Cara Menanam Tomat Di Pot

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di bermacam-macam media seperti lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau polybag. Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan perihal metode bercocok tanam tomat dalam polybag.

Pernahkah berfikir bahwa pekarangan rumah juga dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berkhasiat? Salah satunya ialah menanam bermacam-macam tipe tanaman maupun sayuran yang bisa dipanen pada waktu-waktu di saat memerlukan.

Cara Menanam Tomat di Pot agar Cepat Berbuah

Tomat dikategorikan sebagai sayuran, walaupun memiliki struktur buah. Tumbuhan ini dapat tumbuh baik didataran rendah maupun tinggi mulai dari 0-1500 meter dpl, berdasarkan dari varietasnya. Tumbuhan ini optimal pada tanah yang subur dan gembur, dengan ph sekitar 5,5-7.

Di alam bebas tumbuhan tomat berbentuk seperti perdu bahkan ketinggiannya mampu mencapai 3 meter. Namun sesudah dibudidayakan tinggi tumbuhan ini tak lebih dari 2 meter dan umumnya ditopang oleh ajir atau tali untuk menahan supaya tidak roboh.

Metode bercocok tanam tomat dalam pot tidaklah terlalu sulit, seperti halnya budidaya dilahan. Yang diperlukan yakni ketekunan dan sedikit pengetahuan tata metode bercocok tanam supaya bibit bisa tumbuh walaupun memakai media pot.

1. Menentukan jenis tomat yang akan ditanam

Secara umum, orang membedakan tomat dari bentuk buahnya. Terdapat empat golongan yang banyak beredar di pasaran yaitu,

  1. Tomat buah atau granola, bentuknya lingkaran dengan pangkal mendatar.
  2. Jenis gondol, bentuknya lonjong biasa dipakai sebagai bahan baku saus.
  3. Jenis sayur, teskturnya keras rasanya sedikit kecut,
  4. Tomat cherry, bentuknya kecil rasanya manis kecut.

Cara menanam tomat dalam polybag tidaklah sulit, langkah pertama pilih tipe dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan lokasi tempat budidaya dengan varietas yang dipilih, terutama untuk kondisi iklim dan ketinggian tempat.

Untuk hasil maksimal, gunakan benih unggul dari sumber yang direkomendasikan. Benih tomat dari beraneka macam varietas bisa diperolehkan di toko-toko pertanian. Keterangan mengenai sifat-sifat tanaman bisa dibaca pada label yang tertera dalam kemasan benih.

Cara Menanam Bawang Merah

2. Memilih benih tomat berkualitas baik dan unggulan

Poin penting dalam menanam tomat dalam pot adalah memilih bibit yang berkualitas baik atau unggulan, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik serta menghasilkan panen melimpah. Pilihlah bibit buah sehat serta bebas dari segala penyakit maupun hama.

Kreteria buah tomat sebagai bibit:

  • Pilih buah yang benar-benar matang (merah dan kulit tipis).
  • Memiliki ukuran besar dibanding lainya,
  • Tidak teradapat luka cacat atau bekas terinfeksi hama maupun penyakit.
  • Memiliki kepadatan biji yang merata, jika dibelah,
  • Biji tomat masih nampak besar dan jika direndam tidak terapung.

Jika masih merasa kesulitan, untuk memilih bibit tomat unggulan atau tidak, langkah terbaik adalah dengan mendatangi petani atau dengan membeli bibit pada kios-kios pertanian. Bibit buah yang didapat dari kios pertanian, memiliki kemungkinan besar lebih berkualitas, dibanding memilih bibit sendiri.

Cara Menanam Cabe Merah

3. Melakukan penyemaian pada bibit tomat

Cara menanam tomat dalam polybag ada baiknya melalui tahap persemaian sebelumnya terutama pada benih biji. Langkah ini dibutuhkan karena benih yang baru tumbuh membutuhkan perlakuan tidak sama dengan tanaman yang sudah tumbuh besar.

Siapkan tempat dan media persemaian terlabih dahulu. Pilih tempat persemaian yang terhindar dari hujan dan terik matahari secara langsung.

Metode persemaian bisa menggunakan bedengan, rak semai, atau polybag semai. Jika persemaian menggunakan teknik bedengan, maka buat larikan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larik 5 cm.

Kemudian tanam benih tomat pada tiap larik dengan berjarak 3 cm, tutup permukaannya dan siram secukupnya.

Untuk persemaian yang memakai ploybag, isi polybag dengan media persemaian. Bila tidak ada polybag dapat memakai daun pisang. Kemudian benamkan benih tomat sedalam 1 cm kedalam media tersebut. Lalu tutup permukaannya dan siram secukupnya, setiap polybag cukup diberi isi satu benih.

Sesudah benih disemaikan, lakukan penyiraman setiap 2 kali sehari dengan gembor yang lembut. Berhati-hatilah ketika menyiram, jangan sampai merusak permukaan persemaian.

Pemupukan tambahan bisa dikasihkan sesudah dua minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos atau npk. Perawatan lain yang wajib dikerjakan ialah penyiangan. Jangan sampai tumbuh gulma dalam area persemaian.

Bibit tanaman tomat siap ditempatkan dari tempat persemaian ke dalam polybag sesudah 30 hari atau sudah mempunyai setidaknya 5 helai daun.

Cara Menanam Buah Naga

4. Pemilihan media tanam tomat di halaman rumah

Menentukan jenis pot sebagai media tanam juga termasuk dalam poin penting dalam budidaya tomat di pot8. Bisa memilih bermacam-macam jenis pot bunga yang terbuat dari bahan-bahan berbeda seperti bahan keramik, semen, maupun tanah liat.

Tetapi sebisa mungkin untuk memilih pot dari bahan tanah liat karena pori-pori dari pot tanah liat lebih mudah di tembus oleh air maupun aliran udara yang dibutuhkan oleh akar tanaman.

Selain pot bunga, bisa  juga memanfaatkan media kaleng bekas maupun polybag berukuran sedang sebagai media cara menanam tomat dalam pot. Untuk media tanam yang digunakan adalah campuran dari tanah , pasir, dan pupuk kompos dengan komposisi seimbang.

Jangan lupa pula untuk melubangi bagian bawah pot agar air siraman tidak menggenangi akar yang justru akan dapat memicu penyakit busuk akar pada tanaman.

Cara Menanam Jeruk Limau

5. Memindah bibit tomat ke media tanam

Sebelum bibit ditempatkan, siapkan media tanam dan polyba yang telah diisi tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Untuk lebih spesifikasinya lihat cara membuat media tanam untuk polybag.

Terdapat dua metode bercocok tanam tomat dari tempat persemaian ke dalam polybag. Pertama, memindahkan bibit dengan dicabut. Caranya, siram persemaian dengan air supaya media tanam menjadi lunak.

Lalu cabut tanaman dengan hati-hati jangan sampai akar tanaman putus atau rusak. Selanjutnya masukkan tanaman tersebut secara tegak lurus pada liang tanam yang terdapat dalam polybag. Posisi akar wajib tegak lurus jangan sampai bengkok atau terlipat. Atur kedalaman liang tanam sesuai dengan panjang akar.

Kedua, memindahkan bibit dengan diputar. Caranya tanaman tomat diangkat dengan media yang terdapat disekitarnya. Untuk bibit dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm dengan sekop atau tangan. Selanjutnya angkat dan pindahkan berikut dengan tanahnya.

Untuk bibit dalam polybag semai, sobek atau tarik plastik polybag semai selanjutnya ditempatkan beserta tanahnya kedalam polybag yang lebih gede. Polybag semai dari plastik bisa digunakan berulang-ulang.

Cara Menanam Jagung Manis

6. Cara merawat tanaman tomat di media pot

Setelah ditempatkan kedalam pot, letakkan pot tersebut di pekarangan rumah yang terkena terik matahari pagi, tetapi memperoleh sedikit peneduh saat terik siang tiba. Lakukan juga penyiraman rutin setiap pagi dan sore supaya tanaman tomat memperoleh ketersediaan air yang cukup.

Jaga supaya media tanam tidak terlalu kering. Siram setidaknya 2 kali sehari, namun jangan terlalu basah untuk menghindari busuk akar.

Siangi gulma yang ada dalam polybag secara rutin, seandainya ada tanaman layu atau mati, cabut segera dan buang media tanamnya supaya tidak menular. Perawatan lain yang dibutuhkan ialah pemangkasan tunas dan pemberian ajir sebagai penopang tanaman.

Pupuk tanaman sesudah seminggu dengan kompos sejumlah 1 genggam untuk setiap polybag. Lakukan penambahan pupuk kompos setiap bulan, atau bila nampak tanaman kurang subur. Bila tanaman akan berbuah bisa diberikankan pupuk buah atau pupuk organik cair.

Hama dan peyakit tanaman tomat lumayan banyak, bila nampak ada serangan hama, ambil hama tersebut secara manual. Penyemprotan hendaknya dikerjakan seandainya beneran dibutuhkan. Supaya lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan gunakan racun hama organik yang lebih alami.

Cara Menanam Mentimun

7. Usia panen tumbuhan toman media pot atau polybag

Tanaman tomat dalam polybag telah mampu diunduh sesudah 3 bulan, berdasarkan dari varietasnya. Kriteria buah tomat siap diunduh ialah yang berubah warna dari hijau ke kuning-kuningan atau tepi daun nampak kering dan batang menguning.

Buah tomat tidak matang secara serentak. Lakukan pemetikan setiap 2-tiga hari sekali, jangan terlalu rapat untuk menghindari kerusakan tanaman. Waktu pemetikan yang paling baik pagi dan senja hari, ketika terik matahari tidak terlalu terik.

Apakah Artikel Ini Berguna ?

Tekan pada gambar bintang

Rata rata penilaian / 5. Jumlah vote :

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Last Updated

1 thought on “Cara Menanam Tomat Di Pot”

Leave a Comment