Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Di Rumah

| |

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Petunia Di Rumah – Petunia adalah tanaman yang memilki bunga berbentuk terompet berasal dari Amerika Selatan. Seperti halnya tanaman hias lain, bunga ini dapat tumbuh subur jika ditanam di area dengan struktur tanah subur serta mengandung banyak air, cukup sinar matahari.

Akan tetapi petunia memiliki umur relative pendek, masa berbunganya hanya sekali selama hidupnya. Jadi setelah berbunga mala harus menggantinya dengan tanaman baru.

Cara Menanam Bunga Petunia di Rumah

Cara Menanam Bunga Petunia di Rumah

Bunga petunia lebih pas ditanam di pot gantung dan diletakkan di teras atau balkon rumah. Sebab warna dari bunga ini kontras serta menjuntai ke bawah sehingga membuat tampilan depan rumah terlihat lebih indah dan semarak.

Pada saat ditanam di Negara empat musim misalkan eropa, bunga ini bermekaran ketika musim panas. Hal ini disebabkan oleh petunia yang membutuhkan sinar matahari banyak untuk pertumbuhan dan bunga normal. Sehingga tumbuhan ini akan mekar bunganya pada musim kemarau.

Apabila menginginkan bunga ini untuk ditanam di halaman rumah, berikut cara menanam bunga petunia :

Cara Jitu Menanam Bunga Geranium Penolak Nyamuk

Pemilihan bibit petunia

Untuk mendapatkan bibit petunia, dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan cara langsung dari benih atau biji serta dengan cara stek.

Bibit dari benih

Salah satu cara menanam bunga petunia di rumah ialah dari benih. Jika punya rencana untuk mengikuti metode berikut, haruslah diingat bahwa penting untuk membeli benih bersertifikat dan campuran tanah untuk bunga dari penjual yang sah.

Dapat menanam benih petunia di akhir musim dingin atau awal musim semi ketika suhu sangat rendah dan embun beku telah lewat.

Sebelum menanamnya di pot atau keranjang gantung, harap untuk memastikan pot mempunyai lubang dibagian bawah. Langkah ini sangat perlu untuk melindungi benih atau tanaman muda dari pembusukan karena drainase tidak tepat.

Teknik yang biasa ialah menempatkan batu apung, perlit atau kerikil pada bagian bawah pot dan di atasnya diletakkan tanah untuk drainase dan aerasi lebih berkualitas.

Langsung di atas kerikil, ditimpa tanah dan tiba saatnya untuk benih. Pemilik dapat menabur dua atau lebih benih di setiap pot, bergantung pada preferensi dan tentu saja tipe petunia.

Secara umum, grandifloras memerlukan ruang ekstra untuk berkembang. Bisa juga meletakkan benih petunia di permukaan, tanpa menguburnya ke tanah.

Selama tahap pertama perkembangan tanaman, tanah wajib terus-menerus basah namun tidak lembek, sehingga benih bisa bertunas. Namun waspadalah, jangan mengairi terlalu banyak, supaya tidak membusuk.

Benih petunia memerlukan cahaya untuk berkecambah, sehingga dapat mencari tempat cerah. Sekitar 2-3 minggu setelah disemai, beberapa tanaman kecil akan muncul.

Bibit stek

Selain cara menanam bunga petunia di rumah berasal dari benih, metode paling umum lainnya yakni dengan stek. Langkah – langkah stek yakni :

  • Pilihlah petunia yang sehat serta memiliki tampilan indah untuk dijadikan indukan.
  • Potong tnas muda serta sehat (tidak berkayu) sepanjang 4 inci atau 10 cm.
  • Bersihkan daun dua pertiga dari stek pada bagian bawah.

Sebelum menanam stek di tanah, wajib membantunya berakar terlebih dahulu. Untuk melakukannya, teknik yang umum dipakai ialah menempatkan stek pertama dalam 1 gelas air hingga setengah dari tanaman.

Beberapa hari setelah itu, akar umumnya akan muncul. Untuk meningkatkan penumbuhan akar, dapat membantu dengan pemakaian hormon penumbuh akar seperti IAA, yang tentu saja tidak penting.

Langkah setelah itu ialah menanam stek berakar dalam pot dengan campuran tanah untuk bunga dan perlit atau kerikil untuk aerasi tepat.

Banyak produsen mengklaim bahwa terik matahari ialah apa yang membuat petunia menciptakan bunga berwarna cerah. Inilah sebabnya para penjual bunga menempatkan stek di daerah cerah.

Selain itu, untuk membantu tanaman menciptakan bunga-bunga indah, teknik biasa dipakai ialah memotong bunga-bunga tua (deadhead). Dengan metode ini tanaman mempunyai lebih banyak nutrisi untuk dikirim ke bunga baru.

Penanaman bunga petunia

Penanaman bunga petunia

Setelah semua persiapan bibit sudah siap, maka selanjutnya dalam cara menanam bunga petunia di rumah ialah menyiapkan media tanam terbuat dari olahan tanah dengan pupuk kandang/kompos (1:1) yang telah diolah hingga rata.

Saat tunas petunia sudah memiliki 3 – 4 daun sejati, itu berarti sudah wajib memindahkannya pada masing-masing pot berisi media gambut. Satu tunas ditempatkan pada satu pot.

Tanam bibit dengan posisi tegak keatas dan padatkan supaya tanaman tidak roboh, bila perlu berikan ajir dari kayu supaya tanaman layu tidak jatuh patah.

Cara Mudah Menanam Bunga Asoka Agar Berbunga Indah

Merawat Bunga Petunia di Rumah

Setelah bunga petunia selesai ditanam, maka selanjutnya adalah tips merawat bunga petunia. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan bunga indah serta sehat. Berikut adalah yang harus dilakukan dalam perawatan :

Menyiram bunga petunia

Untuk menciptakan tanaman petunia sehat dengan bunga baik, diperlukan cara perawatan bunga petunia dengan cara pengairan atau penyiraman dikerjakan secara teratur. Penyiraman ini dikerjakan menurut kondisi cuaca saat akan melakukan penyiramam.

Jika cuaca cerah dan udara sejuk, maka untuk merawat bunga petunia penyiraman dikerjakan 2 (dua) kali dalam satu minggu, dengan selang waktu 3 -4 hari. Namun, jika cuaca saat penyiraman sedang panas, penyiraman bisa dilakukan setiap hari secara teratur.

Apabila menemukan bahwa cuaca beneran panas, maka penyiraman dikerjakan secara teratur ketika media tanah dari bunga petunia mulai kering.

Penyiraman dikerjakan hingga air merembes melalui media tanam. Untuk mempermudah dalam memeriksa waktu penyiraman, tepat ketika media tanam bunga petunia mulai kering, segera lakukan penyiraman kembali.

Yang perlu diingat ialah, jangan pernah menyiram petunia hingga terkena bagian daunnya. Siramlah di bagian media tanam petunia. Hal tersebut wajib diperhatikan karena jika daun dalam terkena air, maka hal tersebut mengakibatkan infeksi pada tanaman petunia.

Contohnya ialah bercak-bercak muncul pada mahkota bunga. Karena hal tersebutlah, diwajibkan untuk memindahkan tanaman petunia ketika sedang hujan.

Menjaga intensitas cahaya matahari

Menjaga intensitas cahaya matahari

Bunga petunia akan memiliki bunga bermekaran apabila mendapatkan sinar matahari cukup banyak. Usahakan untuk menempatkan bunga di tempat yang mendapatkan cahaya matahari cukup besar.

Walaupun bunga ini dapat tumbuh pada tempat dengan intensitas matahari kecil, akan lebih bagus jika dipindahkan pada tempat dengan intensitas besar, karena hal tersebut akan berakibat terhadap kualitas bunga.

Dalam tips merawat bunga petunia dapat menciptakan bunga bermekaran dan cantik jika memperoleh penyinaran dengan intensitas besar. Hal sebaliknya juga berlaku. Penyinaran yang kurang akan dapat memicu bunga mekar tidak maksimal ukurannya serta jumlahnya akan lebih sedikit.

Pemberian pupuk pada petunia

Pemupukan bunga petunia dikerjakan sebulan sekali. Sedangkan untuk pupuk yang dipakai ialah tipe pupuk konsentrat sehingga bisa dilarutkan dengan air. Jenis pupuk yang dipakai ada beraneka macam, namun terdapat beberapa tipe merek pupuk dianjurkankan.

Ketika melakukan cara perawatan bunga petunia bisa menggnakan pupuk seperti rustica yellow (15-15-15), nitrofoska (17-17-22), atau dekastar (28-8-4), lebih disarankan sebagai pilihan pupuk petunia.

Pemilik boleh saja memakai pupuk yang tidak disebutkan, namun selalu ingat bahwa pupuk yang digunakan mempunyai angka-angka perbandingan (berada dalam tanda kurung).

Intensitas pemupukan dikerjakan sekali dalam sebulan. Jika menanam petunia dengan bunga majemuk (banyak), maka pemupukan dikerjakan selama 2 minggu sekali. Pupuk diencerkan dengan perbandingan pupuk : air yaitu 1 : 10.

Usahakan jangan memakai angka perbandingan air terlalu sedikit, karena nantinya  akan membuat tanaman  menjadi kerdil, kualitas bunganya dan tanamannya jelek, atau bahkan mati.

Jika terdapat butiran-butiran berwarna putih di media tanam beberapa waktu setelah melakukan penyiraman, maka sesegera mungkin siram media tanam dengan air hingga butiran-butiran itu hilang.

Butiran-butiran  yang terlihat itu ialah unsur-unsur garam berasal dari pupuk yang terlalu banyak, sehingga tidak larut sempurna dengan air untuk penyiraman.

Jika tidak ada tindakan dan mengenai tanaman petunia, maka tanaman akan kering karena garam tidak larut justru menyerap air yang dikandung oleh tanaman petunia..

Pemangkasan batang petunia

Pemangkasan batang petunia

Pemangkasan ringan terhadap batang ini dikerjakan tepat ketika telah menanam bunga petunia pada media tanam. Caranya, potong setiap ujung batang sejumlah 2 – 3 cm.

Maksud dari pemangkasan ini yaitu merangsang perkembangan cabang batang, sehingga nantinya akan terdapat aneka cabang batang tumbuh. Alhasil, karena adanya banyak cabang batang, maka pemilik juga akan memperoleh banyak bunga tumbuh.

Jika menemukan bahwa petunia tidak bertumbuh atau kerdil, maka hendaknya memotong separuh dari batang atas petunia. Tapi, pemangkasan ini tidak serta merta mengwajibkan untuk memotong tepat separuh dari batang.

Jika daun-daunan tumbuh lebat pada sebelah atas, maka pangkas kurang dari setengah. Tetapi jika daun-daunan tumbuh lebat di bagian tengah atau bawah batang, maka pangkas setengah batangnya.

Tujuan dari cara perawatan bunga petunia dengan pemangkasan batang seperti ini ialah merangsang perkembangan batang baru dan lebih sehat.

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Di Pot Agar Cepat Berbunga

Pemangkasan bunga petunia

Selain batang, cara merawat bunga petunia dengan pemangkasan terhadap bunga juga perlu dilakukan. Pemilik dapat melakukannya dengan memotong bunga layu atau mati. Yang perlu diperhatikan ialah, segera lakukan pemangkasan terhadap bunga yang telah layu.

Jangan menanti hingga bunga  mati atau membusuk, karena apabila terjadi akan mengundang bermacam-macam penyakit pada tanaman.

Tujuan dari pemangkasan bunga seperti ini ialah menjaga supaya bunga lain tumbuh supaya tetap sehat dan memperpanjang masa bunga petunia supaya tetap menciptakan bunga.

Supaya cepat, ketika bunga sudah mulai lebat, pangkas beberapa bunga pada petunia supaya tetap menciptakan bunga. Pangkas bunga secara terencana, namun jangan mengurangi sampai petunia tidak mempunyai bunga.

Perlu untuk ingat, ketika mengurangi bunga, pangkas saja bunganya, jangan sampai daun yang berada dekat dengan bunga ikut dipangkas.

Salah satu teknik untuk memancing petunia berbunga berlimpah dan nampak sangat baik ialah dengan membuang beberapa kuncup bunga petunia pertama yang tumbuh sebelum mekar, dengan menggunakan cara dicubit.

Hal ini akan membuat tanaman petunia menciptakan bunga lebih banyak dan nampak lebih indah.

Pengendalian hama

Mengontrol hama supaya tidak merusak petunia ialah hal wajib melakukannya dengan perhatian khusus. Setiap minggunya, periksalah bagian-bagian bunga petunia dengan seksama.

Jika menemukan beberapa hama serangga melekat pada daun, maka semprot daun petunia. Gunakan arus air sekadarnya saja, jangan sampai merusak daun. Seperti telah dipaparkan pada poin penyiraman, daun dalam kondisi basah akan mengundang infeksi pada petunia.

Tetapi hal tersebut dapat disiasati dengan mesemprotkan pada cuaca panas. Tujuannya, supaya serangga tidak menyalurkan penyakit pada tanaman,  jika yang menjadi hama ialah siput, maka dapat memakai cara pengontrolan hama yang dipakai di Eropa, yaitu memakai lempeng tembaga atau kawat tembaga.

Caranya ialah dengan menyelubungi bagian tanaman yang dapat dilewati siput, seperti di bagian bawah batang dekat dengan media tanam.

Secara ilmiah, cara merawat bunga petunia melalui pengendalian hama siput dengan metode ini sangat berkhasiat karena siput akan tersengat sirkulasi listrik akibat reaksi kimia antara lendir siput dan tembaga.

Previous

Cara Menanam Kembang Kol Di Polybag Dengan Hasil Melimpah

Cara Budidaya Nanas Di Rumah Agar Berbuah Besar

Next

Leave a Comment