Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Cara menanam rumput gajah mini untuk taman agar cepat tumbuh – Rumput gajah mini memang mempunyai pesona tersendiri bagi para desaigner eksterior rumah untuk menambah kesan asri pada rumah hunian. Daunnya yang kecil memperkecil pemeliharaan sehingga tidak merepotkan atau menyita banyak waktu.

Untuk memperoleh rumput gajah mini tersebut dengan merogoh kocek cukup dua puluh ribu per meter perseginya. Cukup murah bukan dibandingkan dengan hasilnya yang bisa menjadikan rumah lebih asri dan hijau jauh dari kesan gersang.

Cara Budidaya Rumput Gajah Mini Yang Benar

cara-menanam-rumput-gajah-mini

Cara penanaman tanaman satu ini amat gampang ini justru dapat memberikan keuntungan tersendiri. Dilihat dari namanya saja sudah jelas memperlihatkan fisik tanaman yang juga mini sehingga membuat banyak orang penasaran dan tentunya juga dapat menanamnya sendiri secara gampang.

Bagi yang telah penasaran dan ingin tahu lebih jelas perihal rumput gajah mini ini maka langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Mempersiapkan media menanam rumput gajah mini

Pertama yang dilakukan ialah dengan mencangkul tanah supaya gembur yakni tidak keras alias lunak, ini bertujuan supaya akar rumput gampang berkembang.

Untuk mempersiapkan media menanam rumput gajah mini tentu tanah yang digemburkan harus berukuran ideal. Mengenai kedalaman tanah yang perlu digemburkan bisa dikurang lebih saja, seberapa panjang bisa saja rumputnya.  Cara mengira-ngiranya ialah melihat sample dan perhatikan panjang akarnya.

Kalau semisal ada yang punya taman tapi belum ada tanahnya gimana? Maksudnya baru ada bangunan  taman (baik kayu ataupun semen) tapi belum dikasih tanah.

Bisa mengambil tanah dari sawah lalu menyaring batunya supaya tak ikut masuk ke taman. Bisa memakai strimin besi untuk menyaring.

Cara Menanam Bunga Lavender di Pot

Cara Pemupukan Rumput Gajah Mini

Sesudah tanah sudah gembur atau empuk saatnya untuk memupuk. Penerapan cara pemupukan ini penting karena penanam kurang subur (kurang berhasil ) akan menyebabkan kegagalan.

Untuk waktu pemupukan rumput gajah mini sangat dianjurkan dilakukan sebelum proses penanaman. Selain hal tersebut mempermudah proses pengerjaan juga meminimalisir rumput mati jika terkena uap pupuk kompos yang panas.

Langkah Menanam rumput gajah mini

langkah-menanam-rumput-gajah-mini

Untuk metode setelah pengerjaan waktu pemupukan rumput gajah mini selesai dengan benar maka selanjutnya bisa memulai menanam.

Untuk memulai penanaman terbagi menjadi beberapa tahap yang saling berkesinambungan. Berikut adalah langkah menanam rumput gajah mini yang baik :

  1. Gemburkanlah tanah yang akan ditanamai rumput gajah mini. Cara menggemburkan tanah dengan mencangkul dan membolak balikkannya hingga mencapai kedalaman dua puluh cm. Setelah gembur, ratakan tanah itu kembali.
  2. Potong kecil atau cacah rumput tersebut hingga berukuran lima centi saja.
  3. Untuk hasil maksimal, tanamlah potongan rumputtersebut di dalam tanah yang sudah digemburkan tadi dengan pola zig zag. Hal ini memiliki tujuan supaya pada saat tumbuh bisa berkembang dengan rapi dan rapat.
  4. Agar rumput itu dapat menyatu, maka puk puk daunnya tersebut hingga akarnya sudah beneran menempel di dalam tanah.
  5. Setelah itu tindihlah dengan memakai balok kayu. Jika permukaannya sudah rata, maka balok kayu itu dapat diangkat.
  6. Kemudian dapat menambahkan pupuk urea dan juga pupuk npk yang bisa di kasihkan pada usia yang telah menginjak 2 minggu. Tujuan dari cara penanaman ini untuk merangsang proses perkembangan menjadi lebih meningkat.
  7. Lakukanlah proses penyiraman secara teratur pada pagi dan juga senja hari. Dalam proses penyiraman ini dapat memakai gembor, selang kecil atau juga semprotan lembut.
  8. Dipastikan supaya tidak ada hewan seperti ayam yang berkeliaran pada halaman. Jika hal ini tidak bisa dihindari maka antisipasi dengan memakai daun kelapa atau juga blarak supaya dapat menghindari cakaran ayam.
  9. Salah satu hal yang sangat perlu pada proses penanaman rumput ini yakni proses pencahayaan. Seandainya tidak memperoleh pasokan cahaya yang cukup maka tanaman ini akan tumbuh memanjang.
  10. Proses berikutnya yakni dengan memperhatikan eksistensi gulma yang bisa merusak perkembangan rumput. Jika ternyata terdapat gulma maka dapat mencabutnya hingga tuntas ke bagian akarnya.

Cara Budidaya Cabe Keriting di Polybag

Hal yang Perlu diperhatikan Saat Penanaman

Pastikan untuk menghindari pejalan kaki yang melintas di area tanaman rumput gajah mini ini supaya hasilnya menjadi maksimal. Karena seandainya terinjak oleh kaki sangatlah jelas dapat membuat perkembangan rumput menjadi terhambat.

Hal ini wajib dicegah hingga perakaran rumput gajah mini benar benar tumbuh sempurna. Seandainya memang hal ini tidak dapat dihindari maka dapat memakai pijakan kaki yang dibangun dari batu sebagai solusi supaya tidak rusak.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Kelebihan rumput gajah mini daripada rumput biasa

Ada pesona tersendiri yang di munculkan oleh rumput gajah mini ini dan terlebih bagi para designer yang kerap mengobati bagian eksterior rumah untuk memberikan kesan asri.

Kelebihan rumput gajah mini daripada rumput biasa yang utama adalah bentuk daunnya yang ukurannya kecil. Sehingga tak mungkin membuat kerepotan dalam mengurus rumput tipe ini.

Untuk memperoleh rumput mini sekilas memang nampak murah yakni dibanderol dengan harga yang hanya lima belar ribu saja tetapi harga itu hanya untuk setiap meter perseginya.

Tentunya akan lebih hemat jika membuatnya sendiri. Proses penanaman rumput gajah mini ini memang amat gampang sekali.

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Tips menanam rumput gajah mini agar sukses

Ada baiknya dalam proses menanam rumput gajah mini dilakukan saat musim hujan. Tujuannya supaya pada saat penanaman, rumput ini bisa memperoleh banyak suplay air.

Pastikan jangan menanamnya pada tanah yang tandus dan gersang. Jika tanah tandus dan gersang, maka beri pupuk kandang lalu diamkan selama satu minggu.

Hal ini mempunyai tujuan supaya tanah mempunyai nutrisi yang cukup yang akan menunjang perkembangan rumput yang akan ditanam. Untuk tips menanam rumput gajah mini agar sukses terakhir bisa memualai gemburkan tanah dan menanami rumput.

Demikian beberapa langkah dan cara menanam rumput gajah mini untuk taman agar cepat tumbuh. Jika memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang telah tersedia, terima kasih.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment