campuran pupuk kandang, kompos/bokashi dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Pupuk kandang berasal dari tinja kambing atau juga bisa memakai tinja ayam ditambah sekam padi supaya lebih porus.

Cara menanam paprika di polybag juga bisa memakai pupuk bokashi digabung dengan tanah dengan perbandingan 3 : 1. Media digabung rata selanjutnya dimasukkan ke dalam polybag. Ukuran pot atau polybag yang dipakai minimal berdiameter 25 cm.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

Penanaman

penanaman-paprika

Untuk cara menanam paprika kemudian yaitu transplanting atau pemindahan bibit ke dalam media tanam. Wajib menanti bibit berusia 30 hari tujuannya supaya bibit kuat dan bibit tumbuhnya lebih gede.

Transplanting lebih bagus dikerjakan di waktu senja hari karena suhu rendah atau tidak terlau panas sehingga bibit tidak layu karena respirasi tinggi. Setelah ditanam, siram dan taruh bibit di tempat yag teduh. Jika tanaman sudah segar, dapat dipindah di tempat terbuka.

Perawatan

Setelah ditanam, untuk pemeliharaannya yang utama ialah perlu membuat kayu penyangganya. Gunanya ialah supaya paprika sangat sulit roboh diterpa angin. Selanjutnya cara menanam paprika di polybag dengan menyiram setiap pagi dan senja hari. Penyiramannya dipaskan dengan situasi lingkungan, seandainya hujan cukup sehari sekali saja.

Bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman supaya tak mengacau tanaman. Lakukan juga pemberian pupuk sehabis kurang lebih 20 hari dari hari pemindahan bibit ke media tanam yang gres dan lakukan pemberian pupuk setiap 20 hari sekali hingga siap untuk diunduh.

Cara menanam paprika yang bagus bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kompos, pupuk kurungan dll maupun menggunakan pupuk kimia n-p-k.

Pemanenan

Cara menanam paprika yang bagus maka bunga muncul sesudah tanaman berumur 2,5 hingga 3 bulan. Bunganya kecil-kecil berwarna putih. Umur satu hari, bunga akan layu dan muncul bakal buah. Buah siap diunduh dan dipetik sesudah 2 minggu dari bakal buah muncul. Tandanya buah berwarna merah, kuning atau hijau terang berdasarkan varietas.

Pemilik bisa memahami bagaimana paprika siap untuk diunduh dengan dua cara yakni dengan diketuk dan ditekan. Bila buah diketuk dan menjadikan bunyi nyaring, maka paprika siap untuk di panen. Dengan cara ditekan, yakni ketika menekan paprika dan bentuknya tidak berubah maka siap untuk diunduh.

Paprika yang telah matang cara memetiknya dengan memetik buahnya beserta tangkainya. Setelah dipetik simpanlah pada suhu cukup sejuk agar kualitas dari buah paprika tetap terjaga dengan baik.

Penanggulangan hama dan penyakit

Hama dan penyakit tanaman ini sangat mirip hama dan penyakit pada tanaman cabai. Antara lain, ulat pekonsumsi daun dan buah, pengendaliannya cukup secara mekanis atau manual.

Cara menanam paprika di polybag untuk mengatasi hama memakai racun hama buatan. Resep membuat insektisida buatan/herbal. Bahan, 3 siung bawang putih dilumat dan digabung dengan 1 cangkir air tembakau.

Cara pemakaian/ aplikasi, bahan yang telah digabung tadi ditambahlah dengan 15 liter air lalu dilakukan penyemprotan pada daun atau buah yang terdapat ulatnya. Maka ulat akan kabur dan tak mungkin mau makan tanaman paprika.

Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag Agar Berbuah Melimpah

Jenis – Jenis Paprika

jenis-paprika

Warna pada paprika juga memilih kandungan vitaminnya. Paprika hijau mempunyai kandungan vitamin A, C, dan B6 kaya vitamin daripada paprika kuning, khususnya pada vitamin C. Paprika merah punya nutrisi amat sering, jika dibandingkan dengan paprika hijau dan kuning, khususnya vitamin A 11 kali lebih banyak daripada paprika hijau.

Semua jenis paprika kaya akan vitamin A, B dan C, hanya jumlahnya saja tidak sama berdasarkan dari warna tersebut. Belum lagi nutrisi lain seperti serat dan protein juga ada pada paprika, jadi tambahlah juga paprika pada hidangan.

Berikut jenis – jenis paprika berdasarkan warnanya :

Paprika hijau

Merupakan paprika muda yang telah diunduh ketika masih mentah. Rasanya sedikit manis dan terkadang mempunyai rasa sedikit pahit, dengan aroma lebih langu. Teskturnya renyah dengan takaran air lebih sedikit.

Paprika kuning

Adalah paprika hijau yang telah matang, sehingga menjadi berwarna kuning. Rasanya menjadi lebih manis dibandingkan dengan paprika hijau, dengan tekstur yang juga renyah dan kadar air sedikit.

Paprika orange

Sebelum akhirnya memerah, paprika kuning akan menjelma oranye sebelumnya. Paprika oranye mempunyai rasa manis dengan takaran air lebih banyak dibandingkan paprika kuning. Teksturnya renyah dan mempunyai kandungan vitamin lebih banyak.

Paprika merah

Merupakan paprika yang telah matang sempurna. Rasanya paling manis di antara jenis lain. Dengan tanpa sisa rasa pahit. Teskturnya lebih halus yang terkandung air lebih banyak, serta kandungan vitamin paling lengkap dibandingkan jenis lainnya.

Itulah pebedan paprika hijau, kuning, dan merah. Sesuaikan pemakaiannya pada kuliner, karena beda warna beda juga rasanya. Untuk anak, juga bisa siasati dengan menambahkan parika merah dan kuning pada kuliner, rasanya lebih manis dan disenangi anak-anak.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment