Cara Menanam Singkong

Cara menanam singkong yang baik – Singkong tanaman yang mempunyai nama ilmiah manihot utilissima  ini bisa tumbuh mencapai tinggi tujuh meter. Ukuran singkong yang dapat diperoleh dapat mencapai panjang 50 sampai 80 cm.

Tanaman singkong ini mempunyai bentuk daun yang menjari dan akan berkurang jumlahnya ketika mendekati masa panen.

Untuk eksistensi singkong ini sendiri telah tersebar ke beragam belahan dunia yang mempunyai iklim tropis. Indonesia menjadi negara dengan peringkat ke-3 sebagai negara produksi singkong terbesar di dunia sesudah nigeria dan brasil berikut cara menanam singkong sampai panen

Cara menanam singkong Yang Baik

cara-menanam-singkong-agar-hasil-melimpah

Tumbuhan satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para petani. Sifatnya yang memiliki harga stabil tinggi sehingga banyak para petani berlomba mencari cara menanam singkong yang baik dan benar serta menghasilkan panen yang melimpah.

Singkong juga banyak yang bisa dimanfaatkan seperti daunnya juga buahnya. Buahnya dapat dimanfaatkan sebagai keripik untuk camilan, diolah unruk diambil ragunya.

bahkan sampai dikonsumsi hanya dengan menggoreng atau mengukusnya. Daunnya pun juga dimanfaatkan para ibu-ibu untuk sayur, ditumis ataupun disayur santan.

Pengolahan Lahan Ideal untuk Tanam Singkong

Bisa dikatakan singkong bisa tumbuh dimana saja. Tetapi supaya berproduksi optimal, memerlukan pengolahan lahan agar ideal untuk tanam singkong.

  1. Suhu udara minimal 10 derajat celcius, serta bisa tumbuh baik pada tanah berketinggian maksimal 1500 mdpl. Tetapi idealnya pada ketinggian 10 – 700 mdpl.
  2. Untuk awal dari keberuntungan dibutuhkan lahan untuk menanam singkong yang baik.
  3. Ph tanah yaitu antara 6.5 – 7.5. Dengan curah hujan 1500 – 2500 mm/tahun, dan kelembabab 60 – 65%.

Sebelum ditanam bakal calon singkong, lahan sebisa mungkin diolah sebelumnya, dengan tata cara:

  • Pilih tanah terbuka dengan terik matahari seharian,
  • Bersihkan tanah dari bebatuan dan tanaman liar.
  • Bajaklah tanah supaya gembur,
  • Jika ph tanah di bawah 6.5, taburkan kapur dolomit.
  • Buatlah bedengan (parit) berjarak 50cm, bedengan dibutuhkan kareana tanaman ini tidak sangat suka tanah yang becek dan berair. Supaya tidak tergenang di kala hujan, maka bedengan / parit ini perlu dibuat.
  • Jika lahan masih juga kurang subur, boleh diberi pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya,
  • Biarkan lahan kira-kira selama 10 hari.

Cara Menanam Kacang Panjang Organik

Memilih bibit singkong berkualitas baik dan unggulan

cara-menanam-singkong-yang-baik

Singkong berkawin salah satunya menggunakan cara stek atau batang. Berikut adalah cara memilih bibit singkong berkualitas baik dan unggulan supaya hasilnya optimal :

  1. Pilih bibit cukup umur 10 – 12 bulan, berbatang besar, bebas dari penyakit dan mempunyai tunas rapat.
  2. Batang yang baik ialah bagian tengah. Yakni 30cm di bawah daun terbawah masih melekat ketika diunduh.
  3. Buatlah batang bibit berukuran 20cm, dan bagian bawah potongan miring. Karena selain gampang ditanam, juga untuk menunjang perkembangan akar karena berpenampang cukup luas.

Proses menanam singkong yang benar

Langkah menanam singkong tak harus susah-susah, cukup tancapkan saja batang yang telah dipotong-potong tadi pada lahan gembur atau sudah dibuat bedengan.

Agar proses menanam singkong yang benar dapat optimal maka bisa memulai dengan mengatur jarak tanam kurang lebih 60cm sesuai besarnya ukuran bibit yang ditanam. Jika bibit singkong berasal dari bibit berbuah besar, maka bisa dilebarkan lagi jarak tanamnya.

Penanaman wajib memperhatikan musim dan curah hujan. Pada lahan tegalan/kering, waktu tanam singkong paling baik ialah awal musim penghujan atau sesudah penanaman padi. Jarak tanam yang dipakai pada pola monokulturan ialah 80 x 120cm.

Sebelum bibit ditanam disarankan supaya bibit direndam sebelumnya menggunakan pupuk hayati sot hcs yang sudah digabung air selama 3-4 jam.

Setelah direndam dan mengetahui waktu tanam singkong paling baik  bisa dilakukan penanaman di lahan. Cara penanaman dikerjakan dengan meruncingkan ujung bawah stek ketela pohon.

Selanjutnya tanamlah sedalam 10 cm atau kira-kira 1/3 bagian stek tertimbun tanah. Bila tanahnya keras/berat dan berair/lembab, stek ditanam saja.

Cara Menanam Jagung Manis

Cara merawat singkong agar berbuah lebat

Dalam cara menanam singkong yang baik wajib diberikan pemeliharaan supaya mampu berbuah banyak dan subur. Di usia 0 sampai lima bulan, lakukan penyiraman di pagi dan senja hari, untuk mempertahankan kelembaban tanah serta ketersediaan air.

  • Di 7 – 10 hari, buanglah tanaman yang mati, tidak tumbuh tunas, atau tidak tumbuh secara baik. Buanglah tanaman pengganggu atau gulma di dekat tanaman singkong. Untuk skala kecil dapat dikerjakan secara manual.
  • Namun untuk skala besar, bisa dibantu menyemprotkan herbisida dosis rendah secara hati-hati. Jangan sampai terkena batang atau daun, karena dapat mempengaruhi perkembangan umbi singkong.
  • Tips jitu sebagai langkah cara merawat singkong agar berbuah lebat yakni melakukan perempelan. Saat tunas mencapai 25cm, lakukan perempelan yaitu melekatkan tanaman singkong dengan mata tunasnya. Tanaman yang mempunyai banyak tunas dibuang saja atau sisakan 2 tunas saja setiap pohon, prioritasnya ialah tunas yang berada paling atas.
  • Di usia dua sampai tiga bulan, jika tanaman kurang subur, lakukan pemberian pupuk susulan dengan pupuk yang terkandung unsur n, p dan k dosis berstabil. Taburkan pupuk secara hati-hati di sekeliling tanaman berjarak 25cm dari tanaman.
  • Dan setelah pemberian pupuk susulan, lakukan penggemburan tanah dengan mengambil tanah di dekat parit ke sekeliling batang, supaya ubi singkong berbuah banyak, besar dan berkualitas.

Cara Budidaya Kacang Tanah Organik

Pemupukan dan pengairan Menanam Singkong

cara-menanam-singkong-yang-benar

Pemupukan dan pengairan dalam menanam singkong perlu dikerjakan dengan pupuk kandang yang sudah diolah sebelumnya menggunakan pola hcs. Jika pupuk kandang berasal dari ternak yang belum memakai soc hcs, maka dibutuhkan 2 ton per hektar. Namun jika tinja asalnya dari ternak yang sudah menggunakan soc hcs, maka keperluan per hektar hanya 8 kwintal.

Kondisi lahan ketela pohon dari awal tanam sampai umur 4-lima bulan hst (hari setelah tanam) selalu daam suasana lembab, tapi tidak terlalu becek. Pada tanah kering perlu dikerjakan penyiraman dan pengairan.

Pada musim kering, penyiraman dikerjakan menggunakan cara menyiram langsung, tetapi metode ini dapat merusak gundukan tanah di pangkal pohon. Lebih berkualitas ialah menggunakan system genangan bertujuan supaya air dapat meresap ke tanah.

Cara Menanam Jeruk Limau

Usia singkong siap panen

Ketela pohon dapat diunduh pada saat perkembangan daun bawah mulai berkurang. Setelah usia singkong siap panen tercukupi maka akan nampak warna daun mulai menguning dan banyak yang rontok. Umur panen tanaman ketela pohon telah mencapai 6-8 bulan untuk varietas genjah dan 9-12 bulan untuk varietas dalam.

Ketela pohon diunduh menggunakan cara mencabut batangnya dan umbi yang tertinggal diambil menggunakan cangkul atau garpu tanah.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment