Cara Mudah Menanam Strawberry Agar Berbuah Melimpah

Cara Mudah Menanam Strawberry Agar Berbuah Melimpah – Buah strawberry merupakan buah berwarna merah ketika sudah masak namun saat masih berkembang berwarna hijau keputihan. Buah ini memiliki rasa segar, manis namun disertai agak masam. Strawberry dapat dikonsumsi secara langsung ataupun sebagai jus. Selain itu penggunaannya juga bisa untuk mempercantik masakan ataupun kue.

Buah ini selain memiliki penampilan cantik dan menarik, juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena di dalam buah strawberry terdapat banyak kandungan gizi di antaranya antioksidan, senyawa tumbuhan, mangan serta vitamin C.

Cara Menanam Strawberry

 

cara-menanam-strawberry-dipot

 

Adanya kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan manusia. Manfaat antioksidan seperti flavonoid, fitokimia denolik serta asam elegat pada buah ini dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin C, folat, kuersetin dan kaempferol juga dapat mencegah penyakit kanker. Serta masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Untuk menikmati buah ini bisa menanam sendiri di halaman rumah agar tidak perlu jauh – jauh untuk membelinya. Berikut cara menanam buah strawberry:

Syarat tumbuh tanaman strawberry

Buah ini dapat tumbuh di manapun dengan perawatan baik, namun agar memperoleh hasil maksimal sebaiknya ditanam pada dataran tinggi 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.

Tanaman ini tidak baik jika kelebihan air, sehingga scara menanam strawberry agar tumbuh dengan baik jika curah hujan datang setiap hari. Curah hujan yang dibutuhkan untuk menghasilkan warna serta rasa sempurna yakni 600 – 700 mm per tahun.

Buah ini tergolong tanaman subtropis yang bisa tumbuh baik di Indonesia. Namun untuk hasil maksimal lebih baik pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius. Dengan tingkat kelembapan udaranya antara 70 – 80%, serta ph tanahnya 6,5 – 7,0.

Hal yang paling penting adalah usahakan agar tanaman ini mendapat sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya.

Menyiapkan bibit

Sebelum dikerjakan penanaman, cara menanam strawberry di pot sebaiknya melakukan penyemaian. Penyemaian biji strawberry dapat memakai toples, wadah plastik atau lain sebagainya yang mempunyai warna putih atau hitam.

Jangan memakai wadah yang mempunyai warna. Cuci wadah tersebut sampai beneran bersih. Masukan dua lapis tisu ke dalam wadah, juga bisa lebih. Lalu basahi tisu dengan memakai air mineral.

Basahi tisu sampai basah jangan sampai tergenang. Jangan memakai air keran atau air sumur, karena air tersebut mengandung zat yang dapat menghambat perkembangan benih strawberrynya.

Taburkan biji strawberry di atas tisu. Usahakan tidak ada biji yang melekat. Jadi semua biji wajib beneran terpisah. Berikan jarak agar biji bisa tumbuh dengan baik. Tutup wadah tersebut dengan rapat.

Kemudian letakkan di daerah yang tidak terjadi terik matahari. Selalu control wadah setiap harinya. Bisa juga 3 sampai 4 hari sekali. Usahakan tisu wajib tetap basah dan lembab.

Biasanya biji strawberry perlu waktu 2 minggu untuk berkecambah. Jika akar sudah memiliki panjang sekitar 5 mm sampai 1 cm, berati sudah siap untuk dipindah ke media pot.

Cara Menanam Buah Naga

Persiapan media tanam

persiapan-media-tanam

Cara menanam strawberry di polybag setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah yang sudah digemburkan dandiayak dan pupuk kompos atau pupuk kandang serta arang sekam dengan perbandingan masing-masing 2:1:1.

Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang dijadikan wadah tampung tanaman sampai terisi 2/3 bagian. Sebelum ditanam benih strawberry. Diamkan media tanam tersebut selama 1 minggu. Supaya media tanam lebih tercampur dan lebih lembab pada bagian dalamnya.

Proses penanaman

Jika bibit strawberry yang disemaikan sudah siap, kini saatnya cara menanam strawberry di pot ditempatkan ke media tanam yang telah dibuat. Cabut dengan hati-hati dari tisu sebagai media penyemaiannya. Masukan ke dalam lubang media tanam.

Satu pot cukup diberi isi 2 benih saja. Pada saat pemindahan, jangan sampai akarnya rusak. Proses penanaman yang bagus ialah di pagi hari. Supaya benihnya sangat sulit layu. Pada sebelah atas tutupi dengan memakai abu sekam. Supaya buah strawberry sangat sulit membusuk. Lakukan penyiraman secara teratur dua kali sehari.

Perawatan

Setelah buah ditanam dalam cara menanam strawberry di polybag proses yang paling menentukan hasil adalah perawatan. Berikut langkah perawatan tanaman buah stroberi :

Penyiraman

Siram tanaman strawberry dengan embrat secara teratur. Lakukan penyiraman secara bersungguh-sungguh, bila perlu buat jadwal. Pastikan untuk menjaga angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering.

Pengendalian hama dan penyakit

Selain disiram, juga wajib memperhatikan eksistensi hama. Jika nampak ada hama melekat pada tanaman, langsung dibuang. Atau juga bisa menyemprotkan pestisida yang direkomendasikan untuk tanaman strawberry. Usahakan supaya strawberry tidak diganggu oleh burung merpati atau lainnya.

Pemupukan

Pohon strawberry yang lagi ditanam sesudah memasuki usia 2 bulan wajib diberikan pupuk untuk menjaga kekuatan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Saat melakukan pemberian pupuk dalam cara menanam strawberry, pastikan supaya pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.

Perempelan

Proses perampelan dikerjakan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman lebih tersebut ialah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (biasanya merunduk) pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut dapat ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.

Cara Praktis Menanam Jambu Biji Di Halaman Rumah

Langkah mempercepat tanaman berbuah

mempercepat-berbuah

Agar cara menanam strawberry di polybag sangat cepat berbuah, selain melakukan penyiraman dan pemberian pupuk secara teratur, juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan penggemburan dan penyiangan.

Penggemburan dan penyiangan, merupakan kegiatan yang tergolong penting. Cara menanam strawberry dengan kegiatan ini dinilai dan malahan diyakini oleh banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh muka bumi.

Penggemburan disini yakni menggemburkan lahan dengan menggunakan cara dicangkul kecil-kecil secara selektif, jangan sampai melukai akar tanaman.

Sementara penyiangan dikerjakan dengan menggunakan cara mencabut rumput-rumput lihar pada tanah dengan maksud untuk mempertahankan lahan atau media tanam selalu bersih sehingga dapat terlepas dari perkembangan jamur, penyakit.

Pemberian fitohormon

Banyak petani holtikultura memahami teknik memperbanyak hasil buah yaitu dengan memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut umumnya diinjeksikan atau disuntik di bagian batang tanaman. Hormon yang digunakan ialah hormon gas etilen yang akan memperlancar proses pematangan buah pada pohonnya.

Selain gas etilen, umumnya juga dipakai hormon indol asam aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tanaman serta menciptakan buah yang banyak dan lebat.

Fitohormon merupakan sekelompok senyawa organik yang terbentuk secara alami maupun diracik sendiri oleh manusia. Di dalamnya terdapat kadar yang mampu mendorong, menghambat, atau merubah tumbuh kembang, dan pergerakan tanaman.

Fitohormon bisa didapatkan di toko tanaman. Sebelum memakainya, bisa konsultasikan pada lembaga dinas pertanian setempat.

Pemanenan

Setelah berusia 2 bulan, bahkan kurang, cara menanam strawberry di pot telah mampu diunduh. Semuanya bergantung dengan bagaimana pemeliharaannya. Tanaman strawberry yang telah mampu diambil buahnya memiliki beberapa ciri umum seperti daging buah terasa kenyal dan empuk saat dipegang.

Jika digigit memiliki rasa sedikit asam. Kulit buahnya sudah berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan.

Pemanenan buah strawberry dikerjakan dengan memakai gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Petik buahnya dengan alat tersebut, lalu cuci dan dikeringkan memakai angin.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment