Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag Agar Berbuah Melimpah

Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag Agar Berbuah Melimpah – Terung atau biasa disebut terong merupakan jenis sayuran yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sayur ini adalah kerabat dekat dari kentang dan leunca serta agak jauh dari tomat. Terdapat berbagai warna pada terong yakni ungu, hijau, serta putih.

Di dalam terong terdapat banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Sayuran ini memiliki kandungan kalori dan glikemik rendah. Selain itu kandungan lemaknya juga sangat rendah. Namun kadar air dan serat di dalamnya sangat tinggi.

Cara Menanam Terong Di Polybag

cara-menanam-terong-di-polybag

Juga kaya antioksidan serta memiliki bermacam – macam kandungan vitamin dan mineral. Tidak hanya dalam buahnya saja, namun kulit terong juga mengandung pigmen yakni antosianin yang menjadi antioksidan.

Jika ingin mengambil manfaat dari salah satu sayuran ini maka bisa dengan menanamnya sendiri. Sebab jika menanam sendiri dapat menghindari penggunaan bahan – bahan kimia sebagai pupuk atau lainnya. Sehingga sayuran akan lebih sehat dan manfaatnya pun akan semakin maksimal.

Bagi yang tidak memiliki lahan luas, maka menanam sayur terong dapat dilakukan di polybag ataupun pot. Banyak kelebihan bertanam di polybag daripada di lahan. Salah satunya yaitu dapat mengontrol perkembangan tanaman serta lebih mudah dalam pemeliharaan. Berikut cara menanam terong di polybag :

Menyiapkan bibit

Untuk memperoleh bibit ada dua cara yakni dengan mengambil dari terong yang telah dewasa dan berproduksi atau dengan membeli yang telah siap dibudidayakan.

Ada cara khusus untuk membuat bibit sendiri. Pertama wajib menentukan indukan yang sehat, tidak cacat dan sangat sulit terserang hama penyakit tentunya berproduksi bagus. Langkah memilih bibit langsung dari buahnya untuk cara menanam terong di polybag antara lain :

  • Pilih terong yang akan diambil bijinya untuk pembibitan. Pastikan terong tersebut sehat dan bebas dari hama maupun penyakit.
  • Terong yang telah dipilih biarkan saja masih menempel pada pohon, diamkan hingga terong tersebut matang dan membusuk di pohon.
  • Apabila sudah nampak membusuk, petik dan robek kulitnya untuk diambil biji-bijinya
  • Biji terong yang telah terkumpul diletakkan di atas wadah semisal nampan untuk dijemur di bawah terik matahari langsung selama kira-kira dua jam.
  • Sehabis itu, angkat biji-biji yang sudah dijemur tadi dan pindahkan ke daerah atau ruangan yang tidak terpapar terik matahari langsung selama 4 – 5 hari. Biarkan hingga biji-biji tersebut kering.
  • Setelah kering, bibit sudah siap digunakan. Jika hanya ingin melakukan percobaan. Maka ambil sedikit saja, sisanya simpan di tempat teduh.

Apabila membuat bibit langsung dari terongnya terkesan memakan waktu, maka untuk cara penanaman terong di polybag belilah biji yang sudah jadi dari toko pertanian. Hal yang wajib diperhatikan saat membeli bibit jadi yaitu tanggal kadaluwarsa serta kelayakan kemasan.

Cara Mudah Menanam Selada Di Polybag Agar Tumbuh Subur

Penyemaian bibit

penyemaian-terong

Langkah selanjutnya dalam cara menanam terong di polybag adalah penyemaian. Penyemaian dapat menggunakan tray atau gelas plastik bekas air mineral. Untuk melakukan penyemaian berikut langkah – langkahnya :

  • Rendam bibit terong dalam air hangat selama 10 menit.
  • Campurlah sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1
  • Atur jarak setiap bibit terong setidaknya 2 cm supaya saat tumbuh akar tidak saling terlilit.
  • Setiap pagi dan sore percikan air pada persemaian dan bibit jangan disiram agar bibit tidak hanyut terbawa arus.
  • Setelah proses semai berlangsung selama satu bulan (sudah mempunyai sekitar 3 – 4 helai daun), maka bibit telah mampu ditempatkan ke dalam polybag.
  • Selalu cek eksistensi gulma yang ikut tumbuh di tempat semai. Cabut dan bersihkan gulma tersebut supaya bibit terong dapat tumbuh dengan baik.

Persiapan polybag

Karena akan menggunakan cara menanam terong di polybag, maka wajib mempersiapkan polybag dengan diameter sedang sekitar 40 cm. Isikan dengan tanah yang gembur dan campurkan dengan pupuk kandang atau kompos.

Perbandingan antara tanah dan pupuk kandang ialah 1 : 3. Isi tanah hingga cukup untuk menanam. Polybag yang telah diberi isikan campuran media tanam tadi dipindahkan di area yang teduh (tidak terjadi terik matahari langsung), biarkan selama dua hari sebelum dipakai.

Sebenarnya dapat memakai tanah semai tetapi sepertinya wajib menjadikannya kembali dengan campuran tanah dan pupuk kandang serta sekampadi dengan komposisi 2:1:1.

Kemudian isi polybag dengan tanah yang dibuat tadi ke dalamnya, polybag yang telah dibuat tadi siap untuk ditanami bibit. Cara penanaman terong di polybag harus hati-hati ketika memindahkan bibit ke dalamnya.

Penanaman

Jika sudah muncul daun sejati (4 – 5 daun) pada bibit yang disemai, maka tandanya siap ditempatkan ke dalam polybag. Cara budidaya terong di polybag dengan memindah tanamannya ialah sebagai berikut:

  • Siram tanah semai sebelum mencabut bibit terong. Cabut bibit terong dengan pelan-pelan dan hati-hati supaya tidak merusak akar tanamannya.
  • Buat lubang pada polybag yang sudah dituang tanah, pupuk kandang, sekam sedalam 5 sampai 10 cm.
  • Setelah bibit dimasukkan pada lubang polybag kemudian padatkan tanah di sekitar lubang tersebut. Siram bibit terong sesudah ditanam secukupnya.
  • Lebih baik kegiatan ini dikerjakan di senja hari karena cuaca tidak panas akibat sinar matahari.

Cara Menanam Tomat Di Pot

Perawatan

perawatan-terong

Setelah ditanam ke polybag, maka cara menanam terong di polybag kemudian hanyalah mememberikan pemeliharaan, pemeliharaan, dan pemeriksaan. Cara pemeliharaannya seperti berikut ini (lakukan secara teratur):

  • Siram tanah di pagi dan senja hari, setiap hari, rutin. Apabila terkena hujan, jangan disiram lagi.
  • Pemberian tajuk dikerjakan bila batang tanaman masih lemah menahan daun dan buah , sebisa mungkin tajuk ditancapkan ketika tinggi tanaman mencapai minimal 30 cm.
  • Pembersihan gulma dikerjakan di sekitar batang supaya perkembangan tanaman  tidak terganggu dan pembubunan dikerjakan dengan menimbun batang tanaman dengan tanah supaya akar tidak kelihatan.
  • Perempelan wajib dikerjakan supaya tidak ada nutrisi yang terbuang cuma-cuma. Perempelan pada terong yang wajib dilakukan ialah pembuangan daun daun yang menguning dan perempelan tunas muda yang muncul di ketiak daun pertama sampai ketiak daun yang berbunga.
  • Pemberian pupuk untuk cara budidaya terong di polybag dikerjakan mulai umur 2 minggu sekali. Gunakan pupuk organik seperti bokashi kompos atau pupuk organik cair . Sesudah berbuah pemberian pupuk dikerjakan 1 minggu sekali, lakukan penyiraman sesudah pemberian pupuk supaya pupuk cepat meresap.
  • Pemberantasan hama dan penyakit pada cara penanaman terong di polybag, gunakan insektisida yang ramah linkungan ( insektisida hayati ) dikerjakan bila ada hama menyerang tanaman terong.

Pemanenan

Tahap terakhir dalam cara budidaya terong di polybag tentu memanennya. Terong sudah siap diunduh pertama kali pada umur 3 – 4 bulan sesudah masa tanam. Kegiatan panen lebih berkualitas di pagi atau senja hari.

Cara memanenanya ialah dengan memetik terong pakai tangan atau pisau. Petik bersama tangkainya. Sesudah diunduh pertama kali, panen buah berikutnya dapat dikerjakan setiap 3 sampai 7 hari sekali.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

Leave a Comment