Cara Mudah Menanam Brokoli Di Pot Supaya Subur

Cara Mudah Menanam Brokoli Di Pot Supaya Subur – Sayur brokoli kini cukup popular sebagai bahan pangan di Indonesia. Sebenarnya sayuran ini belum lama masuk ke Indonesia, sekitar tahun 1970 an. Asal brokoli dari daerah Laut Tengah atau Mediterania dan telah dibudidayakan sejak masa Yunani kuno.

Brokoli memiliki kepala bunga berwarna hijau yang memiliki susunan rapat layaknya cabang pohon dengan batang tebal. Bagian tersebutlah yang diolah untuk dikonsumsi.

Bentuk brokoli sangatlah mirip dengan kembang kol, hanya saja brokoli memiliki warna hijau pada kepala bunganya. Sedangkan kepala bunga pada kembang kol berwarna putih.

Cara Menanam Brokoli Di Polybag

cara-menanam-brokoli

Untuk dapat menikmatinya, biasanya brokoli diolah dengan direbus atau dikukus. Dapat pula dimakan mentah untuk dijadikan salad. Namun cara pengolahan terbaik adalah dengan dikukus.

Tujuan pengukusan tersebut adalah agar vitamin serta nutrisi penting di dalamnya tidak hilang karena proses pemasakan.

Pada saat merebus brokoli maka 50% asam folat di dalamnya akan hilang. Apabila menghendaki untuk mereus brokoli sebaiknya jangan terlalu lama, cukup 5 menit saja.

Pada sayuran ini juga mengandung banyak vitamin C serta serat makanan dengan jumlah banyak. Selain itu di dalam sayuran ini juga terkandung senyawa glukorafanin yang bermanfaat sebagai senyawa antikanker.

Untuk dapat menikmati serta memperoleh manfaat dari sayuran ini, berikut cara menanam brokoli di pot atau polybag :

Cara Budidaya Labu Air (Blonceng) dengan Mudah

Persiapan benih

Untuk mendapatkan benih berkualitas, maka benih wajib disterilisasi dengan direndam ke dalam air panas bersuhu 55 derajat celcius selama 15 – 30 menit. Cara menanam brokoli lain yang bisa dikerjakan ialah merendam benih ke dalam larutan fungisida dengan dosis sesuai.

Benih yang disterilisasi dapat diseleksi dengan merendam biji benih ke dalam air. Ciri bibit bagus dapat tenggelam saat direndam, sedangkan benih jelek akan mengambang di dalam air.

Saat benih bagus ditemukan, nantinya direndam selama 12 jam atau sampai benih nampak pecah.  Tujuannya supaya benih cepat berkecambah.

Persiapan media tanam

Karena di sini sayur brokoli akan ditanam menggunakan media tanam pot atau polybag, maka untuk media tanamnya harus menyiapkan pot/polybag.

Sedangkan tanah untuk menanam yakni memiliki ph di atas 5,5. Apabila menggunakan tanah dengan pH di bawah 5,5 maka dibuat agar terjadi pengapuran tanah.

Proses penyemaian

cara-penyemaian-brokoli

Media semai yang dipakai ialah campuran tanah lembut dan pupuk kandang yang memakai perbandingan 2 : 1 sejumlah 90%. Agar media semai steril, kukus dahulu dengan suhu 55-100⁰ celcius selama 30-60 menit.

Cara menanam brokoli di polybag selanjutnya dapat dikerjakan ialah dengan menyiramkan larutan formalin 4%, lalu selama 24 jam ditutup dengan selembar plastik dan diangin-anginkan setelahnya.

Selanjutnya lakukan dengan mengombinasikan antara media semai dengan zat fumigan basamid-g sejumlah 40 gram/m2 pada kedalaman 10-15 cm.

Langhakh berikutnya adalah siram air hingga basah dan tutuplah dengan plastik selama lima hari dan diangin-anginkan setelahnya selama 10-15 hari.

Setelah proses sterilisasi selesai dikerjakan, maka satu per satu benih dimasukkan ke dalam polybag kecil (media semai) dengan diameter 7-8 x 10 cm.

Pemeliharaan persemaian

Agar mendapatkan hasil yang baik dalam cara menanam brokoli maka lakukan langkah perawatan berikut saat brokoli masih disemai :

  • Penyiraman yang dikerjakan dua kali sehari pada pagi dan sore supaya tidak terkena kekeringan sehingga menghambat perkembangan biji brokoli.
  • Mengatur penutup media semai supaya bibit tak terkena terik matahari yang berlebihan. Media semai dibuka setiap pagi hingga jam 10.00 dan sore mulai pukul 15.00.
  • Di luar jam-jam tersebut, cahaya matahari terlalu keras sehingga kurang menguntungkan bagi perkembangan bibit. Ketika hujan, penutup wajib kembali dipakai supaya air hujan yang banyak tidak mengenai bibit yang disemai.
  • Penyiangan dikerjakan pada tanaman yang mengganggu tumbuhnya bibit. Penyiangan melakukannya dengan menggunakan cara mencabuti rumput dan gulma yang tumbuh di antara tanaman pokok.
  • Pemberian pupuk susulan dikasihkan setelah penyemaian bibit melakukannya dengan melarutkan secukupnya pupuk npk dengan air untuk disiramkan.
  • Untuk mencegah serta memberantas hama dan penyakit berpotensi menyerang tanaman melakukannya memakai insektisida dan fungisida : antracol, dithane, furadan 3g, hostathion, dll.

Proses penanaman

Setelah bibit mempunyai 4 helai daun atau berusia 1 bulanan, umumnya disebut dengan daun sejati. Penanaman dikerjakan pada wadah polybag atau pot.

Media tanam yang dipakai ialah media tanam yang mempunyai unsur hara dan drainase yang bagus untuk menunjang perkembangan.

Gunakan tanah gembur dengan campuran pupuk kandang yang telah matang ataupun pupuk kompos, sebisa mungkin tambahlah juga arang sekam jika tersedia.

Pada cara menanam brokoli di polybag erbandingan antara tanah, pupuk kandang dan arang sekam ialah 2:1:1.

Langkah perawatan

perawatan-brokoli

Saat tanaman sayur brokoli sudah tumbuh dengan sehat, perlu mememberikan perawatan untuk membantu perkembangan brokoli. Dalam proses perawatan untuk cara menanam brokoli, berikut ini hal yang perlu dikerjakan.

Penyiraman

Penyiraman dikerjakan pada pagi atau sore hari, kalau musim kemarau dikerjakan 1-2 kali sehari apalagi pada saat baru pindah tanam dan pada saat proses membentuk bunga.

Jika di musim penghujan bisa dilihat kondisinya, yang terpenting diadaptasi saja dan dilarang meninggalkan media tanam menjadi kering.

Cara Mudah Menanam Paprika Di Pot (Polybag) Supaya Berbuah Lebat

Perempelan cabang

Langkah perempalan cabang atau tunas samping dikerjakan seawal mungkin pada cara menanam brokoli di polybag untuk mempertahankan tanaman induk supaya perkembangan tanaman sesuai yang diharapkan. Sehingga zat makanan bisa terkonsentrasi pada proses membentuk bunga bisa seoptimal mungkin.

Setelah muncul bunga, opsi kemudian ialah bunga brokoli mau warnanya hiaju gelap atau hijau terang. Jika kepingin hijau terang maka daun-daun tua tanaman diikat ke atas untuk menutupi bunga yang lagi tumbuh, fungsinya jelas yakni melindungi bunga dari terik matahari.

Pemupukan

Proses pemupukan dikerjakan secara berkelanjutan yaitu minggu pertama, minggu ketiga dan minggu kelima dari penanaman (bukan pembenihan).

Teknisnya, dalam melakukan pemupukan dari cara menanam brokoli, dengan melarutkan NPK sekitar sesendok teh kedalam seember air (ukuran lima liter), selanjutnya disiramkan keatas tanah sekitar tanaman.

Kelebihan pupuk dapat mengakibatkan tanaman kering/terbakar. Penyiraman larutan pupuk juga perlu menghindari bagian daun brokoli.

Pengendalian hama dan penyakit

Apabila ada hama dan penyakit pada cara menanam brokoli di polybag membutuhkan tindakan pengendalian dapat dikerjakan manual atau penyemprotan dengan pestisida. Jika jumlah tanaman tidak banyak dam memungkinkan untuk penanggulangan manual, bisa dikerjakan secara manual.

Namun jika tidak ingin repot, penyemprotan pestisida bisa dikerjakan. Gunakan pestisida nabati atau alami, bisa dengan membuat sendiri maupun membeli.

Pemanenan

Panen brokoli dikerjakan bila bunga sudah mencapai ukuran maksimal dan padat, tetapi kuncup bunganya belum mekar. Cara memanen yang dapat ditempuh dengan memotong tangkai bunga beserta batang dan daun selebar 25 cm.

Setelah brokoli dipetik, baiknya dikumpulkan pada tempat yang tidak mengalami terik matahari secara langsung supaya bisa diperolehkan brokoli dengan kualitas tinggi.

Last Updated

Leave a Comment