Cara Menanam Sawi di Sawah

| |

Sawi merupakan keluarga dari tanaman marga brassica artinya bagian yang dipakai sebagai bahan pangan yakni daun dan bunganya. Baik dimakan dalam kondisi belum matang maupun sudah diolah.

Tumbuhan sawi hijau atau sering dikenal dan disebut juga dengan caisin termasuk dalam tipe sayuran yang banyak dimakan terutama di indonesia. Tumbuhan ini umumnya dipakai sebagai bahan tambahan sayuran atau sebagai makanan penutup dan bisa juga dipakai untuk kebutuhan lain sebagainya.

Cara Menanam Sawi Putih dan Sendok di Sawah

Metode dalam menanam sawi putih sama saja dengan sawi sendok karena tanaman ini adalah sejenis. Yang dapat ditanam di sepanjang musim dan tahun serta bisa juga hidup di beraneka tempat, sehingga tumbuhan ini banyak ditanam dan dibudidayakan oleh para petani.

Menanam tumbuhan sawi di area ladang, sawah ataupun halaman rumah. Salah satu alasan lain ialah karena metode bercocok tanam sawi putih terbilang mudah dan juga mempunyai pasar yang cukup menguntungkan.

Metode bercocok tanam sawi terbilang mudah dan tidak tidak sama dengan tanaman lain yang setipe ataupun masih satu keluarga seperti lobak, brokoli dan kubis. Namun tentunya jika melakukannya dengan asal-asalan, hasil akan kurang maksimal dan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Di sini kami akan memberikan tips dan juga prosedur metode bercocok tanam sawi hijau dengan baik dan benar supaya hasil yang didapatkan nantinya dapat maksimum dan berkualitas tinggi.

Membuat Lahan Tanam Ideal untuk sawi

Tahap kemudian ialah pengolahan lahan tanam sehingga menghasilkan kondisi ideal untuk tumbuhan sawi. Hal yang perlu dilakukan yakni mencari tempat/lokasi cocok sebagai lahan pertanian sawi. Sesudah tempat/lokasi ditemukan tahap kemudian melakukan pembersihan lahan dari rumput, limbah maupun tanaman berpotensi mengganggu perkembangan.

Baiklah sesudah semua tahap diatas selesai, akan masuk ke tahap pengolahan yang paling penting. Mari perhatikan step by step-nya dibawah ini :

Cara pengolahan lahan untuk cara menanam sawi putih:

  1. Siapkan cangkul, lalu gemburkan setiap tanah yang akan dipakai sebagai lahan tanam.
  2. Kemudian bisa menambahkan pupuk kandang dalam proses penggemburan tanah yang tujuannya supaya pupuk dapat tercampur merata dengan tanah.
  3. Periksa ph tanah yang akan dipakai sebagai lahan tanam, jika ph tanah kurang 5 maka tanah tersebut tidak layak dipakai sebagai lahan taman. Namun tenang saja masalah itu dapat diatas dengan menaburkan kapur didaerah lahan tanam tersebut.
  4. Buatlah bedengan lebar 125 cm serta panjang sesuai jumlah tanaman yang akan ditanam. Pastikan tinggi bedengan mencapai 30 cm supaya proses mengairan mudah, tujuan supaya tanaman dapat dirawat secara penuh.
  5. Sesudah pembuatan bedengan selesai bisa membuat lubang tempat tanam. Jarak satu lubang dengan lubang lain sebagainya kurang lebih 5-10 cm.

Cara Menanam Bawang Merah

Memilih bibit sawi berkualitas unggulan

 

Salah satu faktor penting untuk menunjang kesuksesan bertani ialah proses pemilihan benih sawi yang tepat dan berkualitas. Memilih benih bagus tentunya akan memudahkan dalam cara menanam sawi putih.

Serta akan memudahkan untuk memperoleh hasil yang bagus dan maksimal nantinya. Benih sawi yang bagus umumnya memiliki bentuk bundar dengan diameter kecil. Warna kulit bibit coklat kehitaman, sedikit keras dan permukaannya licin mengkilap.

Memperoleh bibit tersebut bisa di toko tanaman ataupun toko pertanian. Umumnya untuk setiap satu hektar lahan, diperlukan sekitar 750 gram bibit.

Cara Menanam Cabe Merah

Penyemaian bibit sawi dengan tingkat tumbuh tinggi

Ada banyak proses yang mesti dikerjakan dalam tahap pembibitan untuk cara menanam sawi sendok di sawah. Seperti membuat tempat persemaian dengan mempergunakan batang bambu. Kemudian batang bambu tersebut ditutup dengan memakai plastik polietilen.

Selanjutnya taburkan pupuk kandang, tsp, dan pupuk urea pada bedengan yang telah dibuat. Langkah ini mesti dikerjakan 2 minggu sebelum penaburan benih dimulai. Bila telah siap, biji sawi siap ditanamkan pada tiap-tiap lubang di bedengan itu.

Lalu diamkan tumbuh sampai memiliki 3 daun baru. Baru setelah itu bibit bisa ditempatkan ke rumah semai yang telah dibuat terlebih dahulu. Setidaknya perlu waktu menunggu selama 4 minggu hingga bibit siap untuk ditempatkan ke bedengan.

Cara Menanam Jeruk Limau

Langkah menanam sawi yang benar

Cara menanam sawi sendok di sawah berikutnya sedikit lebih mudah tetapi perlu ketelitian yang tepat. Hal ini karena jika calon tanaman ditempatkan asal-asalan akan mengganggu proses perkembangan.

Baiklah langsung saja ini ialah cara memindahkan tanaman sawi dari media penyemaian ke media lahan tanam. Pertama pilih yang telah mempunyai daun 3-4 helai sesudah itu cabut. Wajib waspada dalam mencabut sawi sendok serta pastikan supaya akar tetap utuh.

Sesudah tanaman dimasukkan ke lubang yang telah disiapkan, tutup memakai tanah tipis saja. Terakhir ialah proses penyiraman supaya memperoleh asupan air yang cukup.

Cara Menanam Jagung Manis

Perawatan yang diperlukan untuk sawi

Cara menanam sawi putih di sawah kemudian bisa dibilang sangat penting, yakni pemeliharaan tanaman. Hal pertama yang wajib diperhatikan dalam memelihara sawi putih ialah proses penyiraman yang dikerjakan.

Proses tersebut berdasarkan dari musim saat kita menanam. Saat musim hujan, maka penyiraman dapat dikerjakan sekali sehari ataupun sekali setiap dua hari. Jika musim kemarau, makan dikerjakan penyiraman setiap hari atau sesuai dengan keperluan dari si tanaman. Selain itu juga dikerjakan pembersihkan secara bersiklus dari tanaman liar atau gulma dan juga dari hama tanaman yang mengganggu.

Pemberian pupuk juga dikerjakan sesudah 3 minggu masa tanam memakai pupuk urea sekitar 50 kg untuk satu hektar lahan. Cara pemberian pupuk dikerjakan dengan menggunakan cara penyiraman memakai air yang sudah digabung dengan pupuk tersebut.

Cara Menanam Kacang Panjang Organik

Umur sawi siap panen

Sebelum melakukan proses pemanenan perlu diketahui pada umur berapakah sawi putih maupun sendok memasuki usia siap panen. Proses ini sangat ditunggu-tunggu oleh para petani, tetapi jika  dikerjakan secara asal-asalan maka sayuran tak mungkin tahan lama.

Pastikan sayuran sawi yang akan dipanen berumur 50 hari, potong pangkal memakai pisau lalu ikat memakai tali setiap 100 gram. Setelah itu letakkan sayuran sawi pada tempat yang sejuk tetapi tetap kering.

Previous

Cara Menanam Tomat Di Pot

Cara Menanam Bawang Putih di Pot

Next

Leave a Comment