Cara Menanam Sukun Di Halaman Serta Peluang Bisnisnya

Sukun atau biasa disebut buah roti oleh orang Eropa sebab buahnya tidak berbiji dan mempunyai bagian empuk mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Pohon sukun adalah pohon yang dapat mencapai tinggi hingga 3 m, namun saat di pedesaan hanya mencapai belasan meter tingginya.

Buah ini merupakan bahan pangan penting sebagai sumber karbohidrat di berbagai kepualuan di daerah tropic terutama asia tenggara serta pasifik. Asal dari tanaman sukun  adalah diperkirakan dari kepulauan nusantara sampai papua.

Cara Menanam Sukun di Halaman Rumah

Kemudian bermigrasi dibawa oleh suku Austronesia sekitar 2000 tahun sebelum masehi, lalu menyebar ke pulau – pulau pasifik. Untuk penyebaran ke jawa dari Maluku diperkirakan pada masa perdagangan rempah pada akhir zaman majapahit.

Persebaran sukun ke Negara barat, Malaysia, india, srilangka, Mauritius pada tahun 1750 – 1800 dipengaruhi oleh kolonialisasi bangsa eropa. Selanjutnya  pada 1899 buah ini tiba di afrika hingga kini telah menyebar ke berbagai belahan dunia khususnya daerah tropis.

Untuk dapat menanamnya berikut cara menanam sukun di halaman :

Syarat tumbuh

Tanaman sukun baik diternakkan di dataran rendah hingga ketinggian 1200 m dpl berjenis iklim basah. Cara menanam sukun di halaman dengan memiliki curah hujan antara 2.000-3.000 mm per tahun.

Tanah aluvial memiliki beragam bahan organik disukai oleh tanaman sukun. Derajat keasaman tanah seldtar 6-7. Jenis tanaman ini relatif toleran terhadap ph rendah, relatif tahan kekeringan, dan tahan naungan.

Di tempat dengan kandungan batu karang dan kadar garam agak tinggi serta sering tergenang air, tanaman sukun masih mampu tumbuh dan berbuah.

Persiapan bibit

Buah sukun adalah salah satu tanaman yang tidak memiliki biji, maka pembibitan sukun ini dapat melakukannya dengan menggunakan cara vegetatif yakni dengan stek pucuk, okulasi, tunas akar ataupun cangkok.

Cara pertama yakni dengan memakai stek pucuk. Dengan cara ini dapat mengobati masalah bibit yang terlalu lama berada di dalam polibag.

Kedua yakni dengan memakai okulasi. Dengan metode ini akan memperoleh bibit yang banyak dalam waktu singkat. Cara kemudian yakni dengan memakai tunas akar alami atau pencangkokan.

Dari beraneka cara yang telah disebutkan, cara menanam sukun di halaman yang terbilang termudah yakni dengan metode stek. Untuk menciptakan panen dengan kualitas di atas rata-rata, maka wajib dipilih benih dari indukan yang mempunyai kualitas di atas rata-rata dan unggul.

Proses penanaman

Tanaman sukun lebih optimal seandainya ditanam pada awal musim penghujan, karena tanaman sukun memerlukan air banyak pada budidayanya. Oleh karena itu tanaman sukun jangan sampai kekeringan.

Untuk cara tanam sukun sebisa mungkin di awal musim penghujan. Penanaman sukun sebisa mungkin dikerjakan di waktu sore hari, hal tersebut memiliki tujuan untuk menurunkan penguapan.

Kali ini cara yang dipakai ialah memakai cara cangkok ataupun stek akar. Akar samping yang tumbuh ditarik ke permukaan, lalu dipotog sepanjang 10-20 cm selanjutnya disemai.

Akar yang muncul ke permukaan tanah sering tumbuh tunas, tunas tersebut nantinya dapat dipotong beserta akar induknya untuk dijadikan bibit.

Setelah bibit telah mencapai ketinggian sekitar 70 cm , bibit dapat ditempatkan ke lahan tanam. Lubang tanam yang dipakai untuk menanam yakni berukuran sekitar 40  x 40 x 30 cm.

Setelah lubang jadi, setiap lubang diberi pupuk kandang matang yakni 10 kg/lubang tanam. Setelah bibit ditanam beri naungan memakai daun kelapa untuk menghindarkan sengatan matahari dan beri air cukup saat musim kemarau.

Cara pemeliharaan

Pemangkasan cabang jarang dikerjakan. Namun, bila proses membentuk cabang belum bagus maka batang utamanya ada baiknya dipangkas supaya bertunas banyak.

Pupuk buatan berupa npk (15:15:15) dikasihkan tiga bulan sekali sejumlah 25-1000 g per pohon setiap tahun sesuai dengan umur tanaman. Setelah tanaman berbuah, pemupukan cukup dikasihkan 1-2 kali pertahun sebelum berbunga dan sesudah panen raya.

Pemanenan

Tanaman ini mulai berbuah pada umur 3-4 tahun. Tanaman sukun dapat berbuah sepanjang tahun. Musim panen terbesar umumnya pada bulan januari-maret.

Buah dapat diunduh setelah benar – benar tua. Hal tersebut ditandai dengan adanya tonjolan kulit buah mulai merata dan buah berwarna kekuningan kusam. Buah sukun yang dibungkus semenjak petil memperlihatkan warna kekuningan bersih dan menarik.

Untuk memanennya buah dipotong pada tangkainya dengan galah yang ujungnya diberi pisau. Untuk menghentikan getah keluar dari tangkai buah dengan cara mencelupkan buah ke dalam air.

Buah dilarang jatuh ke tanah supaya tidak memar. Bagian buah memar menjadi pangkal serangan busuk buah yang menyebabkan buah terasa pahit.

Hama dan penyakit yang menyarang

Hama yang umum menyerang tanaman sukun ialah penggerek batang (xyleberus sp.) Dan lalat buah (dacus sp.).

Pencegahannya dengan cara lubang gerekan pada batang disumbat rapat dengan aspal atau batangnya disiram dengan larutan insektisida sistemik dapat menangani serangan. Hama penggerek ini dapat mematikan pohon.

Oleh karena itu, bila ada serangan wajib cepat diberantas. Penyakit yang umum mengancam tanaman sukun ialah mati pucuk (fusarium sp.), busuk buah lunak (phytophthora palmivora), dan busuk tangkai buah (rhizopus sp.). Namun, penyakit ini belum merupakan ancaman serius.

Bisnis dari buah sukun

Untuk dapat meperoleh manfaat dari buah sukun sebagai salah satu sumber karbohidrat dapat dilakukan dengan menciptakan keaneragaman (diversifikasi) pangan. Selain itu juga dapat memberikan peluang bisnis baru bagi para pelaku yang menjalankannya.

Pada buah sukun terdapat kandungan pati dengan kadar mencapai 75%, glukosa 31%, protein 5% serta lemak 2%. Pengolahan buah sukun sering dijadikan sebagai sumber karbohidrat di beberapa kepulauan di daerah tropis terutama kawasan pasifik dan asia tenggara.

Apabila pada zaman dahulu sukun hanya diolah dengan cara direbus, digoreng, disangrai atau dibakar. Maka sekarang buah ini dapat diolah dengan berbagai inovasi beragam jenis produk makanan sehingga dapat menciptakan bisnis dari buah sukun.

Seperti diolah dengan diiris tipis – tipis lalu diolah menjadi keripik. Ditumbuk halus dan diolah jadi tepung sukun yang dapat digunakan untuk bahan membuat kue dan olahan lainnya.

Apabila ingin memulai bisnis olahan sukun maka berikut adalah poin – poin penting yang perlu dipersiapkan :

  1. Pengadaan barang.

Terdapat dua cara yang dapat dikerjakan untuk memulai usaha aneka olahan sukun agar menghasilkan untung besar. Yakni pertama dengan cara memproduksi sendiri, namun untuk memulai usaha dengan memproduksi sendiri diperlukan banyak waktu serta modal tidak sedikit. Langkah kedua dapat dilakukan dengan cara mengulak langsung pada agen – agen yang memproduksi aneka olahan sukun.

  1. Survey pasar

Setelah melakukan langkah pengadaan produk langkah selanjutnya adalah melakukan survey pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kisaran harga produk sukun di pasaran. Sehingga untuk memulai bisnis buah sukun dapat  menentukan harga produk di pasaran.

  1. Membuat merk atau label

Pembuatan merk atau label berguna untuk mempercantik tampilan produk sekaligus sebagai cirri khas sebuah produk. Buatlah merk atau kemasan semenarik mungkin agar pembeli tertarik untuk membelinya.

  1. Pemasaran

Langkah ketiga adalah menjalin kerja sama dengan beberapa toko di sekitar tempat tinggal untuk membantu memasarkan produk. Sasaran tempat untuk memasarkan produk antara lain toko oleh – oleh, supermarket, kantin sekolah, warung.

Selain itu di jaman serba canggih seperti sekarang ini bisnis buah sukun selain di pasarkan melalui toko – toko juga dapat dipasarkan melalui jual beli online. Seperti facebook atau marketplace.

Last Updated

Leave a Comment